Family Project, Bukan Hanya Tentang Anak

Sebenarnya kami bukan tergolong tipe keluarga yang penuh dengan rencana. Rencana sih ada, tapi biasanya rencana jangka pendek saja, kadang malah rencana dadakan xD Mungkin karena kami cenderung hidup “mengalir”, jadi ga banyak berencana panjang.

Ngomongin rencana, pada games level 3 kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional, kami ditantang untuk membuat family project. Bukan hanya tentang anak, project ini melibatkan peran kami selaku ayah dan ibu dalam satu keluarga.

Family Project adalah aktivitas yang secara sadar dibicarakan bersama, dikerjakan bersama oleh seluruh atau sebagian anggota keluarga dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara bersama pula.

Family project didahului dengan family forum, diskusi dan sharing rasa antar anggota keluarga. Biasanya kami melakukan family forum di sela-sela aktivitas seperti waktu santai setelah makan dan saat kami berada di dalam mobil ketika bepergian.

Family forum adalah kegiatan ngobrol bersama keluarga inti, yang dibangun untuk saling mengalirkan rasa, mengetahui hobi anak-anak, aktivitas harian mereka, trend pengetahuan dan berita yang ada saat ini, kebutuhan seluruh anggota keluarga dan masalah atau tantangan-tantangan apa saja yang dihadapi oleh seluruh anggota keluarga serta harapan dan cita-cita dari masing-masing anggota keluarga. Family forum merupakan salah satu sarana pendukung terjadinya komunikasi produktif di dalam keluarga.

Hasil dari beberapa kali family forum, kami merencanakan family project (1): Fais mengaji. Fais belajar membaca iqro, hapalan surat pendek/ juz amma dan doa-doa harian anak dengan cara yang menyenangkan dengan durasi hanya 1-2 jam/ hari. Intinya belajar tapi dengan bermain, bersama mama, papa, dan anggota keluarga lain. Jika diperlukan, tambahkan resources dari luar untuk men-support family project, dalam project ini misalnya ustadzah atau biasa Fais panggil “Ummi ngaji” ^^

Terimakasih sudah membaca ^^ Tulis komentar kamu di sini dan follow cicifera.com yaa~