Baru kali ini aku mengenal jurusan creativepreneurship dari BINUS, belum dengar ada kampus lain yang menawarkan jurusan ini. Calon mahasiswa yang berminat gabung di jurusan creativepreneurship ini tentu menginginkan disiplin ilmu yang dapat memperkuat keahlian mereka untuk membangun bisnis. Pada dasarnya, ilmu entrepreneurship dapat melatih mahasiswa untuk menerapkan kreativitas sekaligus pemikiran strategis dalam merancang rencana bisnis efektif.

Mengenal Jurusan Creativepreneurship

Entrepreneurship merupakan konsep bisnis dimana seorang pemilik perusahaan tidak takut mengambil risiko serta dapat mengatasi solusi inovatif dalam upaya peningkatan kinerja bisnis. Tentunya, hal ini juga bertujuan untuk meraih untung sebanyak-banyaknya. 

Entrepreneurship berkonsentrasi pada eksploitasi peluang bisnis, pengembangan serta kontrol rencana bisnis, pendirian start-up, manajemen, pembangunan tim, strategi pasar, manajemen SDM, kepemimpinan, inovasi, kekayaan intelektual, ekonomi, jaringan, riset pasar dan sebagainya.

Seorang yang dianggap berhasil dalam hal entrepreneur harus terampil dalam komunikasi. Mereka perlu memiliki kemampuan menjadi negosiator ulung. Namun lebih dari itu, mereka perlu mempelajari keterampilan manajemen serta kepemimpinan dasar. Semuanya itu ada dalam jurusan creativepreneurship, termasuk di BINUS @Bandung ini. 

jurusan creativepreneurship binus bandung
Jurusan creativepreneurship Binus @Bandung | Pic: binus.ac.id/bandung

Teori Kewirausahaan Tidak Cukup

Aku menyadari bahwa saat ini mereka yang sudah terjun ke dunia wirausaha juga tertarik untuk bergabung di jurusan ini. Mereka menganggap bahwa mereka harus menambah ilmu serta mengejar gelar bisnis. Jurusan entrepreneurship secara umum telah mulai muncul sebagai subjek gelarnya sendiri di tingkat sarjana dan magister. 

Yang berbeda adalah creativepreneurship yang ada di BINUS @Bandung. Mahasiswa tidak hanya mendapatkan gelar Sarjana Bisnis, tetapi juga belajar banyak hal. Pembelajaran tersebut adalah cara memulai bisnis dan meluncurkan kepada publik. Tidak cukup demikian, mahasiswa mulai belajar mengembangkan serta meningkatkan skala bisnis. 

Mereka yang bergabung di jurusan ini tentu harus belajar pengetahuan teoritis dan kegiatan praktis.  Tanpa kemampuan memahami lingkungan bisnis saat ini, tentunya lulusan jurusan ini akan kesulitan mempraktekkan ilmu mereka. Lingkungan bisnis tidak hanya mengelola keuangan tetapi juga kemampuan mengelola sumber daya manusia. 

Perlu diketahui bahwa pengelolaan SDM adalah salah satu hal paling menantang yang pasti dihadapi pemilik perusahaan. SDM tidak hanya harus membantu operasional perusahaan, tetapi juga dapat menjadi tenaga penjualan yang handal di dunia bisnis modern dan dinamis ini. Jadi aku menilai bahwa jurusan creativepreneurship sangat tepat bagi mereka yang selalu memiliki ide bisnis brilian dan menciptakan perusahaan dari nol.

Prospek karir kewirausahaan untuk lulusan creativepreneurship BINUS termasuk manajer bisnis di sebuah kantor, konsultan keuangan atau bisnis, pengembang penelitian, analis manajemen, pemilik usaha sendiri atau franchise, manajer proyek dan sebagainya.

jurusan creativeoreneurship binus @bandung

Model Pembelajaran 

Dari pengamatanku, BINUS @Bandung memang unggul dengan kurikulum pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Mahasiswa jurusan creativepreneurship harus menyelesaikan banyak mata kuliah yang didesain untuk memberi pemahaman kuat tentang bagaimana membuat bisnis sukses. 

Aku sempat melihat beberapa mata kuliah di jurusan ini terkait dengan strategi entrepreneurship, skill leadership, manajemen organisasi, strategi bisnis, pengembangan produk, pemasaran media sosial, dan juga hukum kekayaan intelektual.

Aku mengenal beberapa lulusan jurusan ini. Mereka tidak menunggu hingga lulus untuk segera memulai bisnis. Mayoritas dari mereka sudah membuka usaha sendiri sejak masih di semester tiga atau empat. 

