Pernah membaca mengenai aturan makan ala Nikita Willy, membuatku jadi menuliskan aturan makan untuk anak di rumah. Berhubung anak-anak sudah bisa membaca, saatnya menuliskannya dan ditempel agar terlihat anak, dibaca dan dilakukan. Anak-anak visual bisa mengikuti dengan metode seperti ini. 

Aturan Makan Anak

Mengapa ada aturan makan anak?

Aturan makan anak umumnya dibuat untuk menciptakan kenyamanan saat makan bersama dan membiasakan diri anak untuk tertib, mengikuti peraturan dan bersikap sopan saat makan. Biasanya, setiap rumah memiliki peraturan makan yang berbeda-beda, ini bisa berdasarkan kebiasaan dan kesepakatan bersama dalam membuat aturan makan anak. 

Secara garis besar, beberapa aturan makan anak yang sebaiknya dipenuhi adalah:

  1. Jadwal makan/ jam makan yang rutin
  2. Mencuci tangan dan berdoa sebelum makan
  3. Ambil makanan sesuai porsi dan habiskan makanannya
  4. Tidak mengecap saat makan, makan dengan mulut tertutup
  5. Jangan makan terlalu lama

Aturan makan ala Nikita Willy

Aturan makan ini diterapkan pada Baby Issa. Aturan ini saya rangkumkan berdasar kanal YouTube Nikita Willy, di antaranya:

  1. Tidak memaksa anak jika anak tidak mau makan. Respect dengan keputusan anak jika anak sudah tidak mau melanjutkan makanannya.
  2. Konsisten dengan jam makan. Punya jadwal rutin, makanan pada jam yang sama setiap hari. Melatih disiplin dengan rutinitas sehari-hari.
  3. Makan pada meja makan, anak tidak digendong saat makan. Ketika anak tidak mau duduk di highchair, duduk dipangku. Kalau tidak mau, coba ganti suasana makan, misal bawa ke teras. 
  4. Buat menu bervariasi, mengubah-ubah menu makanan. Kalau anak tidak mau, coba berulang-ulang dulu jangan langsung ganti menu ke makanan favorit anak.
  5. Biarkan anak eksplor makanannya sendiri, suap sendiri. Jika enggan, kita bisa bantu dengan memberikan sendok atau sesekali kita suapi.

Aturan makan ala Cicifera

Aturan makan anak yang saya buat, saya tempel di dinding depan meja tempat menaruh Rice Cooker dan ditempel juga di atas meja makan agar saat sedang makan pun bisa tetap terbaca. Aturan ini saya buat step-by-step sebagai reminder anak, anak-anak kadang lupa mengikuti urutannya.

Berikut aturan makan anak yang ada di rumah saya:

aturan makan anak cicifera

Saat makan tidak boleh memainkan gadget, tidak tertulis di aturan makan ini karena sudah tertulis di aturan bermain gadget di rumah.

Nikita Willy Pakai Miyako 

Selain aturan makan anak, Rice Cooker yang dipakai pun bisa diikuti, Nikita Willy pakai Miyako. Beragam produk Miyako diproduksi dalam negeri dengan komitmen kuat untuk memberikan kontribusi positif bagi negeri serta masyarakat Indonesia. 

Mengusung brand tagline “Teman Wajib Anda”, Miyako menyajikan produk-produk peralatan rumah tangga dengan harga terjangkau, standar kualitas tinggi serta desain yang estetik. Semangat Miyako untuk selalu menjadi pilihan bijak keluarga Indonesia, tanpa lelah Miyako terus menerus berinovasi melahirkan berbagai macam kategori kebutuhan peralatan rumah tangga seperti Magic Warmer Plus, Blender, Kipas Angin, Water Dispenser, Mixer, Kompor Gas dan Regulator Gas yang telah bersertifikat SNI.

Rice Cooker Miyako Nanoal MCM-586 BH

MCM-586 BH, Rice Cooker Miyako Nanoal Berlian Hitam dengan warna Baby Pink yang cute dan manis. 

Nanoal Pilihan Nikita Willy dilengkapi dengan Panci Nanoal Berlian Hitam anti lengket 10x lebih tahan lama, lebih tebal dengan double coating dan Non PFOA sehingga lebih awet dan aman untuk kesehatan.

Rice Cooker Miyako MCM-586 BH memiliki keunggulan dengan adanya Magic Tonjolan di bagian atas yang berfungsi  agar membuat nasi menjadi lebih enak. Fitur Thermostat yang dapat menjaga nasi tetap hangat, tidak kering, dan tidak mudah basi.

