Siapa sih yang tidak suka main game? Hayooo.. Jujur deh, paling tidak pernah kan kamu main game di komputer, handphone atau tablet? Kamu masih ingat game jadul favorit kamu? ^^

Kenapa main game? Katanya dampak main game itu bisa menurunkan produktifitas dan membuang-buang waktu. Namun menurutku, tergantung masing-masing individu. Jika kita tidak merasa enjoy ketika bermain game dan bermain game terlalu lama sampai lupa waktu dan lupa menyelesaikan hal-hal yang menjadi tanggungjawab / kewajiban kita, maka aku setuju dengan pendapat itu.

Main Game Bersama Anak

Anak pertamaku berusia 8 tahun, anak keduaku berusia 5 tahun. Zaman sekarang ini, anak-anak sering menggunakan gadget. Sebenarnya, usia berapa tahun ya anak boleh bermain gadget?

Aturan penggunaan gadget menurut rekomendasi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) untuk anak-anak sebaiknya dibatasi dan tidak disarankan untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun.

Pedoman Penggunaan Gadget Menurut Usia

Usia Di Bawah 2 Tahun: IDAI dan banyak organisasi kesehatan lainnya menyarankan agar anak Indonesia di bawah usia 2 tahun sebaiknya tidak menggunakan gadget sama sekali. Pada usia ini, interaksi fisik dengan dunia nyata dan perhatian orang tua sangat penting untuk perkembangan otak dan motorik anak, serta keterampilan sosial anak.

Usia 2-5 Tahun: Pada usia ini, penggunaan gadget harus sangat terbatas. Jika anak menggunakan gadget, pastikan kontennya sesuai dengan usia, pendidikan, dan dikontrol dengan ketat oleh orang tua. Batasi waktu yang dihabiskan dengan gadget dan pastikan anak mendapatkan cukup waktu untuk bermain fisik (untuk perkembangan motoriknya) dan interaksi sosialnya.

Main game candy house online gratis tanpa iklan di Solitaire.org

Usia 6-18 Tahun: Anak-anak yang lebih besar dapat menggunakan gadget dengan lebih banyak keterlibatan dalam pendidikan dan hiburan, tetapi tetap perlu batasan waktu dan pemantauan orang tua. Pastikan mereka tidak menggunakan gadget terlalu lama hingga mengganggu tidur, belajar, atau aktivitas fisik.

Kesepakatan/ Aturan Bermain Game

Penggunaan gadget yang berlebihan dan terus-menerus dapat berdampak buruk pada perkembangan fisik, mental dan sosial anak-anak. Orang tua yang berperan penting untuk memantau dan mengatur penggunaan gadget anak dengan bijak sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Kita bisa membuat kesepakatan bersama anak mengenai aturan bermain game, contoh kesepakatan bersama anak adalah:

  • Pilih Game yang Sesuai dengan Usia: Perhatikan rating usia pada game apakah sesuai untuk anak-anak berdasarkan tingkat kekerasan, konten seksual, bahasa yang mungkin ada dalam game.
  • Batasi Waktu Bermain Game: Batasi waktu yang dihabiskan anak untuk bermain game agar tidak sampai kecanduan. Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain game bisa mengganggu keseimbangan kehidupan anak, termasuk waktu untuk belajar, tidur, dan berinteraksi sosial.
  • Belajar Etika Bermain: Kenalkan anak dengan etika bermain, termasuk perilaku yang sopan saat bermain game online dan berinteraksih dengan pemain lain.
  • Ngobrol Tentang Isi Game: Pancing anak untuk bercerita tentang apa yang dialami dan dipelajari dari game yang dimainkan, dengarkan dan pastikan anak mendapat manfaat dari game yang dimainkan dan konten positif sesuai usianya.
  • Bermain Bersama Orang Tua: Untuk anak yang lebih muda, ayah/ ibu/ kakak yang sudah dewasa bisa ikut bermain game bersama anak. Ciptakan pengalaman bermain yang seru, ini bisa untuk bonding sekaligus untuk memantau apa yang anak mainkan.
Main game word search dan maze online gratis tanpa iklan di Solitaire.org

Game Online Gratis di Solitaire.org

Teman-teman sudah pernah berkunjung ke website Solitaire.org kah? Pasti familier deh dengan istilah Solitaire. Itu lho game klasik yang ada di Windows pada tahun 1990-an. Selain Solitaire ada Minesweeper, Hearts, FreeCell, PinBall, dan game lainnya bawaan Instalasi Windows 95.

