Belakangan ini Fais (usia 9 tahun) mengeluhkan gigi di rahang bawahnya yang rapat dan tidak rata. Dia bilang kalau dia makan daging, serat daging suka nyelip di gigi bawahnya dan sulit untuk diambil. Kadang sudah sikat gigi pun, serat daging yang nyelip belum lepas juga. Hmm, apa Fais (anak pertama saya) sudah perlu pasang behel gigi anak? Harus cari klinik gigi anak terdekat nih, biar saya enak kalau mau bolak-balik kontrol behel giginya nanti.

Urutan Pertumbuhan Gigi Permanen

Saya jadi ingat, sepertinya tipe gigi Fais ini mirip dengan gigi saya, padat menumpuk, giginya besar-besar tapi rahangnya kecil. Saya dulu pakai behel saat kuliah dan bekerja. Saya harus memantau pertumbuhan gigi permanennya nih, terutama gigi permanen yang ada di rahang bawah.

Pertumbuhan gigi permanen pada anak biasanya mengikuti urutan tertentu. Mengetahui urutan ini dapat membantu kita sebagai orang tua mengawasi perkembangan gigi anak dan memastikan semuanya berjalan dengan normal.

Berikut adalah urutan umum pertumbuhan gigi permanen:

Pasang Behel Gigi Anak, Cari Klinik Gigi Anak Terdekat
tabel jadwal pertumbuhan gigi permanen anak

Perlu Pasang Behel Gigi Anak?

Gigi yang tumbuh terlalu rapat, berpotensi mengganggu kebersihan dan kesehatan gigi, termasuk pada anak. Kesehatan gigi dan mulut berpengaruh pada perkembangan otak, tubuh dan mental anak. Masalah pada gigi dapat menyebabkan ketidaknyamanan, gangguan tidur dan rendahnya rasa percaya diri anak.

Berikut alasan lain kenapa perlu pasang behel gigi anak:

  • Behel gigi efektif dalam menyelesaikan kasus yang lebih luas
  • Behel gigi meratakan/ mengoreksi posisi gigi yang miring, bergeser atau tidak sejajar
  • Behel gigi menyempurnakan profil wajah
  • Behel gigi mengoptimalkan kepercayaan diri

Persiapan Memasang Behel Gigi Anak

Persiapan yang matang sebelum pemasangan behel gigi anak sangat penting untuk memastikan proses berjalan lancar dan anak merasa nyaman. Mulai dari konsultasi awal, pemeriksaan, rencana perawatan, hingga persiapan mental dan fisik anak, semua langkah ini perlu diperhatikan dengan baik. Dengan persiapan yang tepat, anak akan lebih siap menghadapi proses pemasangan behel dan mendapatkan hasil yang optimal untuk kesehatan gigi mereka.

scaling gigi anak 8 tahun
scaling gigi anak dan konsul gigi

Berikut adalah langkah-langkah persiapan memasang behel gigi anak yang bisa kita lakukan:

