@cicifera dan Kegiatan Komunitas

#1minggu1cerita minggu ini mengangkat tema “Serunya Kegiatan Komunitasku.”

Memenuhi tantangan minggu ini, mari kita bahas satu-satu ^^

Kenapa Ikut Komunitas

Semua berawal dari kejenuhan saya dengan aktivitas kampus. Walau sudah ikut BEM FMIPA Unpad, HIMA IF Unpad dan menjadi Asisten Laboratorium Internet (LabNet) Unpad, tetap saja rasanya ada yang kurang. Saya merasa perlu berteman dengan teman-teman di luar circle ini agar bisa lebih berkembang lagi, tambah pengalaman lagi, memperluas pertemanan dan networking pastinya. Sebenernya sih.. Alasan mendasarnya cuma untuk mengurangi waktu luang ^^

Komunitas dan Kegiatannya

*saya pernah menulis ini di page About di blog wordpress, saya kutip yaa..

Komunitas Blogger

  • @Batagornet

    Saat sedang dapat jadwal jaga di LabNet Unpad, saya bercerita ke Kang Yudha kalau saya mencari komunitas untuk saya ikuti. Kang Yudha menawarkan komunitas blogger. Nah lho, apa itu blogger? Dulu saya ga tau, blog juga belum punya xD Tapi saya memutuskan untuk dateng kopdar aja dulu, kenalan dulu dengan komunitas ini.

Akhir Maret 2009 atas rekomendasi Kang Yudha, saya bergabung dengan komunitas Blogger Bandung bernama Batagor.net (Bandung Kota Blogger). Dari sini informasi dan pertemanan saya mulai meluas 😉 Saya jadi kenal blogger, penulis dan beberapa komunitas yang ada di Bandung. Saya bisa kopdar sana-sini, ikut kegiatan-kegiatan sosial (terutama yang Batagor.net adakan), menghadiri event/ undangan dari brand atau mitra komunitas. Misalnya, saya sempat mengikuti charity Bebersih Bandung Yuk!, Bandung Berkurban, atau menjadi salah satu nara sumber komunitas di Ardan Radio :’)

Pertama kali saya ikut kopdar @batagornet, waktu kopdar di Toko Cokelat (baca juga: cerita cici Shasya di blog “Kata Shasy“). Waktu itu, selain saya, ada Echi juga yang baru pertama kali ikut kopdar @batagornet ini. Saya senaaang sekali! Komunitas ini sangat welcome. Semua ramah dan baik menerima saya, Alhamdulillah :’)

Sayang, @batagornet sekarang vakum karena tidak ada regenerasi pengurus baru. Dulu mayoritas membernya adalah mahasiswa atau pekerja di Bandung, saat ini sudah banyak yang merantau kerja ke kota lain atau menikah dan punya anak 😀 Member @batagornet famous-famous, lihat di list blogger @batagornet deh 😉

Oiya, ada member @batagornet yang bergabung dengan member dari komunitas blogger lain membentuk @bloggerBDG. Ada juga yang jadi blogger professional. Ada yang membangun bisnisnya sendiri. Ada yang meniti karier dan ada juga yang jadi ibu rumah tangga seperti dakuuu~ Hoho~

  • @Emak2Blogger

    Saya kenal komunitas ini dari Mbak @mirasahid saat ikut rafting dan paintball bersama @dewaSEO 2013 lalu. Dari ngobrol-ngobrol, lalu saya daftar member. Saya baru “melek”, ternyata buanyak sekali blogger perempuan di Indonesia ini yang aktif menulis. Saya iri, blog saya apalah, saat itu saya lebih banyak kegiatan offline daripada online nya 😀 *blogger jarang nulis, cuma kopdar ini itu, wkwkwk.. 
    Kalau di @batagornet saya mendapat informasi dan networking melalui ngobrol atau kopdar, di komunitas @Emak2Blogger ini saya mendapat informasi baru melalui online saja (membaca article di blog atau social media), belum sempat ikut kopdar. Ingin sekali bisa ikut kegiatan mereka, tapi belum bisa karena mas @farwazismail belum boleh diajak kopdar ke Jakarta 🙁 Mereka sering mengadakan gathering, seminar, lomba dan workshop (info di sini).

