Syifa dianjurkan untuk ke dokter gigi karena gigi susunya ada hitam-hitam di bagian gigi seri atas. Di sekolah anakku ada pemeriksaan kesehatan rutin, pemeriksaan berat badan dan tinggi anak, kebersihan kuku, telinga dan mulut. Nah sekalian nih, mengajak adikya ke dokter gigi anak pertama kali. Bisa ga ya memberi pengalaman yang menyenangkan di kunjungan pertama Safa ke dokter gigi? xD

Kapan waktu yang tepat membawa anak ke dokter gigi?

Perawatan gigi anak ke dokter gigi dimulai saat anak berusia 6 bulan sampai 1 tahun, atau saat gigi susu tumbuh pertama kali. Gigi pertama atau gigi susu anak memiliki peranan penting dalam mengunyah makanan. Selain itu gigi susu juga berfungsi untuk mempersiapkan ruang bagi gigi tetap yang akan tumbuh setelah anak menginjak usia 6 tahun.

Scaling Gigi Anak
Pengalaman ke dokter gigi anak

Perawatan gigi pada usia dini ini bermanfaat untuk mengetahui pertumbuhan gigi anak dan mencegah kerusakan gigi pada anak. Apasaja yang perlu dipersiapkan untuk ke dokter gigi anak?

Persiapan Sebelum Ke Dokter Gigi Anak

Sebelum mengajak si kecil ke dokter gigi, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk memastikan kunjungan berjalan lancar:

  • Berikan Penjelasan yang Ramah: Ajak anak untuk berbicara tentang kegiatan menyenangkan yang akan dilakukan bersama dokter gigi. Jelaskan secara sederhana mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan kunjungan ke dokter gigi.
  • Buat Permainan Peran: Bermain dokter gigi dengan boneka atau mainan gigi dapat membantu anak memahami apa yang akan terjadi selama kunjungan ke dokter gigi. Ini juga dapat mengurangi kecemasan mereka.
  • Pilih Waktu yang Tepat: Pilih waktu kunjungan yang tidak bertabrakan dengan jam istirahat atau waktu makan siang anak. Pastikan anak dalam keadaan segar dan tidak terlalu lapar atau lelah.
scaling gigi anak 8 tahun
scaling gigi anak 8 tahun

Beri Pengalaman Menyenangkan

Selama kunjungan ke dokter gigi, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk membuat pengalaman anak menjadi menyenangkan:

  • Beri Pujian: Beri pujian kepada anak selama kunjungan, terutama jika mereka berperilaku dengan baik. Ini akan membantu membangun kepercayaan diri mereka.
  • Libatkan Anak: Biarkan anak terlibat selama pemeriksaan. Misalnya, minta mereka membuka mulut atau menyemprotkan air pada gigi mereka sendiri.
  • Jelaskan Proses: Dokter gigi dan staf klinik gigi biasanya sangat terampil dalam berinteraksi dengan anak-anak. Mereka akan menjelaskan setiap langkah dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak.

Gigi Fais ternyata ada plak gigi dan karang gigi, Fais melakukan perawatan dengan scaling gigi anak. Saya melihat dokter giginya mengoleskan obat-obat ini ke giginya:

Obat Scaling Gigi Anak
obat scaling gigi anak

Tips Ke Dokter Gigi Anak

Saya rangkumkan tips ke dokter gigi sebagai berikut:

