Termos! Ternyata aku perlu peralatan MPASI ini untuk traveling xD Yup, sudah beberapa pekan aku memikirkan, gimana ya nanti MPASI nya Safa saat trip ke Jogja. Papanya sudah berencana jauh-jauh hari ingin ke Jogja membawa mobil. Sudah ambil cuti juga dan menghitung waktu yang pas dengan libur sekolah. Aku yang masih maju mundur dan pusing sendiri gimana nanti bayi 8 bulan ini MPASI nya di jalan ya xD *mamak overthingking

Baiklah akhirnya urusan MPASI untuk Traveling ini aku lakukan Persiapan Stimulasi Bayi dan Persiapan Peralatan MPASI untuk Safa, demi kenyamanan bayi dan ibu tentunya ^^ Persiapan stimulasi bayi yang aku lakukan pada Safa adalah Stimulasi Oromotor Bayi, Pengenalan Finger Food dan Naik Tekstur Mpasi, silakan baca di tulisanku yang ini: Stimulasi Bayi Agar Nyaman MPASI Saat Traveling.

Setelah persiapan stimulasi bayi, saatnya mempersiapkan peralatan MPASI bayi.

Peralatan MPASI untuk Traveling

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk MPASI saat traveling? Yang aku siapkan untuk MPASI Safa dalam perjalanan trip ke Jogja dengan mobil pribadi adalah:

  1. Cooler/ Thermal Bag
  2. Kotak makan berukuran kecil
  3. Peralatan makan bayi (sendok dan mangkok dengan tutup)
  4. Botol minum sedotan (dengan tali yang bisa dilepas)
  5. Celemek bayi/ Silicone Bip
  6. Tisu (basah dan kering)
  7. Pisau lipat (yang ada pisau, gunting)
  8. Termos air dan termos soup

Termos soup nya aku pakai dari merk Mosh. Mosh! Latte Food Pot 350ml ini wadah makanan stainless nya cukup kedap dan ga bocor. Sempet susah juga dibukanya, seperti ter-vacum xD

Peralatan MPASI Traveling
Mosh! Latte Food Pot 

Detail:

  • Brand from Japan, Made in China
  • Bahan Stainless Steel 304
  • Food Grade
  • Bahan tidak mudah terkelupas
  • Sistem tutup kedap udara dan anti tumpah
  • Tinggi: 10cm X Diameter 8.4cm
  • Ukuran: 350 ml
  • Berat: 200g
  • Tidak disarankan dimasukan ke mesin dishwash
  • Menjaga suhu makanan

Selain termos soupnya, aku juga pakai termos air/ tumbler dari merk Mosh, Mosh! Latte One Touch Tumbler 450ml. Malah suami jadi suka juga dengan tumblr ini xD Warnanya bagus, pas digenggaman dan tahan suhu air bisa sampai 6-8 jam.

Peralatan MPASI Traveling
Mosh! Latte One Touch Tumblr

Mosh! Latte One Touch Tumblr memiliki kemudahan dalam meng-handle minuman dengan hanya satu tangan, mulai dari lock-unlock-open-close hanya dengan 1 handle tangan.

Detail:

  • Brand from Japan, Made in China
  • Bahan Stainless Steel 304
  • Food grade
  • Bahan tidak mudah terkelupas
  • Sistem tutup safety lock untuk menjaga minuman tidak mudah terbuka
  • Kedap udara dan anti tumpah
  • Mudah untuk dicuci
  • Tinggi: 19cm X Diameter 7cm
  • Ukuran: 450 ml
  • Berat: 260gr
  • Tidak disarankan dimasukan ke mesin dishwash
  • Tahan dingin hingga 8 jam
  • Tahan panas hingga 6 jam (Tergantung dari suhu air itu sendiri)

Oiya, untuk Celemek bayi/ Silicone Bip aku pakai dari merk Sugar Baby. Bisa dibawa dengan digulung, mudah dibersihkan dengan diseka saja dengan lap basah. Jika benar-benar kotor, bisa dicuci juga. Bagian leher bisa diatur lebarnya (flexible neckline). Tahan air dan ada wadah penampungan/ kantong di bagian bawah untuk menampung remah makanan yang jatuh.