  • @BPerempuan dan BP Network

    Banyak sekali member @Emak2Blogger yang juga menjadi member @BPerempuan. Hal ini yang menarik perhatian saya terhadap komunitas ini dan saya pun jadi ikut mendaftar ^^ Saya di sini juga lebih berpartisipasi pada kegiatan online, belum pernah dateng event :(( Komunitas @BPerempuan cenderung ke arah optimasi blog, monetize blog (dengan cara blogger partner dan affiliate network), giveaway dan lomba blog. Cocok buat kamu yang ingin mendapatkan uang dari blog atau menjadi blogger profesional (bukan hanya hobi) 😉 Tapi ntah kenapa, aura sikut-sikutan job review terasa sengit sekali disini, haha.. Oiya, blog kamu harus sudah TLD (top level domain/ domain berbayar) untuk bisa bergabung di BP Network.

  • @RockingMama.ID

    Info pertama adanya @RockingMama.ID ini saya tau dari IG @uciggg. Awalnya saya mereferensikan tulisan blog saya ke mbak @RedCarra. Alhamdulillah ada yang ‘nyangkut’ dan direwrite di sini. Penulis yang sudah submit artikel di RockingMama.ID bisa diinvite ke Rocking Mama Writing Lab (komunitas Penulis Rocking Mama). Blogger/ penulis yang sudah diinvite, wajib mengirimkan tulisan setidaknya 3 bulan sekali ke Rocking Mama. Penulis yang sama sekali tidak menyetor tulisan dalam 3 bulan, di-remove dari grup. Akan kembali diinvite setelah menulis 2 artikel lagi.

    Yang bisa didapatkan di Rocking Mama Writing Lab adalah:

    – Tips menulis artikel gratis yang belum pernah dishare di mana pun.
    – Tantangan menulis untuk memotivasi diri menulis lebih baik
    – Masukan teknik penulisan langsung dari editor
    – Rewards untuk penulis penyetor artikel terbanyak, Writer of the Month dan Rookie Writer.
    – Privilege untuk menghadiri event Rocking Mama dan Zetta Media

     

  • @1minggu1cerita

    Saya pernah bercerita kenapa saya ikut komunitas #1minggu1cerita di postingan ini. Komunitas atau lebih tepatnya support group untuk membuat blogger rutin nulis minimal seminggu sekali. Ini juga salah satu komunitas favorite saya nih. Kesan pertama yang didapat adalah hangat dan akrab, sering heureuy/ bercanda, update gosip, eh, info terkini dan ada waktunya juga untuk serius.

    Deadline setor tulisan setiap hari Minggu jam 24.00. List tulisan direkap Admin di akhir minggu, jadi kita bisa saling BlogWalking (BW) ke sesama member 🙂 Tema tulisan hanya sebulan sekali. Ada GiveAway (GA) untuk tulisan terfavorite dari member yang baik hati dua minggu sekali. Pemenang GiveAway dipilih berdasarkan vote member.

    Pst! Sangat dianjurkan untuk posting setoran sebelum deadline ya.. Kalau tidak mau “dikejar-kejar” Admin di whatsapp group atau social media @1minggu1cerita xD Eh iya, di whatsapp groupnya, setiap bulan ada Game Sambung Kata yang berhadiah pulsa :))

Komunitas Hobi

  • @idGeekGirls

    Banyak sekali komunitas hobi di luaran sana, ini salah satunya. Kalau versi saya, @idGeekGirls bermula dari sedikitnya perempuan yang bekerja di dunia IT, start-up digital, komputer/ jaringan, pemograman/ coding, design UX/ UI, apps/ games dan social media saat itu. Terutama saat meeu-up event-event nya Fowab Bandung #eh XD Diharapkan komunitas @idgeekgirls ini dapat menjadi wadah untuk saling berbagi masalah dan mencari solusi. Event IDGG bisa dibaca di sini. Sayang, terhitung tanggal 1 Januari 2017, komunitas ini dibubarkan.

Awal Desember 2012, saya bergabung dengan 6 cwe lainnya membentuk komunitas idGeekGirls (IDGG), wadah berbagi dan tempat kumpulnya cwe-cwe IT, geek dan penyuka dunia digital 😉 Saat ini membernya sudah lebih dari 30 orang yang terbagi dalam 2 regional, yaitu IDGG Bandung dan IDGG Jakarta.

Meetup Pertama idGeekGirls
Meet-up Pertama @idGeekGirls di Potluck Cafe (Desember 2012)
  •  @UploadKompakan

    Komunitas @UploadKompakan ada di Instagram. Ini adalah  Photography Community yang bisa menjadi sarana belajar untuk memoto objek sekaligus bersenang-senang ^^ Ada ketentuan dan tema harian. Info tema di publish sore atau malam hari dan waktu upload foto besok harinya dari jam 06.00 sampai 19.00 WIB.

