Anakku dari minggu lalu mengeluh gigi seri bawah kok goyang. Sepertinya memang sudah waktunya anak 6 tahun gigi susu tanggal. Dulu waktu anak pertama aku paham urutan tanggal gigi susu dari dokter anak kami, tapi aku sudah lupa sekarang xD Baiklah, mari kita cari tau lagi mengenai urutan tanggal gigi susu ini.

Gigi susu itu apa?

Gigi susu adalah gigi pertama yang tumbuh pada setiap orang, gigi bawaan dari bayi, biasanya mulai tumbuh pada usia 6 bulan hingga 3 tahun. Gigi susu ini tidak permanen, akan tanggal secara berurutan dan digantikan oleh gigi permanen, dimulai dari gigi seri tengah bawah pada usia 5-6 tahun hingga geraham kedua bawah dan atas pada usia sekitar 13 tahun.

Urutan tanggal gigi susu anak

Usia tanggal gigi susu pertama dan tumbuhnya gigi permanen pertama bisa berbeda-beda pada tiap anak. Namun, umumnya gigi permanen pertama baru akan muncul di usia yang sama saat gigi susu tanggal, yaitu 6–7 tahun.

Urutan tanggal gigi susu pada anak, yaitu:

Gigi Seri Anak 6 Tahun Goyang, Ini Urutan Tanggal Gigi Susu
Pertumbuhan Gigi Susu Anak | Pic. klikdokter.com
Gigi Seri Anak 6 Tahun Goyang, Ini Urutan Tanggal Gigi Susu
Waktu Tumbuh dan Copot Gigi Atas pada Anak | Pic. id.theasianparent.com
Gigi Seri Anak 6 Tahun Goyang, Ini Urutan Tanggal Gigi Susu
Waktu Tumbuh dan Copot Gigi Bawah pada Anak | Pic. id.theasianparent.com

Urutan pertumbuhan gigi permanen pada anak, yaitu:

urutan tanggal gigi susu anak
Urutan Gigi Permanen Tumbuh Pada Anak | Pic: id.theasianparent.com

Gigi goyang pada anak 6 tahun

Gigi anak 6 tahun goyang memang sudah waktunya. Jika gigi goyang, kita bisa menunggu giginya copot sendiri, bisa juga dilakukan oleh orangtua (asalkan gigi sudah hampir lepas dan bukan goyang karena terbentur/ kecelakaan) dan bisa juga langsung ke dokter gigi (ke puskesmas kalau mau gratis).

Dari minggu lalu anakku bilang, “Ma. gigiku sakit. Gigi yang goyang itu suka kegigit gigi atasnya kalau aku lagi ngunyah.” Aku bilang tidak apa-apa, lalu goyangkan saja giginya pakai tangan, pastikan tangannya bersih tapi ya! Sepertinya sudah lama goyang, karena waktu aku cek, giginya sudah goyang sekali 😀

Rabu lalu anakku pulang dengan girang, “Maaa! Gigi aku copot dibantu bunda. Aku ga nangis, diliatin temen-temen juga lho!”. Waktu aku cek, memang giginya sudah copot. Gigi sebelahnya pun sudah sangat goyang, seolah-olah tinggal satu akar saja yang menempel, sudah hampir lepas. Lalu aku bilang ke anakku, “Ini satu lagi mama yang copot yaa.. Tinggal dikiiit lagi lepas giginya..”

Dia setuju. Ingat! Perlu persetujuan anak untuk cabut gigi sendiri di rumah, kalau anak tidak setuju, jangan paksakan, nanti anak tidak akan kooperatif dalam prosesnya. Jika gigi susu masih keras, jangan dipaksa cabut, berarti belum waktunya. Tunggu waktu yang tepat untuk menyabut gigi susu, saat benar-benar goyang.

Yang aku lakukan untuk cabut gigi susu anak 6 tahun di rumah:

  1. Cuci tangan mama dengan sabun.
  2. Kasih es sedikit di gigi sebelahnya agar sedikit kebas.
  3. Mulai menggoyangkan giginya pelan-pelan, goyang memutar. Pakai tisue atau kasa saat menggoyangkannya. Bisa juga menggunakan pinset atau benang.
  4. Tenang dan cabut dengan sekali tarik agar tidak sakit.
  5. Cek gigi, apakah tertarik sempurna dan tidak ada serpihan akar yang tertinggal.
  6. Segera beri kasa steril (atau kapas juga bisa) untuk menutup gusinya yang berdarah dan minta anak menggigitnya.
  7. Beri pujian karena sudah berani cabut gigi susu di rumah

Hari itu anakku langsung tanggal 2 gigi susu sekaligus, 2 gigi seri bawah. Dia mau giginya dikubur, katanya jangan dibuang sembarangan giginya. Langsung deh dia cari pot bunya mamanya yang bisa ditanami gigi susu ^^

