Sempet menunda migrasi ke Google Analytics 4 (GA4), tapi Alhamdulillah Komunitas Blogger BRT Network mengadakan Kelas Blogger Gratis membahas Cara Pasang GA4. Google Analytics 4 ini harus terpasang sebelum 1 Juli 2023 untuk menggantikan Google Analytics UA. Pematerinya adalah Mas Pewe dengan moderator Mba Monica Anggen. Seberapa penting memasang Google Analytics ini? Penting dong.. Google Analytics menyajikan informasi/ statistik aktivitas pada blog, sehingga membantu dalam analisis dan reporting. Misalnya analisis pertambahan visitor blog, traffic organik per bulan, artikel apa yang sering diklik, dan lainnya.

Kelas BRT Network

Kelas BRT Network sudah lama aku tunggu. Tahun lalu aku telat dapat info tentang kelas belajar SEO, kali ini aku berkesempatan untuk ikut kelas pasang GA4 nya. Kelasnya ketat sih menurutku. Wajar aja… Mereka melihat keseriusan kita untuk belajar, bukan hanya ikut meetingnya saja. Kelas praktek, materi harus langsung diaplikasikan. Mungkin untuk seleksi alam juga, peminatnya banyak xD Kalau ga ikut aturan, ya ga keangkut untuk tahap belajar berikutnya.

Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogspot, Kelas BRT Network

Kelas BRT Network tentang pemasangan GA4 ini, belajarnya menggunakan Google Classroom dan Google Meet. Terus terang rada kaget aku tuh, ga ada slide materi dan dari pertama sudah langsung praktek! Ngebut :)) *pelan-pelan pak supir.. Kita harus fokus menyimak kalo ga mau ketinggalan. Tapi Mas Pewe cukup sabar untuk mengulang-ulang, bahkan dari awal. Dibantu dengan Mba Monica yang juga mengingatkan untuk lebih pelan menjelaskannya. Pertanyaan saat meeting direspon satu per satu, mic ku waktu itu tidak berfungsi, pertanyaan melalui chat saat meeting pun dibacakan. Jika ada capture-an masalah, bisa share di WAG Kelas BRT Network dan dicarikan solusinya. Teman-teman blogger di group kelas BRT juga ga segan membantu menjawab, saling support <3

Yang mau ikut kelas mengenal GA4 kelas Mas Pewe atau kelas BRT Network lainnya, aku saranin kalian untuk konsentrasi dan prepare dulu sebelum meeting (misal menyiapkan minum di dekat kita, ruang belajar dan anak sudah dikondisikan, mandi biar seger :p, dll.). Lebih baik mengikuti Google Meet dengan laptop dan buka tab browser untuk langsung praktek, lebih enak lagi kalau bisa share screen pake 2 layar monitor, hehe.. Simak dengan baik, jangan sombong.. Takutnya ada langkah yang terlewat atau ternyata caranya berbeda walau pun tujuannya sama.

Berikut aku rangkumkan apa yang aku pelajari di Kelas BRT Network: Cara Pasang GA4 kelas BRT Network. Bisa kamu jadikan tutorial cara memasang GA4 untuk pemula 😉

Persiapan Memasang Google Analytics 4 Blogspot

Cara memasang Google Analytics 4 di Blogspot ada 2 Cara: Dengan GTM atau Tanpa GTM.

Apasih GTM? GTM di sini adalah Google Tag Manager, bukan GTM Gerakan Tutup Mulut ya bu-ibu… *yang anaknya lagi MPASI pasti paham T_T). GTM merupakan manajemen tools untuk memudahkan pengelolaan tag pada sebuah blog. Tag itu script/ kode HTML untuk melakukan tracking aktivitas pengunjung blog. GTM bersama GA saling melengkapi dalam memahami perilaku visitor, contohnya dalam menganalisis cara pengunjung datang ke blog kita, artikel apa saja yang di klik, dan lainnya.

