Di usia hamil 8 bulan lebih ini, aku sering ngerasain kram perut bagian bawah. Perut bawah terasa kencang dan nyeri. Mengangkat kaki untuk wudhu aja susah, sakit sekali :'( Kata dokter itu adalah kontraksi. Kontraksi Palsu?

Akhir November kemarin, abis kontrol lagi ke dr. Eddy Toynbe, Sp.OG (K) di RSIA Pratiwi Tangerang. Tensi masih rendah, semenjak hamil cuma 90/60, sebelum hamil 110/80. Usia kandungan masuk 34 minggu, dengan berat janin 2300gr. MasyaAllah, Alhamdulillah..

Kontraksi Palsu?

Baru 8 bulan kok sudah merasakan kontraksi? Mungkin ini yang dibilang kontraksi palsu (Braxton Hicks). Ciri kontraksi palsu dan bedanya dengan kontraksi persalinan bisa dibaca di sini.

Pada awal trimester dua, ibu hamil akan sering merasakan otot rahim yang mulai mengencang. Biasanya sensasi itu berlangsung sekitar satu setengah menit dan terjadi beberapa jam sekali. Itu adalah kontraksi palsu alias braxton hicks. Kontraksi ini terjadi untuk melatih leher rahim Bunda menghadapi kontraksi asli nantinya, melenturkan otot yang akan digunakan untuk persalinan, meningkatkan aliran darah ke plasenta, dan melembutkan serviks. Semakin bertambahnya usia kehamilan, kontraksi palsu juga akan semakin menguat. Jika kehamilan sudah mencapai 37 minggu, kenali perbedaan antara kontraksi palsu dan asli ya Bunda, agar saat terjadi braxton hicks tidak langsung panik dan buru-buru ke rumah sakit.

— @IbuPedia_ID

Ciri Kontraksi Palsu

Ciri kontraksi palsu yang membedakan dengan kontraksi persalinan adalah:

  1. Durasi kontraksi palsu biasanya lebih singkat, sekitar 20 detik namun bisa juga lebih lama.
  2. Frekuensi kontraksi palsu tidak tentu. Interval waktunya tidak teratur.
  3. Pusat sakit kontraksi biasanya berada di perut bagian bawah.
  4. Cara meredakan sakit/ nyerinya bisa dengan mengubah posisi tubuh, berjalan santai, dan lainnya.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BRaCFKmj58p/ hidecaption=true width=320]

Resep Obat Mengurangi Kontraksi Palsu

Karena hamilnya masih 8 bulan tapi aku sudah merasakan kontraksi, aku dikasih resep obat kontraksi ini oleh dokter Eddy:

  1. Hystolan 20mg — untuk mengurangi kontraksi
  2. Mefenamic Acid 500ml — untuk mengurangi nyeri

*masing-masing diminum setengah pil.

Aku juga cerita ke dokter kalau pernah minum kopi dan jadi berdebar-debar rasanya. Lalu dokternya bilang, “Nanti obat ini juga bikin berdebar ya, istirahat saja.” *tidur maksudnya

Untuk vitamin sih masih sama, Folamil Genio atau Blackmores Pregnancy, aku seling aja 😀 Kadang minum juga Elkana untuk tambahan kalsiumnya. Aku ga minum vitamin penambah darah, agak eneg soalnya xD

Setelah minum obat kontraksi palsu itu beberapa kali, benar ternyata, reaksi obat Hystolan ini bikin aku deg-degan, jantung agak berdebar-debar. Tapi perut kencang atau kram perut di bagian bawah dan nyerinya udah nggak lagi. Cukup dilema kan, pilih jantung berdebar atau kontraksi palsu? :)) Ga dua-duanya sih..

hystolan obat pengurang kontraksi dan elkana calcium untuk ibu hamil

Tips Mengurangi Nyeri Kontraksi Palsu

Ini beberapa tips yang aku lakuin untuk mengurangi nyeri kontraksi palsu:

  1. Istirahat dari aktivitas, ganti posisi tubuh (tapi jangan melakukan gerakan dengan tiba-tiba/ mendadak). Misal ketika kontraksi palsu mulai terasa saat berdiri, kita bisa duduk sebentar untuk meredakan.
  2. Berbaring/ selonjoran dengan posisi kaki ditinggikan (lebih tinggi dari kepala). Bisa dengan mengganjal kaki dengan tumpukan bantal.
  3. Atur nafas dan ambil nafas dalam beberapa kali. Bisa juga dengan belajar menerapkan teknik pernapasan saat melahirkan.
  4. Rileks dan alihkan rasa sakit dengan hal menyenangkan. Misal: berjalan santai, mendengarkan musik favorit, minum coklat hangat, nyemil cookies, dll.
  5. Perbanyak minum air putih, air putih hangat lebih baik.
  6. Mandi air hangat atau kompress air hangat di bagian perut bawah yang keram atau perut yang terasa nyeri.
  7. Stretching, olahraga ringan atau senam hamil/ yoga untuk ibu hamil. Jalan pagi, udara masih segar.
  8. Minum obat Hystolan dan Mefenamic Acid (kalau udah ga tahan banget dengan nyeri perut bawahnya). Jika terasa berdebar, istirahat dari aktivitas (kembali ke tips no.1 :D).