Termos dan Peralatan MPASI Traveling
Sugar Baby Healthy Silicone Bib | Pic: media.karousell.com

Sugar Baby Healthy Silicone Bib Nature Series Celemek Bayi warna Baby Rose sudah Food Grade Silicone.

Detail:

  • Ukuran Produk : 300x230mm
  • Ukuran karton : 9x24x4cm
  • Nett Weight : 115gr
  • Gross Weight : 145gr
  • Pilihan warna : Sun (kuning mustard), Cloud (Biru muda), Sand (coklat muda), Wood (coklat tua), Rose (merah muda)

Tips Menyiapkan MPASI Saat Travelling

  1. Bawa peralatan MPASI secukupnya, yang sering dipakai saja jangan berlebihan
  2. Siapkan MPASI beku dan MPASI homemade siap makan (untuk dimakan di jalan)
  3. Bawa buah-buahan segar siap makan, misal: Pisang
  4. Bawa MPASI instan khusus bayi dan air hangat dalam termos
  5. Bawa cemilan/ rice cracker atau kue kukus/ roti (sesuaikan dengan usia)
  6. Cari penjual MPASI homemade di tempat istirahat atau tempat tujuan

Mungkin kamu ada tips MPASI dan rekomendasi peralatan MPASI Traveling saat membawa bayi trip dengan mobil? Share di kolom komentar dong~ Eh iya, jangan lupa mampir ke tulisan Stimulasi Bayi Agar Nyaman MPASI Saat Traveling ini ya ^^

You might also enjoy:

27 Comments

  1. Waaaw…jadi ingat masa lalu pas anak2 masih kocik2 banget. Ya gitu, mau bepergian itu banyal hal yg disiapin. Dan kalau anak masih MPasi emang harus persiapan ekstra. Bukan cuma soal makan apa, tetapi proses makan di perjalanan itu jg persoalan tersendiri hihihi.

    Semangat ya buat Safa dan Mama Papa. Have a nice travelling.

  2. Yueeaayy untung bunda hamil dan punya baby gak di jamam milenial ya jd gak serepot ini mempersiapkan sesuatunya utk permata hati bunda,, dulu lho… seadanya yg penting hygienis sangat dijaga.

  3. Kalau dulu saya hanya mengandalkan ASI hihihi. ASI saya masih banyak banget sampai anak-anak usia setahunan. Jadi kalau perjalanan jauh, paling saya kasih ASI aja. Sama paling bawa camilan kayak biskuit bayi gitu. Karena anak-anak saya gak mau makanan instan, kecuali biskuit.

    Alhamdulillah tetap bikin anteng sepanjang perjalanan. Tapi, tetap bawa panci dan berbagai peralatan masak. Begitu sampai tujuan, baru deh bikin MPASI.

  4. Masya Allah bunda zaman sekarang ini banyak banget support MPASI nya gak kayak aku dulu, hehehe. Mana bentuknya imut-imut dan praktis. tapi yang perlu diingat itu ya isinya yang harus berkualitas yah. Sehat terus ya dek, semangat mamanya

  5. Aku ingat pas anak masih kecil memang pas traveling bawa perlengkapan mpasi. Agak ribet awalnya tapi ya demi anak ya. Hehhe. Skarang dengan perkembangan jaman jadi dimudahkan sehingga bisa mpasi buat anak walaupun lagi traveling

  6. wah jadi flashback deh saaat anakku MPASI
    ribet tapi seru hehe. sebagai ibu memang berusaha selalu memberikan asupan nutrisi terbaik ya mba
    sekarang udah ada peralatan mpasi travelling gini jadi memudahkan kalo bawa anak
    aku biasanya kalo traveling gini sering juga nyetok mpasi instan yang tinggal seduh air panas

  7. Mbakku banget nih yang suka rempong karena anaknya masih MPASI. Untungnya jalannya masih yang dekat-dekat sih, beberapa jam aja. Cuma kok ya si Bocil belum bisa pakai sedotan. Jadilah dia pakai botol susu buat minum

  8. Traveling bawa anak pas masih MPASI persiapannya itu cukup belibet. Dulu saya belum tahu ada thermos ini. Bawanya dulu tempat makan kecil, thermos minum, dan lainnya.