Terdapat pula fitur Soft Touch Opening untuk memudahkan kamu dalam membuka tutup rice cooker dengan sekali sentuhan. Elemen pemanas Rice Cooker ini garansi selama 5 tahun

Fungsi Rice Cooker Miyako Nanoal MCM-586 BH 

Fungsi Rice Cooker Miyako Nanoal MCM-586:

  1. Memasak nasi 
  2. Menghangatkan
  3. Mengukus
Nikita Willy Pakai Miyako Nanoal MCM-586

Spesifikasi Rice Cooker Miyako Nanoal MCM-586 BH

Spesifikasi Rice Cooker Miyako Nanoal MCM-586:

  • Daya listrik: 395 Watt.
  • Kapasitas beras: 1.8 Liter.
  • Kapasitas nasi: 5 Liter.
  • Bodi: Anti Karat dan Anti Penyok.
  • Tegangan: 220 V.
Spesifikasi Rice Cooker Miyako Nanoal MCM-586

Beli Rice Cooker Miyako Nanoal Di mana?

Cute ya rice cookernya.. Bisa jadi ide kado juga nih ^^ Silakan berkunjung ke Beacons Miyako Official atau klik Website Miyako untuk info produk Miyako ya.. Kamu juga bisa mengunjungi marketplace Shopee dan TokPed (link tertera di website Miyako) 😉

Miyako Blog Competition dan Reels Competition

Miyako mengadakan Blog dan Reels Competition. Kompetisi Blog berlangsung pada tanggal 15-30 Desember 2023, sedangkan kompetisi Reels berlangsung pada tanggal 21- 27 Desember 2023. Syarat dan ketentuannya bisa cek di Instagram @miyakoofficial.id dan gunakan hastag #NikitaWillyPakaiMiyako #NanoalPilihanNikita #RiceCookerMiyako.

Lomba Blog dan Reels Miyako Nanoal

Yuk Ceritakan Bahasa Cinta Ibu untuk Si Kecil dengan mengikuti blog and reels competition. Hadiahnya uang tunai dan produk senilai jutaan rupiah lho! Miyako Indonesia, Teman Wajib Anda di rumah. 

You might also enjoy:

57 Comments

  1. Miyako tuh emang deh beneran teman wajib hehehe… kayak ga disadari lhooo.. punya rice cooker dari dulu ya Miyako, dari masa ke masa. Naksir banget sama si cute pinky ini, biar samaan kayak Nikita Willy. 😉

    1. Gemesss banget ya kak memang si Miyako ini.
      Jadi pengen punya juga yang warna pink.. semoga ada yang hadiahkan ini buat Fenni ????????

  2. Memang sebaiknya aturan dikenalkan sejak dini Termasuk aturan makan ini ya… Salut dg cara penerapan aturan makannya. BTW, Miyako emang ok punya, kami juga pakai!

  3. Jadi terinspirasi daku dengan aturannya kak Fera ini, karena jadi modal pembiasaan diri bagi anak kala mereka dewasa nanti ya, apalagi bagian yang ambil makan dan habiskan.. bisa ditiru nih

  4. Jadi ingat kalo umi Pipik juga nerapin aturan makan di rumahnya. Sebelum makan baca bismillah, makan harus dihabiskan, jangan disayang-sayang. dan sederetan aturan makanan lainnya. Anak-anak jadi bisa berlatih disiplin dari dini kalo udah aturan jelas begini. Panci naoal miyakonya menarik hati banget Mom

  5. Sebenernya tuh makan bisa jadi momen menyenangkan yaa.. bagi orangtua dan anak ketika kondisi bener-bener ideal. Kadang kan suka ada tuh, kondisi yang gak ideal dan bikin acara makan jadi terasa berat. Kaya pas anak GTM. huhu.. monangis rasanya. Kitanya laper, anaknya gak suka sama menu yang disajikan. Jadi penting banget untuk tetap memberikan variasi makanan pada anak dan membuat suasana menyenangkan. Salah satunya menggunakan Rice Cooker Miyako Nanoal yang membuat menu nasi sehat dan pulen nikmat.

  6. Aku suka banget sama yang warna baby pinknya ih, kebetulan rice cooker di rumah mama udah kurang bagus dan bikin nasi jadi cepet kering, mau beliin hadiah rice cooker miyako aja ah buat mama hihi, terima kasih infonya

  7. Bagus banget ini mbak peraturan yang dibikin untuk anak-anak saat mau makan
    Jadi bakalan terbiasa nantinya
    Liat Rice Cooker Miyako versi ini jadi kepengen juga deh
    karena daya listriknya cocok untuk di rumah, pun ukurannya juga sesuai dengan kebutuhan nasi di rumah
    Apalagi ga bikin nasi kering ituu

  8. Miyako jadi brand elektronik sejak dulu di keluarga ku. Karena brand ini memang terkenal awet dan punya teknologi canggih

  9. Aih Nikita aja yang artis pakai Miyako ya, aku juga pakai dong hihi. Aku pakai rice cooker yang ungu itu, desainnya beneran cantik dan gak bikin lengket juga

  10. Miyako mah memang selalu jadi andalan di rumah maupun di kos dulu. Tapi belajar disiplinin anak buat makan sekarang ini memang susah ya, harus dilatih sejak dini.