Permainan Solitaire itu tujuan utamanya adalah mengurutkan kartu dari AS hingga King dalam empat tumpukan berbeda sesuai dengan jenisnya (hati, sekop, wajik, keriting). Game ini membutuhkan keterampilan pemecahan masalah dan perencanaan yang baik.

Nah di Solitaire.org ternyata tidak hanya game kartu saja, banyak game klasik lain yang dibagi ke dalam 7 menu utama dan 2 menu footer, yaitu:

  1. Solitaire
  2. Card
  3. Mahjong
  4. Hidden Object
  5. Match 3
  6. Logic Puzzles
  7. Word
  8. Simulation Games
  9. Free Online Games

Di dalam menu-menu di atas, masih banyak pilihan sub menu game online dengan banyak pilihan game yang bisa dimainkan secara gratis, tanpa iklan! Seru kan \^^/ Untuk memainkannya pun kita tidak harus login atau daftar akun, bisa langsung dimainkan. Kita tidak perlu men-dowload game satu per satu, tinggal klik linknya kamu bisa langsung memainkannya secara real-time. Game bisa langsung kita lanjutkan dari level terakhir yang kita mainkan sebelumnya.

Main game hidden object online gratis tanpa iklan di Solitaire.org

Favorit Game di Solitaire.org

Anak-anak heboh sekali saat bermain hidden game bersama-sama, “Duh benda ini dimana yaa.. Mana yaa?” “Itu kak, itu, di situ!”, mamanya menonton mereka saja dari belakang ^^

3 Game Online di Solitaire.org yang menjadi favorit kami mainkan di laptop:

  1. Word Games: Daily Word Search
  2. Hidden Object Games: Hidden Kitchen
  3. Logic Puzzle Games: Dailly Maze

Kami main game di laptop atau komputer karena kami bermain game bersama-sama. Sebenarnya bisa saja dimainkan di handphone, tapi jadinya berebut :)) Di sebagian game, kita bisa memilih level kesulitan Easy, Medium, Hard dan ukuran kotak permainan. Ada pilihan bahasa dari beberapa negara dan bisa mengatur suara backsound musik dalam permainan.

3 Game Online di Solitaire.org yang menjadi favorit aku mainkan di handphone:

  1. Logic Puzzles: Tetra Block
  2. Match 3: Zuma Ball
  3. Free Online Games: Cookie Monster

Game klasik ringan yang mengingatkan masa lalu *eaaa x))

Preview serunya bermain game online gratis di Solitaire bisa dilhat di sini:

Orang tua pun masih bisa bermain game tapi tolong beri contoh yang bijak dalam menggunakan teknologi dan jangan terlalu sering bermain gadget di depan anak.

.Pertimbangan kesehatan anak, jangan sampai menghambat perkembangan fisik, mental, dan sosial anak-anak. Pastikan waktu bermain game tidak menggantikan waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar, tidur, dan aktivitas fisik. Anak-anak perlu bergerak aktif untuk stimulasi motoriknya.

Perlu diingat bahwa setiap anak berbeda, jadi penting untuk memahami minat, kesiapan, dan tingkat kematangan anak untuk mulai bermain game. Komunikasi terbuka dengan anak dan pengawasan yang tepat dapat membantu memastikan pengalaman bermain game yang positif.

Tertarik juga untuk bermain game di Solitaire.org? Silakan kunjungi website nya di www.solitaire.org yaa!

You might also enjoy:

29 Comments

  1. Saya juga suka maen game di Solitaire.org. Pilihan gamenya banyak dan tak usah di download.
    Saya suka main match 3, di sana ada Zuma dan juga treasure island yang mainnya santai tapi tetap fokus biar bisa menang

  2. Asyik banget nih ngegame di Solitaire.org. kita ga perlu download game-nya. Ckp main dari browser. Kita udh dpt bnyk pilihan game yg bikin otak kita makin fresh.