Sebelum memulai, Backup Theme Blog dahulu karena Theme nya akan kita utak-utik. Cara Backup Theme Blogspot adalah masuk ke Blogger.com dan Login, lalu Pilih Menu Theme, Pilih Customize (klik gambar panah ke bawah) dan Pilih Backup.

cara pasang GA4

Untuk memudahkan, sebelum memulai proses pemasangan Google Analytic 4 (GA4), kita bisa membuka 3 tab pada browser (aku pakai Chrome). Tab tersebut untuk membuka 3 website berikut:

  1. Google Analytics (analytics.google.com)
  2. Google Tag Manager (tagmanager.google.com)
  3. Blogger Dashboard (blogger.com)

Sebenarnya ada 1 website lagi yang perlu dibuka (untuk pemasangan “Dengan GTM”), yaitu website parsing code. Kenapa perlu melakukan parse kode html melalui tools website parsing? Untuk mencegah terjadinya error pada tampilan blog ketika dibuka. Kalau aku googling, kode yang telah kita parsing akan lebih SEO friendly dan lebih valid HTML5 jika dibandingkan dengan kode yang belum diparsing. Format tulisan kode HTML akan berubah penulisannya dan jangan bingung dengan hal ini ya karena memang benar seperti itu penulisannya.

Kode yang berubah penulisannya setelah diparsing:

  • < berubah menjadi &lt;
  • ” berubah menjadi &quot;
  • & berubah menjadi &amp;
  • ‘ berubah menjadi &#309;
  • > berubah menjadi &gt;

Cara Pasang GA4 di Blogspot dengan GTM

Cara pasang GA4 (Google Analitycs 4) Blogspot dengan GTM (Google Tag Manager) intinya adalah:

  1. Add Property di Google Analitycs –> ambil Measurement ID
  2. Create Tag di Google Tag Manager –> ambil Kode GTM
  3. Memasang Kode GTM di Theme Blogspot –> copy paste <head><body> via website parsing
  4. Cek Pemasangan GA4 –> debug di GTM dan debug di Google Analytics

1 Add Property di Google Analitycs

Pertama yang kita lakukan setelah Backup Theme Blog adalah masuk ke Google Analitycs di analytics.google.com. Masuk ke bagian Admin (logo roda di kiri bawah) dan lakukan Create Property.

Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogspot

Di Create Property ini ada 4 tahapan yang perlu diisi datanya:

  1. Property Creation -> Isi Property Name, Pilih Time Zone (Indonesia, GMT+7 Jakarta) dan Currency (Indonesian Rupiah Rp), lalu tekan tombol Next.
  2. Business Details -> Pilih Industry Category yang sesuai dengan blog kamu, dan Pilih Business Size, lalu tekan tombol Next.
  3. Business Objectives -> Pilih Business Objectives (aku pilih Generate Leads dan Raise Brand Awareness), lalu tekan tombol Create.
  4. Data Collection -> Pilih Platform. Aku pilih Website, kemudian Isi Set Up Data Stream (ketik alamat blog dengan www dan beri Stream Name, Enhanced Measurement ON dan Create Stream.
Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogspot

Kita akan mendapatkan data Stream Name, Stream URL, Stream ID dan Measurement ID (ini yang nanti perlu dicopy untuk next step/ GTM).

2 Create Tag di Google Tag Manager (GTM)

Dari Google Analytics, kita berpindah ke Google Tag Manager (GTM) di tagmanager.google.com.

Jika belum memiliki account di GTM, maka kita lakukan Create Account terlebih dahulu. Lakukan pengisian data pada Account Setup (Name dan Country) dan Container Setup (Name diisi pakai www, Target platform pilih Web), Tekan tombol Create. Lalu kita checklist ‘Accept’ Agreement di kiri bawah dan klik ‘Yes’ di kanan atas.

Setelah akun jadi, masuk ke halaman depan GTM/ Tab Workspace, pilih bagian Tag dan create new tag. Isi Nama Tag (misal Config GA4), lalu di bagian Tag Configuration pilih GA4 Configuration.

Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogspot, Kelas BRT Network

Masukkan Measurement ID dari Google Analytics (lihat langkah No.1). Di bagian Triggering, pilih All Page untuk mengukur pageview blog.

Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogspot, Kelas BRT Network

3 Memasang Kode GTM di Theme Blogspot via Website Parsing

Langkah selanjutnya adalah memasang kode GTM ke Theme Blogspot via Website Parsing. Kode perlu diparsing dahulu karena biasanya kita memakai Theme custom, bukan asli bawaan blogger.com.

  • Buka halaman Google Tag Manager, kemudian berpindah dari Tab Workspace ke Tab Admin.
  • Di Account Settings, Pilih Install Google Tag Manager dan akan muncul kode <head><body> yang siap untuk dicopy ke Theme blog kita.
Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogspot, Kelas BRT Network

Akan muncul kode <head> dan <body> untuk Install GTM:

Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogspot, Kelas BRT Network
  • Jangan langsung copy paste ke Theme Blog ya kodenya. Perlu parsing kode terlebih dahulu, dengan cara copy kode <head> lalu paste ke website parsing (bisa ke sini, ke sini atau ke sini). Kemudian kode yang muncul di website parsing ini yang kita copy dan paste ke Theme Blog kita. Begitu juga untuk bagian <body>.
Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogspot, Kelas BRT Network

Paste kode yang sudah diparsing di Theme Blogger dengan cara Klik Theme, Pilih Custom, lalu Pilih Edit HTML dan akan muncul banyak kode HTML.

Pada kotak kode HTML, tekan CTRL+F dan Search: <head>. Nah kode parsing <head> dari website parsing tadi, kita paste di bawah kode <head> ini.

Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogspot, Kelas BRT Network

Kemudian untuk bagian <body>, pada kotak kode HTML, tekan CTRL+F dan Search: </head>. Nah kode parsing <body> dari website parsing tadi, kita paste di bawah kode <body>. Lalu tekan tombol Save di kanan atas. Paste di baris bagian atas ya, agar lebih cepat ditracing google.

Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogspot, Kelas BRT Network

4 Cek Pemasangan GA4

Debug di GTM

Buka website Google Tag Manager, di deretan Tab Workspace, sebelah kanan atas klik tombol Preview. Akan muncul halaman Connect Tag Assistant, masukkan url blog lengkap dengan https dan www dan klik tombol Connect.

Akan terbuka preview blog kita di tab baru. Ada notifikasi Tag Assistant di kanan bawah yang menyatakan bahwa berhasil Connected. Kita bisa klik-klik tab preview sebelum menekan tombol Finish. Jika kita menekan tombol Finish, maka koneksi akan terputus, Not Connected.

Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogspot, Kelas BRT Network
Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogspot, Kelas BRT Network

Setelah Preview dan Connected, jangan lupa untuk Submit (website Google Tag Manager, di deretan Tab Workspace, sebelah kanan atas klik tombol Submit). Isi data di jendela Submission Configuration, data yang menjelaskan bahwa GTM versi yang ini sudah Running dan Connected.

Debug di Google Analytics

Buka website Google Analytics, masuk ke bagian Admin (logo roda di kiri bawah) dan pilih DebugView. Tunggu sebentar, jika berjalan berarti sudah Connected.

Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogspot, Kelas BRT Network

Demikian Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogspot dengan Google Tag Manager (GTM) yang aku pelajari di kelas BRT Network. Untuk Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di WordPress akan aku tulis di postingan berikutnya yaa..

Ingin sekali untuk bisa lanjut ke tahapan berikutnya, ga usah ikut remidial xD Semangat!

Semoga catatan belajar Kelas BRT Network ini bermanfaat juga untuk kamu ya, yuk buruan migrasi ke Google Analytics 4 (GA4) sebelum 1 Juli 2023 😉 *cusss..

47 Comments

  1. Saya udah pasang sejak lama sih, bahkan udah nulis step by stepnya di blog sejak tahun lalu, saking saya pelupa banget, takut ditanyain caranya sama teman, tapi saya lupa hahaha.
    Cuman emang belum kulit lagi tentang laporan di GA4 🙂

  2. Wah batas nya 1 Juli ya? Aduuuh..aku blm mengganti GA lama nih ..gima dong? Jadi takut nih, krna terus terang aku awam pasang memasang seperti ini.. Mudah2an ada tutorial pasang di wordpress jg ya..

