Hayoo.. Yang punya motor matic, suka cek oli motor matic kamu ga nih? Bagian apa saja yang biasanya kamu cek saat servis motor? Ternyata segitu pentingnya ya kita merawat motor, apalagi kalau motornya sering kita pakai untuk kegiatan sehari-hari seperti antar jemput anak sekolah dan bekerja, ataupun kegiatan hiburan seperti jalan-jalan, kopdar komunitas dan touring. Baca tulisan ini sampai akhir yaa..

Cek Oli Motor Matic dan 7 Bagian Lainnya Saat Servis Motor!

Perlukah Servis Motor?

Apa itu service motor? Kadang kita sering dengar tapi tidak tau maksudnya xD Service motor adalah pengecekan kondisi motor saat pemakaian motor sudah mencapai batas jarak tertentu. Jarak tempuh 2.000 km untuk motor keluaran lama, jarak tempuh 4.000 km-5.000 km untuk motor keluaran baru, jarak tempuh 6.000 km untuk motor sport dan jarak tempuh 12.000 km untuk moge.

Servis motor itu perlu dan sebaiknya dilakukan secara rutin agar kita memiliki motor yang prima, mesin motor awet, motor jarang rusak, dan performa motor terjaga dengan baik. Minimalnya, servis motor dilakukan 1-2 bulan sekali. Banyak bagian motor yang dicek saat servis motor, diantaranya akan dilakukan cek saluran bahan bakar, cek kondisi mesin, cek oli mesin, cek oli gardan, cek ban, cek rem dan lainnya.

8 Bagian Wajib Cek Saat Servis Motor

Nah, ini dia 8 hal yang wajib kamu cek saat servis motor:

  1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Karena motorku matic, tentu aku beli oli motor matic dan ada biaya jasa ganti olinya juga.

  1. Oli Gardan

Pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Fungsi oli gardan untuk melumasi gear. Waktu penggantiannya adalah setelah 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

  1. Busi

Busi adalah sparepart motor yang berfungsi mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan.

  1. Kampas Rem

Sparepart motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan adalah sistem pengereman. Kampas rem yang sudah tipis menjadikan rem kurang pakem. Hal ini bisa menyebabkan kecelakaan.

Cek Oli Motor Matic dan 7 Bagian Lainnya Saat Servis Motor!
  1. Filter Udara

Filter udara menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk sehingga menyumbat sistem injeksi dan karburator. Teknisi akan menyampaikan terlebih dahulu apakah cukup dibersihkan atau harus diganti.

  1. Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt (saat mesin mati) dan 13,7-14,2 Volt (saat mensin menyala). Harus dilakukan pemeriksaan detail jika tegangan aki tak sesuai kondisi idealnya, ada kebocoran pada aki atau kondisi terminal sudah berkarat. Kondisi aki yang sudah tidak layak, harus diganti dengan yang baru.

  1. Ban

Cek kondisi ban terlebih dahulu sebelum kita menggunakan motor. Saat service motor, mekanik memeriksa tekanan udara di dalam ban (cukup udara atau tidak), kondisi ban secara keseluruhan (ban gundul atau tidak), dan sebagainya.

  1. Tune Up Motor

Service motor tune up / tune up motor adalah servis motor rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu, apa saja sparepart yang perlu dilakukan penggantian. Mekanik baru akan melakukan perbaikan jika kita setuju untuk menggantinya.

Oli Motor Matic Tahan Lama

Beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/ retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian oli sampai 5000km atau 2x lebih lama dari oli biasa. Ini karena oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi Ester, base oil tertinggi di kelas oli. Jadi wajar sih ya kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa.

Oli X-Ten merupakan produk oli esklusif di Planet Ban. Oli mesin Full Synthetic dengan kandungan Ester ini memiliki sejumlah keunggulan untuk sepeda motor, seperti:

  • Oli X-Ten mampu menjaga kondisi mesin motor tetap prima dan stabil meski menempuh perjalanan jauh. Tarikan tetap enak saat perjalanan jauh dan macet.
  • Oli X-Ten juga memiliki kemampuan proteksi yang lebih dengan membentuk lapisan pelindung dinding silinder sehingga aman dari gesekan piston.
  • Oli X-Ten membuat umur mesin menjadi lebih panjang dan tahan lama sehingga aman untuk digunakan khususnya pengguna commuting / harian.
  • Oli X-Ten memiliki kemampuan cleansing tinggi, dapat membersihkan bagian mesin dari sisa pembakaran. Berbeda dengan oli mesin biasa yang umumnya masih menyisakan kerak sisa-sisa pembakaran di bagian mesin dan bisa mengganggu performa mesin.
  • Oli X-Ten Tahan Lama.
Oli Motor Matic X-Ten Full Synthentic Ester Technology, mesin motor bisa sampai 5000km.

