Masih ga nyangka bisa bergabung menjadi salah satu narasumber dari 10 Profesi di Jelajah Cita-cita (JCC) Tangerang Kota. Ada pilot! Hehe.. Ga nyangka bisa sepanggung dengan suami sendiri ^^ Moment langka xD Sempet miskom dan ragu-ragu untuk maju sebagai narasumber. Soalnya udah lama banget ga ngomong di depan banyak orang secara offline. Tapi Alhamdulillah semuanya lancar <3

Hmm.. Sebenernya JCC ini tuh acara apa sih?

10 Profesi di Jelajah Cita-cita (JCC) Tangerang Kota, Ada Pilot dan Influencer!

Apa itu Jelajah Cita-Cita atau JCC?

JCC berawal dari kegiatan Ibu Profesional Malang dan diadopsi Ibu Profesional Pusat pada tahun 2022 ini. Untuk skala nasional, JCC 2022 adalah JCC perdana. Sedangkan untuk Malang sendiri, acara ini adalah JCC ke-3, JCC ke-2 dilaksanakan oleh Ibu Profesional Malang pada 9 September 2018 lalu. JCC akan diadakan setiap tahunnya sebagai agenda besar tahunan.

Dalam menyambut Milad Ibu Profesional ke-11, Minggu 18 Desember 2022 Ibu Profesional secara serentak menggelar acara Jelajah Cita-Cita (JCC) di 32 Kota di Indonesia. Mulai dari Sumatera (Aceh, Medan, Jambi, Padang, Palembang), Jabodetabek (Banten, Bekasi, Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Bogor), Jawa Barat (Bandung, Tasikmalaya, Cianjur, Karawang, Garut), Jawa Tengah & DIY (Semarang, Yogyakarta), Jawa Timur (Surabaya, Malang, Bojonegoro, Gresik, Magetan, Pasuruan, Kediri), Kalimantan (Samarinda, Banjarmasin, Pontianak), dan Sulawesi (Makassar , Manado, Gorontalo, Palu).

Setiap kota menampilkan beragam acara berbeda dengan acara inti JCC adalah menampilkan Parade Profesi yang diharapkan bisa memberi inspirasi dan membuka wawasan anak-anak bangsa. Skala pelaksanaan JCC di 32 kota terbagi menjadi dua, skala besar dan skala kecil. JCC skala besar dilaksanakan di 17 kota, sedangkan JCC berskala kecil dilaksanakan di 15 kota lainnya.

Pada JCC skala besar, panitia menyediakan stand-stand berbagai profesi, anak-anak bisa mengamati, mencoba setiap jenis profesi yang disediakan panitia. Misalnya Ibu Profesional Jakarta menghadirkan Bidan, Crafter, Scientist, Pecinta Alam, Pemadam Kebakaran, Astronom, Dokter Gigi, News Anchor, Arsitek, Koki dan Content Creator.

Sementara JCC skala kecil dilaksanakan dengan menampilkan profesi secara bergiliran. Masing-masing profesi mempresentasikan profesinya di depan anak-anak dengan video atau perlengkapan penunjang secara bergantian. Misalnya JCC Ibu Profesional Tangerang Kota.

10 Profesi di Jelajah Cita-Cita Tangerang Kota

Pada kesempatan ini, saya memperkenalkan profesi Influencer kepada teman-teman kecil Tangerang Kota. Setiap talent profesi diberikan waktu sekitar 5-7 menit untuk presentasi tentang profesinya.

10 Profesi yang mengisi di JCC 2022 Tangerang Kota adalah:

  1. Guru : Kartini, SPdI, SE, MM
  2. Bidan : Istiqomatunnisa, S.ST, M.Kes
  3. Chef : Lizna Mauliza Octariana, A.md
  4. MUA : Euis Diani Defi, S.Farm
  5. MC : Ridho Ihsan Nur, S.Kom
  6. Programmer : Mursalat Asyidiq, S.Kom
  7. Voice Over (VO) : Eka Nurbaeti, ST
  8. Pendongeng : Nimas Ayu Harfian Putri
  9. Influencer : Fera Marentika, S.Si
  10. Pilot : Adiyanto Pamungkas, ST
10 Profesi yang mengisi di Jelajah Cita-Cita (JCC) Tangerang Kota
10 Profesi yang mengisi di Jelajah Cita-Cita (JCC) Tangerang Kota
Influencer di Jelajah Cita-Cita (JCC) Tangerang Kota
Influencer di Jelajah Cita-Cita (JCC) Tangerang Kota
Capt. Adiyanto memaparkan profesi Pilot di Jelajah Cita-Cita (JCC) Tangerang Kota
Capt. Adiyanto memaparkan profesi Pilot di Jelajah Cita-Cita (JCC) Tangerang Kota
10 Profesi yang mengisi di Jelajah Cita-Cita (JCC) Tangerang Kota
10 Profesi yang mengisi di Jelajah Cita-Cita (JCC) Tangerang Kota

Seminar Parenting dan Reuni Mini Ibu Profesional Tangerang Kota

Di JCC Ibu Profesional Tangerang Kota ini, selain menampilkan Parade Profesi, ada sajian spesial untuk member Ibu Profesional Tangerang Kota, yaitu “Wisuda Akbar IP TangKot 2022”. Wisudah ini menjadi pelengkap apresiasi diri di tahun 2022 ini.

Ada juga seminar parenting bersama narasumber bapak Muhammad Iqbal, Ph.D yang merupakan Psikolog Pernikahan, CEO Rumah Konseling sekaligus Penulis dan Dosen. Tema yang diangkat dalam seminar parenting ini adalah “Pentingnya Edukasi Profesi dan Cita-Cita Guna Membangun Keluarga Sadar Bakat”.

Selain itu, JCC yang dilaksanakan di Ruang Al-Amanah, Gedung Puspem Kota Tangerang ini, menjadi ajang reuni dengan teman-teman Matriks 3 dan BunCek 1 \^^/ Aakk! Seneng bangeett! Walau cuma sebentar banget, bertemu mereka tuh bikin teringat masa di awal-awal menjadi member di IP TangKot. Banyak ilmu dan pengalaman yang sudah didapat di IP TangKot ini.

10 Profesi di Jelajah Cita-cita (JCC) Tangerang Kota, Ada Pilot dan Influencer!

Kostum Anak Terbaik di Jelajah Cita-Cita Tangerang Kota

Di penghujung acara, panitia memilih 4 anak dengan Kostum Profesi terbaik:

  1. Ehsan (TNI) IG @ambumaryam
  2. Rana (Chef) IG @nengyulian
  3. Kaffi (Damkar) IG @dewifdedew
  4. Fatih (Pilot) IG @EerHerawati

Sebelum pulang, tentu menyempatkan foto bersama keluarga tercinta, support system ter-luv pokoknya!

10 Profesi di Jelajah Cita-cita (JCC) Tangerang Kota, Ada Pilot dan Influencer!

Semoga 10 Profesi di Jelajah Cita-cita (JCC) Tangerang Kota ini dapat meninggalkan kesan pesan yang mengispirasi untuk anak-anak yang hadir di event ini. Semoga keseruan acara JCC ini berlanjut terus ke depannya. Aamiin Aamiin..

Thank you IP TangKot, Met milad Ibu Profesional! \^^/

You might also enjoy:

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.