Hoala & Koala, Channel lagu dan animasi anak Indonesia. Mendengarkan lagu bersama anak ternyata menyenangkan ya, apalagi ditambah dengan menari bersama. Memang kita harus bersenang-senang dalam membersamai anak agar bisa lebih mindfull dalam pengasuhan. Anak senang, mama senang~~ ^^

Apa sih Hoala & Koala?

Pada akhir tahun 2020, lahir karakter musikal yang diberi nama Hoala & Koala. Karakter ini divisualisasikan dengan animasi 3D dan memiliki karakter seperti anak-anak zaman sekarang yang tumbuh dan berkembang di tengah era digital. Hoala & Koala hadir sebagai salah satu bentuk perkembangan dunia musik dan lagu anak di Indonesia.

Hoala & Koala, lagu dan animasi anak Indonesia

Channel YouTube Hoala & Koala

Awalnya saya menemukan channel YouTube Hoala & Koala ini dari referensi teman blogger saat saya blogwalking. Ternyata channel lagu anak Indonesia Hoala & Koala ini menarik juga ya.. Sebenarnya saya cukup selektif dalam memilih channel YouTube untuk anak-anak. Saya lebih memilih channel yang menyenangkan anak sekaligus bisa memberi pesan/ makna dan informasi dari apa yang mereka tonton. Tidak hanya sekadar bersenang-senang, namun juga bisa belajar. Apalagi melalui lagu anak, pesan bisa masuk melalui mata, telinga dan gerakan.

Hoala & Koala merupakan sepasang sahabat yang suka sekali bernyanyi. Lagu-lagunya digambarkan dengan animasi 3D yang lucu dan disukai anak. Pada channel ini, semua karakter mampu menyanyikan lagu. Mereka adalah Ayah, Ibu, Hoala dan Koala. Ada juga karater pendukung seperti Miss Jeruk, Rubin si Rubah, Lincul si Ular, Burhan si Burung Hantu, Bu Aya si Buaya, Serigili si Serigala, Om Ping si harimau, dan Om Bre si Singa. Informasi karakter selengkapnya bisa dibaca di sini yaa..

Hoala & koala, playing at Backyard

Lagu dan Animasi Anak Indonesia

Banyaknya variasi karakter dan suara pada Hoala & Koala menjadikan lagu-lagu dan animasinya sangat menghibur, baik bagi anak-anak ataupun orangtua sebagai pendampingnya. Selain lagunya yang berima dan mudah dihapal, musiknya juga ringan untuk anak-anak. Lantunan lagu anak Hoala & Koala memiliki pesan yang terkandung di dalam liriknya. Animasinya cerah dan ceritanya pun related dengan keseharian anak. Durasi lagunya pendek, hanya sekitar 2-3 menit, jadi tidak membosankan untuk didengar.

Hoala & Koala menggarap seluruh lagu anak dan animasinya dengan matang. Musisi internasional pun dilibatkan dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala. Banyak juga alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak yang dipakai dalam penggarapan album-album Hoala & Koala, misalnya saja saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.

Selain kualitas vokal, keterlibatan musisi internasional hingga banyaknya instrumen yang digunakan, Hoala & Koala juga memiliki keunikan lainnya dalam pemilihan genre. Tidah hanya genre children pop yang dijadikan genre lagu pada Hoala & Koala, ada juga variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik. Keren yaa..

Favorit Lagu Hoala & Koala

Saat ini, lagu dan animasi Hoala & Koala favorit anak-anak di rumah adalah ‘Lagu Kuman’. Anak kedua ku yang berusia 4 tahun saat diputarkan lagu ini selalu bilang, “Lagi, Ma. Lagi dong?“, videonya diulang lagi maksudnya. Ketika diganti lagu lain, dia bilang, “Yang tadi aja, Ma. Yang ada kuman-kuman, aku suka.” Kalau anak pertama ku yang berusia 7 tahun, sudah bisa berpendapat lebih panjang, “Aku juga suka lagu ini, Ma. Lagunya bagus, asik juga musiknya.” Aku pun sempat bertanya, “Kalau gambarnya suka ga?“. Dia bilang, “Suka kok, Ma. Bagus juga, lucu gambarnya. Aku suka Koala-nya.”

Lagu Kuman Hoala & Koala Animasi Anak Indonesia

Lagu Kuman ini adalah lagu anak Indonesia yang bercerita tentang pengalaman anak setelah bermain di luar. Tadinya anak malas mandi setelah asik bermain di luar, namun Ibu menegurnya. Kata Ibu, kalau tidak mandi dan gosok gigi, nanti banyak kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Jadi, jangan lupa mandi setelah bermain di luar dan gosok gigi setelah makan agar terhindar dari kuman-kuman.