    Aku setuju sih kak soal kesepakatan main game utk si anak. Jgn sampe anak malah keasyikan. Ga dikasih batas waktu. Jd mereka sampe lupa ibadah, makan, mandi hingga belajar.

  3. Asik, jadi kayak nostalgia zaman dulu ya, Ci. Haha.. Anakku yg usianya 7 tahun sekarang juga lebih seneng main modelan game yg kekgini, yg agak berpikir pokoknya. Kan jadi ngasah kemampuan otaknya toh. Dan pasti kubatasi sih. Dan syukurnya, anakku bukan yg tipe maksa minjem hp gitu, lebih seneng maen lego dia mah, haha..

  4. senangnya main games adalah gak terganggu iklan, itu bener banget kak.
    Soalnya di Solitaire ini memang banyak seru gamesnya ya.
    Tanpa perlu unduh pula lagi

  5. Main game bareng anak dan orangtua juga nih yang turut diupayakan untuk selalu diterapkan tiap minggu di momen “boleh main game” di rumahku. Seru sih, jadi bisa membangun kedekatan sama si kecil juga jadinya. Momen refresh dari kepenatan aktivitas juga bagi orangtua.

  6. Emang lebih seru dan leluasa main game menggunakan komputer ya
    Saya nih pakai hp aja soalnya emang ga da komputer nya hehehe …
    Jadi iyabkalai main sama anak, rebutan deh

  7. Game Online di Solitaire.org ini semua tipeku sii..
    Hehhe, selain memang gak bikin lupa waktu, karena kalau udah kalah beberapa kali, yauda sii.. Dan gamesnya pun klasik. Tipikal games zaman aku banget.

  8. wah game di solitaire ini tuh memang seru-seru buat ngisi waktu luang atau kalo lagi butuh break sejenak nih, gamenya sederhana dan gk terlalu njelimet, anak2 juga bisa cobain bbrp pilihan gamenya

  9. saya juga sering lho ini main game bareng anak di Solitaire.org, apalagi pilihan gamenya banyak bahkan untuk si Bungsu juga udah bisa dikenalkan game-game yang di Solitaire, bisa buat belajar bahasa juga seperti yang Hidden object itu.
    kalau emaknya sih tentu happy banget bisa ketemu game Match 3, bisa main game gula-gula lagi hihih, Candy Fiesta itu 😀

  10. Aku sudah coba bermain di solitaire.org. Vibesnya membawa ke memori kecil dahulu, main di pc. Dan nggak perlu download aplikasi, yang penting koneksi internet cukup.

  11. Bikin senang main itu kalau bisa langsung di websitenya jadi gak harus install aplikasi. Jadi walau memori hp pas-pasan masih bisa menjalankan permainan. Happy kan

  12. Asli, aku juga sering main solitaire di web ini. Enaknya enggak perlu install² dan bisa main kapan aja. Udah gitu permainannya pun macam². ❤️

  13. Saya juga suka nih main Solitaire, kalau dulu pas jaman istirahat kerja mainnya, tapi bukan main online karena bawaan windows kan, Lumayan hiburan untuk menghilangkan penat

  14. Nah iya, asiknya itu begitu, gak ada iklannya.
    Dan gak perlu juga install ya kak.
    Bisa dilakukan dengan asik lewat webnya langsung

  15. Main games ini selalu menyenangkan dan bisa menjadi ajang komunikasi produktif juga sama anak.
    Main games di Solitaire.org yan pilihannya bwanyaaa.. gakkan abis dalam seminggu, hehehe.. cobain satu satu yang paling seru sekaligus menantang.

  16. Hal jarang ditemui di game online sekarang adalah game yanb bebas iklan hahaha. Saya dulu juga pernah main game di sana, kalau tidak salah main game Word, karena saya lumayan suka bermain dengan kata-kata.

  17. Nostalgic banget sih solitaire ini. Jadi ingat waktu kecil dulu sering main mahjong abis makan dan mandi sore.

  18. game Solitaire mah siapa aja juga main ya, mau anak-anak, emak-emak, bapak-bapak semua pada suka dan betah kalau main game ini. bisa dibilang game Solitaire tuh game sejuta umat dan gak ada bosennya.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!