  11. Ahaaa, Miyako Rice Cooker ini emang andalan Mamak2 di dapur, bisa memasak nasi dengan enyak. Ga usah diragukan lagi brand satu ini. Apalagi Nikita Willy BAnya, walaah makin ngehits dah
    Btw aku ngecenk yang terbaru si pinky Miyako Nanoal ituu, kekny yang di rumah udah minta ganti deh.

  12. Imut ya rice cooker Miyako warna pink ini. Menerapkan aturan makan untuk anak tuh bisa bikin anak jadi disiplin ya, Mbak. Karena seorang ibu pasti selalu ingin yang terbaik untuk anaknya.

  13. Saya punya rice cooker Miyako juga meski bukan yang nano, tapi yang jadul secara saya beli 12 tahun lalu… Pas mulai berumah tangga. Alhamdulillah emang awet sampai sekarang

  14. Aku mikir aturan makan ini jadi penting banget ya ternyata. Soalnya kalau tidak dibiasakan dengan aturan, anak-anak bisa saja sembarangan kalau pas makan. Apalagi nanti saat tidak dirumah. Rasanya jadi lebih menjengkelkan. Tapi pasti menerapkan aturan makan di rumah juga banyak sekali tantangannya.

  15. Aturan makan sama Ci, anak-anak kalau makan duduk yang tenang gak boleh jalan-jalan, gak boleh main gadget juga walau si Tengah ama Bungsu masih sering juga tantrum dan melanggar karena ini, fyiiuuhhh.
    ehh sama gak boleh banyak ngomong juga deng kalau lagi makan, nanti keselek, dan gak boleh pilih-pilih makanan biar pada mau rasain segala jenis makanan.
    saya juga pakai Miyako, praktis banget deh masak nasi cukup cuci beras terus masukin ke ricecooker bisa disambi siapin lauk pauk dulu, nasi matang deh 🙂

  16. Nikita Willy yang notabene nya adalah orang tua muda ternyata memberikan perhatian detail untuk tumbuh kembang anak, termasuk pada perihal jadwal makan anak.

  17. Suka deh dengan gaya parenting Nikita Willy ke anaknya Issa. Terutama terkait aturan makan ini. Biasa ibu-ibu kan suka maksa gitu kalau anaknya malas makan atu sampai stress kalau anaknya lagi GTM. Nah, Ibu Issa ini gak memaksa ya malah aturannya yang lain alau dilihat justru bisa menumbuhkan kebiasaan yang bagus saat makan ya. Oh ya ternyata Nikita juga pakai Miyako ya, samaan dong di rumah juga rice cookernya dari Miyako cuma masih yang keluaran lama sih. Jadi tertarik dengan rice cooker Miyako yang baru ini.

  18. Walaupun hanya masalah ‘makan’ tetap harus ada aturannya, sehinga anak terbiasa teratur dari hal yang sederhana, memudahkan saat dia dewasa kelak
    btw warna rice cooker miyako cakep ya, bagus nih untuk kado hari ibu, aku juga mau dikado ini lo, wkwkwk

  19. Susah-susah gampang ya mbak nerapin aturan makan anak. Kadang ga bisa langsung bisa. Tapi sekalinya bisa itu bisa jadi pengalaman positif saat dia makan. Anyway, aku pakai Miyako juga dong di rumah 🙂

  20. anaku juga lagi gtm nih. memang harus tegas ya melaksanakan aturan makan. ya tapi suka gemes sendiri. karena enggak doyan makan, alhasil tabrak deh itu aturan makan

  21. no gadget saat makan tuh yang harus ditegakan disiplin banget. jadi punya meja makan atau tempat makan khsus its a must. btw poin no 1 aturan makan nya Nikita buat saya kurang sreg sih, hihihi. tapi soal Miyako, kita sepemahaman nih. Miyako mah udah deh rice cooker pilihan nomer satu. saya dan keluarga udah pakai belasan tahun.

