Gemar Rapi, metode berbenah Indonesia. Teman-teman pernah mendengar adanya kelas ini sebelumnya? Awalnya aku mengenal metode gemar rapi ini dari Instagram. Temanku @ocktafiani mengikuti kelas gemar rapi dan mengirimkan update melalui akun instagramnya.

Kenapa ikut Gemar Rapi?

Aku ikut gemar rapi pada dasarnya karena aku suka sekali berbenah, suka melihat sesuatu tertata rapi dan rapi itu bisa memudahkan aku ketika mencari sesuatu.

Tapi kesukaanku dalam hal beberes ini mulai jadi hambatan bagiku. Aku mulai merasa kelelahan dan terlalu lama menghabiskan waktu dalam berbenah, sedangkan pekerjaan domestik lainnya dan anakku tidak bisa menunggu.

Harapanku mengikuti gemar rapi ini adalah aku bisa mendapat ilmu dalam menata rumah menjadi lebih rapi dalam waktu yang singkat. Ingin bisa lebih efektif dalam berbenah rumah dan beberes, jadi waktuku tidak banyak terbuang dalam menata.

Aku pernah menonton serial tv cable series tentang konmari, pernah juga membaca buku berbenah ala konmari, tapi belum aku aplikasikan secara keseluruhan xD Ternyata gemar rapi pun mengeluarkan buku, tapi aku belum membaca buku gemar rapi ini, aku menemukan kelas gemar rapi ini lebih dahulu.

Gemar Rapi, Metode Berbenah Indonesia. Good to try for mom.
Gemar Rapi, Metode Berbenah Indonesia

Gemar Rapi itu apa?

Gemar rapi adalah sebuat oraganisasi yang didalamnya melingkupi metode, gerakan, produk, jasa dan komunitas yang memiliki sikap / tindakan yang aktif dan positif dengan menggunakan pengetahuan yang menyeluruh sesuai dengan kaidah berbenah efektif, kesehatan, keamanan, serta selaras dengan alam.

Tujuan Gemar Rapi adalah untuk membentuk pribadi yang gemar akan kerapian, baik bagi benda maupun manusianya sehingga tercapai kehidupan yang rapi, efektif, produktif dan efisien.

Tagline Gemar Rapi adalah “Menata Diri, Menata Negeri”

– website gemarrapi.org

Gemar Rapi, Konmari ala Indonesia

Awalnya aku mengenal metode berbenah Konmari dari Jepang yang diperkenalkan oleh Marie Kondo melalui buku The Life-Changing Magic Of Tidying Up. Nah, metode Gemar Rapi ini mirip seperti metode Konmari tapi customize, gemar rapi lebih menyesuaikan budaya di Indonesia.

Dalam proses berbenah, Gemar Rapi memiliki empat prinsip rasa, yaitu Rapi dan Teratur, Aman dan Nyaman, Sehat dan Bersih, serta Alami dan Berkelanjutan.

Dalam menangani barang yang tidak digunakan, Gemar Rapi merumuskan konsep 8R/8i, yaitu: refuse (hindari), reduce (kurangi), reuse (pakai berkali-kali), recycle (bentuk kembali), rehome (donasikan), repurpose (alih fungsi), replant (tanam kembali), dan rot (kembali ke bumi).

– bog keselamatan keluarga

Tingkatan Kelas Gemar Rapi

Di kelas intesif Gemar Rapi, ada tiga tingkatan level:

  1. Gemari Pratama (berbenah tempat tinggal)
  2. Gemari Madya (menata diri dan menciptakan kebiasaan gemar rapi)
  3. Gemari Utama (menata negeri dan belajar menjadi masyarakat yang berpartisipasi aktif untuk Indonesia yang lebih rapi)

Tools Belajar Gemar Rapi

Senang sekali belajar menggunakan tools baru dalam belajar di kelas Gemar Rapi kali ini. Yang biasanya aku suka ikut webinar dengan memakai Zoom Class atau Google Meet, di Gemar Rapi ini aku jadi belajar menggunakan Aplikasi Slack dan Google Classroom. Antusias sekali mempelajari ilmu baru plus aplikasi baru seperti Slack ini ^^ Tools belajar gemar rapi lainnya adalah Aplikasi Google Drive untuk menyimpan file dan Aplikasi Whatsapp untuk reminder searah dari fasilitator agar Gemarian (sebutan untuk student Gemar Rapi) membuka Slack atau Google Class Room.


Antusias sekali aku untuk belajar kali ini, sampai rela cuti dulu dari kelas Ibu Produktif Institut Ibu Profesional xD Waktu belajarnya hampir berbarengan.

Bismillah, semoga 16 pekan ke depan di gemar rapi ini berjalan lancar, aku bisa belajar dengan maksimal dan bisa langsung menerapkan ilmu gemar rapi dalam keluarga dan keseharian, Aamiin..

Yang mau ikutan kelas Gemar Rapi Batch selanjutnya (Batch 5), silakan follow IG @GemarRapi dan turn on all post notification yaa.. Soalnya rebutan juga yang mau ikutan kelas gemar rapi ini x))

Gemar rapi ini bagus untuk kamu ikutin karena berbenah itu bukan sekadar membuang atau menganti barang, melainkan berbenah yang dimulai dari membentuk mindset dan membangun kebiasaan.

Semoga berbenah mampu mengurangi clutter fisik di rumah. Dan hidup terasa menyenangkan dengan menggemarinya. Semoga hidup rapi tak lagi menjadi mimpi selesai kelas ini.

