Kelas Telur-telur “Lacak Kekuatanmu!” – Jurnal Minggu 1 Bunda Cekatan Batch 1

Bismillah.. Akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti kelas Bunda Cekatan (selanjutnya disebut BunCek) Ibu Profesional pada Batch 1 ini. Sempet ragu ikut kelas sekarang, karena kelas Bengkel Diri masih ada beberapa pertemuan lagi. Tapi untuk apa menunda hal baik kan, apalagi yang dipelajari adalah hal yang disuka 😀 Semoga Allah memudahkan, Aamiin..

BunCek ini kelas lanjutan dari kelas Bunda Sayang (BunSay) dan kelas Matrikulasi yang sudah saya selesaikan sekitar 1-2 tahun lalu. Yang mau kenalan dengan Ibu Profesional dan kelasnya, bisa klik link ini yaa 😉

Bunda Cekatan 1

 

Tahapan BunCek ini diibaratkan dengan tahapan metamorfosis Kupu-kupu.

Disadur dari Wikipedia Indonesia:

Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur. Telur kupu-kupu biasanya berada di permukaan daun. Telur kemudian menetas menjadi ulat. Ulat itu akan makan selama berhari-hari, lama kelamaan ulat akan behenti makan, dan mulai berubah menjadi kepompong. Masa kepompong ini berlangsung selama berhari-hari. Jika telah sempurna, kupu-kupu keluar dari kepompong tersebut,dan menjadi Kupu-kupu dewasa. Yang berkembang biak dengan bertelur. Dari telur itu, proses metamorfosis dimulai lagi.

Siap untuk bermetamorfosis menjadi Bunda Cekatan?

Yuk kita mulai tahapannya dengan memasuki Kelas Telur 😉

Melacak Kekuatan Diri 

Step 1 Pada tahap 1 dari Kelas Telur, kita melacak kekuatan yang ada dalam diri dengan menggambarkan aktivitas kita sebagai istri, ibu dan perempuan ke dalam 4 kuadran di sebuah daun.

Pada daun ini, kita petakan hal-hal yang kita:

  1. bisa, tapi kita tidak suka 
  2. bisa dan kita suka 
  3. tidak bisa, tapi kita suka 
  4. tidak bisa dan kita tidak suka 

 

Kelas Telur-telur BunCek1 Week1
Kelas Telur-telur BunCek1 Week1 – Lacak Kekuatanmu

 

Menemukan Kekuatan Diri 

Step 2 Dari hasil step 1, kita akan menemukan hal-hal yang membuat kita bahagia mengerjakannya (happy), tidak menjadikannya sebagai beban (enjoy), berbinar-binar dan bersemangat menuntaskannya (enthusias). Hal-hal tersebut akan berada di kuadrankita bisa dan kita suka”. Dan hal-hal itu lah kekuatan diri kita 🙂

Setelah menemukan kekuatan diri, pilih lah 5 hal yang akan menjadi prioritas. Kemudian kita analogikan prioritas tersebut sebagai telur-telur hijau di atas daun step 1.

 

Kelas Telur-telur BunCek1 Week1
Kelas Telur-telur BunCek1 Week1 – Lacak Kekuatanmu

 

Step 3 Validasi telur-telur hijau itu selama 3-7 hari, apa benar terasa bahagia?

Jika masih ragu, coba tanya pada orang terdekat (misal tanya suami), apakah benar telur-telur hijau itu membuat mata berbinar-binar, bersemangat dan tampak senang dalam mengerjakannya?

^cifer


#janganlupabahagia #jurnalminggu1 #materi1 #kelastelurtelur #bundacekatan1 #institutibuprofesional

Follow, Like, Share :

You might also enjoy:

4 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Enjoy this blog? Please spread the word :)