  22. Wah, bisa dicontoh juga ini aturan makan secara tertulis karena biasanya hanya lisan aja. Urusan menyediakan nasi untuk dimakan, saya pun masih setia menggunakan rice cooker Miyako. Alhamdulillah masih awet bertahun-tahun

  23. Aturan makan memang penting banget apalagi jika diterapkan sejak mulai mpasi. Dan sebenarnya momen makan itu jadi hal yang bagus yaa buat ibu dan anaknya kalau bisa diterapkan sebaik mungkin. Tapi nyatanya emang realitanya ga semudah ituuu hihi aku lihat ponakanku yang susah makan ajaa rasanya kesel sendiri 😀 jadi Ibu memang harus penuh kesabaran xixie

  24. Penanak nasi Miyako ini emang idaman buibu. Meskipun banyak brand-brand seliweran, menurutku Miyako punya pasar sendiri. Selain barangnya awet, Miyako jadi andalan dari segi harga dan varian warna yang lucu-lucu.

  25. Dari zaman ngekos 20 tahun lalu (kebayang lama nya yaa haha) aku udh pakai Miyako meskipun modelnya jadul nggak se stylish sekarang. Rice cooker Miyako andalan banget deh, harganya murah dan kualitasnya juga awet.

  26. Senang banget dengan komitmen bersama yang dibuat terkait makan ini, Mba. Anak-anak jadi terbiasa sejak dini sehingga berdampak baik ke hari depan.

  27. Kesalahanku soal makan anak adalah tidak konsisten soal jam makan dan ga bs bikin menu bervariasi. Akhirnya kini anakku untuk urusan makan ga segampang anak2 lainnya. Dan hingga kini masih berusaha untuk memperbaikinya namun belum berhasil.

  28. merek magic com andalan mama aku nih, udah ganti berkali-kali pun pakainya tetap Miyako. emang tahan banting banget sih ini, alhamdulillah awetnya juga lama

  29. Miyako ini salah satu merk yang selalu jadi andalan mama-mama Indonesia, bahkan sampai generasi ke-3 ya. Ga heran kalau sampai sekarang juga masih terdepan.

  30. Kadang bisa berkomitmen dengan aturan makan yang telah dibuat memang sedikit menantang. Tapi jika konsisten diterapkan beberapa waktu saja, mudah-mudahan bisa jadi kebiasaan baik. Keren memang Mbak Nikita yang bisa fokus dengan hal ini. Ditemani Miyako yang ikut menghadirkan nasi berkualitas untuk keluarga.

  31. Beda orang tua beda aturan makannya juga, ya. Ini sebenarnya tergantung prinsip yang masing-masing di bawa orang tua. Apapun itu, pasti orangtua pengen yang terbaik untuk anaknya

  32. Sesuai brand tagline, “Teman Wajib Anda” ternyata memang sedekat itu kehidupan Emak2 dengan rice cooker Miyako, ya. Merk andalan Emak2 seantero tanah air, nih, apalagi yang pinky-pinky kayak yang dipake Nikitta Willy. Btw setuju banget nih dengan aturan di meja makan, setiap keluarga memiliki aturan tersendiri yang harus selalu diingatkan pada anak-anak.

  33. kalau saya agak susah kalau anak makan di kursi depan meja makan, tapi kalau duduk lesehan masih mau hihi sambil nonton gitu duh sebenarnya ga boleh ya tapi yagitu deh biar anaknya mau makan gitu.

  34. Iyaa Kak. Emang perlu ada aturan makan niar anak2 biasa dengan ketertiban
    .ada tuh anak yg makannya lamaa bgt sampai 1 jam jg bisa.

    Aku juga pake Miyako nih di rumah utk menanak nasi.

  35. Rice cooker Miyako memang andalan banget, dari jaman ngekos dulu pakai yg imut sampai sekarang udah punya keluarga juga pakai Miyako

  36. Aturan makan memang penting. Minimal adab makan berdoa dan makan sambil duduk. Aku kurang lebih juga mirip NikWill sih, cuma ada beberapa yang beda. Btw kalau nanak nasi pakai Miyako bisa memudahkan dan awet pulak

  37. Kalau di sekitar rumahku kayaknya enggak ada yang begitu. Anak makan berantakan sedikit saja nggak boleh. Kudu digendong kemana-mana juga kalau makan.

    Padahal punya aturan makan untuk anak itu penting sekali.

  38. Wah, mantap! Miyako memang selalu jadi pilihan yang tepat untuk peralatan rumah tangga. Nikita Willy pasti tahu cara memilih yang terbaik. Semoga setiap masakan dan momen di rumah semakin istimewa dengan kehadiran produk Miyako. ????????✨

  39. Salut sama mama muda satu ini yang mau terus upgrade tentang perkembangan anak, termasuk kebiasaan sehari-hari aturan makan.
    Aturan makan ini sebenernya dalam agama sudah ada adabnya. Tinggal dibiasakan terus menerus.
    Yang saya suka Niki mau ngenalin berbagai menu masakan ke Isa, meskipun Isa kurang doyan. Berusaha buat Isa ngga picky eater. Yang mana jadi problem mayoritas ibu sepanjang masa. Hehe

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!