    Contoh postingan instagram:

    Tema: “Sayuran”

    Hastag: #uksayurstilllife_kepri #uploadkompakan #kompakerskepri

    A post shared by Winna Panjaitan (@weienena) on

Sejauh ini baru komunitas-komunitas di atas yang masih saya ikuti (selain komunitas alumni sekolah/ kampus). Antar komunitas biasanya saling terkait, ga jarang ketemunya 4L (loe-lagi-loe-lagi) :))

Kalau kamu, ikut komunitas apa saja? Share di kolom komentar yuk 😉

sign cicifera

13 Comments

  1. Indri Guli

    November 14, 2016 at 04:09

    Pastinya yang menang GA kali ini bukan Teh Cifer. Masa hadiahnya balik lagi. Jeruk makan jeruk dong, hehehe…

    1. cicifera

      November 14, 2016 at 04:39

      Ahahaha, iya teh xD
      Semangat 💪💪 Semoga bisa menang GA kali ini, hoho~~

  2. Novya

    November 14, 2016 at 20:21

    Sejak masuk bandung sebenarnya dah nyari2 komunitas2 yg ada coz bosan juga dg rutinitas yg ada..rumah-kantor-rumah lagi hehehe…ternyata banyak ya komunitas di bandung..tinggal pilih dan liat2

    1. cicifera

      November 15, 2016 at 01:53

      Iya bener banget.. Tinggal pilih mau ikut yang mana, Bandung gudangnya komunitas ^^

  3. Ainhy

    November 16, 2016 at 08:39

    Keren teh, emang bagus bgt klu gabung kyk komunitas gini 😄

    1. cicifera

      November 16, 2016 at 09:07

      Iya teh, banyak manfaatnya gabung komunitas.. Bisa seru-seruan, nambah temen, networking, nambah ilmu, nambah rezeki juga, hehe..

  4. ajeng

    November 17, 2016 at 02:35

    kalau dulu gak pindah ke bandung, kayaknya aku gak bakal tau deh di bandung ini komunitasnya hidup banget. dan kalau kita geluti bidang minat, pasti ketemunya orang yang itu lagi itu lagi hahahaha..

    semangat cifer <3

    1. cicifera

      November 17, 2016 at 02:41

      Iya banget :)) 4L xD Banyak komunitas, banyak event.. Seru ya~~
      Aku juga dulu ga kebayang, ternyata anak2 muda Bandung tuh gerak banget 😀

  5. Eza Hazairin

    December 5, 2016 at 11:00

    Kalo buk ibuk banyak komunitasnya ya..

    Kalo cowok susah..mungkin karena cowok susah ngumpul dan gak suka rumpikk

    Hihihi

    1. cicifera

      December 19, 2016 at 17:46

      justru banyaaaak~ biasanya cowok tuh punya hobi, jadi suka kongkow dan rumpik juga ^^

      misalnya aja di kota Bandung, ada komunitas-komunitas ini nih:

      1. komunitas gamers (gamers console, online games, warcraft, dota, dll.)
      2. komunitas coding (DycodeEdu, komunitas mozilla Indonesia, BandungIT, coding camp, dll.) dan komunitas robotik
      3. komunitas blogger (batagornet, waroengblogger, bloggerBDG, dll.) dan komunitas jurnalistik
      4. komunitas lingkungan hidup (bandung berkebun, galur bandung, greeners, dll.)
      5. komunitas olahraga (indorunners, gym, sepeda: sepeda gunung, sepeda lipat, sepeda tua, fixie, bmx, dll.)
      6. komunitas motor (FCMB, Honda Vario Riders, Yamaha NMax Community, dll.)
      7. komunitas mobil (dari mobil mewah, mobil sport, mobil sesuai merknya, sampai mobil tua juga ada)
      8. komunitas toys dan action figure
      9. komunitas anime dan cosplay
      10. dan masih banyak yang lainnya~~

      kebanyakan teman2 cowok di circle saya ikutan komunitas 1-6 😉 
      info selengkapnya bisa di gooling aja, hihi..

  6. Ingat tujuan! Jangan sampai tersesat.. - @cicifera

    July 24, 2017 at 18:56

    […] yang saya ceritakan di tulisan saya dan komunitas, saat ini saya mengikuti beberapa komunitas blogger (online, dan kadang offline). […]

  7. Rio

    August 10, 2017 at 11:55

    Keren ada komunitasnya, apa masih aktif dan kapan kumpul2nya?

    1. cicifera

      August 13, 2017 at 09:41

      Masih aktif 😉 Untuk info kopdar atau event, biasanya di-share di FB group masing-masing komunitas 😀

Terimakasih sudah membaca ^^ Tulis komentar kamu di sini dan follow cicifera.com yaa~