Membuat Pohon Literasi di Rumah Demi Memecut Rasa Ingin Membaca Dalam Keluarga

Sebenarnya membuat Pohon Literasi di rumah ini adalah Tantangan Game Level 5 Kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional Tangerang Kota. Demi memecut rasa ingin membaca dalam keluarga, ayo laksanakan! 😉 Jadikan diri kita teladan bagi anak dan keluarga. Yang pertama harus dilakukan adalah diri kita sendiri yang harus berubah 🙂

For Things to Change, I Must Change First!

Harus lebih banyak membaca agar anak menyontoh. Jika anak masih kecil, kita bisa membacakan buku untuk anak. Jika anak sudah remaja, kita bisa membaca bersama anak dan ajak anak berdiskusi tentang isi buku bacaan yang ia baca.

Iqra! Bacalah! Perintah Tuhan pertama kali ini mengingatkan kita bahwa membaca merupakan sebuah proses penting dalam mengenal diri.

Membaca merupakan jembatan ilmu, makanan bagi otak, dan juga bisa melatih imajinasi. Serta banyak lagi manfaat dari membaca.

Tips Memecut Rasa Ingin Membaca Dalam Keluarga

  • Jadwalkan family reading time, membacalah bersama anggota keluarga.
  • Buatlah pohon literasi untuk masing-masing anggota keluarga, rimbunkan dengan judul buku yang telah dibaca.
  • Diskusikan dengan anggota keluarga tentang buku yang telah dibaca, gunakan untuk menambah pengetahuan dan merekatkan hubungan dengan anggota keluarga lainnya.

Membuat Pohon Literasi Untuk Keluarga di Rumah

  • Gambar sebuah pohon atau batang pohon dengan ranting/ dahan yang memiliki banyak cabang di sebuah kertas karton putih. Gambar tanpa daun. Tempel gambar pohon tersebut pada dinding, pasang di tempat yang mudah terlihat.
  • Buat daun secara terpisah. Gambar pola daun sebagai cetakannya terlebih dahulu. Cetak gambar daun ke kertas warna (saya pakai kertas origami). Masing-masing warna mewakili satu anggota keluarga. Satu kertas origami bisa untuk membuat 5 daun, hemat ^^

  • Gunting pola daun. Tambahkan komponen penunjang seperti gambar-gambar hewan, bunga, awan, dan lainnya. Saya manfaatkan sisa bungkus kado dan majalah bekas.

  • Tulis judul buku yang sudah dibaca pada daun, kemudian tempelkan daun pada pohon literasi yang kita punya. Libatkan seluruh anggota keluarga, misalnya daun warna biru untuk Papa, daun warna pink untuk mama dan daun warna hijau untuk Fais.

Kami baru memulai tantangan 10 hari ini tanggal 30 Oktober lalu, semoga bisa terus semangat yaa!

Yuk, budayakan membaca dari rumah sejak dini 😉

Pohon Literasi Keluarga

#GameLevel5 #Tantangan10Hari #Day1 #KuliahBunsayIIP #ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Terimakasih sudah membaca ^^ Tulis komentar kamu di sini dan follow cicifera.com yaa~