Mereka yang bekerja sama dengan mitra di awal membuka usaha. Mereka juga mendapatkan pendanaan dari investor atau dengan modal sendiri meski kecil-kecilan. Fenomena ini menarik karena mereka sudah mengaplikasikan apa yang mereka dapatkan selama belajar di jurusan ini.

Setelah lulus, mereka tidak hanya mendapat gelar yang mungkin dapat lebih mendukung karir mereka. Tetapi, mereka pun sudah memiliki bekal lebih dari pengalaman yang mereka miliki. Tak jarang, mereka pun tetap menjalankan bisnis namun berkarir di perusahaan besar sebagai konsultan bisnis atau keuangan. 

Mereka dapat menjadi konsultan bisnis karena mereka telah mengalami sendiri bagaimana membuka bisnis. Mereka dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan cepat. Skill ini sangat penting untuk sebuah perusahaan yang seharusnya gerak cepat untuk mengatasi hambatan dalam meraih profit. 

Tidak sedikit pula lulusan jurusan creativepreneurship yang menjadi manajer bisnis. Hal ini karena mereka tidak hanya belajar prinsip bisnis, tetapi juga menerapkannya saat membuka usaha kecil-kecilan. Kemampuan ini sangat berharga di perusahaan yang lebih besar dan lebih mapan.

Model Pembelajaran Jurusan Creativepreneurship di BINUS Bandung
Jurusan creativepreneurship Binus @Bandung | Pic: binus.ac.id/bandung

Prospek Karir 

Intinya, mereka yang kuliah di S1 Creativepreneurship BINUS dapat memiliki prospek karir beragam. Jurusan ini menerapkan ilmu kreativitas yang benar-benar dibutuhkan oleh pemilik perusahaan saat ini atau kebutuhan untuk berwirausaha di tengah persaingan bisnis yang ketat. Jurusan ini juga telah memiliki akreditasi internasional sesuai standar AACSB sejak 2020. 

Memang semua lulusan jurusan creativepreneurship dari BINUS @Bandung terbukti memiliki kemampuan yang dibutuhkan perusahaan modern saat ini. Mereka pun dapat membangun bisnis sendiri dengan kreativitas yang membantu mereka untuk unggul dari kompetitor. 

Tonton “BINUSIAN SUCCESS STORY Kuliah Jurusan CREATIVEPRENEURSHIP Langsung punya store sendiri?!” BINUS @Bandung di sini:

Success Story Jurusan Creativepreneur Binus @Bandung

You might also enjoy:

52 Comments

  1. aku baru tahu ada jurusan iniiii. menarik banget. dan emang bener sih harus ada kolaborasi antara kreatif dan enterpeneur supaya mahasiswa yang lulus nggak hanya mengandalkan kreatifitas tapi juga dari segi bisnisnya. keren nih Binus

  2. Jurusan Creativepreneurship di BINUS ini bakalan cocok banget deh bagi pebisnis yang ingin belajar tentang dunia bisnis atau memperdalam ilmu strategi bisnis. Apalagi saat ini tuh kayaknya semakin banyak masyarakat yang terjun ke dunia bisnis, termasuk bisnis digital yang lagi booming.

  3. Wah cakep…. dulu pebisnis biasanya belajar dari pengalaman ya. sekarang ada jurusan creativepreneurship yang pastinya siap mencetak pebisnis handal lengkap dengan ilmu dan terapannya. Makin mantep nih!

  4. Binus memang keren, mampu jadi pelopor. Salah satunya ya ini, membuka jurusaan creativepreneurship. Cocok nih buat yang mau jadi pengusaha, meski bisa juga sih nanti bekerja di perusahaan dengan menjadi manajer, misalnya.

    1. setuju kak. jurusannya bener2 merepresentasikan apa yg dibutuhkan saat ini. bukan hanya sekadar bisnis tp juga dibutuhkan sisi kreatif dalam berbisnis. keren emang Binus

  5. Bagus sekali jurusan creativepreneurship dari Binus ini ya, Mbak. Jadi setuju sekali, punya segudang ide wirausaha, pastinya tidak cukup untuk membangun sebuah bisnis. Dan lewat creativepreneurship semua diajarkan. Bahkan menurut saya, lulusan creativepreneurship bisa juga membantu atau jadi konsultan orang lain saat ingin membangun bisnis.

