Memilih gendongan untuk pergi dengan bayi 2 bulan itu gampang-gampang susah. Ada beberapa faktor yang harus diperhitungkan, disesuaikan dengan situasi dan kondisinya. Misalnya, bayi mau diajak pergi kemana, dengan transportasi apa, di lokasi tujuan tempatnya seperti apa, dan lain sebagainya. Gendongan yang aman dan nyaman untuk bayi, akan mempermudah semua aktivitas kita saat membawanya ke luar rumah atau pun ketika kita menyelesaikan pekerjaan rumah tangga di dalam rumah. Kita bisa beraktivitas dengan tetap membawa bayi dalam pelukan.

Pergi dengan bayi 2 bulan

Anak pertamaku dulu baru diajak pergi jalan-jalan di usia 6 bulan, anak kedua di usia 4 bulan, eh anak ketiga ini usianya baru 2 bulan sudah diajak pergi ke luar xD Karena tidak ada orang yang jaga di rumah dan tidak ada keluarga terdekat untuk menitipkan anak, jadilah anak selalu dibawa kemana-mana, termasuk anak ketigaku ini, bayi 2 bulan.

Awalnya karena mau menjamu orangtua yang datang ke rumah, kami ajak jalan-jalan dan makan di luar. Selanjutnya ada acara halal bi halal orang tua siswa anakku yang pertama dan perpisahan kenaikan kelas, bayi juga diajak. Mertua sebenarnya agak khawatir aku mengajak bayi, khawatirnya lebih ke arah takut mukanya dicium-cium atau digemesin orang 😀

Memilih Gendongan Bayi 2 Bulan untuk Pergi ke Kawali

Alasan memilih gendongan daripada stroller

Bayi tuh sangat senang berada dekat orang tuanya, bayi bisa tau ya ternyata kalau disekitarnya tidak ada orang. Menggendong bisa memunculkan rasa kehangatan, seperti dipeluk. Memeluk bayi juga bisa meningkatkan hormon oksitosin yang berperan dalam melancarkan produksi ASI.

3 alasan memilih gendongan daripada stroller:

  • Menggendong membuat bayi merasa nyaman dan aman, meningkatkan bonding ibu dan bayi.
  • Menggendong bayi lebih praktis, lebih leluasa dalam bergerak/ berpindah tempat ketika berada di yang tempat ramai dan tempat yang menanjak/ menurun (contohnya tempat wisata dengan bukit atau hotel/mall dengan tangga).
  • Menggendong bisa sambil menyusui, ketika tidak menemukan ruang menyusui di tempat publik, kita tinggal pakai apron menyusui.
Gendongan Jarik Simpul Jangkar Bayi 2 Bulan Cicifera

Aku juga pengguna stroller kok.. Tapi memang lebih sering mengunakan gendongan. Ada juga resiko-resiko menggendong bayi dengan gendongan lho..

Resiko memilih gendongan

Setelah memutuskan memilih gendongan karena alasan di atas, ada resiko yang harus kita terima, misalnya saja:

  • Kita harus mempelajari dan berlatih cara menggendong yang tepat agar bahu tidak cepat pegal, sakit pinggang atau sakit punggung. Membiasakan diri untuk akrab dengan gendongan. Perhatikan berat bayi dan kenyamanan bayi saat digendong. Terlalu lama menggendong di satu pundak, bisa juga menyebabkan pundak panas xD
  • Untuk jenis gendongan tertentu yang perlu diatur khusus sebelum dipakai, kadang agak repot mengubah settingan gendongan saat gantian menggendong dengan suami atau pun orang lain. Apalagi kalo suami kita tinggi besar dan kitanya kecil (seperti aku dan suami :D)

Jenis gendongan untuk bayi 2 bulan

Pertimbangkan 4 hal sebelum memilih gendongan bayi:

  • Tipe gendongan yang pas dengan tubuh kita
  • Struktur gendongan (polanya, bisa support M shape)
  • Kualitas bahan gendongan (kain, kaitan, plastik/ besi, dll.)
  • Fitur gendongan dan kecepatan pergantiannya
3 Alasan Memilih Gendongan untuk Pergi Dengan Bayi 2 Bulan
pic: yellowbirch.ca

Pastikan gendongan tersebut nyaman untuk bayi dan ibu, sesuaikan juga dengan usia bayi dan berat badan bayi ya.. Jangan terlalu longgar dan jangan juga terlalu ketat dengan tubuh ibu saat menggendong bayi.

Nah, kalau kalian, ada jenis gendongan bayi seperti apa yang dimiliki di rumah? Kenapa memilih gendongan seperti itu? Sharing yuk ^^

You might also enjoy:

26 Comments

  1. saya gagal fokus sama adeknya mba, lucu banget pengen uwel-uwel. btw bahas soal gendongan pastinya ini memang bermanfaat banget ya untuk para ibu, selain tadi yang disebutkan oleh mba manfaatnya, juga menurut saya mampu membangun ikatan bathin anak dengan ibu, karena pelukan saat menggendong pasti akan berefek positif pada perasaan si bayi

  2. Kedua anakku kuajak pindahan saat berusia 2 bulan, si sulung dari Kediri ke Medan, si bungsu dari Jakarta ke New Orleans..Alhamdulillah lancar karena digendong dengan nyaman. Memang menggendong bisa memunculkan rasa kehangatan, seperti dipeluk ya, apalagi kalau pas gendongannya

  3. Dulu andalan saya gendongan ergobaby Mbak, tapi memang baru pede untuk anak-anak ketika usianya sudah di atas 4 bulan. Rasanya untuk bayi 2 – 3 bulan, paling pas memang gendongan model kain ala orangtua zaman dulu ya. Bayi pun terasa hangat, aman di dalam dekapan orangtuanya.