Orangtua bisa mengingatkan anak-anak tentang kebersihan diri mereka melalui lagu ini lho. Buat yang penasaran Lagu Kuman itu seperti apa, kamu bisa menonton dengan klik video di bawah ini ya..

Lagu Kuman Hoala & Koala

Saat ini Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di YouTube dan didengarkan di Spotify atau iTunes. Kehadiran Hoala & Koala ini diharapkan dapat membangkitkan kembali dunia musik anak-anak.

Nah.. Kalau favorit lagu Hoala & Koala kalian yang mana nih? Silakan berkunjung ke Channel Lagu dan Animasi Anak Indonesia, Hoala & Koala ya..

Selamat menonton dan bernyanyi bersama ^^

Follow, Like, Share :

You might also enjoy:

24 Comments

  1. Suka banget deh Hoala dan Koala ini membawa angin segar buat anak-anak mengenal lagu anak.
    Anak-anak juga suka banget bisa nonton Youtube, dan maminya suka kasih izin aja karena tontonannya lebih bermanfaat 🙂

  2. Sepertinya ini yg serung ditonton krucil kami lewat yutub deh.. Dia suka ikut bernyanyi bersama. Semoga lagu2 anak.makin banyak dan bervariasi ya..

  3. Udah banyak yg rekomendasiin hoala koala tapi aku belum pernah buka nih. Padahal banyak lagu anak Indonesia nya, anakku bisa ikutan nyanyi terus deh

  4. Hoala dan Koala harus menjadi pilihan channel keluarga nih, secara lagu anak-anak sangat lengkap.
    Animasinya juga membuat anak-anak menyukainya. Semoga dengan hadirnya Hoala dan Koala ini, anak2 mendengar lagu sesuai usianya.

    1. Wah jadi pengen cepet-cepet kasih lihat ke anakku. Pasti seru deh nonton animasi asli Indonesia sambil denger lagu anak Indonesia sekaligus

  5. Jarang ada lagu anak-anak baru ya jaman sekarang, gak kaya aku kecil dulu. Nah, ini bagus Hoala & Koala untuk menemani anak-anak tumbuh, jadi ga harus mendengarkan musik-musik dewasa lagi.
    Harus bangga nih ternyata Hoala Koala ini karya anak bangsa yang sarat edukasi gak cuma hiburan aja

  6. Sebenarnya belajar paling menyenangkan bagi anak-anak memang lewat lagu, kayak lagu Kuman tadi 🤭
    Jadi mereka bisa ngerti dan bahagia menjalani kalo disuruh bersih2 karena mengikuti lagu tersebut.

  7. Sebagai buibu aku senang dan menyambut baik loh adanya Hoala dan Koala, jadi anak-anak punya lagu yang sesuai sama usianya mereka

  8. Menarik banget nih channelnya akhirnya Indonesia punya juga yaa
    Soalnya aku inget tahun berapa tu malah negeri tetangga yang bikin duluan dan di-bahasa Indonesiakan.
    Anak2 emang kudu sering disuguhi lagu2 anak nih supaya gak terkontaminasi lagu dewasa sebelum waktunya.
    Lagu anak tu selain sarat akan hiburan juga ada edukasinya yang penting buat perkembangan anak2 juga yaaa TFS

  9. Dengan menyimak channel Hoala & Koala, anak bisa ikut bernyanyi, bersenang-senang, tapi ada pesan yang insyaa Allah akan sampai ke anak ya. Karena anak akan mudah menangkap pesan dalam kondisi gembira. Bangga ya Indonesia punya channel ini 🙂

  10. Sedih loh klo liat anak-anak yang suka nyanyiin lagunya orang dewasa. Berasa emang sedikit banget yang memperhatikan kebutuhan anak akan lagu-lagu yang sesuai dengan usianya. Recommended banget nih Hoala & Koala, bagus untuk anak-anak agar menikmati karya musik sesuai usia.

  11. Hoala & Koala jadi salah satu tontonan favorit para ponakan nih. Mereka kalau ngumpul suka nonton bareng ini sambil nyanyi-nyanyi. Senang ada Hoala Koala ini, anak-anak jadi punya dan terbiasa nyanyi lagu anak-anak, bukan nyanyi lagu orang dewasa.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Enjoy this blog? Please spread the word :)