— cifer (Gemari Pratama 4 Kelas 2, Gemar Rapi Oktiber 2020)

You might also enjoy:

39 Comments

    1. MasyaAllah ada kegiatan positif baanget ya mbak. Dewi kepoin ke IGnya barusan. Memang lingkungan yang rapi sangat membantu diri kita lebih fresh ya mbak:)

  1. Hebat kelasnya. Tagline nya pun singkat tapi padat. Btw bayarnya berapa itu kelasnya? Kalau terjangkau, saya mau ikutan juga ah… Ingin menyerap ilmunya semoga lebih bermanfaat buat saya dan keluarga

  2. Wuih ada kelasnya pula bebersih Gemar Rapi ini.
    Rumahku kecil, jadi barang2 pun yang berfungsi aja, kalo bebenah rapi ini sebernernya udah didikan dari kecil, jadinya auto sampe sekarang, terutama kalo bebenah lemari huhuu, suka bawel kalo masuk baju 3 keluar 3 jugaa.

  3. Bagus juga nih program Gemar Rapi. Aku sebenarnya pengen ikutan gini, tapi karena belum selesai berbenah jadi susah merapikan barang di rumah. Belum lagi ada barang proyek milik suami, jadi memang belum bisa dirapikan

  4. Bermanfaat sekali ini. Aku dulu pernah nonton video org luar kalau mau berbenah itu kita harus singkirkan barang yg gak penting dan hindari berbelanja yg gak penting. Jadi selain rapi kita bisa hemat juga.

  5. Seneng banget kalau udah bebenah tuh ya jd lebih rapih dan nyaman keliatanya. Semenjak pandemi juga aku lebih rajin bebenah hihi walau kamar ajaaaaa

  6. aaa pengen banget deh aku punya rumah rapii, sekarang lagi sering banget di rumah tapi gatau kenapa kondisi rumah malah nggak lebih rapi dari dulu pas masih ada aktivitas di luar rumah ihihihi

  7. Wow baru tahu nih mbak tentang kelas Gemar Rapi, jadi kepo nih. Tapi emang butuh banget ya kelas beginian…terutama untuk mengatur dekorasi rumah serapi mungkin. Terlebih saat pandemi ini, kita jadi lebih lama di rumah…kalau rumah tidak rapi pasti bosan ya bawaannya pengen keluar terus…pengen intip ah akun IG nya…

  8. saya baru tahu ada komunitas Gemar Rapi ini, seru juga ya kayaknya kalau bergabung, kita bisa mendorong diri terus untuk selalu rapi-rapi dalam berbagai hal. Seru juga bisa dapat bocoran untuk rapi-rapi rumah niy, pengen liatin contoh-contoh gambarnya yang udah dirapiin kayak apa

  9. aku baru tau loh kalau ada organisasi semacam Gemar Rapi ini di Indonesia ^^ Sepertinya aku mulai perlu nih, secara aku males banget rapi2 dan beres2 tuh :((

  10. Sejak baca buku konmari dan sejenisnya, aku jadi sadar betul bahwa orang yang simple keliatan dari rumahnya.
    Kalau rumahnya ribet berantakan banyak barang, pasti orangnya juga gitu yaa…
    Harus banget niih…dibimbing agar gemar rapi.

  11. wow 16 pekan ya proses kelasnya. Aku pernah dengar penjelasan mbak founder Gemar Rapi, yang waktu buncek itu loh mbak.
    Soal beberes ini aku masih bertahap, yang jelas managing expectation punya bayi yaa rumahnya bakal begitulah. heheh

  12. Tertarik banget aku mba mau ikutan. Selama ini paling males deh untuk berbenah, saking banyaknya barang.
    Mungkin dengan mengikuti gemar rapi ini, jadi makin tertata rapi nih rumahnya.

  13. Wah… bagus juga ya ada konmari ala Indonesia yaitu gemar rapi
    Saya sendiri udah rapi2 rumah dari tahun lalu. yang udah “ajeg” mah soal baju2 yang komitmen banget gak boleh beli sembarangan 😀

  14. aku juga pengennya rapi terus mbaa tapi kok ya susah hahahaha. Bawannya sih beberes terus dan kadang suka capek sendiri ya mba. I love to learn more about this concept

  15. Wah.
    Kalo 1 batch selama 5 bulan, berarti harus komitmen waktu juga ya. Pengen banget ikut. Since now I’m a work-at-home Mom, I need to be the smart one. Biar bisa lebih efektif kerjaan domestiknya.

  16. Kalau saya yang namanya rapi itu, udah kek melekat di sekujur tubuh huhuhu.
    Saya bisa stres kalau liat rumah berantakan, kotor penuh debu, duuhh.
    Kata orang, kerja sebisanya aja kalau piring belum dicuci dan ngantuk, ya biarin aja, yang penting waras.
    Waduh, kalau saya kebalik, saya cuman bisa waras kalau piring udah kecuci, wakakakak.

    So, saya suka banget yang namanya rapi dan bersih, saking bapak saya dulunya galak banget kalau masalah bersih dan rapi ini 😀

  17. Saya sudah baca bukunya, hanya saja belum berminat mengikuti kelasnya. Tapi saya penasaran juga seperti apa kelasnya. Di tulisan ini saya menangkap beberapa info sekilas seperti apa kelas tersebut. Terima kasih atas reviewnya ya.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.