  1. Konsultasi Awal dengan Dokter Gigi
    – Pilih Dokter Gigi atau Ortodontis yang Tepat: Cari dokter gigi atau ortodontis yang berpengalaman dalam menangani anak-anak.
    – Jadwalkan Konsultasi: Buat janji untuk konsultasi awal guna mengevaluasi kondisi gigi anak dan mendiskusikan rencana perawatan.
  2. Pemeriksaan dan Diagnosis
    – Rontgen Gigi: Dokter gigi biasanya akan meminta rontgen gigi untuk melihat struktur gigi dan rahang anak secara detail.
    – Cetakan Gigi: Dokter gigi mungkin akan membuat cetakan gigi anak untuk membantu dalam perencanaan pemasangan behel.
  3. Rencana Perawatan
    – Diskusi Rencana Perawatan: Setelah diagnosis, dokter gigi akan menyusun rencana perawatan yang mencakup durasi pemakaian behel dan jenis behel yang akan digunakan.
    – Penjelasan Biaya: Tanyakan secara rinci mengenai biaya pemasangan behel dan perawatan lanjutan.
  4. Persiapan Mental Anak
    – Edukasi Anak: Jelaskan kepada anak tentang proses pemasangan behel dan manfaatnya agar mereka tidak merasa takut atau cemas.
    – Buku atau Video Edukasi: Gunakan buku atau video edukasi tentang behel gigi untuk membantu anak memahami prosedur ini.
  5. Persiapan Fisik Anak
    – Kebersihan Gigi: Pastikan anak menjaga kebersihan gigi dengan menyikat gigi secara teratur dan menggunakan benang gigi.
    – Periksa Gigi dan Gusi: Pastikan tidak ada gigi berlubang atau masalah gusi yang perlu diatasi sebelum pemasangan behel.
  6. Menyiapkan Makanan dan Minuman
    – Makanan Lunak: Setelah pemasangan behel, gigi anak mungkin akan sedikit sakit. Siapkan makanan lunak seperti sup, yogurt, dan mashed potatoes.
    – Hindari Makanan Lengket dan Keras: Batasi makanan seperti permen karet, karamel, dan makanan keras yang dapat merusak behel.
  7. Penyesuaian Setelah Pemasangan
    – Rasa Sakit dan Ketidaknyamanan: Informasikan kepada anak bahwa sedikit rasa sakit dan ketidaknyamanan adalah hal yang normal setelah pemasangan behel.
    – Obat Pereda Nyeri: Siapkan obat pereda nyeri yang direkomendasikan oleh dokter gigi jika diperlukan.
  8. Kunjungan Rutin ke Dokter Gigi
    – Jadwal Kontrol Rutin: Pastikan anak rutin kontrol ke dokter gigi sesuai jadwal yang diberikan untuk menyesuaikan behel dan memonitor perkembangan gigi.

Rekomendasi Klinik Gigi Anak Terdekat

Aku dapat rekomendasi untuk melakukan perawatan gigi anak di klinik gigi Damessa. Ada cabang Damessa yang lumayan dekat dengan rumahku nih, Damessa TangCity.

Kenapa harus klinik Damessa?

Damessa merawat gigi anak penuh dedikasi dan memberikan pengalaman terbaik untuk mereka. Dokter gigi anak di klinik Damessa itu Expert dan Experienced. Prosedur perawatan yang nyaman dan painless membuat anak tidak takut lagi ke dokter gigi. Ruangan klinik Damessa pun nyaman dan menarik untuk anak.

Pasang Behel Gigi Anak, Cari Klinik Gigi Anak Terdekat

Klinik Damessa telah dipercaya selama 15 tahun lebih dan memiliki pengalaman yang profesional dalam menangani anak-anak. Selama perawatan berikut hal-hal yang akan didapat:

  • Edukasi dari dokter untuk menghilangkan ketakutan anak terhadap alat-alat gigi.
  • Memberikan informasi awal dan uji coba untuk mempersiapkan anak saat perawatan sehingga lebih tenang.
  • Dokter gigi anak yang sabar, ramah, dan telaten untuk kenyamanan anak.

Klinik Damessa berkomitmen memberikan pengalaman positif sejak dini, membantu mengurangi ketakutan anak terhadap dokter gigi di masa depan. Ini penting agar tidak menimbulkan trauma ke dokter gigi di masa depan.

Enaknya lagi nih, untuk pemasangan behel gigi anak ada promosi dari Klinik Damessa. Ingin pasang behel tapi budget belum cukup? Di Damessa Family Dental Care kamu bisa membayar DP 50% aja dan sisanya dapat dibayarkan dengan cicilan 0%.

Nah, kalau ingin bertanya lebih lanjut mengenai penawaran untuk pemasangan behel anak ini silakan kontak admin Damessa di WA +628119115445 ya, admin siap menjelaskan dengan rinci semua pertanyaan-pertanyaan kita. Bisa juga datang langsung ke Cabang Klinik Damessa terdekat dari rumahmu. Lokasi Klinik Gigi Damessa Tersebar di Bekasi, Bogor, Depok & Tangerang Selatan.

Alamat Damessa TangCity: Ruko Bussiness Park Blok A No.37, RT.005/RW.05, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.

Jam operasional: Buka 08.00 WIB & Tutup 21.00 WIB

Yuk kunjungi klinik gigi anak terdekat dan rawat gigi anak dengan teratur. No Worries Lagi Soal Perawatan Gigi Si Kecil!

Referensi:

You might also enjoy:

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!