Tanggal 21 Mei lalu Alhamdulillah bisa punya kesempatan untuk Gathering bersama Komunitas IHB sekaligus menghadiri Workshop Nestlé Lactogrow dengan tema Grow Happy Parenting: Happy from the Inside Out”. Yang mengulas seputar anak tumbuh bahagia dari dalam.

Workshop Anak Tumbuh Bahagia

Workshop disampaikan dengan interaktif dan penuh pertanyaan yang bikin jleb-jleb, bikin jadi mikir, haha.. Misalnya aja nih, ada pertanyaan seperti ini “Apakah anak yang tertawa itu sudah tumbuh bahagia?” “Apakah anak yang bermain bubble itu bahagia?” “Kenapa anak perlu tumbuh dengan bahagia?” dan lain sebagainya.

Nah, kira-kira apa jawabannya? Apakah anak kita bahagia? ^^

“Kebahagiaan anak bukanlah kegembiraan sesaat saja, namun lebih kepada rasa nyaman, aman dan diterima dengan baik di lingkungan sosialnya.” – Myers and Diener (2018)

Eits, itu baru pembukaannya sajaa..

Materi dan Sesi Tanya Jawab Grow Happy Lactogrow
Materi dan Sesi Tanya Jawab Grow Happy Lactogrow

Ada dua module yang disampaikan oleh 2 pakar, yaitu:

  • Module 1 “Pencernaan Sehat untuk Anak Bahagia dan Pintar” oleh Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
  • Module 2 “Memaksimalkan Peran Orang Tua dalam Memelihara Kebahagiaan Anak” oleh Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, Psikolog

Manfaat banget ini materinya, daging semua xD apalagi nara sumbernya pun pakar di bidangnya.

 Event Grow Happy Parenting: Happy from the Inside Out
Event Grow Happy Parenting: Happy from the Inside Out

Pencernaan Sehat untuk Anak Bahagia dan Pintar

Pernah dengar “Perut adalah otak kedua”?

Ada sistem saraf enterik yang terletak di usus perut yang berfungsi seperti otak, bisa mempengaruhi mood/ emosi dan prilaku kita. Saat sekolah dulu, pernah merasakan kalau mau ujian tiba-tiba perut mules? Itu salah satu contohnya.

Begitu pentingnya menjaga sistem pencernaan anak. Sistem pencernaan yang sehat merupakan salah satu faktor untuk anak yang bahagia. Tumbuh bahagia adalah pondasi untuk masa depan anak dan Keterlibatan Orang Tua, Stimulasi dan Nutrisi menjadi 3 hal penting untuk mendukung hal tersebut. Di sini lah perlunya peran kita sebagai Mama untuk memenuhi kebutuhan gizi anak dengan memastikan kesehatan saluran cernanya.

Lalu bagaimana konsep pencernaan sehat itu?

Kita dapat menjaga keseimbangan mikrobiota usus dalam sistem pencernaan si kecil dengan konsumsi variasi makanan bernutrisi lengkap dan mengandung probiotik. Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang jika diatur dalam jumlah yang memadai akan memberikan manfaat kesehatan pada tempat hidupnya. Salah satu probiotik yang sudah teruji secara klinis aman dan bermanfaat bagi tubuh adalah Lactobacillus Reuteri.

Tips Agar Anak Tumbuh Bahagia
Tips Agar Anak Tumbuh Bahagia

Probiotik

Manfaat Probiotik:

  1. Membantu menyerap nutrisi lebih baik
  2. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh
  3. Membantu memperbaiki suasana hati

Lactobacillus Reuteri juga dapat berperan dalam mengatasi konstipasi pada anak dan bakteri baik ini mempersingkat durasi diare akut.

Untuk menambah asupan bakteri baik dalam tubuh, kita bisa memberikan anak makanan yang mengandung probiotik. Misalnya Tahu, Tempe, Susu Kedelai, Zaitun, Cokelat Hitam. Atau kita juga bisa memberikan susu pertumbuhan LACTOGROW yang mengandung HAPPYNUTRI (12 vitamin, 7 mineral, kalsium, Minyak ikan, Omega 3&6) dan Lactobacillus Reuteri.

WHO merekomendasikan pemberian ASI Ekslusif hingga bayi berusia 6 bulan dan lanjutkan selama mungkin. Susu pertumbuhan diformulasikan untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh anak diatas usia 1 tahun dan tidak diberikan untuk bayi. Baca label sebelum membeli ya, Ma.

Kesehatan saluran cerna ini mempengaruhi suasana hati/ mood anak, sehingga mempengaruhi prilaku anak. Anak yang bahagia akan dapat belajar dengan lebih baik untuk mendalami minat bakat atau passion-nya.

Tips Membesarkan Anak Agar Tumbuh Bahagia - Lactogrow
Tips Membesarkan Anak Agar Tumbuh Bahagia – Lactogrow

Memaksimalkan Peran Orang Tua dalam Memelihara Kebahagiaan Anak

Psikolog Ibu Vera menjelaskan bahwa kebahagiaan penting dalam tumbuh kembang anak. Kenapa Raising Grow Happy Kids itu penting?

“Seorang anak yang dicintai dan memiliki pola asuh yang baik sejak dini, akan memiliki hippocampus 10% lebih besar. Yaitu bagian otak yang penting untuk proses belajar, memori, respon terhadap stress. Secara umum, dapat diasumsikan bahwa masa kecil yang dipenuhi cinta ibu adalah masa kecil yang bahagia”.

