Kelainan gigi bisa terjadi terhadap gigi susu. Gigi seri bawah Syifa hanya ada 2 gigi susunya, umumnya gigi seri bawah berjumlah 4 gigi. Awalnya saya tidak mempermasalahkan kondisi ini, sampai ketika Syifa kontrol gigi ke dokter gigi anak, dokter giginya bilang bahwa gigi seri anak yang hanya ada 2 itu adalah salah satu bentuk kelainan gigi yaitu Hypodontia. Apa itu Hypodontia? Tenyata Hypodontia ini termasuk kelainan gigi yang langka dan ada juga jenis-jenis kelainan gigi susu pada anak.

Jenis-jenis kelainan gigi susu anak

Jenis kelainan gigi susu pada anak ada yang dapat disembuhkan, tergantung dengan faktor-faktor penyebabnya.

1. Persistensi gigi sulung

Persistensi gigi sulung ialah suatu keadaan dimana gigi sulung belum tanggal sempurna, tetapi gigi permanen sudah tumbuh. Penyebab terjadinya persistensi gigi di antaranya adalah resorbsi akar gigi sulung yang lambat, hypotiroidism, kekurangan nutrisi, kelainan genetik atau posisi benih gigi permanen yang abnormal. Jika gigi anak goyang, sebaiknya segera dicabut dan perhatikan kapan waktu tanggal gigi susu anak dan kapan gigi mulai tumbuh. Penanganannya bisa dibantu dengan pemasangan kawat gigi.

Kelainan Gigi Susu Anak, Gigi Seri Bawah Hanya 2
Persistensi gigi sulung | Pic. health.kompas.com

2. Karies gigi

Karies gigi adalah pembusukan gigi yang disebabkan oleh kebiasaan makan makanan manis tanpa dibarengi sikat gigi yang teratur. Penanganan yang dapat dilakukan adalah perawatan saluran akar atau pencabutan gigi jika kerusakan sudah parah. Pencegahannya bisa dengan ajarkan sikat gigi dari kecil, membersihkan gigi setelah makan/ minum, menghindari makanan penyebab kerusakan gigi seperti gula, minyak sayur olahan, makanan cepat saji.

Kelainan Gigi Susu Anak, Gigi Seri Bawah Hanya 2
Karies Gigi Anak | Pic. health.tribunnews.com

3. Ketidakselarasan gigi

Kondisi saat gigi tidak tumbuh dengan baik dan sesuai, tidak sejajar. Tidak ratanya susunan gigi disebabkan karena ukuran rahang yang terlalu kecil, sehingga tidak adanya ruang yang cukup untuk tempat tumbuhnya gigi. Rahang sempit, gigi besar. Biasanya hal ini bersifat genetik. Penanganan yang dapat dilakukan adalah pemasangan kawat gigi atau perawatan ortodontik lainnya.

Kelainan Gigi Susu Anak, Gigi Seri Bawah Hanya 2
Ketidakselarasan gigi | Pic. klikdokter.com

4. Agenesis gigi

Agenesis gigi merupakan kondisi kelainan pada perkembangan gigi yang membuat satu atau beberapa gigi tidak tumbuh. Berdasarkan jumlah gigi yang hilang, agenesis terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Hypodontia: kegagalan pertumbuhan gigi/ gigi tidak tumbuh sejumlah 1-6 gigi,
  2. Oligodontia: kegagalan pertumbuhan gigi/ gigi tidak tumbuh sejumlah lebih dari 6 gigi/,
  3. Anodontia : kegagalan perkembangan pada gigi sepenuhnya.

Kondisi ini bisa terjadi pada gigi susu dan permanen. Namun kejadian pada gigi susu lebih jarang terjadi dibandingkan gigi permanen. Penanganan yang dapat dilakukan adalah pencabutan gigi susu yang tidak tanggal, implan gigi, memakai kawat gigi, menjalani prosedur bridge gigi untuk mengisi ruang/ celah di antara gigi, pemasangan gigi palsu jika diperlukan.

Gigi susu seri bawah hanya 2 gigi
Gigi Susu Seri Bawah Hanya 2 Gigi

Selama ini saya cuek aja xD Soalnya memang tidak mengganggu aktivitas oromotor anak. Syifa masih bisa mengunyah makanan dengan baik tanpa kendala. Sekarang saya jadi lebih peduli dengan permasalahan tumbuh kembang gigi anak.

5. Gangguan nutrisi

Kondisi kekurangan nutrisi seperti protein, vitamin D, dan kalsium dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi. Penanganan yang dapat dilakukan adalah memberikan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang. Bila perlu, konsumsi suplemen vitamin untuk anak.