  1. Pilih Dokter Gigi yang Ramah Anak: Cari dokter gigi yang memiliki pengalaman dan keterampilan dalam merawat anak-anak. Dokter gigi yang ramah dan sabar akan membantu menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak.
  2. Ajak Anak Terlibat dalam Persiapan: Libatkan anak dalam persiapan sebelum kunjungan ke dokter gigi. Beri penjelasan sederhana tentang apa yang akan terjadi dan jelaskan pentingnya menjaga kesehatan gigi.
  3. Bawa Mainan atau Buku Kesukaan Anak: Bawa mainan atau buku kesukaan anak untuk mengalihkan perhatian mereka selama menunggu giliran atau selama proses pemeriksaan.
  4. Gunakan Bahasa yang Positif: Hindari menggunakan kata-kata yang menakutkan atau membuat cemas, seperti “sakit” atau “tusukan jarum.” Gunakan istilah yang positif dan ramah anak, seperti “pemeriksaan” dan “bersih-bersih gigi.”
  5. Beri Pujian dan Dorongan: Beri pujian kepada anak atas kerjasama dan perilaku baik mereka selama kunjungan. Dorong mereka untuk tetap tenang dan berani.
  6. Jelaskan Proses dengan Terbuka: Jelaskan setiap langkah proses perawatan gigi dengan terbuka dan ramah. Biarkan anak bertanya dan berikan jawaban yang jelas dan memahami.
  7. Berikan Hadiah atau Penghargaan: Berikan hadiah kecil atau pujian setelah kunjungan sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama anak. Hal ini dapat menjadi motivasi positif untuk kunjungan selanjutnya.
  8. Jadikan Kunjungan sebagai Pengalaman Positif: Buat kunjungan ke dokter gigi sebagai pengalaman yang menyenangkan dengan memberikan kejutan atau melakukan kegiatan menyenangkan setelah kunjungan, seperti bermain di taman atau membeli es krim favorit.
scaling gigi anak 5 tahun ke dokter gigi anak
scaling gigi anak 5 tahun

Kalau kita bisa memberi kesan kunjungan ke dokter gigi anak menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tidak menakutkan bagi anak, ketika akan diajak periksa kembali 6 bulan kemudian, anak tidak akan menolak.

Catatan Untuk Orang Tua Pasca-Kunjungan

Setelah kunjungan selesai, peran orang tua masih sangat penting untuk memastikan kesehatan gigi anak tetap terjaga:

  • Berikan Pujian dan Hadiah: Berikan pujian kepada anak atas perilaku baiknya selama kunjungan. Mungkin berikan hadiah kecil sebagai penghargaan atas kerjasama mereka.
  • Perhatikan Perubahan: Amati apakah ada perubahan pada gigi atau mulut anak setelah kunjungan. Jika ada yang perlu diperhatikan, segera hubungi dokter gigi.
  • Jaga Kebiasaan Sehat: Lanjutkan untuk mengajarkan anak tentang pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut setiap hari. Bantu mereka mempraktikkan kebiasaan menyikat gigi dan menggunakan benang gigi secara teratur.

Semoga kesehatan anak kita selalu terjaga ya, mam. Yuk jadikan kunjungan ke dokter gigi anak menjadi pengalaman yang menyenangkan <3 Sharing yuk mam di kolom komentar, pengalaman mama mnegajak anak ke dokter gigi atau tempat rekomendasi mama untuk periksa gigi anak ^^

Referensi:

  • https://www.alodokter.com/ini-yang-dilakukan-dokter-saat-perawatan-gigi-anak-pertama-kalinya

You might also enjoy:

3 Comments

  1. Biasanya aku kalo ajak anak2 ke dokter gigi ini memang kudu dikasi hadiah, soalnya mereka pada takut disuntik heheh, tapi setelah mereka rasa tak sakit, dan tak semenakutkan yang mereka fikirkan ke dokter gigi, akhirnya mereka jadi lebih relax kalo sudah waktunya ke dr gigi buat cek kesehatan gigi mereka.

  2. Ah..jadi ingat pengalaman masa kecil bhw ke dokter gigi selalu menyeramkan buatku. Mungkin karena ortu dulu blm kenal tips ini.. Terima kasih sharing tips nya ya.. Semoga dg tips ini ke dokter gigi menjadi pengalaman yang menyenangkan buat anak-anak

  3. emang ujiannya berat bawa anak ke dokter gigi ya, apa apa udah takut duluan takut dicabut dan takut di suntik. kalo kakak sih karena udah cukup besar dia paham kenapa harus ke dokter gigi, laah si bungsu mah agak susah. harus pake strategi. yang paling jitu ya jajan es krim, hahaha

    btw obat scalingnya itu bisa dipake dirumah gak sih? gimana cara pake nya ya?

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!