NHW #4 Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah

NICE HOME WORK #4

🍀MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH 🍀

Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi IIP, masih semangat belajar?

Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita. Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah , maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

===> Jawab:

Sampai saat ini saya masih memilih untuk menekuni Ilmu Content Writing. Namun setelah merenung kembali, saya akan menambah Ilmu Parenting untuk memaksimalkan peran hidup saya. 


 

b. Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

===> Jawab:

Belum 🙁 Saya belum bisa konsisten menjalani checklist indikator diri yang sudah dibuat di NHW #2. Baru beberapa poin saja yang sudah bisa saya lakukan dengan rutin. Berat sekali ya.. Memang butuh paksaan dari dalam diri untuk bisa melakukan hal-hal yang sudah direncanakan dalam checklist tersebut agar terbiasa nantinya. Komitmen saya harus lebih kuat!


b.Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.
Contoh :
Seorang Ibu setiap kali beraktivitas selalu memberikan inspirasi banyak ibu-ibu yang lain. Bidang pelajaran yang paling membuatnya berbinar-binar adalah “Pendidikan Ibu dan Anak”. Lama kelamaan sang ibu ini memahami peran hidupnya di muka bumi ini adalah sebagai inspirator.
Misi Hidup : memberikan inspirasi ke orang lain
Bidang : Pendidikan Ibu dan Anak
Peran : Inspirator

===>  Jawab: 

Saya seorang ibu dengan aktivitas keseharian di rumah. Selain mengurus rumah dan keluarga, saya menjadi blogger dan sesekali mendapat fee dalam menulis. Bidang pelajaran yang saat ini membuat saya semangat adalah Writing dan Bloging. Karena saya seorang ibu, saya lebih menulis ke arah Parenting dan hal-hal yang berkaitan dengan Ibu, Anak, Rumah Tangga dan Wanita. Dengan menulis saya dapat mengikat ilmu dan dapat memberi informasi kepada keluarga dan juga orang lain.

Misi Hidup : memberi informasi melalui tulisan 
Bidang : writingbloging, parenting
Peran : mom blogger dan freelance content writer 


 

c. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

Contoh : Untuk bisa menjadi ahli di bidang Pendidikan Ibu dan Anak maka Ibu tersebut menetapkan tahapan ilmu yang harus dikuasai oleh sebagai berikut :

1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

===> Jawab:

Untuk bisa menjadi ahli di bidang writingbloging, parenting maka saya menetapkan tahapan ilmu yang harus dikuasai sebagai berikut :

1. Bunda Pembelajar : Ilmu-ilmu seputar keterampilan menulis, parenting, pengasuhan anak, tumbuh kembang anak, manajemen pengelolaan diri (termasuk mengelola emosi).
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar managemen (disiplin) waktu, seputar rumah tangga, ilmu ikhlas, komunikasi keluarga. 
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar kemandirian finansial, melihat peluang dan ide baru, mencari prospek dan mentukan lead.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang.


 

d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

contoh : Ibu tersebut menetapkan KM 0 pada usia 21 th, kemudian berkomitmen tinggi akan mencapai 10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang di satu bidang tersebut, agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Sejak saat itu setiap hari sang ibu mendedikasikan 8 jam waktunya untuk mencari ilmu, mempraktekkan, menuliskannya bersama dengan anak-anak. Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, sudah akan terlihat hasilnya.
Milestone yang ditetapkan oleh ibu tersebut adalah sbb :
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Shaleha

===> Jawab:

Saya menetapkan KM 0 pada usia 30 th (saat ini, 2017). Saya mendedikasikan 4 jam waktu saya untuk mencari ilmu, mempraktekkan dan menuliskannya. Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, sudah akan terlihat hasilnya. Milestone yang saya tetapkan adalah sbb :
KM 0 – KM 1 (tahun 1, 2017) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Pembelajar
KM 1 – KM 2 (tahun 2, 2018) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 3, 2019) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 (tahun 4, 2020) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Shaleha


 

e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

===> Jawab:  Sementara belum ada koreksi, akan saya pertimbangkan kemudian.


 

f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

Sang Ibu di contoh di atas adalah perjalanan sejarah hidup Ibu Septi Peni, sehingga menghadirkan kurikulum Institut Ibu Profesional, yang program awal matrikulasinya sedang kita jalankan bersama saat ini.

Sekarang buatlah sejarah anda sendiri.

Karena perjalanan ribuan mil selalu dimulai oleh langkah pertama, segera tetapkan KM 0 anda.

Bismillahirohmanirohim.. InsyaAllah BISA! 

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/

1 Comment

  1. Nusantara Adhiyaksa

    February 22, 2017 at 03:41

    membuat Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup kayaknya sangat wajib supaya lebih terukur dan terarah, ….
    Thanks Artikelnya

Terimakasih sudah membaca ^^ Tulis komentar kamu di sini dan follow cicifera.com yaa~