Keanekaragaman pangan Indonesia ternyata sangat beragam dan variatif. Saya kembali tersadar saat saya mencari informasi makanan pengganti nasi untuk saya.

Alhamdulillah saya diberi rezeki untuk hamil anak ketiga. Minggu ini baru masuk minggu ke-8, masih muda usia kandungannya ya.. Sama seperti dua kehamilan sebelumnya, di trimester pertama ini saya masih merasakan mual-muntah, bahkan kali ini bisa pagi dan sore 🙁 Penciuman sensitif sekali, sedang tidak bersahabat dengan aroma bawang dan nasi! Saya jadi mencari alternatif makanan pengganti nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat ibu hamil seperti saya ini.

Keanekaragaman pangan lokal Indonesia ternyata sangat variatif, termasuk dari rasa dan tekstur. Tinggal dicoba saja satu per satu mana yang cocok dengan lidah ibu hamil ^^

Keanekaragaman pangan Indonesia

Selama ini, saya merasa “belum makan” kalau belum makan nasi xD Itu pemikiran yang salah ya teman 😀 Awalnya agak bingung juga ketika harus mencari pengganti nasi, tapi setelah browsing saya jadi sedikit tercerahkan dengan keanekaragaman pangan Indonesia. Makanan pokok Indonesia itu tidak hanya nasi. Nasi atau beras itu bukan satu-satunya sumber karbohidrat, masih ada beberapa sumber pangan lokal Indonesia seperti umbi-umbian, jagung, sagu dan lainnya yang gizinya setara dengan beras. Saya juga jadi “ngeuh” dengan adanya diversifikasi pangan. Apasih diversifikasi pangan?

Makanan pokok bukan hanya beras/ nasi
Makanan pokok bukan hanya beras/ nasi

Diversifikasi pangan

Menurut bkp.pertanian.go.id, diversifikasi pangan adalah program yang dimaksudkan agar masyarakat tidak terpaku pada satu jenis makanan pokok saja dan terdorong untuk mengkonsumsi bahan pangan lain sebagai pengganti makanan pokok yang selama ini dikonsumsinya (dalam hal ini adalah beras).

Diversifikasi pangan dimaksud agar masyarakat Indonesia tidak menganggap nasi sebagai satu-satunya makanan pokok yang tidak dapat digantikan oleh bahan pangan lain. Indonesia memiliki keanekaragaman pangan hasil pertanian yang sebenarnya dapat dijadikan makanan pokok seperti sukun, ubi, talas, dan sebagainya.

Diversifikasi pangan pokok tidak dimaksudkan untuk mengganti beras secara total, tetapi mengubah pola konsumsi pangan masyarakat sehingga masyarakat akan mengkonsumsi lebih banyak jenis pangan yang setara atau bahkan lebih baik gizinya. Sehingga pemenuhan kebutuhan nutrisi masyarakat lebih beragam, bergizi dan seimbang.

Diversifikasi pangan juga merupakan salah satu cara menuju swasembada beras, dengan target total konsumsi tidak melebihi produksi. Diversifikasi pangan adalah kunci ketahanan pangan Indonesia.

Diversifikasi pangan, makanan pokok bukan hanya nasi
Diversifikasi pangan, makanan pokok bukan hanya nasi

Pengganti nasi untuk ibu hamil muda

Beberapa keanekaragaman pangan Indonesia yang bisa dicoba sebagai alternatif pengganti nasi sebagai pemenuhan karbohidrat untuk menambah energi pada ibu hamil dan mendukung diversifikasi pangan:

