Serunya Storytelling dan Penyerahan Donasi #BukuUntukIndonesia Oleh BCA

Jumat pagi kemarin (21 Juli 2017), setelah subuh saya sudah sibuk menyiapkan perlengkapan Fais untuk diajak ke acara Penyerahan Donasi yang diselenggarakan oleh @goodlifeBCA. Acara berlokasi di SDN 7 Gadingrejo Lampung dan akan dimulai pukul 08.00 WIB. Lokasi acara dari rumah berjarak lebih dari 120 km, melewati 5 kabupaten (Kota Metro – Kabupaten Lampung Selatan – Kota Bandar Lampung – Kabupaten Pesawaran – Kabupaten Pringsewu), kira-kira ditempuh dalam 2 jam perjalanan menggunakan mobil. Syukurlah kami datang tepat waktu~ Udah deg-deg-an takut terlambat xD

Di acara ini, selain ada pembagian buku bacaan, ada juga storytelling yang akan dibawakan oleh Giring Nidji. Dengan adanya storytelling ini, diharapkan dapat menumbuhkan minat baca dan mengajak anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD) untuk lebih gemar membaca sejak dini.

Acara dibuka dengan beberapa performance dari siswa-siswi SDN 7 Gadingrejo. Aksi pertama, performance adik-adik marching band yang membawakan 3 buah lagu. Dilanjutkan dengan performace adik-adik dancer yang membawakan 2 tari kreasi “Bledikdol” dan “Red Velvet”. Adik-adik petarung taekwondo juga ga mau kalah memberikan aksinya di atas panggung. Seru sekali!

Keseruan bertambah ketika 3 kakak dari BCA membagikan balon-balon yang sudah ditiup memanjang untuk dibuat balon kreasi. Adik-adik antusias sekali membuat kreasi mainan dari balon, ada balon yang panjang dan ada juga balon yang pendek. Balon bisa dibuat berbagai macam mainan kreasi, misalnya membuat anjing puddle, pedang atau topi yang bisa dilingkarkan di kepala adik-adik. Kakak-kakak memberi intruksi membuat mainan, ibu guru membantu mengarahkan dan mengoreksi buatan adik-adik.

 

Serunya Storytelling oleh kak Giring

Setelah bermain dengan balon, tiba saatnya storytelling yang dibacakan oleh kak Giring. Kak Giring membacakan 2 cerita dari Buku Kumpulan Cerita berjudul “Sahabat Bumi” yang ditulis oleh DK Wardhani dan Watiek Ideo, penerbit Gramedia Pustaka Utama. Cerita pertama yang dibacakan berjudul “Kincir Kayu”, cerita mengenai pembangkit listrik tenaga gerak. Cerita kedua berjudul “Bank Sampah”, cerita ini mengajarkan adik-adik bagaimana mengumpulkan sampah dan memproses sampah tersebut menjadi uang. Senang sekali bisa mendengarkan kak Giring membacakan buku cerita, ceritanya pun penuh makna.

 

performance dari siswa-siswi SDN 7 Gadingrejo di acara pembagian donasi #BukuUntukIndonesia
Performance dari siswa-siswi SDN 7 Gadingrejo di acara pembagian donasi #BukuUntukIndonesia

 

Membuat kreasi mainan dari balon di acara pembagian donasi #BukuUntukIndonesia
Membuat kreasi mainan dari balon di acara pembagian donasi #BukuUntukIndonesia

 

Memasuki acara inti, adik-adik marching band membawakan lagu “Cangget Agung” yang merupakan salah satu lagu daerah Lampung. Kemudian para penari cilik membawakan “Tari Sigeh Pengunten” atau disebut juga “Tari Sembah”, yaitu tarian daerah Lampung yang biasanya ditampilkan untuk menyambut tamu.

Gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia ini sudah diadakan sejak bulan Maret 2017. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menawarkan paket donasi kepada masyarakat yang kemudian dikonversi menjadi buku dan disalurkan ke beberapa daerah di Indonesia. Tujuannya untuk menumbuhkan kembali minat membaca di berbagai pelosok Indonesia. Dana donasi yang sudah terkumpul pada periode pertama (15 Maret-15 Juni 2017) sebesar Rp 1,05 miliar. Dari dana tersebut, BCA mewujudkan dalam bentuk buku yang didonasikan ke 104 sekolah penerima di 60 titik di Indonesia.

 

Penyerahan Donasi #BukuUntukIndonesia

Lampung merupakan titik penyerahan donasi pertama pada periode pertama ini. Direktur BCA Santoso yang hadir dalam acara penyerahan donasi #BukuUntukIndonesia ini menyerahkan secara simbolis beberapa buku bacaan kepada 7 Kepala Sekolah SD Negeri di Lampung, yaitu SDN 7 Gadingrejo, SDN 2 Banjarsari Metro Utara, SDN 3 dan 5 Bumi Waras, SDN 3 dan 4 Sukaraja, SDN 4 Gunung Terang.

Selain di Lampung, BCA juga akan melakukan penyaluran donasi #BukuUntukIndonesia serempak di 5 kota dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (23 Juli 2017). Kelima kota tersebut adalah Banda Aceh (mewakili Sumatera), Garut (mewakili Jawa), Singkawang (mewakili Kalimantan), Makassar dan Manado (mewakili Sulawesi), dan Kupang (mewakili Indonesia Bagian Timur). Dan akan dihadiri oleh Andy F. Noya sebagai duta baca Indonesia.

 

tari sembah dan pembukaan penyerahan donasi #BukuUntukIndonesia
Tari Sembah dan pembukaan acara penyerahan donasi #BukuUntukIndonesia

 

storytelling oleh kak Giring dan penyerahan donasi #BukuUntukIndonesia
Storytelling oleh kak Giring Nidji dan acara inti penyerahan donasi #BukuUntukIndonesia

 

Berpartisipasi dalam #BukuUntukIndonesia

Gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia ini akan berlanjut sampai September 2017. Selain melalui cabang BCA terdekat, kamu bisa berpartisipasi melalui donasi #BukuUntukIndonesia

Semoga dengan adanya penyerahan donasi ini anak-anak di daerah bisa mendapatkan akses yang lebih luas untuk memperoleh buku bacaan yang dapat membuka wawasan mereka terhadap dunia dan menumbuhkan kebiasaan membaca sejak dini. Aamiin..

[cicifera untuk #BloggerPerempuan]

Terimakasih sudah membaca ^^ Tulis komentar kamu di sini dan follow cicifera.com yaa~