  3. Kalau gak pakai GTM waktu uji coba gak ada datanya di blog daku. Akhirnya banting setir pakai GTM, Alhamdulillah muncul. Sepertinya pakai GTM ini bermanfaat bagus ya kak lebih gereget

  4. Alhamdulillah sudah selesai migrasi ke g4. Kemarin2 aku cari artikel tutorial migrasi untuk blog wordpress ga nemu. Malah nemunya di youtube. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pengguna blogspot ya.

    1. Yes kak, buat daku sebagai pengguna blogspot ini amat bermanfaat. Apalagi memang udah harus banget kan ya migrasi ke GA-4

  5. Akutu kayanya uda sampai di parsing, tapi masih sangsi apa uda connect atau belum.
    Memasang GA4 ini perlu banget bagi blogger apalagi terkait pekerjaan yang memerlukan data. Jadi belajar dan mendapatkan ilmu dari BRT, alhamdulillah bangeett~

  6. Komplit Mbak tutorialnya, informatif pula…Ku juga sudah pasang mengingat pentingnya Google Analytics yang akan menyajikan statistik aktivitas pada blog, sehingga membantu dalam analisis dan reporting.

  7. Terima kasih panduan step by step pemasangan GA4.
    Karena memasuki bukan Juli ini uda bener-bener gak bisa akses GA UA lagi ya.. dan mau gak mau, seneng gak seneng, kudu masangan GA4 dengan runut dan paham cara membacanya.

  8. Akhirnya selamat tinggal Google Analytics UA ya, Mbak. Juli ini sudah wajib pasang GA4. Dan Alhamdulillah saya sudha pasang GA4 di blogspot saya dari hasil kelas BRT Mas Pewe. Kemarin juga diajarkan cara mengetahui pageview postingan blog. Keren deh, Mas Pewe dan Mbak Monica.

  9. Nice article nih, pas banget nih dengan kebutuhan, lagi banyak dicari. Saya sendiri sebenarnya sudah pasang tahun lalu begitu ada pemberitahuan, tapi ga sampai mendalami. Pas ikut kelas BRT jadi makin tahu jadinya

  10. Artikelnya bagus nih buat newbie yang mau pasang google analytics. Step-stepnya lengkap dan detail. Semoga bisa dipahami oleh seluruh pembaca ya Mba ^_^

  11. Emang nih bikin parno kalo ga bisa akses GA UA lagi tapi belum boyongan ke GA4. Alhamdulillah dong aku juga ikutan kelas BRT jadi bisa dipandu step by stepnya yang mencerahkan banget. Tapi belum dicatet runut kek gini, makasih kak artikelnya bermanfaat banget, sapa tau tar mau pasang di blog baru hehehe.

  12. aku sekarang lagi ulik-ulik untuk setting eventnya nih mba, kemarin agak ke skip karena pas kelas mulai masih lagi nyetir dijalan, hihi request dong mba bikin tulisan soal setting eventnya itu wkwkwkkw

  13. Hwaaaa udah pasanggg ajaa, aku belum nih yang blogspot, baru yang WP aja hikss. harus segera pasang nih kalo nggamau ketinggalan job, wkwkw skrg udah pada pake GA4 yah, GAUA udah ngga kepakee hwaaa sedih

  14. Udah migrasi tetapi tetap masih kesulitan untuk melihat lagi satu artikel secara menyeluruh. Memang belum terbiasa sehingga gak semudah seperti melihat view dari yg universal ya

  15. Istimewa sekali..
    Sungguh jelas banget cara memasang GA4 step by stepnya. Jadi memudahkan bagi yang mungkin belum beralih ke GA4 sebagai panduan traffic dan data-data analitik blog.

  16. Aku juga ikut kelasnya, tapi sempat ketinggalan di awal. Masih agak bingung, tapi setelah lebih banyak membaca arrikel seperti ini jadi lebih paham..