Gigi Seri Anak 6 Tahun Goyang, Ini Urutan Tanggal Gigi Susu
Gigi Susu Tanggal, Cabut Gigi Sendiri di Rumah

Untuk orang tua yang ingin cabut sendiri gigi susu anaknya, pastikan juga:

  1. Anak sudah berusia 6 tahun ke atas
  2. Gigi sudah benar-benar goyang, hampir lepas
  3. Goyangnya gigi bukan karena kecelakaan
  4. Anak siap dan mau untuk dicabut giginya di rumah
  5. Perhatikan urutan dan waktu tanggalnya gigi anak

Cara merawat gigi susu anak setelah tanggal

Setelah gigi susu anak tanggal, penting untuk tetap melakukan perawatan gigi anak. Perawatan gigi bisa membuat gigi susu anak lainnya tetap sehat dan mendukung pertumbuhan gigi permanen dengan baik.

Cara-cara merawat gigi susu anak setelah tanggal:

  1. Menyikat Gigi: Rutinkan sikat gigi 2x sehari (setiap pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur), jangan skip! Cara menyikat gigi juga harus diperhatikan, jangaan terburu-buru. Bimbing dan contohkan cara sikat gigi yang benar.
  2. Pilih Sikat Gigi yang Tepat dan Pasta Gigi Sesuai Usia: Pilih sikat gigi anak-anak dengan bulu-bulu lembut dan ukuran yang sesuai untuk mulut anak. Untuk anak, pilih pasta gigi anak yang mengandung fluoride.
  3. Kurangi Gula dan Berikan Makanan Sehat: Batasi konsumsi makanan dan minuman manis, terutama permen dan minuman bersoda. Gula dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Berikan makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan susu untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Untuk anak yang masih menyusu dengan botol, usahakan agar anak tidak tidur dengan botol susu, karena dapat meningkatkan risiko karies gigi.
  4. Perawatan Rutin dan Pantau Kesehatan dan Pertumbuhan Gigi: Perhatikan pertumbuhan gigi anak. Perhatikan juga tanda-tanda karies gigi, plak gigi, gigi bolong, gigi sensitif, gusi berdarah atau masalah kesehatan gigi lainnya.
  5. Konsultasi dengan Dokter Gigi: Jadwalkan kontrol dan konsultasi ke dokter gigi anak 6 bulan sekali atau 2x dalam setahun. Hal ini dapat membantu kita mendeteksi masalah gigi anak sejak dini.

Orang tua bisa memberikan contoh positif dan ajarkan kebiasaan baik pada anak. Tunjukkan contoh positif dengan rajin merawat gigi kita sendiri. Anak-anak cenderung meniru perilaku orang tuanya. Selain menyikat gigi, ajarkan anak tentang pentingnya menjaga kebersihan mulut secara menyeluruh, termasuk lidah dan gusi.

Nah, gigi susu anak kalian sudah ada yang tanggal kah mam? Ketika anak usia berapa? Gimana cerita saat gigi susu pertama anak tanggal? Yuk sharing di kolom komentar, berbagi cerita tentang gigi anak 😉

Referensi:

  • https://id.theasianparent.com/inilah-jadwal-tumbuh-gigi-anak

You might also enjoy:

26 Comments

  1. Aku lupa dulu pas gigi susu tanggal bagian yang mana dulu. Sayangnya, walau dulu ortu rajin bawa ke dokter, tapi itu kondisi kalau udah sakit. Bener yang ditulis, lebih baik jauh-jauh hari lakukan perkenalan. Sekadar “main” ke tempat praktik dokter, nyobain kursinya, liat alat peraga gigi, pokoknya harus menyenangkan dulu.

    Dan sekarang juga udah banyak dokter gigi yang berkenan divisit kayak gini (walau ntah mereka membebankan biaya atau nggak).

  2. Saladin dulu ganti gigi di usia 6, dan untung pas school from home jadi gak malu karena gigi dewasa blm tumbuh sempurna. Emang yg tanggal gigi seri bagian depan dulu yaa.

    Nah, kalau cara membujuk anak agar mau ke dentist gimana ya?

    1. Cii..cakep banget anaknya.
      MashaAllah…

      Anakku kayanya termasuk yang lambat tanggalnya deh..tapi sekalinya tanggal langsung banyak. Malah bikin gaenak makan, Ci.. asa kasian Karena goyangnya bisa Gigi atas bawah.

      Jadi mau ga mau kudu ke dokter Gigi.
      Malah ada yang uda keburu tumbuh Gigi baru, tapi yang lama belom tanggal.
      Huhuhu…

  3. saya baru ngeh nih sama urutan tanggal gigi susu. liat tahapan tumbuh gigi sampe tanggal gigi. menarik ya. btw saya linu kalo harus bantu anak cabut gigi susunya yg mau tanggal hihi.