  6. Model pembelajaran jurusan creativepreneurship di BINUS Bandung tidak hanya memberikan bekal , namun membangun kompetensi dari mahasiswanya. Ini benar-benar bagus bagi lulusan yang bisa lebih produktif di masa akan datang.

  7. menarik banget jurusan creativepreneurship ini, sekarang kan memang zamannya anak muda berwirausaha tapi harus bisa mengemasnya dengan kreatif yaa

  8. Buat yang mau mematangkan bisnisnya enggak usah ragu untuk ambil jurusan Creativepreneurship BINUS @Bandung. Bukan cuma soal kewirausahaan tapi juga tentang kreativitas, inovasi dan lainnya.

    Jadi, berani mengambil resiko tapi persiapan matang.

  9. Jurusannya kekinian banget, sesuai tuntutan zaman, ya Allaah jadi penasaran, ilmunya kek manaaa? Hahaha.. asli penasaran. Ini bener2 jurusan impiann sih, keren BINUS!

  10. Dulu matkul enterpreunership sempat masuk di kuliah saya meskipun jurusan kimia. Sekarang udah ada jurusan yang berdiri sendiri ya di BINUS yaitu creativepreneurship biar lebih fokus matkulnya

  11. Berkembangnya jaman yang semakin kreatif, kerennya BINUS ini pun menyediakan jurusan kuliah yang tepat sehingga makin banyak kreativitas yang bisa mereka lakukan. Cuss semangat kuliahnya

  12. Aku yakin kalo kurikulum di Binus tuh ga hny main teori utk jurusan creativepreneur ini. Mahasiswanya pasti bnyk digembleng dgn wirausaha terjun lgsg sehingga siap melawan kerasnya industri usaha.

    Binus Bandung ini emg pilihan kuliah paling tepat deh.

  13. Wah, aku baru tahu kalau ada jurusan Creativepreneurship. Tentunya jurusan ini sangat cocok bagi mereka yang nantinya ingin menjadi seorang interpreneur.

  14. Lulusan dari Bina Nusantara alias Binus emang terkenal banyak diserap kerja oleh perusahaan besar. Pantas ya secara jurusan yang dimilikinya kekinian semua. Keren nih Binus

  15. Baru tahu dengan jurusan creativepreneurship ini. Menarik juga ya kalau bisa kuliah ambil jurusan ini dan pastinya sekolahnya di BINUS Bandung.

    1. Sepertinya demikian kak, karena sesuatu juga Creativepreneurship ini buat kedepannya. Apalagi yang ingin memfokuskan diri pada bidang bisnis

  16. Jurusan crative preneurship dari Binus kereen banget, sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini bahwasannya orang harus kreatif supaya bisnis atau usaha bertambah besar.

    Binus memang paling bisa membaca sikon.

  17. Salah satu konsentrasi ilmu jika ngambil jurusan creativepreneur di BINUS ternyata buat membangun start-up. Wow. Jurusan yang pas buat orang-orang yang berani menghadapi tantangan jaman nih.

    1. Prospek karir yang cerah ya..
      Dan semoga dengan mengambil jurusan yang sesuai passion, bisa semakin meningkatkan kemampuan untuk mewujudkan ide-ide besar Creativepreneurship.

  18. Jurusan creativepreneurship di BINUS Bandung sepertinya menjadi pilihan yang menarik untuk mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi, negosiasi, manajemen, dan kepemimpinan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang entrepreneur sukses.

  19. Nyaris sekolah di sini adek angkat saya
    Padahal aku sangat menyayangkan enggak jadi diambil karena finansial keluarganya sedang trouble

  20. Jurusan creativepreneurship ini menarik banget ini, dan sepertinya sejalan dengan era digital yang menuntut pebisnis wajib punya sisi kreatif kalo mau bisnisnya berkembang pesat

    1. Jurusan creativepreneurship di zaman yang kompetitif dan perubahannya cepat banget memang dibutuhkan sih menurutku. Karena emang kan teori kewirausahaan di masa lalu atau metode pembelajaran bisnis sebelumnya, belum tentu bisa mengikuti dinamika di era digital.

      1. Ternyata kalau belajar bisnis tuh selain instingnya diasah, juga ada ilmu teorinya yang bisa diterapkan. Dan salah satunya dengan mengambil jurusan khusus di BINUS ini.. Semakin maju dan juara untuk berkolaborasi dengan sesama creativepreneur.

