Ujian kenaikan sabuk taekwondo Kota Tangerang menarik perhatian Fais. Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) ini adalah event pertama Fais di taekwondo. Fais terlihat biasa saja sih.. Mungkin karena sudah berlatih di sekolah dan ujiannya bersama dengan teman-temannya, jadi terlihat lebih tenang.

Taekwondo Garuda Club Kota Tangerang

Fais mengenal taekwondo setelah masuk SD karena taekwondo merupakan salah satu ekskul pilihan selain Futsal, Tahfidz, HandyCraft, Renang, Bahasa Inggris. Awalnya saya juga tidak tau kalau ekskul taekwondo di sekolah Fais merupakan club taekwondo dari luar sekolah, namanya Taekwondo Garuda Club. Ya saya kira hanya sebatas ekskul sekolah saja, sekolah yang mengelola kegiatannya. Eh ternyata, taekwondo garuda club ini juga mengikuti kejuaraan.

Lokasi latihan garuda club ada di beberapa wilayah di Kota Tangerang, misalnya di sekolah SDIT Granada, TangCity, SDN Sukasari 5, Daan Mogot 1, Citra Raya, Sutera Mediterania, dll. Di sekolah Fais, anak-anak yang ikut ekskul taekwondo akan diseleksi untuk masuk kelompok “Kelas Prestasi Taekwondo Garuda Club Kids”. Sekitar 12 anak yang terpilih masuk kelas prestasi angkatan tahun ini. Mereka mengikuti latihan tambahan 1x seminggu di luar sekolah. Latihannya bergabung bersama anggota Club Garuda Kids yang berasal dari sekolah lainnya. Anak-anak ini dilatih sebagai bibit-bibit untuk pencetak prestasi.

ujian-kenaikan-sabuk-putih-taekwondo-kota-tangerang
Taekwondo Garuda Club Kota Tangerang

Tingkatan Sabuk Taekwondo Indonesia

Taekwondo merupakan olahraga bela diri modern yang berasal dari Korea Selatan. Taekwondo terdiri dari tiga kata, yaitu tae berarti kaki, kwon berarti tangan, dan do berarti seni. Jadi taekwondo adalah seni bela diri yang menggunakan teknik kaki dan tangan kosong.

Tingkatan sabuk taekwondo dimulai dari sabuk putih untuk pemula (Geup 10) dan yang paling tinggi ialah sabuk hitam dengan 8 strip putih (Dan IX).

  1. Sabuk taekwondo putih (Geup 10)
  2. Sabuk taekwondo kuning (Geup 9)
  3. Sabuk taekwondo kuning strip hijau (Geup 8)
  4. Sabuk taekwondo hijau (Geup 7)
  5. Sabuk taekwondo hijau strip biru (Geup 6)
  6. Sabuk taekwondo biru (Geup 5)
  7. Sabuk taekwondo biru strip merah (Geup 4)
  8. Sabuk taekwondo merah (Geup 3)
  9. Sabuk taekwondo merah 1 strip hitam (Geup 2)
  10. Sabuk taekwondo merah 2 strip hitam (Geup 1)
  11. Sabuk taekwondo hitam (Dan)

Dan memiliki 9 tingkatan, dimulai dari Sabuk Hitam Polos untuk Dan I, Sabuk Hitam 1 Strip Putih untuk Dan II, seterusnya jumlah strip akan bertambah sampai Sabuk Hitam 8 Strip Putih untuk Dan IX.

Tahap Tingkatan Sabuk Taekwondo
Tahap Tingkatan Sabuk Taekwondo | Pic. www.penjasorkes.com

Ujian Kenaikan Tingkat Taekwondo Kota Tangerang 2022

Ujian kenaikan sabuk taekwondo se-Kota Tangerang pada 13 November 2022 lalu adalah Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Taekwondo pertama Fais. Ujian kenaikan sabuk ini diadakan di TransMart Cikokol. Pesertanya bludak, padat, karena dari berbagai club taekwondo se-kota Tangerang dan berbagai tingkat, bukan hanya kenaikan sabuk putih saja.

Yang kasian sih yang masih anak-anak, mesti sesak-sesakan karena ternyata acaranya di indoor mall bukan parkiran TransMart yang luas. Karena terlalu ramai, ujian kenaikan sabuk ini dibatalkan dan akan dilangsungkan di club masing-masing. Untuk taekwondo Garuda Club, akhirnya dapat melaksanakan ujian kenaikan sabuk putih ke kuning pada tanggal 10 Januari 2023 di SDIT Granda Tangerang.

ujian-kenaikan-sabuk-taekwondo-kota-tangerang-2022
Ujian Kenaikan Tingkat Taekwondo Kota Tangerang 2022

Materi Ujian Kenaikan Tingkat Sabuk Putih Taekwondo 2022

Infonya bisa dibaca di SOP UKT PBTI (Pengurus Besar Taekwondo Indonesia), bisa dilihat di Buku Rapor Materi Latihan Dasar dan Ujian Serta Absensi Taekwondo Kota Tangerang yang dibagikan di sekolah.

