Edema, Bengkak Kaki Pada Ibu Hamil. Bahaya ga ya?

Bengkak kaki hamil tua gini (ibu hamil 8 bulan) mulai terasa mengganggu kegiatan keseharian ku, terutama untuk urusan domestik rumah tangga. Sering terasa pegal, ga kuat berdiri lama, jadi pengen selonjoran aja bawaannya. Padahal kan mamak harus beberes rumah yang banyakan kegiatannya dilakukan dengan berdiri lama, misal: cuci piring, cuci baju, masak, sapu/ pel, dll. Saat posisi duduk dalam sholat pun kaki terasa menyendol, jadi ga nyaman duduknya.

Awalnya bengkak kaki ini bisa mereda alias kempes kalau kaki aku gantung/ ditinggikan (selonjoran dan kaki diganjal bantal). Tapi lama-lama ga ngaruh lagi 🙁 Sebenarnya bengkak kaki pada hamil tua begini masih normal, dulu waktu hamil anak pertama malah sudah mengalami bengkak kaki di usia kehamilan 4-5 bulan. Penambahan berat badan, tekanan dari pertumbuhan janin, cairan tubuh yang juga bertambah, menjadi salah satu penyebab bengkak kaki/ edema ini.

Bengkak kaki pada ibu hamil 34 minggu

Bengkak kaki Hamil 34 minggu.

Bengkak kaki pada ibu hamil 36 minggu

Bengkak Kaki Hamil 35 minggu.

Bengkak kaki pada ibu hamil 36 minggu

Bengkak Kaki Hamil 36 minggu.

Bengkak Kaki Hamil 37 minggu.

Kadang bengkak kaki ini kempes sendiri, mungkin tergantung dengan lamanya duduk/ berdiri dan banyaknya/ beratnya beban aktivitas harian kita.

Tips mengurangi ketidaknyamanan edema/ bengkak kaki ibu hamil tua

Beberapa hal yang aku coba lakukan untuk mengurangi bengkak kaki selama hamil:

  1. Selonjoran dengan meninggikan posisi kaki/ mengganjal kaki dengan beberapa bantal.
  2. Merendam kaki dengan air hangat. Dikasih garam kasar sedikit. Ada juga garam khusus merendam kaki yang dijual di salon perawatan tubuh. Biar lebih rileks 🙂
  3. Tidak terlalu lama berdiri dan tidak terlalu lama duduk. Kalau sudah berasa pegal, istirahat dulu sebentar, jangan dipaksa 😉
  4. Mengurangi aktivitas fisik (yang butuh banyak berdiri) dengan mendelegasi pekerjaan, misal: setrika baju di laundry-an aja ^^
  5. Mengurangi makanan yang asin-gurih karena garam mengikat air.
  6. Olahraga ringan, jalan kaki sebentar atau stretching. Bisa juga melakukan yoga ibu hamil jika dirasa perlu 😀
  7. Menjaga tensi. Kontrol tensi jangan sampai terlalu tinggi. Bengkak kaki dan tensi tinggi bisa mengakibatkan pre eklamsia yang berbahaya untuk ibu hamil dan kandungannya.
  8. Duduk dengan kaki menapak, tidak menggantung kaki. Misal: kalau lagi duduk di depan meja kerja, kakinya diusahakan napak, tidak jinjit atau tidak menginjak tempat kaki yang suka ada di bawah meja itu lho xD

“Secara klinis, dapat dibagi menjadi tiga derajat. (A) kasus ringan: edema jelas muncul di kaki dan kaki tetapi dapat hilang setelah istirahat. (B) kasus sedang: edema meluas ke paha dan vulva atau bahkan yang melibatkan perut. (C) Kasus berat : edema Umum kadang disertai dengan asites (penimbunan cairan di perut).”

Semoga Edema/ Bengkak Kaki ini cepat mereda dan ga berbahaya. Harus pantau tensi, kalau pusing atau sakit kepala dan tensi tinggi lebih baik langsung periksa ke bidan atau dokter spog aja ✓ \

Please, jangan anggap remeh gejala apa pun yang terjadi pada tubuh kamu ya.. 

