Menyongkel Mata Ikan Berujung Ke UGD Malam-malam

Kelakuan emang yaa.. Iseng sih, nyongkel mata ikan segala :)))

Jadi ceritanya udah lama punya kapalan di jari kaki, jari tengah kaki sebelah kanan. Awalnya ya cuek aja punya kapalan, toh ga ganggu. Ga tau juga kenapa bisa kapalan, tapi menurut alodokter salah satu penyebab kapalan itu karena kurang tepat memilihan ukuran atau model sepatu 😀

Lama-lama dibiarin, eh kok jadi sakit. Suka kehimpit jari di sebelahnya jadi nyeri karena bergesekan. Kira-kira penampakannya begini, tapi di jari kaki bukan di telapak kaki.

mata ikan di kaki
mata ikan di kaki

 

Mata ikan

Nanya suami, katanya ini namanya mata ikan. Mirip kapalan, tapi menjendol dan ada bagian tengah yang seolah-olah matanya. Biasanya mata ikan harus diambil sampai ke akar, biar ga nyebar. Lalu mulai lah keisengan itu terjadi~~ Wkwkwk

Mata ikan dipegang-pegang, dicongkel pakai kuku, digunting pakai gunting kuku, sampai akhirnya nyobain beli Callusol yang iklannya bisa mengobati mata ikan dan kapalan.

Callusol

Callusol ini kemasannya kecil. Waktu dibuka, isinya mirip kutek bening gitu, ada kuasnya ^^ Setelah dioles ke kulit, cairannya yang tadinya bening berubah jadi putih. Tinggal ditutup pakai kassa atau plester deh.. Oiya, sebelum pemakaian Callusol, bersihkan/ cuci kaki yang terkena mata ikan terlebih dahulu. Saya memakai Callusol ini malam hari, sebelum tidur, biar ga ganggu aktivitas sehari-hari.

Callusol - Obat Mata Ikan dan Kapalan
Callusol – Obat Mata Ikan dan Kapalan

 

Setelah semalaman jari kaki pakai Callusol dan ditutup perban, tadi pagi perbannya dibuka dan dipakai aktivitas seperti biasa. Sampai malam kedua masih aman aja dan ternyata malam ini …

Tadi jam 21.00-an memang habis cuci dan jemur baju. Sambil ngobrol dengan suami, tangan congkel-congkel mata ikan di jari kaki. Dalam hati bilang, “Hm, kya nya udah bisa lepas nih..”. Terus aja dicongkel dan ternyata terbuka! :)) Sampai gompel/ kroak setengah gitu xD Eh lama-lama keluar darah, lalu banyak dan ga berhenti. Langsung ke UGD RSIA Pratiwi! Padahal sudah jam 23.30 😀

Tindakan di RSIA Pratiwi

Kata dokternya, “Ini harus diambil sampai ke akar, tanggung soalnya tinggal setengahnya lagi. Kita bersihin dulu sebentar yaa..” Lalu mulai lah dia mengambil peralatan dan alkohol. Mata ikan dibersikan dan diiris pake pisau kecil, ga dibius! Duh, perihnyaaa.. Subhanallah! Tapi akhirnya kelepas juga. Setelah lepas, darah ngucur terus, ditekan-tekan ga berhenti juga darahnya. Dibalut kassa sekitar 3-5 menit juga ga berhenti. Kata dokter, “Ini harus dijahit, 1 jahitan”. Akhirnya disuntik, bius lokal. Udah nahan-nahan perih biar ga disuntik, eh disuntik juga xD

Waktu ngejahit, dokternya ga dapet2 kulitnya, kulit kaki memang keras katanya. Beberapa kali cucuk-cabut jarum 🙁 Dan akhirnya dia berhasil masukin jarum sampe tembus 2 sisi. Tapi sayang, pas narik benang, putus! Ergh, bete! Lukanya jadi tambah lebar kan.

Udah ga peduli tuh, udah pasrah.. Eh, ga lama malah darahnya berhenti sendiri :)) Alhamdulillah mata ikan udah lepas, tinggal penyembuhan dan minum antibiotik aja..

Tips mencegah mata ikan

Kita harus lebih merawat telapak kaki kita biar ga terkena mata ikan. Tips yang bisa dilakukan untuk mencegah mata ikan diantaranya:

  1. Cari sepatu yang nyaman dipakai dan ukuran yang pas (ga kekecilan, ga kelonggaran). Comfort first yaa.. Model oke tapi ga nyaman, baiknya ga usah dibeli 😀 Sebaiknya kalau beli sepatu di siang hari.
  2. Pakai kaos kaki dengan bahan yang menyerap keringat. Ini untuk melindungi kulit kaki dan jari-jari kaki dari gesekan. Kalau kamu ga suka kaos kaki yang tebal, kan ada yang tipis ^^
  3. Pakai lotion pelembab kaki untuk perawatan. Gunakan sebelum tidur agar tidak mengganggu aktivitas harian. Pilih yang cocok, ada pelembab kaki yang cepat meresap, ada yang meninggalkan efek lembab, dan laiinya.
  4. Setelah cuci kaki, lap! Pastikan kaki benar-benar kering.
  5. Sesekali rendam kaki dengan air hangat dan air garam atau antiseptik. Memakai batu apung untuk mengikis kulit kapalan saat mandi juga bisa.

Begitu deh cerita tentang menyongkel mata ikan xD Harusnya jangan dicongkel. Katanya dengan pemakaian teratur, Callusol ini bisa membuat mata ikan kering dan lama kelamaan hilang.

 

Terimakasih sudah membaca ^^ Tulis komentar kamu di sini dan follow cicifera.com yaa~