– Joan L Luby (2012) Professor Child Psychiatry

Tunjukan Rasa Cinta

Bagaimana bentuk cinta mama yang dapat ditunjukan pada anak?

Dengan kehadiran mama seutuhnya saat bersama anak. Menangkap emosi anak, memberi respon positif, berinteraksi dengan baik agar anak merasa diterima kehadirannya dan dihargai perasaannya.

Untuk memaksimalkan peran orang tua dalam memelihara kebahagiaan anak, Mama bisa lakukan tips dan pola asuh berikut ini.

  • Memberikan makanan bergizi seimbang dan tepat waktu. Jam nya makan harus makan, agar pola makannya teratur. Walaupun sedikit tidak apa-apa. Rutinitas yang sehat dapat menjaga anak tetap tenang.
  • Mendampingi anak saat bermain dan eksplorasi. Libatkan diri dan hadir seutuhnya karena baik untuk tumbuh kembang anak secara fisik dan mental.
  • Mengekspresikan emosi yang positif, agar anak punya kenangan yang baik pada orangtuanya .
  • Memastikan waktu tidur anak yang cukup. Anak bisa tidur siang dan tidak boleh tidur terlalu malam.
  • Memberikan cinta tanpa syarat kepada anak. Tulus. Ikhlas. Jangan terlalu banyak menuntut.
  • Menjadi pendengar yang baik dan antusias saat mendengar anak bercerita (active listening).

Active Listening

Active Listening ini bisa dilatih. Caranya, tahan dulu untuk memberi respon, lihat ekspresi dan dengar dulu perkataan anak.

Semua kejadian adalah netral. Respon kita yang membuatnya positif atau negatif. Hal pertama yang perlu dilakukan dalam active listening adalah tangkap dulu emosi anak, lalu beri respon, kemudian baru ungkapkan apa yang ingin kita sampaikan.

Simulasi Makanan Sehat

Selain adanya materi dari 2 pakar di atas, ada sesi tanya jawab, kuis, dan games kelompok menggunakan playdough untuk membuat simulasi makanan sehat bernutrisi untuk anak tumbuh bahagia.

Ini hasil karya kelompok kami:

Simulasi Makanan Sehat Agar Anak Tumbuh Bahagia - Lactogrow
Simulasi Makanan Sehat Agar Anak Tumbuh Bahagia – Lactogrow
Kelompok Games Playdough Simulasi Makanan Sehat - Lactogrow
Kelompok Games Playdough Simulasi Makanan Sehat – Lactogrow

Blogger: (atas) Renata, Nikken | (bawah) Uni Hani, CiFer, Tian

Keseruan Fais Syifa nemenin mama workshop Lactogrow
Keseruan Fais Syifa nemenin mama workshop Lactogrow

Komunitas IHB

Workshop ini ditutup dengan foto bersama Blogger IHB, tim Nestlé LACTOGROW dan para pakar yang telah mengisi materinya ^^

Yuk Ma, Dukung Anak Tumbuh Bahagia!
Event Blogger IHB x Lactogrow

Semoga kita bisa memberikan nutrisi yang baik untuk anak dan berinteraksi lebih baik lagi dengan anak agar #GrowHappy bisa diraih.

Yuk Ma, dukung anak tumbuh bahagia 😉 Siaap?

Follow, Like, Share :

You might also enjoy:

18 Comments

  1. Si dedek udah besar saja. Senang melihat pertumbuhannya pesat dan sehat ya
    Pasti salah satu pendukungnya susu yang dikonsumsi ya

    Btw tentang IHB wah apa kabar? Lama saya ga ikut ikut events nya hehehe…

  2. Anak yang tumbuh bahagia, nantinya akan menjadi pribadi yang unggul ya.. beda dengan anak yang tumbuh dengan tidak bahagia.. duh jadi tersentil nih, semoga anak anakku tumbuh menjadi anak yang bahagia.. dan aku jadi mulai memperbaiki perilaku aku yang mungkin membuat anakku tidak bahagia

  3. SEbagai ibu sudah jadi kewajiban untuk menyiapkan anak tumbuh dalam suasana rumah yang bahagia. Termasuk menyiapkan nutrisinya juga yang bergizi dan seimbang. Ngomogin nutrisi, jadi galfok lihat plating playdough ala makanan dengan gizi seimbang, hahahaa

  4. Aku baca runut nih postingannya khususnya materi dari psikolognya. Emang ya peran ortu dan kehadirannya utk anak sangat mempengaruhi tumbang anak. Selain itu jg butuh diberi nutrisi yang terbaik jg ya mbak…

  5. IHB kalo ngadain event selalu berfaedah yak. Bersyukur banget bisa kenal IHB. Silaturahmi makin panjang. Berkah terus ya 🤩
    Fais cocok nih jadi baby model, luwes banget depan kamera. Pasti kayak ibunya 😄

  6. Mungkin karena usia’y baru 2 tahun kalo main air anak saya paling suka banget. Pada akhirnya saya harus membuat kolem renang dari freezer. Untung aja saya punya freezer yang sudah tidak digunakan.

  7. acaranya seru banget yaaa… lengkap banget penjelasannya dan jadi tahu pengaruh pencernaan ke tumbuh kembang anak…
    duh kapan nih ada event lagi ya biar bisa ketemuan lagi… next time aku mau bawa anakku juga ah hihihihi

Leave A Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Enjoy this blog? Please spread the word :)