  21. Waaah jurusan keren nih kak, Creativepreneurship ya. Di jurusan ini mata kuliah yang dipelajarinya kayak skill leadership, manajemen organisasi, strategi bisnis, pengembangan produk, pemasaran media sosial, dan juga hukum kekayaan intelektual kalau di Binus Bandung, ya? Cakep banget deh ini masa depan lulusannya

  22. Kalau dengar jurusan kreatif creativepreuner saya malah langsung ingat Kemenparekraf. Hahaha. Menarik sih jurusan ini. Apalagi peluang untuk kerja pasca lulus itu lumayan besar. Jurusan spesifik banget soalnya

  23. Jurusan kreatif creativepreuner memang masih sangat baru ini. Dan keren sekali sudah ada di Binus. Bahkan sebelum lulus pun sudah bisa mulai berbisnis di semester-semester awal. Benar-benar jiwa wirausaha sudah terasah.

  24. Menurutku creativepreneur ini cabang ilmu dr entrepreneurship ga sih? Soalnya masih sama2 mengajarkan ttg wirausaha. Cmn wirausaha ini mgkn ke masalah kreativitas, terutama mengacu ke teknologi. Bs arahnya ke startup/hal lain terkait teknologi. Dan Binus emg kuatnya di sini sih.

  25. Baru dengar juga nih jurusan creativepreneurship. Rupanya BINUS sudah satu langkah terdepan mengajarkan mahasiswanya untuk menjadi entrepreneur yg berani mengambil resiko, banyak inovasi dan kreativitas.

  26. Wah, keren banget BINUS University ini
    Ada jurusan creativepreneurship
    Pas buat saat ini, dimana industri kreatif sedang berkembang

  27. Keren memang BINUS ini, wajar saja jika BINUS menjadi kampus swasta favorit karena memiliki jurusan Creativepreneurship yang dapat menunjang skill mahasiswa ketika lulus nanti.

  28. cepet melihat peluang yaa, bisnis Dan kreativitas emang lagi berkembang banget sekarang ini, perdagangan juga jadi sumber ekonomi yang muter terus Dan berkembang, bahkan di saat2 krisis

  29. Keren banget sih Bandung iniiii, di Malang juga ada BINUS sih tapi keknya terbatas ya jurusannya. jadi penasarann pengen liat2 juga yang di Bandung (gayaaa)

  30. BINUS emang identik dengan jurusan bisnis ya? dan jurusan creativepreneurship menarik sekali karena gak hanya mengajarkan teori, tapi juga praktek berbisnis, kepemimpinan, strategi bisnis, dll.

  31. wah keren banget ya jadi pengen kuliah lagi deh pas baca ini, kenapa ga dari dulu ya ada jurusan ini kan bisa ngambil ini kalau ada dari dulu, kayaknya wajib kuliah lagi niy, apalagi kualitas Binus ga diragukan lagi sih

  32. Keren banget ada jurusan creativepreneurship. Zaman aku dulu keknya cuma Manajemen atau mentok2 Bisnis Manajemen. Kalau jurusan ini udah ada dari dulu, bakalan minat untuk menekuninya sih aku. Apalagi ini pasti mempelajari lebih dalam tentang bisnis dan kreativitas. Terus belum lagi mahasiswanya juga banyak yang udah mulai terjun praktik langsung dari semester 3. Jadi, gak perlu nunggu sampe lulus kuliah dulu untuk menerapkan ilmu dari jurusan yang dipelajarinya.

  33. Yang saya tahu, jurusan tersebut memang masih langka dan Binus selalu punya cara tersendiri untuk menggaet minat mahasiswa yang tak biasa. Aku juga rada kaget awalnya ada jurusan tersebut. Tapi so far keren banget sih karena beda dari Universitas lain kak

  34. Binus emg kampus bergengsi sih. Mereka ga hanya tempat buat ngajarin teori tp jg praktek serta menyediakan tempat magang berkualitas loh. Temanku aja lulusan sana udh jd org berpangkat dan pny penghasilan lumayan loh. Pgn kuliah lg deh jdnya. Apalagi di Bandung.

  35. kuliah di BINUS Bandung ini cocok banget buat yang suka bisnis inovatif dan punya ide cemerlang, memiliki jiwa creativepreneurship ini sangat dibutuhkan di segala bidang di era digital saat ini. BINUS emang jagoan dalam nyiapin lulusan kreatif dan siap kerja.

  36. di era teknologi Dan sosmed sekarang tuh bener2 membuka peluang bisnis Dan potensi Pasar banget yaa, termasuk membuka peluang pendidikan creativepreneur juga loh. Kalau urusan bisnis, Binus tuh Citra nya emang udah role model banget di top of mind ku sih

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!