  1. Roti Gandum Utuh/ whole wheat
  2. Jagung (contoh olahan: Jagung Rebus, Bakwan Jagung, Jasuke, Salad, Sup Jagung Plus Seafood, Bubur Jagung, Corndog, Risoles Jagung Mozarella, dll.)
  3. Kentang (contoh olahan: Kentang Goreng, Mashed Potato, Potato Wedges, Kentang Keju, Bola2 Kentang Sosis, Perkedel Kentang, Kroket Kentang Ayam Wortel, Donat Kentang, Potato Cheese Ball, Lumpur Kentang, dll.)
  4. Ubi Jalar (contoh olahan: Ubi Rebus, Kolak Biji Salak, Kolak Ubi, Bola-bola Ubi, Donat Ubi, Bakpao Ubi Ungu, Puding Ubi Lapis Susu, Stik Ubi Keju, Churros Ubi, dll.)
  5. Ubi Cilembu
  6. Ubi Kayu/ Singkong/ Ketela Pohon (contoh olahan: Singkong Keju, Singkong Goreng, Keripik Singkong, Singkong Rebus, Getuk Lindri, Timus, Combro/ Misro, Croissant Singkong, Kue Singkong Susu, Singkong Caramel, dll.)
  7. Talas (contoh olahan: Talas Goreng, Muffin Talas, Bolu Talas, Lapis Talas Bogor, Kue Talas Panggang, Klepon Talas, Onde-onde Talas, Talas Kukus Isi Cokelat, dll.)
  8. Sukun (contoh olahan: Sukun Goreng, Sukun Kukus, Kripik Sukun, Donat Sukun, Bolu Sukun, Sukun Saus Keju, Sari Manis Sukun, Onde Sukun Isi Gula Jawa, Sukun Lapis Pandan, dll.)
  9. Sagu (contoh olahan: Bubur Sumsum, Bubur Sagu Ambon, Sagu Keju, Kue Rangi, Dadar Gulung Kelapa, Lompong Sagu, Ongol-ongol Gula Merah, Kue Lapis Tepung Sagu, Bagea Keju, Bongko Awung Mutiara, dll.)
  10. Pisang (contoh olahan: Pisang Kukus, Pisang Goreng Kipas Crispy, Roti Pisang Banjar, Pisang Bakar Keju, Pisang Bolen, Nuget Pisang Cokelat/ Keju, Pisang Karamel, Pisang Aroma, Banana Roll Cake, Bolu Kukus Pisang, Pisang Molen, dll.)
Keanekaragaman pangan Indonesia pengganti nasi
Alternatif Karbohidrat Selain Nasi Untuk Ibu Hamil

Bahan pangan di atas seperti umbi-umbian, pisang atau jagung dapat kita olah sehingga enak di lidah. Jika ingin praktis, cukup rebus atau kukus saja, nutrisinya pun tidak banyak hilang. Cara lain bisa dibakar, dipanggang dan digoreng. Dalam penyajian, bisa juga ditambahkan keju, cokelat, gula aren atau bisa disesuaikan dengan selera kita. Sudah banyak resep-resep makanan pengganti nasi ini yang bisa kita cari di Aplikasi Memasak ataupun kita cari resepnya di YouTube Channel memasak.

Ternyata keanekaragaman pangan Indonesia pengganti nasi ini enak-enak juga ya.. Namun perlu diingat, untuk ibu hamil muda disarankan untuk mengkonsumsi makanan pokok ini dalam porsi sedikit namun sering. Variasikan juga makanannya agar tidak bosan dan nutrisi yang masuk pun cukup beragam. Jika intensitas mual-muntah masih sering, sebelum makan jangan lupa minum obat mualnya ya..

Salam sehat selalu bumil, semangat!

You might also enjoy:

34 Comments

  1. ini nih yang harus digalakkan campaignnya emang aku sendiri pun masih terpaku sama istilah belum makan kalo belum makan nasi padahl udah konsumsi roti dll yang udah karbohidrat juga

  2. Aku paling suka kentang sama jagung mba, kentangnya dibikin mash potato, kalau jagung di kerokotin aja gitu hahaaa kenyang banget setengah jagung juga

  3. Paling suka cemilin jagung. Emang rasanya gak sekenyang makan nasi sih. Tapi sekarang saya jg ngeh kalo makan gak harus asal kenyang tapi juga kudu penuhi kebutuhan nutrisi tubuh

  4. MashaAllah~
    Selamat yaa, kak… Bener banget nih…aku akhir-akhir ini juga suka makan makanan pengganti nasi. Bukan karena apa siih…lagi pengen dan ternyata bisa dibikin beragam menu makanan yang anak-anak pun suka.
    TOP banget.

    Sehat-sehat selalu yaa..hingga persalinan nanti.
    Semangat~

    1. Yang kudu ada di kulkas akutu kentang. Soalnya kalau tengah malem laper, selain masak mie ((yang ga boleh terlalu sering-sering)), kami masak kentang.
      Rasanya mantab dan jadi bisa melewati malam dengan bobok nyenyak.

  5. Wah iya banget. Aku ngerasain males makan nasi tiap kali hamil. Dan iya, solusinya makan rebus-rebusan ini. Gak berasa mual. Jangankan waktu hamil deh, waktu isoman beberapa waktu yang lalu juga makan ini. Mual dan anosmia bikin males makan nasi. Semoga ya, sumber karbohidrat begini juga jadi alternative banyak orang. Enak dan bergizi kok ya.

  6. ibuk aku nih setiap hari bikin makanan penggantinya ya begitu kak, ubi, singkong, gembili, allhamdulillah jadi mkanan sehat juga nih buat aku. Ternyata rebusan lebih enak ketimbang yang pake minyak ya kak

  7. Banyak pilihan sebenernya ya mbak selain makan nasi itu. Jadi ibu yang hamil muda juga bisa makan sumber karbohidrat lainnya kalau dirasa lagi nggak bersahabat sama nasi. Sehat-sehat ya mbak buat kehamilannya.
    Btw aku suka banget sukun dong haha!