Selain karena gangguan nutrisi/ malnutrisi, kelainan dalam pertumbuhan gigi susu pada anak bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Penyebab kelainan gigi susu anak

Beberapa kemungkinan penyebab kelainan gigi susu pada anak adalah:

  1. Genetik/ keturunan.
  2. Gangguan endokrin atau malnutrisi seperti kekurangan protein, vitamin D, dan juga kalsium.
  3. Trauma, infeksi, adanya penghalang di tempat tumbuhnya gigi, ketidakselarasan rahang dan gigi.
  4. Kebiasaan buruk yang merusak gigi seperti minum susu dari botol dot sebelum tidur, makan makanan manis tanpa dibarengi sikat gigi teratur, terlalu lama mengisap dot atau empeng.

Setelah mengetahui penyebabnya, kita bisa mencegah terjadinya kelainan gigi pada anak.

Cara mencegah kelainan gigi susu anak

Beberapa cara untuk mencegah kelainan gigi susu pada anak misalnya:

  1. Mengetahui Jadwal Tumbuh dan Jadwal Copot Gigi Susu Anak: Pantau gigi anak secara berkala, terutama di dekat waktu tanggal gigi susu anak. Jika sudah goyang, segera cabut gigi susunya.
  2. Perhatikan Jenis Makanan Anak: Hindari memberikan makanan atau minuman manis secara berlebihan dan perbanyak minum air putih dan pastikan anak rajin menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan/ minuman manis. Penuhi nutrisi anak untuk tumbuh kembang optimal dan tumbuh dengan bahagia.
  3. Kebiasaan Baik Merawat Gigi: Kenalkan anak dengan kebiasaan baik dalam merawat gigi seperti menyikat gigi minimal 2x sehari dan mengurangi kebiasaan buruk seperti minum susu dari botol dot, mengisap jari jempol atau menggigit-gigit jari.
  4. Rutin Kontrol ke Dokter Gigi: Setahun 2x atau 6 bulan sekali kontrol ke dokter gigi anak untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi dan permasalahan gigi.

Jika anak mengalami kelainan gigi susu, segera konsultasikan dengan dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Apakah gigi anak mama memiliki kelainan gigi susu anak, seperti gigi anakku yang gigi seri bawah hanya 2? Atau ada pengalaman permasalahan gigi anak dan solusinya? Sharing di kolom komentar yaa ^^

Referensi:

  • https://hellosehat.com/gigi-mulut/hyperdontia/
  • https://hellosehat.com/gigi-mulut/gigi/anodontia/
  • https://hellosehat.com/gigi-mulut/gusi-mulut/hypodontia-adalah/
  • https://hellosehat.com/gigi-mulut/gigi-anak/karies-gigi-pada-anak-sering-terjadi/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6292463/

You might also enjoy:

25 Comments

  1. Ternyata kelainan gigi susu pada anak ini banyak juga ya mba istilahnya, jadi tahu banyak soal ini. kebetulan di rumah semuanya normal gigi bungsunya. Dan pastinya untuk terhindar dari kelainan ini wajib banget untuk menjalankan cara-cara yang mba sebutkan di atas, agar pertumbuhan gigi si kecil aman

  2. Wahh ternyata kalau gigi susu seri yg bawah totalnya ada 4 ya? Gak merhatiin juga sih soalnya anakku udah ganti ke gigi dewasa.

    Lalu gimana, apa kudu di-boost kalsiumnya atau ada cara lain biar gigi susu seri tumbuh?

  3. Karies gigi nih yang jadi ancaman gigi susu anak-anak nih Bun. Paling sering kutemui di gigi ponakan, wkwkk. Dan memang kudu dicegah nih sebelum kebablasan. Terutama bagian periksa ke dokter gigi ya Bund

  4. Saya sering lihat yang karies gigi. Ternyata, sedahsyat itu ya makanan manis. Beberapa keponakan saya soalnya ngalami karies gigi ini, dan emang bener sih, mereka kebanyakan makanan dan minuman manis saya perhatikan.

  5. .Saya baru tahu kalau ada kelainan gigi seri ini, Mbak. dan ternyata memang langka kasus ini ya, ya. Jadi orang tua memang harus tanggap juga dengan tumbuh anak. Jadi kapan ada masalah dengan gigi, isa segera diatasi.

  6. Ternyata ada banyak kelainan gigi ya. Makanya, mamaku sejak aku kecil selalu bilang, kalau giginya udah mulai goyang mending dicabut. Biar nggak keduluan tumbuh gigi baru. Ternyata itu adalah kelainan gigi juga.