  9. Semangat persiapan MPASI-nya, aku dulu ya giru semangat banget mempersiapkan anak-anak makan diawali dengan pengenalan buah dan lainnya, seru aja dulu ngumpulkan resep MPASI, bahkan sampai ada labelnya di blogku.

  10. Btw aku juga pakai si Mosh ini, baru beli bahkan beberapa minggu lalu karena waktu itu buat si anakku bawa makanan berkuah dan ku lihat ini modelnya paling oke dan harganya masih ramah kantonglah. Jadi kepikiran mau beli botol minumnya juga.

  11. Wah, baca ini jadi ingat saat anak anak mpasi dulu
    Aku juga bawa banyak perlengkapan mpasi saat travelling

    1. Bener kak sekarang memang harus vawa banget biar aman juga ke baby nya akupun dulu gitu..aku naksir banget sama.tempat mpasinya.. kalau dulu aku harus bawa tas yg tahan hangat itu kemana2 waktu anakku masih baby

  12. Kalau pakai termos untuk siapkan MPASI homemade siap makan gini bisa tahan berapa lama ya, kak?
    Nanti kalau menyajikannya sekaligus atau diambil sedikit demi sedikit agar gak mudah basi?
    Aku kalau travelling biasanya langsung cut off, huhu.. either cuma ASI aja atau menggunakan bubur MPASI instan. Huhuhu.. Kurang kenceng azamnya yaa..

  13. Ya ampun gemes2 aja ini wadah MPASI saat traveling sama baby. Kalau pakai ala2 termos gitu bikin makanan tetap hangat jadi ngaruh ke lahap atau gaknya si anak makan ya nanti.
    Termos cocok buat menyimpan makanan berkuah juga ya, cari yang merek berkualitas supaya gak gampang tumpah saat di jalan.

  14. aku menghindari traveling jauh selama bayi usia 6-12 bulan, haha … nunggu anaknya bisa makan makanan keluarga supaya enggak ribet selama MPASI awal. Menurutku yang kurang suka masak, fase MPASI ini paling ribet karena harus masak untuk si bayi dan untuk dewasa. Ada sih bubur instan tapi masa’ mau yang instan terus. Kita aja bosen makan mie instan tiap hari.

  15. Travelling dengan membawa balita tuh persiapannya emang kudu detail ya, soalnya kan bawa anak kecil, jangan sampai deh rewel dijalan dan jadi mengurangi keasyikan perjalanan.

    Saya kok ikutan mupeng dengan termosnya, apalagi bisa dibuka tutup dengan satu tangan aja

  16. Traveling bawa bayi dan balita tuh emang kudu lebih prepare ya maaaak. Mesti detail persiapannya, supaya nggak repot dijalan dan supaya makan anak-anak juga lebih terjaga yaaa

  17. Peralatannya lengkap banget maak.. Aku pernah sih milih traveling pas anaknya masih bayi dan belum MPASI, untuk mengurangi barang bawaan soalnya, ihihi. Setelah itu aku ajak traveling lagi di umur 1 tahun ke atas, jadi dia sudah bisa makan makanan dewasa juga.

    Tapi yang akan selalu kepake dan dibawa bawa tuh tisu basah sih. Ini gak pernah ketinggalan karena mau masih MPASI ataupun sudah lewat, pasti akan terpakai 😀

  18. Saya jadi inget waktu anak saya masih kecil. Kalau traveling emang banyak bawaannya ya Mba. Sedia juga makanan babby, buah-buahan ama makanan instan kadang. Termos soup dari Mosh bagus ya. Bentuknya juga stylish dan bisa dibawa ke mana-mana. Celemek babbynya juga unyu-unyu deh.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!