Divert Ke Johor Bahru. Gara-gara Drone.

Yes, Drone! Drone ilegal di Singapur menyebabkan puluhan penerbangan delay, termasuk pesawat yang dibawa suami Senin lalu. Divert pertamanya pak kapten nih. Divert, pengalihan pendaratan/ landing.

Harusnya landing di Singapur, tapi karena runway Singapur ditutup satu karena ada drone, jadi antri panjang. Sempat 7x muter-muter di atas, menunggu untuk masuk ke Singapur. Tapi akhirnya memutuskan divert ke Johor Bahru Airport Malaysia untuk isi fuel/ bahan bakar pesawat.

Drone | Pic Source: aviationnews-online.com

Cerita suami, di Notam pun ga ada notice tentang adanya drone ini.

Notam (Notice To Airmen) adalah info terkini dari ATC mengenai keadaan bandara, sistem lalu lintas udara dan navigasi. Notam terdiri dari Runway Notam, Airport Notam dan Area Notam. Membaca Notam adalah bagian dari persiapan dari penerbangan. Penjelasan detail baca di website ilmuterbang ya 😉

Kurang lebih begitu ceritanya~~

Kepo juga, jadi search berita di google dan ternyata memang drone ini lagi bikin masalah di Changi Airport Singapore.

Berita Drone Mengganggu Penerbangan di Changi Airport Singapore

Hmm, nyusahin! *ups Main drone nya kira-kira dong yaa, liat tempat gitu.. Jadi kya “sabotase” airport deh xD Kabarnya ini tuh drone ilegal yang kedua di Bandara Changi.

Untungnya penumpang mengerti dengan kondisi ini. Kabar dari crew belakang (pramugari), tadinya sempet ada satu penumpang yang hampir menjadi profokator karena kesal delay, tapi malah diademin sama penumpang lainnya ^^

Noted juga nih buat aku kalo nanti jadi penumpang yang kena delay, tanya dulu penyebab delaynya kenapa, jangan asal marah-marah. Ga semua penyebab delay itu berasa dari hal teknis semacam kerusakan pesawat kan..

Good job pilot and all crew 😉 Semangat terus ya terbangnyaa~~

20 Comments

  1. Arda Sitepu

    June 27, 2019 at 14:35

    Iya juga ya mbak, kalau drone sembarang terbang tanpa mengetahui kondisi penerbangan. Lebih baik menunggu daripada tidak selamat karena hal dinilai kecil.

  2. Lidya

    June 28, 2019 at 00:29

    Selalu ada ya provokator kaya gitu hihihi, noted juga buat kita semua ya mbak untuk gak main emosi dulu sebelum tau kejelasannya. Ternyata drone bisa menggangu jalur penerbangan ya, selain itu juga ganggu privacy sih kan alatnay seenanknya aja muter2 di atas 🙂

    1. Jiah

      June 28, 2019 at 13:46

      Main drone emang keren tapi setahuku memang kudu ada izinnya di tempat tertentu juga. Kalau sudah ganggu penerbangan gini sih bahaya banget

    2. Monica Anggen

      June 29, 2019 at 00:36

      Tulisan yang bagus. Sekarang jadi tahu kalau pesawat delay tidak selalu karena masalah teknis pesawat. Kadang karena drone juga bisa ya. Katanya sekarang kalau menerbangkan drone ada peraturannya sendiri ya untuk mencegah kejadian drone mengganggu penerbangan.

  3. Ameliasepta

    June 28, 2019 at 07:37

    Aku juga denger ini infonya secara Batam – Singapura itu deket banget deh. Tapi drone bisa ampe buat banyak penerbangan keganggu yah berarti harus lebih aware dong yg main drone jgn sampe ganggu bandara.

  4. Jalan-Jalan KeNai

    June 28, 2019 at 07:53

    Kayaknya di berbagai negara manapun, drone memang harus dilarang di sekitar bandara. Ngeri juga kalau pesawat melintas, trus tau-tau ada drone.

  5. herva yulyanti

    June 28, 2019 at 08:29

    ya ampun gara-gara drone yah jadi mengganggu banget kayaknya emang perlu dilarang sih ya mba, btw itu penumpang yang kompor emang selalu ada untung bisa diam hahaha

  6. Ida Raihan

    June 28, 2019 at 08:33

    Penasaran ama kelanjutannya deh. Itu yang nerbangin Drone sadar gak dia telah menggnaggu pesawat.