 

^cicifera

28 Comments

  1. Nhae Gerhana

    January 1, 2018 at 11:28

    Waah baru tau teh cici hamiduuun.. Semoga lancar sampai lahiran teeeh.. Aaah senangnyaaa

    1. cicifera

      January 1, 2018 at 16:16

      iya xD sedang menanti dd bayi nih, hihi.. hari prediksi lahirnya tgl.3 jan ini.. doakan sehat, lancar dan mudah ya persalinannya ^^ Aamiin..

      1. Linimasaade

        May 3, 2019 at 07:31

        Kalau hamil Kebanyakan suka gitu yah tak kira enggak bengkak. Makasih tipsnya ya mbk di bookmark dulu buat ancang-ancang masa depan hehe

  2. Selalu ada cinta di hati mama untuk Fais ❤️ - @cicifera

    January 2, 2018 at 07:14

    […] mama juga mengurus urusan rumah tangga sendiri sedangkan perut mama sudah sangat besar, edema/ bengkak kaki dan kadang kontraksi palsu. Tapi yang lebih bikin sedih adalah ketika Fais sakit. Misalnya saja […]

  3. emanuella aka nyonyamalas

    May 3, 2019 at 04:36

    Aamiin, semoga cepat reda ya Mbak Edemanya. Sehat-sehat selalu bumil sayang…. Semoga nanti persalinannya juga lancar ya, sehat selamat bayi dan ibunya 🙂

  4. Uniek Kaswarganti

    May 3, 2019 at 04:53

    Aku banget nih pake bengkak kaki parah selama hamil. Yang hamil kedua parah banget bengkaknya, pas hamil 7 bulan udah gede bengkaknya. Ditekan dia ntar jadi cekung, dan mbaliknya lamaaaa… Kirain kena kaki gajah waktu itu. Tapi begitu si bocah lahir, enggak berapa lama sudah pulih kembali. Tidak ada salahnya terus berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi ini, agar terus terpantau ya kesehatan ibu hamil. Semoga lancar persalinannya yaaa..

  5. Sri Al Hidayati

    May 3, 2019 at 13:51

    Saya pernah mba pas hamil anak pertama. Bengkak banget. Tips2 nya itu iya banget. Apalagi direndam air hangat oakai sedikit garam. Lumayan ngebantu. tapi yang pastii ngurangin makan yg asin & banyak jalan biar ga bengkak y. Sehat2 y mba. Moga sehat2 pas lahiran nnt ibu dan debaynya. aamiin

  6. Mporatne

    May 3, 2019 at 18:18

    Bengkak kaki pada usia kehamilan banyak terjadi pada ibu hamil. Inilah yang akan membuat kita khawatir jika mengalami bengkak kaki.

    Kaki yang bengkak akan membawa rasa kurang percaya diri untuk itulah perlu istirahat jangan banyak jalan

  7. Farida Pane

    May 3, 2019 at 21:26

    lumayan juga ya bengkaknya pas hamil. Untung dah punya tips2nya nih. Sangat bermanfaat buat bumil.

  8. Siti hairul

    May 4, 2019 at 00:03

    Aku ga pernah bengkak kaki saat hamil. Cuman seringnya HBnya rendah. Untungnya bisa dikejar dr pertengahan kehamilan.

  9. Rach Alida

    May 4, 2019 at 00:10

    Aku malah muncul bengkak kaki pas udah mau lahiran. Sekitar selang beberapa hari. Tapi hanya sehari saja. Tapi itu saja udah bikin aku nggak nyaman. Hehhehe. Makasih sudah berbagi mbaa

  10. Lidya

    May 4, 2019 at 00:12

    Sehat selalu ya mbak selama kehamilan & sampai melahirkan nanti. TErnyata bengkak kaki saat hamil harus diwaspadai ya. Semoga bengkaknya cepat hilang ya mbak

  11. lendyagasshi

    May 4, 2019 at 00:56

    Jadi ingat pas pertama kali hamil anak pertama. Ya Allah, bengkak malah bikin aku ga bisa ngapa-ngapain.
    Huuhuu .. katanya deket HPL disarankan banyak jalan yaa..

    Jadilah makin hoream.
    Hahaha…alasan bumils banyak yaak…

  12. Ida Tahmidah

    May 4, 2019 at 01:08

    Alhamdulillah selama hamil 5 anak ga pernah sih sampai kaki bengkak. Mungkin krn banyak gerak ya..