  7. mbak itu nanti gigi serinya bakalan tumbuh kan ya walau gigi susunya nggak ada? anakku waktu umurnya 5 tahun gigi atasnya dicabut sama dokter dan sudah 2 tahun belum tumbuh juga gigi tetapnya akhirnya kubawa ke dokter dan kata dokter sih ada aja gigi tetapnya cuma masih di atas posisinya belum turun banget

  8. semua masalah gigi geligi ini bisa dicgah semuanya asal asupan gizi bisa diatur dan dikontrol. Ngga lupa juga harus mengenalkan anak pada dokter gigi dan rutin tiap 6 bulan memantau kesehatan gigi anak ya

  9. Sekarang jd tau namanya, khusus karies gigi sangat umum terlihat dikebanyakan anak kecil, ternyata penyebabnya akibat terlalu sering konsumsi makanan manis

  10. Nuhun yaa, Ci..
    Aku jadi cek-cek lagi gigi anakku nih.. Soalnya anakku yang kedua kayak aku banget. Hobi makan manis dan gigi susunya terlambat goyang, sehingga ada beberapa gigi yang nyundul tumbuh duluan. Mau gak mau kudu ke dokter buat perawatan kan yaa..

  11. Dokter gigi akutu kan tetangga yaa, Ci..
    Jadi kalau jelasin enakeun banget. Hanya menyarankan anakku buat rontgen sii.. supaya ketauan gigi tumbuh dan akarnya. Karena memang struktur gigi yang ga rapih bikin mengunyah makanan jadi kesulitan dan ini salah satu alasan anak picky eater yaa..

  12. Karies gigi pada anak seperti itu ternyata baru tahu daku. Jadi kudu jaga makanannya juga ya, biar giginya tetep sehat

  13. Anakku karies gigi karena sejak kecil dikasih dot terus sama utinya dan kebanyakan makan permen. Tapi setelah SD, giginya ada yg copot. Lalu tumbuh lagi. Alhamdulillah pertumbuhan gigi baru lebih bagus dan tidak karies lagi. Kayaknya memang harus copot dulu biar gigi yg rusak di buang. Baru setelah itu bisa tumbuh gigi baru yang lebih bagus dan sehat

  14. Wa kebiasaan ngedot sambil tidur juga ternyata bisa jadi penyebab kelainan pertumbuhan pada gigi susu ini ya Kak. Noted banget. Jadi tahu juga istilah-istilah kelainan gigi ada 3 macem berdasarkan jumlah gigi yang gak tumbuhnya ya

  15. Saya baru tahu ada kelainan jumlah gigi seri seperti hanya 2 ini ya. Biasanya yang saya hadapi itu giginya lobang atau giginya nggak rata tumbuhnya, atau gigidepannya habis. Kita memang harus memperhatikan kesehatangigi anak dan lebih tegas dalam mendisiplinkan mereka.

  16. Ini informasi yang sangat bermanfaat sih terutama buat para orang tua. Penting banget memperhatikan kesehatan gigi anak sejak dini supaya giginya tumbuh dengan optimal ya. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, semoga anak-anak bisa terhindar dari kelainan gigi susu yang bisa mengganggu aktivitas sehari-harinya ????????

  17. ternyata ada lebih dari satu kelainan gigi susu pada anak ya. yang paling umum mungkin karies dan gigi asli tumbuh sementara gigi susu masih ada. Kalau sudah seperti ini memang lebih baik konsul ke dokter gigi ya, kan susah kalo gak goyang gigi susu nya

  18. Baca tulisan ini jadi banyak belajar tentang gigi susu nih. Selama ini gigi anakku selalu aku kontrolkan ke drg, hasilnya bagus, gak ada karies, sehat, bersih. Cuma mulai khawatir krn temen-temennya udah mulai tumbuh gigi baru. Harus mulai memantau pertumbuhan gigi anak nih, krn aku cenderung cuek.

  19. Wah mbak, aku baru saja mengalami ini karena anakku caries.. hehe.. agak deg2an sih karena takut ini menggangggu pertumbuhan giginya jadi waktu itu langsung ke dokter gigi untuk ditambal hehe

  20. Kelainan gigi susu pada anak ini memang harus dikontrol sejak kecil, karena kalau dibiarkan sampai dewasa gigi bakal rusak. Terutama soal karies atau pembusukan gigi ini. Saya ngerasa juga, ada beberapa gigi yang akhirnya rusak karena kebiasaan sulit gosok gigi secara teratur di masa kecil, huft.

  21. Perawatan gigi, memang sebaiknya rutin dilakukan ya mbak.
    Bahkan bisa jadi seumur hidup.
    Gigi geligi yang sehat, pastinya juga mendukung kondisi tubuh kita selalu sehat.
    Syukur-syukur bisa merasakan momen menjadi lansia yang juga awet sehat.
    Aamiin ya Allah.

  22. Kelainan gigi susu pada anak memang kadang suka luput untuk diperhatikan orang tua. karena dipikirnya nanti ia juga bakalan copot. padahal harus diperhatikan untuk kebaikan tumbuh kembang anak dan juga mempersiapkan gigi dewasanya tumbuh nanti jadi jangan sampai diabaikan.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!