Jurnal Kupu-kupu 7: Celebrate Progress

Jurnal kupu-kupu 7 ini kita diminta untuk Celebrate Progress atau Merayakan Kemajuan ^^ Mentor dan mentee saling menilai, sudah sejauh mana kemajuan masing-masing. Mentor menilai progress mentee dan mentee menilai progress mentor. Di jurnal buncek sebelumnya, yaitu Jurnal 6 dibahas bahwa kita harus meneruskan rencana ke depan tidak menoleh ke belakang lagi.

Progress Mentee

Ini adalah penilaian progress dari mentorku, Riani, terhadap proses pembelajaranku dalam mentorship Home Education ini. Bentuk penilaiannya kami tulis sebagai surat cinta xD

Progress Mentee

Progress Mentor

Ini adalah penilaian progress dari ku untuk mentor dalam mentorship Home Education ini.

Progress Mentor

Celebrate Progress

Ekspresikan bagaimana perasaanmu mengenai progress dalam mentorship ini dengan mewarnai kupu-kupu.

Arti Warna Kupu-kupu

Lukiskan Perasaanmu

Untuk bisa terbang sempurna, saya membutuhkan sinkronisasi sayap atas dan sayap bawah. Deskripsi pilihan warna pada kupu-kupu di atas pada proses mentorship Home Education ini:

  • Sayap atas berwarna Pink Tua dan Pink Muda, menggambarkan dalam mendidik tonjolkan sisi feminin, lembut (tidak membentak), penuh kasih sayang, perhatian dan sangat peduli.
  • Sayap bawah berwarna Biru Tua dan Biru Muda, mengambarkan dalam mendidik jadi lah seorang yang komunikatif, dapat dipercaya, menenangkan dan memiliki kebijaksanaan.
  • Warna Kuning Orange di ujung sayap menggambarkan keceriaan, antusiasme, daya tarik, kebahagiaan, kreativitas, tekad, dorongan, pancaran ide dan stimulasi anak, yang sangat penting dalam dunia pendidikan/ home education.
  • Warna Hijau di badan kupu-kupu mengibaratkan stabilitas (keseimbangan dan harmoni pikiran, tubuh dan emosi), daya tahan, pertumbuhan dan harapan. Hijau bisa juga dikaitkan dengan alam, lingkungan, kesehatan dan pengasuhan.
  • Warna Hitam yang menonjol dalam membingkai sayap kupu-kupu mengandung arti kekuatan dan kontrol yang kuat, serta adanya aturan-aturan.

** Note: Arti Warna disadur dari website Diedit

5 Comments

  1. duniamasak

    27 August 2020 at 02:23

    Sayap bawah berwarna Biru Tua dan Biru Muda, mengambarkan dalam mendidik jadi lah seorang yang komunikatif, dapat dipercaya, menenangkan dan memiliki kebijaksanaan. keren banget ini, aku suka ;D

  2. Kartika

    17 September 2020 at 04:26

    Hai Cifer, baru kali ini BW ke sini, salam kenal yaa 😊
    Menarik juga ya soal warna kupu pink dan biru. Pada umumnya warna pink dan biru bukan begini maknanya. Tapi mungkin disesuaikan dengan tema besar home parenting jadi makna warnanya bisa detil. Aku jadi tertarik untul baca kupu2 yang lain. Sambil belajar juga meski blm menikah hihihi
    Semangat terus belajarnya Ci,, caiyo!

    1. cicifera

      19 September 2020 at 16:05

      Waah, selamat datang, seneng banget bisa nambah kenalan baru~~
      Hihi, iya mba, aku baru cari tau juga tentang psikologi warna ini xD
      Terimakasih ya udah nyempetin mampir dan ninggalin jejak di blog @cicifera ini \^^\

  3. Ghina

    18 September 2020 at 17:46

    Hallo mba cifer, long time no see. Hihi baru gabung 1m1c lg kah?
    Ini programya IIP kah mbak? Keren sekali yaaa ads penilaian mentee dan mentor sampai sedetail itu. Menjadi bunda skrg ini memang lebih enak berkomunitas gt yaa. Energinya lebih positif.

    1. cicifera

      19 September 2020 at 16:01

      Haha xD Iya nih aku abis ke-kick dari 1minggu1cerita dan baru join lagi, hihi..
      Iya betul, Bunda Cekatan salah satu program dari Institut Ibu Profesional (IIP) ^^ Di level BunCek ini iya mba kita bisa cari mentor yang sesuai dengan diri kita dan kita juga bisa menjadi mentor untuk orang lain.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.