    Terima kasih sharingnya mbak..

  17. Paling asykk ikut kelas kayak gini. Ga hanya teori2 tapi juga langsung praktik untuk pasang GA 4 plus belajar cara baca analytic dan juga hasilnya.

    Makin jadi blogger pro ya Kak.

  18. Pada dasarnya setting GA4 di blog itu baik di wordpress/blogspot mirip ya kak. Bedanya mau pake GTM/nggak. Ada metode yg lbh kompleks dikit sih kalo pake blogspot. Tp overall cara settingnya mudah bgt.

    Oh ya metode GA universal analytics udh berhenti akhir bln kmrn ya. Wajib nih hrs setting skrg.

  19. awalnya saya kek bingung, parsing itu apa dan kenapa harus parsing code sebelum di paste, eh ternyata emang harus pake parsing ya menyesuaikan dengan template. ilmu lain yang aku dapet di kelas BRT GA4 nih, keren banget emang BRT

  20. Penting banget artikel panduan kayak gini, soalnya besok lagi pasti sudah lupa gimana caranya, wkwkwkwk…
    Terima kasih penjelasannya, Mbak. Memang harus diulang-ulang praktik, nih.

  21. aku pun seneng akhirnya bisa berhasil setting GA4 ini mbak, PR selanjutnya adalah membiasakan baca dan report, masih belum terlalu paham dan suka lupa harus gimana hahaha

  22. Seru sekali kelas ya mba. Aku belum berhasil nih pasang GA4. Padahal bulan ini batas waktu ya? Semoga artikelnya membantu saya

  23. Bersyukur banget bisa ikut kelas BRT tentang pemasangan GA4 ini. Jadinya paham tahapan nya, walaupun ada error di beberapa step,tetap bisa diskusi ya dengan teman-teman dan Mas Pewe di grup WAG nya

  24. Seru sekali kelas ya mba. Aku belum berhasil nih pasang GA4. Padahal bulan ini batas waktu ya? Semoga artikelnya membantu saya pasang GA4 nih

  25. Seru sekali kelas ya mba. Aku belum berhasil nih pasang GA4. Padahal bulan ini batas waktu ya? Semoga artikelnya membantu saya pasang GA4 nihn makasih ya mbak

  26. loh loh loh.. hehehe.. makasih ya udah ngikutin kelas kami. hanya sekadar meneruskan ilmu yang didapat lalu disadur kembali ke bahasa yang lebih mudah dimengerti. Jangan kapok ikut kelasnya.. semoga berguna ya kak

  27. Saya sudah nyoba pasang Google Analytic baik di WordPress maupun Blogspot. Tapi kalau disuruh ngulang dari awal kok rasanya blep blep. Terima kasih tutorialnya, Mbak, saya jadi mengingat-ingat lagi step memasang GA 4 ini.

  28. Alhamdulillah, saga juga bersyukur bisa ikutan Kelas GA4 dari BRT. Sehingga saya bisa pasang GA4 untuk blog saya dengan benar. BTW, saya pengguna WordPress karena saya agak gaptek soal edit-edit kode HTML ini. Tapi kata temen saya tetep perlu tahu sebagai pengalaman. Jadi tulisan ini jadi salah satu yang mengajari saya soal edit HTML, apalagi pas kelas kemarin agak kurang fokus pas bagian pembahasan pasang GA4 untuk blogspot. Hehehe.

  29. Aku baru di dunia blogging, dan baru tau ada kelas gratis dari BRT, semoga bisa dapat kesempatan ikut-ikut kelasnya juga.
    Tentang google analytic ini aku jadi mau belajar lebih banyak, makasih infonya mba

  30. Sayang banget nggak bisa ikutan acara BRT ini. Huhuhu, pas dalam perjalanan dinas. Alhamdulillah, laporan Mba dan temen-temen dalam bentuk blog post begini berguna banget buat saya, khususnya..

  31. saya juga sudah memasang GA4 di blog saya tapi belum yang anakan dan ini penting sekali ya karena per 1 Juli 20223 semuanya harus sudah migrasi ke GA4

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!