Oli X-Ten bisa di dapat di Planet Ban mulai dari Rp 45.000 dan GRATIS biaya ganti oli.

Keunggulan Servis Motor di Planet Ban

Kita harus pintar-pintar memilih tempat servis motor agar hasil bisa maksimal. Salah satu bengkel yang bisa diandalkan untuk mendapatkan servis terbaik adalah di Planet Ban.

Di Planet Ban ini, kita bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru. Wih, apa itu? Servis motor rasa baru ini dikenal juga dengan sistem Servis Terpadu.

Servis terpadu bertujuan mengupgrade performa dan ketahanan motor, dengan cara yang cepat dan biaya hemat, dengan berfokus pada servis bagian bagian yang paling vital dari motor, yang letanya tersembunyi dan selama in jarang diservis, disamping pengecekan dan penyetelan rutin.

Tujuan Servis Terpadu untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat namun biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru adalah bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Keunggulan Melakukan Servis Motor di Planet Ban

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet (jarang rusak).
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.
  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.
  • Kita bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Jika kamu servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru. Tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Tonton video ini deh:

Nah, kalau kalian biasanya servis motor dimana? Dan berapa bulan sekali mam? Sharing di kolom komentar yaa.. Jangan lupa follow IG @planetban untuk update promo terbaru ^^

Referensi:

  • planetban.com/oli-motor-matic
  • planetban.com/blog/oli-x-ten-tahan-lama-oli-motor-terbaik-mulai-rp-45000

You might also enjoy:

14 Comments

  1. Service motor aku selalu rutin di planet ban mbak, deket rumah soalnya pengerjaannya juga cepet dan gak dibohongin. Kadang emak2 service motor suka gak ngerti suruh ganti ini itu klo di bengkel nakal main iya iya aja nanti.

  2. Putriku nih Mbak yg paling malas servis motornya apalagi cek oli motornya. Duuh keburu ngadat itu motor baru nyadar.
    Oh yah, planet ban ini ada di daerah mana saja Mbak?

  3. Baca tulisan ini bikin aku inget belom ganti oli. Huhuhu, aku tuh orang yang sering lupa dengan kebutuhan motor sendiri. Jadinya baru ke bengkel pas ada masalah. Padahal bisa dicegah ya. Dengan perawatan yang rutin, dan ganti oli, motor bisa selalu bagus. Apalagi kalo servis dan ganti olinya di Planet Ban. Olinya berkualitas, teknisinya berpengalaman.

  4. Kalau gak rutin service motor pastinya bakalan gak nyaman buat dibawa ya. Makanya perlu berkala nih dengan memperhatikan 8 bagian penting motor ini

  5. Dengan memilih Servis Motor di Planet Ban, semua masalah perawatan dan service motor bisa beres. Apalagi dilakukan secara rutin sesuai dengan jadwal, maka selain harga yang terjangkau, motor semakin awet dan aman digunakan.

  6. noted, jadi tau nih bagian-bagian wajib saat servis motor matic, secara saya mah selama ini cuma taunya jadi penumpang doang 😀
    selain memperhatikan bagian-bagian penting tadi emang harus juga dong ya ke servis motor resmi seperti Planet Ban ini.

  7. Duh, selama ini aku tahunya pake motor aja dan rutin sih bawa motor buat diservice cuma gak tahu bagian2 apa saja yang diservice. Nah baca ulasan di atas baru tahunya ternyata 8 bagian motor ya yang dicek saat diservice

  8. Kalau mau mesin motor awet memang harus rutin ganti oli lho. Nah, urusan ganti oli maupun servis motor juga sekarang mudah banget karena kan sudah ada Planet Ban

  9. Aku jujurnya ga telaten, tapi untungnya suamiku telaten dan sayang banget Ama semua mobil2 dan motornya mba ????. Jadi dia yg tugasnya memang bawa kendaraan ke bengkel kalo udah waktunya service.

    Berasa sih kendaraan yg jarang service Ama yg rutin. Tarikannya enak, dibawa nyaman. Pernah pas ke luar kota, suami pake mobil temennya, duuuh itu tarikan mesin ga nyaman banget. Bagi yg paham mesin, langsung tahu bagian dari mobilnya yg bermasalah, tanda ga pernah diservice juga. Bahaya padahal.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!