5 Persiapan sebelum anak Penilaian Akhir Semester (PAS) sekolah. Dalam 1 tahun ajaran sekolah itu ada 2 semester, yaitu Semester Ganjil (Juli-Desember) dan Semester Genap (Januari-Juni). Di Bulan Desember dan Juni anak-anak sekolah melakukan PAS. Ga kerasa anak-anak minggu depan sudah mau PAS tulis, PAS praktek sudah dilalui minggu ini.

Apa itu PAS sekolah?

PAS (Penilaian Akhir Semester) adalah ujian akademik sekolah yang dilakukan setiap akhir semester, baik semester ganjil ataupun genap. Tujuannya adalah untuk menguji pencapaian pendidikan selama 1 semester (6 bulan). Kalau jamanku dulu, PAS ini disebut UAS (Ujian Akhir Semester) atau Semesteran ^^

Sebelum PAS, ada juga PTS (Penilaian Tengah Semester). PTS ini dilakukan setelah 3 bulan kegitan ajar-mengajar di sekolah. Dalam PTS dan PAS, semua materi pelajaran yang sudah diajarkan akan diuji, baik materi atau praktek.

Semua materi dari semua mata pelajaran ya, Mam. Kebayang kan banyaknya materi kalau anaknya ga nyicil belajar 😀 Idealnya, setiap malam anak mereview pelajaran yang diajarkan hari itu di sekolah dan mempersiapkan materi belajar untuk hari besoknya. Tapi ekspektasi harus diturunkan untuk Mamak dengan bocil 3 tanpa ART macam aku, wkwkwk xD

Persiapan Penilaian Akhir Semester PAS SDIT Sekolah Granada
PAS Sekolah SDIT Granada | source: granada.sch.id/sdit

Persiapan Anak sebelum PAS sekolah

Kalo udah tinggal ujian minggu depan sih ga usah digeber belajar lagi, harusnya dari lalu2 memang dicicil belajarnya. Jadi kalo sudah seminggu sebelum PAS sekolah, apa yang perlu dilakukan Anak? Menurutku yang perlu dipersiapkan anak adalah 5 ini:

  1. Fisik. Tidur cukup, Makan teratur, Sayur Buah konsumsi setiap hari, Minum air putih diperbanyak, Berjemur matahari pagi jika memungkinkan, Multivitamin jika perlu. Intinya gimana caranya badan fit saat PAS, jangan skip sarapan. Tetap sarapan walau sekadar segelas susu hangat.
  2. Mental. Ajarkan untuk rileks dan tenang dalam melaksanakan ujian, berdoa sebelum memulai ujian agar dimudahkan dalam mengerjakan. Lakukan hal simple yang menyenangkan sebelum PAS. Tapi jangan juga melakukan hal yang terlalu berkeringat sebelum ujian PAS (misal futsal atau lari-larian), walau itu menyenangkan.
  3. Materi. Pelajari kisi-kisi yang diberikan, buat catatan/ rangkuman materi di buku kecil yang mudah dibawa kemana-mana untuk memudahkan belajar dan me-recall materi pelajaran.
  4. Alat Tulis dan Pakaian Seragam. Persiapkan kelengkapannya dengan baik. Pastikan alat tulis bisa digunakan, bawa lebih tidak apa-apa untuk cadangan namun jangan berlebihan. Bawa air minum atau bekal snack untuk cemilan saat istirahat. Bisa saja jajan di kantin sekolah, tapi lebih efisian waktu dan tenaga jika membawa bekal saat ujian.
  5. Kartu Ujian. Jangan lupa dibawa ya! Jangan sampai tidak bisa ikut PAS gara-gara tidak membawa kartu ujian. Kalau di sekolah anakku, untuk mendapat kartu ujian, harus melunasi SPP 1 semester.
Dhuha Sekolah SDIT Granada | source: granada.sch.id/sdit
Dhuha Sekolah SDIT Granada | source: granada.sch.id/sdit

Persiapan Mama sebelum PAS sekolah

Kenapa Mama juga harus persiapan? Kan anaknya yang mau PAS sekolah.

Tetap dong, Mama adalah Support System terbaik anak, Mama juga harus mempersiapkan diri ya.. Apa saja persiapan Mama untuk mendukung anak agar lancar dalam PAS sekolah?