  13. Nia K. Haryanto

    May 4, 2019 at 01:17

    Alhamdulillah, aku setiap kali hamil gak sampe bengkak ke kaki. Soalnya badanku berimbang beratnya. Dan saat hamil, naiknya gak terlalu drastis. Nah baru deh, pas masa menyusui naik BB-nya ampun-ampunan. Susahnya nurunin BB walopun anak udah 5 tahun. 😀

  14. ade anita

    May 4, 2019 at 01:31

    Jaga makanan selama hamil. Itu yg utama krn kalo sampe bengkak berarti ada sesuatu yg berasal dari makanan biasanya

  15. Yoanna Fayza

    May 4, 2019 at 01:41

    Aku juga ngalami kaki bengkak waktu hamil anak pertama, karena ilmu tentang kehamilannyajuga masih cetek banget. Sampai kalau buat jalan sakit banget, untung ngga berlanjut ke hal-hel serius lainnya

    1. Echi Mustika

      May 6, 2019 at 03:41

      Kalo dulu saya saat bengkak kakinya waktu hamil di olesi dengan arak putih mba, itu juga kata orang tua jadi nurut ajah, kalo inget lucu sampai cari sepatu dan sendal dadakan karna yang lain tidak muat

  16. Ira Hamid

    May 4, 2019 at 01:52

    Saat ini saya sedang hamil masuk usia 8 bulan, Mba. Alhamdulillah berat badan hanya naik beberapa kilo dan kaki juga gak bengkak. katanya kalo bengkak itu bisa jadi ciri menderita preeklamsia yaa?

  17. Nyi Penengah Dewanti

    May 4, 2019 at 02:16

    Sehat terus ya bumil
    Ya Allah semoga disehatkan ibu ibu yang sedang hamil. Aku jadi nyimak soal bengkak kaki nih mba hehehe moga aknjuga lekas diberi momongan juga amiin

  18. Indah Nuria

    May 4, 2019 at 02:43

    Alhamdulillaaaah waktu hamil aku ngg begitu bermasalah mba, dan memang harus segera ditangani ya mba

  19. Diyanika

    May 4, 2019 at 02:44

    Dulu, pas hamil usia tua, kakiku bengkak, Mbak. Bidanku ya takute kalau bukan bawaan bayi. Setelah diperiksa urin, alhamdulillah baik semua. Eh, pas lahiran, dengan terapi pijat dari suami, kempes sendiri, Mbak. Kalau pas maghrib, dipijat suami, sebelumnya direndam dengan air hangat yang diberi garam.

  20. herva yulyanti

    May 4, 2019 at 02:49

    aku sih alhamdulilah saat hamil ga sampe bengkak gitu mba cuman kalau kram duh itu setiap hamil ga bisa lepas sampe jari-jari kaku ga bisa digerakkin.

    sehat-sehat ya mba

  21. April Hamsa

    May 4, 2019 at 02:52

    Aku pas hamil bengka jg kakiku. Tapi alhamdulillah gak parah sihmbak. Ooo itu namanya Edema ya?
    Nah iya betul kata dokter suruh kurangin makan garam pas itu 😀 Trus ya kalau pegel istirahat aja 😀

  22. Monica Anggen

    May 4, 2019 at 05:31

    Wah, Kak Cici hamil ya? Selamat ya. Semoga sehat dan lancar semuanya sampai hari lahiran. Masalah kaki bengkak juga aku banget dulu dan baru hari ini tahu kalau namanya Edema. Dulu sih tahunya kaki bengkak karena konsumsi garam, jadi selama hamil mesti batasi garam.

  23. Helena

    May 4, 2019 at 07:25

    Ku pikir Mama Fais hamil lagi, anak ketiga. hohoh… ternyata 2017 tho.
    Iya nih orang hamil mah rawan bengkak. Kalau aku ya selonjoran aja trus tidurnya dengan posisi kaki yang lebih tinggi.

  24. Rani Yulianty

    May 4, 2019 at 13:38

    Waktu hamil dulu juga kegemukan dan kaki bengkak, kadang suka sampai kesemutan, huhuhu, moga cepat mereda ya kaki bengkaknya dan sehat terus

  25. Esti Sulistyawan

    May 4, 2019 at 13:48

    Aq dulu bengkaknya justru pas habis lahiran mbak. Sampai berasa sakit banget kalau kepegang. Setelah dipijet rutin bisa kempes. Untuk kehamilan kedua, alhamdulillah gak bengkak kakinya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.