    Aku pernah ngalamin juga delay di udara gegara asap tebel. Penerbangan yang seharusnya 30an menit ampek hampir 2 jaman. Tapi ya gak perlu emosi ya seharusnya, kan kita tidak sendiri dan gak mungkin juga kan pilot dan awak kapal lainnya sengaja/ingin berlama-lama di udara.

  7. Indah Nuria

    June 28, 2019 at 11:39

    Di US, ada aturan jelas dan hukuman berat untuk mereka yang melanggar aturan penerbangan drone di daerah tertentu. Dan ini terjadi di Singapura lagi ya..

  8. Diah

    June 28, 2019 at 12:51

    Ngapain sih orang2 tu main dronenya di sekitaran airport, kan nyusahin banyak orang kan jadinya.
    Duuh ya, jadi istri Pilot pasti selalu dag dig dug tiap kali suami mau terbang ya? *ehh malah OOT 😅

  9. Rizka Edmands

    June 28, 2019 at 14:30

    Wooh suaminya mba cici pilot ya, keren keren heheh btw adekkh lagi suka sukanya main drone ini, baru aja beli dji mavic yang baru, ntar aku ingetin deh supaya ga main di area bandara

  10. Elly Nurul

    June 28, 2019 at 15:59

    Penasaran itu drone ngapain dan siapa pilotnya… duh ngga kebayang aku muter muter di udara sampai 7 kali dan sampai isi bahan bakar di tempat yang bukan di tempat tujuan.. beneran ganggu banget itu drone.. ditunggu cerita pilot lainnya..

  11. Kurnia amelia

    June 28, 2019 at 23:55

    Duh lagian itu yang main drone kaya ga ada tempat lainnya dah tau kalau tempat kaya bandara kan ga boleh ada itu, kalau di pegunungan tempat wisata mungkin bisa.

  12. lendyagasshi

    June 29, 2019 at 00:32

    Oh yaa…?
    Sungguh aku baru tahu kalau drone ini bisa mengganggu jalur pesawat.
    Lagian yaa…bandara biasanya letaknya jauh dari pemukiman penduduk…niat amat main deket-deket jalur pesawat.
    Hehehe…esmosi juga jadinya…

  13. Anne Adzkia

    June 29, 2019 at 00:48

    Wah bener juga, penggunaan drone harus ada regulasinya. Terutama di jalur-jalur penerbangan. Kalau sampai menghambat lalu lintas pesawat, bahaya bangeet.

  14. Uniek Kaswarganti

    June 29, 2019 at 01:22

    Ealaahhh…sampai segitunya ya efek drone untuk penerbangan. Sungguh menyebalkan ya, bikin jadwal orang banyak jadi kacau balau semua. Terutama dalam segi keamanan, bikin waswas yang sedang dalam penerbangan.

  15. Siska Dwyta

    June 29, 2019 at 01:41

    Waduh gara-gara ada yang main drone illegal sampai penerbangan terganggu gitu. Perlu diperingatkan nih karena efeknya sampai bikin penerbangan delay yang memungkinkan penumpang juga jadi esmosi. Tapi bener nih, klu pesawat delay kayak gitu, harus dicari tahu dulu penyebabanya jangan langsung asal cas cis cus gitu apalagi sampai jadi provokator.

  16. April Hamsa

    June 29, 2019 at 02:00

    Waduh bukannya kejahatan ya mainin drone deket airport 🙁
    Keblinger yang main. Tapi untung gpp ya mbak penerbangannya. Hikmahnya jd mampir dulu ke Johor hehe

  17. Siti Hairul

    June 29, 2019 at 02:10

    Kalo di Di Jogja kayaknya larangan keras lo menerbangkan drone di kawasan airport. Hukumannya berat. Bahkan memainkan laser di kawasan airport juga terlarang

  18. Anak Desa

    July 15, 2019 at 07:19

    Saya sempat nonton dan baca berita tentang Drone yang mengacaukan penerbangan beberapa waktu kemarin. Sebagai orang desa, yang baru sekali naik pesawat, negri juga kalau penerbangan jadi kacau ya Mba Cici? Anyway, thanks Mba, jadi ngerti beberapa istilah dalam dunia penerbangan. Salam dari Anak Desa….

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.