  4. Jujurly aku juga lebih suka pake gendongan daripada stroller, kalau jalan2 deket2 sih hehee. Apalagi kalo M-shape kan enak banget, bayi juga nyaman. Aku biasa pake gendongan ssc sih.

  5. Saya sudah 9 tahun tidak pernah lepas gendongan. Maklum anak-anak jaraknya dekat banget. Jadi belum pensiun deh gendong anak kemana-mana. Benar banget banyak sekali manfaat gendongan salah satunya bonding anak dan ibu

  6. Setuju sekali kak, Gendongan yang aman dan nyaman untuk bayi, akan mempermudah semua aktivitas kita saat membawanya ke luar rumah ya. Bayipun jadi sangat nyaman

  7. Waah mbaa Cici, aku juga dulu pake gendongan inii hahah.. emang lebih enak sih kayak manteepp gituu di badann. Alhamdulillaah <3 Sehat2 mbaa

  8. Jadi ingat aku butuh sekali yang namanya bawa gendongan lebih dari satu, kak Ci..
    Karena anakku 2 dengan jarak yang berdekatan. Jaga-jaga kalau keduanya nangis dan minta gendong, emak kudu bisa sirkus…karena keduanya belum bisa dealing.
    Tapi alhamdulillah, kalau pergi keluar, anak-anak sok pada bararageur..

  9. Zaman dulu sebelum ada stroller, ibu-ibu tuh setrong banget ya gendong anaknya ke mana-mana hanya pakai gendongan. Termasuk ibu saya. Zaman adik saya lahir, juga banyakan pakai gendongan. Stroller mahal. Wkwkkw.

  10. dulu saya ga paham nih ada cara menggendong seperti itu yang nyaman untuk bayi dan ibunya juga, jadinya hanya pakai gendongan kain biasa, yang kainnya agak lebar jadi bayi juga nyaman, hanya harus dipegangi terus, agak kesulitan saat disambi melakukan pekerjaan lain karena praktis hanya 1 tangan yang aktif

  11. Dulu aku selalu gendong pake kain jarik hehehee… tapi sekarang udah makin banyak gendongan yang cara menggunakannya mudah. Kayak digubet2 gitu, bayi terlindung seluruh badan. Bayi hangat dan nyaman banget kayaknya.

  12. Ternyata banyak hal yg hrs dipertimbangkan sblm memilih gendongan bayi ya mba.. Dan tentunya faktor kenyamanan adalah yg utama, bkn hanta kenyamanan baby tapi juga si ibu.. Thx sharingnya mba ..

  13. Aku punya banyak stok kain buat gendong mom hihi.. Lebih mudah karena bisa kita atur panjang pendeknya. Walau kalau engga pas jatuhnya bisa ga nyaman. Terus pas anak udah bisa duduk, ganti deh ke gendongan hadap depan itu.

  14. Gendong jarik merah seperti yang ada di gambar tersebut sih mbak. Tapi gendong nya model lama
    Misal mau pake model gendongan gaya baru perlu belajar lagi deh
    Emang lebih nyaman di gendong kalau usia usia tersebut ya mbak

  15. Aku juga lebih suka gendong si lebih ayem aja krn kita dekap ya bocahnya juga pasti lebih nyaman. Aku dulu punya beberapa gwndongan tp tetep paling enak gendok pake kain atau jarik heheh.. pas udh mulai gedena baru deh pake gwndongan yg kaya ransel gtu

  16. saya malah belum sebulan waktu itu udah ajak bayi keluar lho, Ci.
    pas waktu itu acara nikahannya Kakak dan tentu semua kami nganterin doong, jadilah si bayi jadi pusat perhatian semua hihih, tapi waktu itu gendongnya dengan tangan tanpa bantuan kain gendong, cuma dibedong aja sih 😀
    saya lebih nyaman gendong langsung ketimbang pakai gendongan, kecuali udah agak gedean udah bisa duduk baru deh pakai gendongan 😀

  17. Dan saking nyamannya bagai gendongan bayi, ke mana-mana saya lebih memilih menggendong anak ketimbang makai stroller.

    Strollernya seringnya dipakai kalau anak jalan-jalan sama bapaknya keliling komplek kala itu.

  18. Sama nih Mom, saya dulu juga lebih suka pakai gendongan. Tapi belum tahu cara menggendong bayi yang benar. Dulu tuh gak kepikiran untuk cari tutorial menggendong yang ternyata banyak caranya hahaha. Bawa stroller mah ribet kalau menurut saya hehe dan saya suka banget pakai gendongan batik

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!