  1. Fisik. Sebisa mungkin Mama jangan sampai sakit, peka dengan alarm tubuh. Istirahat jika lelah, lalu mulai lagi. Mama yang akan menyiapkan makanan sehat untuk anak, pakaian seragamnya, mempelajari kurikulum mata pelajarannya dan lainnya.
  2. Mental. Jangan terlalu push anak. Memotivasi sih boleh banget, tapi jangan sampai menekan atau memaksa anak. Ini sebenernya noted untukku, apalagi sekarang standard Kota nilai 80 masih dapat C saat PTS kemarin 🙁 Tinggi banget coy! Belajar dengan cara menyenangkan, banyak-banyak inhale ekshale Mamanya ^^
  3. Doa. Selain anaknya yang ikhtiar, Mamanya juga ikhtiar. Selain mendampingi belajar, ikhtiar terbaik Mama adalah Doa. Doa Mamanya InsyaAllah akan memudahkan anaknya dalam ujian.

Pst, anakku yang mau PAS ini masih level 2 ya, laki-laki, kalo ga didampingin belajarnya malah mainan di meja belajarnya atau malah gambar2, suka ilang fokus, hihi.. Ingatkan anak untuk ikhtiar (belajar) dan berdoa serta perbanyak sedekah dengan ikhlas ^^

Kalau Mama ada tips dan cara apa nih untuk persiapan sebelum anak PAS sekolah? Share di kolom komentar ya, Mam..

You might also enjoy:

7 Comments

  1. Setuju banget kak kalau anak mau ujian ibunya juga persiapan tapi jangan push him or her too much karena jadinya anak stress, capek, lalu malah enggak lancar ujiannya. So sad.

    Kudu cukup tidur juga ya anaknya alias jangan diajari melekan dan belajar dengan sistem kebut semalam wkwkwk.

    sukses untuk penilaian akhir semester ya buat anandanya, semoga nilainya bagus semua.

    Anakku udah kelas 4 nih tapi belum ada jadwal PAS di sekolahnya.

  2. Penilaian Akhir Semester ini penting banget ya kak
    Tentunya harus dipersiapkan dengan sungguh-sungguh
    Anak anakku sekarang juga lagi PAS
    PAS tak perlu ditakuti, yang penting dipersiapkan dengan baik terlebih dahulu

  3. Iya juga ya…kalau belajarnya udah tiap hari, paling H-1 lebih ke recalling aja ya. Cuma kebetulan di sekolah anakku, gurunya ga pake PAS gitu sih mbak…eh apa karena anakku masih kelas 2 ya.

    Cuma mereka ada yg namanya itu hari LKS istimewa. Sengaja nggak bilang itu ujian biar ga stress anaknya, terutama mak-bapaknya yang hobi nggupuhi anak buat belajar.

  4. Setuju banget sih orang tua juga harus hadir untuk bisa jadi support system yang baik untuk anaknya, apalagi kalau misal si anak saat masih dalam proses belajar pasti ada istilah atau hal lain yang sulit dimengerti. Nah dari situ lah si anak bisa saling berdiskusi dengan orang tua untuk memecahkan masalah tersebut, hal itu cukup membantu sekali sih daripada si anak harus memecahkan masalahnya sendiri.

  5. Persiapan untuk PAS ga hanya untuk anak saja ya, untuk orangtuanya juga perlu. Karena keduanya perlu bersiap menghadapinya. Supaya mendapatkan hasil maksimal. Keduanya bakal menghadapi tantangan walau berbeda. Kalau boleh saya tambahkan untuk orang tua juga harus pandai mengelola ekspektasi. Disaat anak sudah berusaha maksimal, soal hasil harus selalu siap baik atau buruknya. Selalu bisa mendukung anak di setiap langkahnya. Dan bisa mengerti dan memberikan pengertian soal ekspektasi dan hasil yang nantinya akan didapatkan

    1. Semua tips persiapannya beneran kepake banget, terutama di bagian ikhlas.
      Secara sudah ikhtiar bersama, tinggal tawakkal dengan hasil yang dicapai anak.
      Bagaimanapun sudah selalu mengingatkan, kalau mereka berusaha maksimal, hasilnya pun akan maksimal juga.
      InsyaAllah

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.