Mencoba Uri-cran untuk mengatasi anyang-anyangan saat hamil muda

Ergh, sebel ya kalau udah dandan rapi dan siap pergi tapi tiba-tiba kebelet buang air kecil/ pipis. Iya kalau cuma sekali, nah kalau rasa ingin pipis-nya itu muncul berkali-kali alias anyang-anyangan?? Kok susah ya mau buang air kecil aja 🙁 Tapi untungnya ga sampai sakit atau perih saat buang air kecil-nya.

Saat ini kehamilan saya baru masuk 13-14 minggu, masih tergolong hamil muda, 3 bulan lebih sedikit ^^ Tapi kok sudah anyang-anyangan? Pengen pipis lagi, pengen pipis lagi. Padahal perut saya belum begitu membesar. Konon kabarnya karena kandung kemih tertekan perut yang membesar, ibu hamil jadi sering buang air kecil. Hmm, sebenernya penyebab anyang-anyangan itu apa ya? Dan cara mengatasi anyang-anyangan gimana? Apalagi saya sedang hamil muda begini, sebisa mungkin saya menghindari konsumsi obat-obatan. Yang saya takutkan sih anyang-anyangan atau bahasa kerennya infeksi saluran kemih (ISK) ini berlanjut menyerang ginjal atau organ lainnya. Duh, jangan sampe deeh~

Menurut uricran.co.id, ada beberapa hal yang dapat menimbulkan dan menjadi penyebab anyang-anyangan, diantaranya:

  1. Sering menahan buang air kecil.
  2. Pakaian dalam yang kotor. Sebaiknya segera mengganti pakaian dalam saat terasa lembab. Vagina harus selalu kering. Jika sedang menggunakan pentiliner atau pembalut, ganti sesering mungkin, misalnya 3-4 jam sekali.
  3. Membasuh yang salah setelah BAB. Basuh dari depan ke belakang, Vagina dibasuh terlebih dahulu. Jika membasuh dari arah belakang dahulu, dikhawatirkan kotoran/ bakteri mengalir dan masuk ke vagina.
  4. Toilet yang kotor. Kita harus lebih jeli memperhatikan kebersihan toilet umum yang akan kita gunakan. Kebersihannya ini meliputi kebersihan closet, ember, gayung, termasuk juga kebersihan air. Gunakan air yang mengalir untuk membasuh vagina dan anus.

Hal-hal di atas jika tidak diperhatikan dengan baik, dapat membuat bakteri E.Coli menempel pada dinding saluran kemih sehingga menyebabkan anyang-anyangan.

Lalu cara mengatasinya?

Menurut riset, jus buah cranberry dapat berfungsi sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Saya kutip dari cranberry story, bahwa:

Jus cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih.
Hal ini karena buah cranberry memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins, dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini.
Selain itu, antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.
Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang terdapat pada buah cranberry terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.

Selain di jus, ada juga ekstrak cranberry dari Combiphar bernama Uri-cran. Uri-ran ini ada yang berbentuk Powder Sachet (dengan dosis 1-2 sachet/ hari), ada juga yang berbentuk Kapsul (dengan dosis 1-2 kapsul/ hari).

penyebab anyang-anyangan
penyebab anyang-anyangan

 

Ini tampilan Powder Sachet dari Uri-cran plus yang mengandung cranberry extract plus vitamin C dan probiotic.

Selain memperhatikan penyebab anyang-anyangan dan minum suplemen makanan uri-cran ini, ibu hamil yang anyang-anyangan juga dianjurkan:

  1. Memperbanyak minum air putih.
  2. Melakukan senam hamil.
  3. Menjaga kebersihan vagina.
  4. Mengurangi aktivitas berat.
  5. Istirahat yang cukup.

Silakan mencoba uri-cran ya untuk mengatasi anyang-anyangan kamu saat hamil muda. Semoga cocok~

Kalau anyang-anyangan hilang, meetup pun tenang 😉

kapan2 ketemuan lagi ya mommy2 🤗😘 . . . #juniorhighschool #reunion #mommyandkids

A post shared by cicifera.com (@cicifera) on

 

 

Terimakasih sudah membaca ^^ Tulis komentar kamu di sini dan follow cicifera.com yaa~