KPI 2023 sudah dimulai, hari ini Rabu 20 Desember 2023 berlangsung pembukaan dan Sesi 1 Daring pada pukul 10.00 sampai 11.30 dengan tema “Aku dan Diriku”. Nara Sumber/ Pemateri Ara Kusuma dan Moderator Wening Prihapsari.

Tulisan ini merupakan rangkuman dari Materi KPI Sesi 1 dari sudut pandang saya.

Jelajahi Esensi ‘Aku’

Dengan mengenal jati diri, perempuan diharapkan mengenali potensi diri dan mengembangkannya, mengenal kekurangi diri dan menyiasatinya, mengenal asa diri lalu mewujudkannya.

Bagaimana menentukan arah tujuan, mengubah empati jadi aksi? 2 Hal penting yang perlu dilakukan:

  1. Merespon apa yang ada. Meningkatkan empati terhadap apa yang sedang terjadi. Empati dan analisanya, sehingga tidak hanya merasakan tapi juga mengasah pemikiran ‘Apa yang bisa kita lakukan?’.
  2. Fokus pada kekuatan diri. Kekuatan jaringan dan apa yang kita sukai. Fokus dulu dengan apa yang kita bisa, apa yang kita punya dan bagaimana kita mau merespon keadaan (keadaan lingkungan sekitar dan keadaan diri kita sendiri). Misal: keadaan/kondisi: aku ini tuh remaja kok galau banget. respon: dengan belajar mengelola waktu dan well being, bisa mengurangi stress dan galau di masa remaja.
  3. Wujudkan harapan ke depannya. Menentukan mau kemana arah gerak, apa saja yang mau kita lakukan dan bagaimana kita mau mengunakan kreativitas dan inovasi untuk menyelesaikan visi dan mimpi yang kita ingin wujudkan tersebut.

Terpeleset dengan Keputusan

Ketika “kepeleset” dalam mengambil keputusan, apakah keputusan itu salah? Belum tentu.

Tidak ada keputusan yang salah selama proses pengambilan keputusannya benar. Apabila hasilnya tidak seperti yang diharapkan, maka tanggung konsekuensinya dan beradaptasi dengan mengubah strategi tersebut. Selama bukan urusan hidup dan mati, masih ada waktu untuk memperbaiki keputusan tersebut.

– Ara Kusuma

Kekuatan dalam memutuskan rencana menuju eksekusi terbaik ala Ara Kusuma:

  1. Tarik diri untuk melihat gambaran besar, Zoom Out, situasi saat ini.
  2. Kreativitas dalam beradaptasi dengan kondisi dan mengoptimalkan sumber daya yang ada jika terjadi kendala dalam mengambil keputusan.

Pencapaian Selanjutnya

Bagaimana goal 5 tahun ke depan dan cara menguatkan akar diri sebagai perempuan?

Moto Ara: Mulyo Sesarengan atau Sejahtera bersama-sama.
Goals Ara: Salah satunya adalah mengambil S2 di bidang sosial entrepreneuship atau edukasi (refleksi dari kebutuhan ilmu dan jaringan) untuk meluaskan dampak.

Cara menguatkan akar diri: Berdamai dengan kondisi diri, merasa spesial dilahirkan dari orang tua dengan kondisi yang ada pada mereka, bersyukur hidup di lingkungan dan budaya yang baik, lihat aset dari perjalanan hidup selama ini.

Mengubah Mindset

Bagaimana cara mengubah mindset follower menjadi leader atau problem solver?
Setiap anak adalah bintang, kamu pun punya kekuatan saat ini. Kekuatan kecil yang kita miliki pun bisa memberi dampak untuk orang lain. Percaya diri, ingatlah kita punya jalan sendiri dengan kekuatan sendiri.

Value pendidikankan yang benar-benar dirasakan?
Iman, Akhlak, Adab dan Bicara, 4 landasan yang terus dipegang untuk terus tumbuh dan berkembang.

Tips ketika merasa lelah, istirahat sejenak, lalu lanjut kembali. Don’t Quit. Kuatkan diri jika adan kesulitan, aksi-reflesi-aksi. Kita hanya manusia biasa, lelah itu normal.

Bentuk Dukungan Orang Tua

Orang tua melakukan Observasi – Beri peran – Fasilitasi tumbuh dan berkembang di luar keluarga. Orang tua membukakan jalan, kitalah yang mengetuk kesempatan.

Closing Statement

“Jati diri tidak melulu harus dicari. Dia sebetulnya ada dalam pribadi yang seringkali luput setelah bertahun-tahun hidup di dunia ini. Jati diri juga perlu dibangun. Tanyakan kabar pada diri, jangan cuma sekali dalam setahun. Mari kita berdamai dan menenun keunikan-keunikan yang ada dalam diri kita menjadi ‘what we want to be’ sebagai perempuan dengan pribadi yang unggul dengan aksi yang juga terus digarap dengan tekun.”

– Ara Kusuma

Mari bersama-sama menemukan akar diri dan mulailah perjalanan merawat dan memperkuat akar diri.

You might also enjoy:

7 Comments

  1. bangun jati diri dengan belajar dan tambah skill biar lebih mantul lagi ya dalam mengembangkan diri. Semangat selalu menemukan akar diri

  2. Perempuan harus mengetahui tentang dirinya terlebih dulu agar paham apa yang dia mau,
    kemudian merealisasikan dengan menambah skill yang diperlukan ya.
    Terima kasih sudah berbagi catatan KPI-nya kak.

  3. Mulyo sesarengan. Ah..bagus banget nih moto nya. Kalimat sederhana namun bermakna sangat luas, karena memang sebaiknya tidak hanya memikirkan diri sendiri atau kaum sendiri tapi juga kepentingan bersama. Terima kasih sharing nya ya..

  4. Boleh tau sebelumnya, mba, KPI itu apa ya?

    Yang terkait dengan pengambilan keputusan, memang rasanya berat ketika menyadari bahwa hasil dari keputusan kita enggak maksimal. Tapi belum tentu salah lho, semua tergantung pada kondisi dan situasi yang menyertai di saat itu. Semoga hal itu tidak membuat kita takut untuk membuat keputusan lain yang penting dalam hidup.

  5. Wah Mbak Fera ikut KPI ya, online atau offline nih. Menarik yah materinya tentang Aku dan Diriku, diajak untuk mengenali diri dan potensi diri ya. Btw mengenai jati diri versi Mbak Ara itu ternyata hampir sama dengan kebahagiaan ya, tidak melulu harus dicari karena ia ada dan bersemayam dalam diri. Noted nih. Jati diri harus dibangun dan kita perlu menyadari keberadaannya dalam diri kita.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!