  4. Ya Allah sebenarnya ada urutan tanggal nya ternyata ya. Saya nih gak memikirkan itu pas gigi anak goyang udah cabut aja. Tumbuh yang baru jadi gak tapi lagi jadinya…
    Sekarang juga ada gigi di atas yg katanya goyang.

  5. ternyata gigi susu itu ada jadwal tanggal nya yah baru tau. Jadi throwback waktu itu pernah gigi copot saat sedang belajar di kelas 3 SD, dan saat itu guru saya killer banget. Well, mungkin itu hal normal bagi anak keil, tapi sang guru gak memperlihatkan rasa perhatian sedikitpun, jadinya teringat mpe sekarang.

  6. Ngomongin gigi goyang aku jadi ingat pertama kali gigiku goyang. Pengalaman pencopotan gigi ini juga menjadi hal yang cukup menakutkan buat saya. Karena dulu sempat bertumpuk giginya dan harus pergi ke dokter untuk mencabut gigi. Itu cukup menyeramkan. Makanya gigi saya jadi nggak rapi sekarang.

  7. Dulu anakku dicabut gigi susunya. Ada kayanya dua kali soalnya gigi tetap udah muncul eh gigi susunya belum tanggal. Jadi sekarang ini memang udah ada beberapa gigi tetapnya, baik di atas atau di bawah

  8. Dulu waktu kecil, gigi susu saya goyang dan tumbuh gigi di gusi. Akhirnya dicabut paksa sama dokter gigi karena ga copot copot dan gigi yang tumbuh itu tajam

  9. Kenapa ya kalau orang tua jaman dulu kaya ngga terlalu perduli gosok gigi. Katanya kalau gupis atau kikis ya biarin nanti ganti sendiri giginya. Dan ya udah biasa aja gitu. Tapi ilmu nya mungkin sebenernya ada, hanya alasannya yang kadang kurang logis. Karena ilmu titen ya.

  10. Para bunda pun bisa lakukan cabut gigi anak ini di rumah aja ya,kak. Kalau sudah tau caranya sih makin berani mau dicoba nih apalagi masih gigi susu dan anaknya lebih takut pula dibawa ke dokter.

  11. Wah keren si kecil sudah berani di saat giginya tanggal. Anakku dulu termasuk yang panik waktu giginya mulai goyang. Akhirnya giginya pun copot sendiri karena terbentur kursi saat dia bermain. Semakin besar, rasanya dia semakin percaya diri kalau harus ketemu dengan gigi susu yang goyang.

  12. Panduan banget, Ci..
    Aku selama ini gak tau urutannya. Tapi memang gigi bawah depan dulu yaa..
    Gemeess liat anak-anak mau ganti gigi. Hihihi~ Kadang kasian juga sih yaa.. Aga sakit kalo buat makan.

  13. Menjaga kesehatan gigi pas masih kecil itu penting banget. Supayan pas dewasa nanti susunannya rapi, dan teratur dan gak harus pasang behel. Gigi yang rapi membuat senyum terlihat manis.

  14. Menjaga kesehatan gigi pas masih kecil itu penting banget. Supayan pas dewasa nanti susunannya rapi, dan teratur dan gak harus pasang behel. Gigi yang rapi membuat senyum terlihat manis..

  15. Dulu waktu kecil, papaku sering ngajak ke dokter gigi kalau gigi susu ku tanggal. Gak berani cabut sendiri.Alhamdulillah sekarang giginya rapi. hehe

  16. gemes sih setiap anak – anak ngalamin gigi susu tanggal. ada cerita lucu tapi sad juga, karena kadang dia gak nyaman bahkan kesakitan. biasanya kalo udah gigi mulai goyang goyang gitu dibiarin aja copot sendiri. biasanya copot pas lagi makan. pernah sih si sulung tanggal gigi susunya pas makan lontong. karena lontongnya agak keras ternyata jadi si gigi kecopotin gitu, hihihi.
    btw lengkap banget itu kapan detailnya si gigi susu tanggal, save ah buat si bungsu, hehe

  17. Ternyata gigi susu itu bakal tanggal juga ya. Sepertinya aku pernah mengalami saat kecil tanpa disadari. Kalau keponakanku yang 6 tahun belum mengalami sih. Pasti bakal menangis kencang deh kalau sampai giginya tanggal.

  18. Bagus banget kalau orang tua mengetahui ini. Soalnya walaupun sudah mengajarkan untuk merawat gigi, kadang ada yang kurang aware gigi mana yang potensi goyang dluan, dll.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!