  8. Yappp, bumil memang biasanya ogah maem nasi.
    Sama, daku pun dulu juga gitu.
    Alhamdulillah kita tinggal di bumi Indonesia, yg mana bahan pangan tuh beragaam dan diverse banget ye kan.

  9. Ibu hamil memang harus banyak variasi makanannya agar gak bosan, tp kebutuhan asupannya terpenuhi.
    Di rumahku pemahaman tentang pangan ini hrs disosialisasiikan jg, krn msh kuat pemikiran, belum makan nasi yo belum makan. Karbohidrat lain dianggap camilan, hiks.

  10. Saya sendiri juga nggak bisa kalau nggak makan nasi nih. Walaupun sudah makan jagung manis rebus habis 3 biji, tetap harus makan nasi haha..
    Kenyangnya beda soalnya, makan jagung singkong kentang hanya sebatas camilan aja😁

  11. Ah, jadi ingat pas hamil anak pertama. Sensitif banget sama bau nasi. Kalau habis meng-klik tombol magic com, saya langsung buru-buru keluar rumah. Karena menjelang matang, uapnya Masya Allah baunya, bikin mual. Untuk mengganti nasi, saya seringnya makan jagung rebus. Favorit banget jagung rebus tu… Ubi madu cilembu juga suka banget.. Tapi dulu karena masih baru pindah ke Solo, saya ngga tau beli ubi madu di mana. 11 tahun lalu belum musim go food sih, yaa, haha..
    Btw, sehat sehat ya, bumil… ^_^

  12. Sehat-sehat ya bumil. Alhamdulillah Indonesia punya banyak pangan lokal pengganti nasi ya, jadi ada variasi asupan, dari dalam perut baby nya udah ngerasain ragam jenis pangan selain nasi.

  13. Pagi ini ibuk masakain kolak ubi mba Ci, pas banget nih hehehe
    tapi kalau sehari nggak makan nasi aku nggak bisa deh, heheh mbak iparku lagi hamil juga makannya susah

  14. Singkong rebus, ubi rebus, ketela rebus, pisang rebus, jagung rebus. Enak semua itu sumber karbohidrat dan lebih sehat karena tidak digoreng. Indonesia memang memiliki aneka macam bahan pangan yang beragam ya, Mbak.

  15. Sumber untuk memenuhi kebutuhan karbo nggak cuma dari nasi ya ternyata. Banyak juga nih pilihan karbo lain yang bisa kita ambil. Indonesia kaya banget dengan sumber daya dan keragaman pangan gini.

  16. Sepertinya sebagaian besar orang Indonesia punya mindset demikian, Mbak. “Belum makan namanya kalau belum makan nasi.” Kalau aku biasanya pengganti nasi lebih sering kentang atau pisang, Mbak. Oh iya, diversifikasi pangan ini juga untuk mengurangi ketergantungan kita pada beras, ya.

  17. wah wah, dulu waktu hamil saya mengganti nasi dengan kentang. Kadang memang eneg kalau makan nasi, tapi kan pangan kita beragam., pilihan banyak.

  18. Indonesia itu kaya akan oangan ya, untuk karbohidrat juga banyak jadi gak harus nasi, tapi masyarakat kebanayakn masih memilih nasi ya. Melalui diversifikasi pangan mengingatkan masayarakat supaya ga terpaku di satu jenis bahan pangan saja

  19. Zaman hamil aku masih bisa makan n asi namun gak suka sama bau nasi yang baru matang, bisa muntah2.
    Jd sesekali aku juga makan yang lain kyk roti, ubi, kentang gtu.
    Iya ya makanan pokok di negara ini tu beda2 sebenarnya, gak tau knp kok tiba2 disamain semua jd nasi. Nasi kan identik ma Jawa kyknya.

  20. Kalo di keluarga besar, makanan pengganti nasi sudah digalakkan 10 tahun terakhir. Kayak Papa yang diabetes dan harus jaga kadar gula, maka makanan hariannya variasi antara ubi, kentang, jagung, oat, singkong, kayak gitu. Digilir. Lalu adik-adik cewek juga tiap hamil ada yang lebih suka oat, yang ipar dari Ambon untuk masa 3 bulan kehamilan malah hanya mau makan sagu dan jagung.

  21. Jadi inget deh, pas hamil dulu. aku sering bgt makan ubi rebus, kentang, pasta, singkong. Kayanya itu yang lebih nyaman deh masuk perut saat hamil hehe

  22. Karbohidrat itu memang banyak banget ya tdk sebatas nasi, tp kebanyakan org Indonesia taunya nasi kalau blm makan nasi ya belum makan…hehe

Leave A Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.