Tidak Semua Ibu Hamil Mengalami Kontraksi Palsu

Semangat ya bumil, tidak semua ibu hamil mengalami kontraksi palsu (Braxton Hicks) ini kok 😉 Untuk ibu hamil yang mengalami ini, yang sabar yaa.. Anggap saja kontraksi palsu ini sebagai pemanasan, latihan bagi tubuh untuk merasakan kontraksi persalinan dalam melahirkan adik bayi pada waktunya nanti ^^

Love!

You might also enjoy:

23 Comments

  1. Alhamdulillah dulu hamil 2x tidak pernah mengalami kontraksi palsu mak.

    Hamil kebo semuaa keduanya meskipun ketika melahirkan di pacu dg transvaginal tapi begitu berasa mules cepet banget langsung keluar.

  2. Wah, obatnya bikin jantung berdebar ya,,duh dilema, jantung berdebar atau kontraksi palsu..huhu. Apapun itu tipsnya bermanfaat ini dalam mengurangi nyeri akibat kontraksi palsu
    Sehat-sehat ya, Mak, hingga saat persalinan nanti. Semangat!

  3. Jadi ternyata kontraksi palsu itu mekanisme alami ya mbak, penyesuaian otot-otot rahim sebelum kontraski yang beneran. Saya dulu hamil kayaknya nggak ngalami kontraksi palsu kayak gini

  4. Aku mengalaminya nih di kehamilan yang ketiga, ngak enak banget perut terasa tegang mau berbaring aja susah, aku sampai konsul ke dokter kandungan lho dan disarankan memang harus istirahat serta mengurangi beban kerja yang menguras tenaga juga pikiran.

  5. Sehat2 ya fer. Jadi udah ngidam apa aja nih? 😄
    Kontraksi palsu kenceng2 gitu kan ya. Dulu sering di anak pertama, si Kaina.
    Ini kontraksi palsu pas lagi murojaah apa daring nih. Semangat ya, kadang mikirin kayak lo lg hamil betapa riwehnya sambil dampingin anak daring. Huaaa. Semoga Allah selalu memberikan kesehatan dan kesabaran bumil. Bentar lagi lahiran kabarin yeeee

  6. Mba Feraaaa, lancar-lancar ya mbaaa semoga sehat terus. Aku jadi tau nih kalau nanti hamil bisa tanya-tanya ke siapa hihi, karena mba Fera juga di Tangerang kan, hahaha jadi bisa relate untuk opsi ke obgyn dll nya. Aku jg sering denger cerita kalo kontraksi palsu itu ya bikin panik sih, jd buru-buru ke RS

  7. Aku jadi ingat masa kehamilan aku , memang ada suka dukanya. Rasa nyeri kayak ini sempat merasa nyeri tapi akhirnya yah sudah dinikmati saja sebab hanya bumil yang mengalami dan gak semua bumil juga

  8. MashaAllah~
    Kak Ci..lancar dan sehat hingga saatnya tiba.
    Aku terharuuu banget. Ini proses yang harus dilalui sang Ibu untuk melahirkan penerus generas bangsa yang sukses dunia dan akhirat.

    Barakallahu fiik~
    Tetap tenang yaa, kak Cici.

  9. Kontraksi kehamilan pada tiap ibu memang beda-beda ya mbak. Prosesnya itu memang ‘nikmat’ banget. Yang penting selalu tawakkal kepada Allah dan dukungan orang terdekat

  10. Aku pernah mbak pas anak pertama sering dapat kontraksi palsu, Tapi karena memang dulu sama bidan udah dipesenin kalau kadang memang ada kejadian kontraksi palsu berusaha tetap tenang dan gak panik, meskipun ya tetep was was ya, namanya juga hamil anak pertama belum berpengalaman.

  11. Membaca catatan bumil, jadi pingin hamil lagi. Hahaha. Aku belum pernah mengalami kontraksi palsu, mak. Pastinya deg2an banget, ya. Tapi jadi punya pengalaman baru.

  12. Aku udah hamil ke 3 kemrin masih belum paham loh mba kontraksi atau engga, pain toleran aku kata dokter lumayan besar jadi kalo ada apa2 di dalem perut belum bisa terasa. Hamil pertama aku ga kontraksi ga mules ga apa jadi pake induksi, hamil kedua keguguran karena bayinya ga berkembang tapi perutku ga sakit, hamil ke 3 kemarin akhirnya ngerasain kontraksi itu pun bingung beneran kontraksi atau engga sampe akhirnya ke RS eh udah pembukaan 4 dan ga lama lahiran dong wkwkwk. untung ga lahiran di rumah atau di mobil katanya. Btw kejadiannya setahun yang lalu jadi serasa flashback nulis ini. Semoga kehamilannya lancar ya mba,,, ibu bayi sehat pokoknya. Aamiin

  13. Kalau aku dulu nyerinya melebihi pas lahiran, karna hampir 1 setengah hari. Sedangkan lahiran malah nyeri sebentar aja karna dari bukaan 2 ga lama bukaan 8. Dulu aku rajin jalan sama squat aja, ga obat soalnya hihi Semangat

  14. Sama kayak aku waktu hamil Binar 3 tahun lalu, suka kontraksi palsu. Padahal hamil kakak-kakaknya gak seperti itu, sampai kadang aku ngeri sendiri. Betul itu posisi yang mba tulis, tapi kalau aku diresepkan duvadila sama dokter kandungan biar ga kontraksi palsu

Leave A Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.