Materi ujian sabuk putih (Geup 10) dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:

  1. Jurus Wajib: Gibon 1 & Gibon 2
  2. Gerakan Dasar (Kuda-kuda ap kubi)
    • Teknik Tangan (Gibon Dongjak)
    • Teknik Kaki (Gibon Changi)/ Kuda-kuda Kyorugi Junbi

Kamu juga bisa belajar gerakan dasar taekwondo di video basic movement taekwondo atau membaca artikel di sini.

Singkatnya, teknik dasar gerakan taekwondo adalah:

  1. Kuda-kuda
  2. Teknik pukulan (jireugi)
  3. Teknik tendangan (chagi)
  4. Teknik tangkisan (makki)
  5. Teknik sabetan (chigi)
  6. Pola (poomsae)

Biaya Ujian Kenaikan Tingkat Sabuk Putih Taekwondo 2022

Di Garuda Club ini, biaya Ujian Kenaikan Tingkat Taekwondo Indonesia 2022 untuk Sabuk Putih ke Kuning sebesar Rp 325.000,- /orang. Pendaftaran UKT melalui aplikasi TIIS Taekwondo Indonesia.

Aplikasi TIIS Taekwondo Indonesia

Untuk mendukung prestasi anak-anak Garuda Club, Sabeum (pelatih/ instruktur) menganjurkan setiap anak mengunduh aplikasi TIIS di smartphone Android nya. Di aplikasi ini, ada data member anak yang tergabung di club dan juga tingkatan sabuk mereka. Ada juga informasi mengenai Event seperti Ujian Kenaikan Tingkat (beserta sertifikatnya) dan Kejuaraan (yang akan datang serta yang telah diikuti). Aplikasinya mudah untuk digunakan, userfriendly. Namun saat mengisi form pendaftaran, orang tua harus familiar dengan istilah-istilah taekwondo. Jika bingung, bisa bertanya pada Sabeum nya saja ^^

aplikasi-tiis-taekwondo-indonesia

Oiya, Fais pernah upload video latihan taekwondo pertama kali di rumah. Mama yang pegang kicking target, maklumin aja ya kalo ga bener, ga pernah ikut taekwondo soalnya xD Haha..

Kalo ini, video ketika latihan rutin di sekolah. Ekskul taekwondo bersama Tangerang Garuda Club:

Semoga semangat terus ya latihannya.. Makin rajin berlatih, badan juga akan lebih lentur dan jadi lebih pede nantinya. Kalau memang nanti mau ikut kejuaraan sih ga masalah, selagi memang anaknya yang minta 😉 Semangat ya! Jadi Resolusi 2023 mama juga nih, anaknya rajin latihan taekwondo, hehe..

You might also enjoy:

13 Comments

  1. Selamat yaaa, dek Faiz atas kelulusan tingkat takewondonya. Maa Syaa Allah.. aktif sekali kegiatan eksternalnya ya, bund.. Semoga Allah mudahkan ikhtiarnya. Aamiin Yaa Rabb

    Sehat selalu, Faiz dan Bunda..

  2. Selamat yaaa, dek Faiz atas kelulusan tingkat takewondonya. Maa Syaa Allah.. aktif sekali kegiatan eksternalnya ya, bund.. Semoga Allah mudahkan ikhtiarnya. Aamiin Yaa Rabb. Sehat selalu, Faiz dan Bunda.. Semangat untuk target di 2023 yaa!

  3. Cakep ini ada aplikasinya.
    Sukses ya dede Faiz dengan naik tingkatnya.
    Jadi inget daku waktu SMU ekskul taekwondo yang masih di sabuk putih, terus gak dilanjutkan lagi karena bentrok sama waktu belajar

  4. Keren deh dedek Faiz, jadi iri udah naik level, kakak aja memulainya belum dan tidak kepikiran yah. Ini udah naik level aja. Ah keren deh. Smngat terus yah dik

  5. Suatu hari pengen juga anak ikut olahraga bela diri. Ntah taekwondo atau yang lain. Bener sih kalau nanti bisa ikut lomba itu bonus. Yang utama buat kesehatan dan skill.

  6. Semangaaatt dan sukses untuk ananda.
    Aku pengen banget anakku belajar self defense taekwondo begini.. Selain melatih kekuatan, juga menggunakan teknik yang tepat. Tapi sayang banget kalo di sekolah anakku gak boleh buat perempuan.

  7. Wah biayanya lumayan terjangkau ya mbak klo 300ribuan aja

    Si kecil pasti happy juga dpt kegiagan positif rame rame ketemu temen baru begini.

    Ilmu taekwondo bisa diperdalam sampe besar nanti

  8. Waahh sukses buat anak Mba Fera yaa.
    Pengen juga anakku bisa belajar taekwondo biar ada pertahanan dirinya, tapi sayang disini gak ada guru yang bisa ngajarin ilmu bela diri yang satu ini, hiks

  9. yeeaay, berarti ini ujiannya udah kelar doong ya? Fais udah naik ke level kuning dong sekarang? Asyiiikkk, semangat terus berlatihnya ya Fais 😉
    jadi ingat anakku udah lama dijanji ama bapaknya nih mau diajak ikut Taekwondo juga tapi sampe sekarang belum mulai, bapaknya sok syiiibuq sih ini, hihihh

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.