Perkara cara menyapih ini ga pernah mama pikirkan sebelumnya. Mama kira, Fais nanti akan berhenti nenen dengan sendirinya saat 2 tahun. Tapi saat usia Fais masuk 1,5 tahun, mama mulai khawatir karena Fais masih kuat menyusu langsung/ Direct Breastfeeding (BDF) sama mama.

“Bagaimana nanti cara menyapih Fais ya?” Walaupun terus kepikiran cara menyapih Fais, tapi mama ga melakukan apa-apa xD Mama takut Fais trauma kalau dipaksa berhenti. Mama juga masih nyaman menyusui Fais karena mama merasa saat menyusui ini adalah bonding terkuat antara Mama dan Fais. Mama tetap memberikan ASI, hanya saja mama mengurangi intensitas menyusui Fais. Fais hanya nenen saat mau tidur atau setelah makan, padahal sebelumnya bisa 2-3 jam sekali nenennya. 

cicifera menyapih fais
mama dan fais

Alihkan ASI Ke Cemilan

Fais ga suka susu formula, jadi ga ada pengalihan dari menyusu ASI ini. Mama sudah beberapa kali ganti merk susu (dari yang mahal banget sampai yang biasa) dan ganti variant rasa yang berbeda (vanilla, cokelat, strawberry, madu) tapi Fais belum dapet yang pas. Fais juga ga begitu suka cemilan, tapi ada cereal yang bisa Fais jadikan cemilan, tanpa susu, cerealnya dimakan kering 😀 Namun tetap tidak bisa menggantikan ASI, Fais masih tetap nenen.

Sounding Berhenti Nenen

Sekitar usia Fais 1,8 tahun, mama mulai sounding ke Fais, “Fais, nanti kalau HBD (ulang tahun), Fais ga nenen lagi yaa..” Kadang Fais bilang “Iya, Ma”, kadang cuma diam trus main lagi. Mama dan papa sering bilang begitu ke Fais, hampir setiap hari atau saat menjelang tidur/ Pillow Talk bersama Fais.

Setelah ulang tahun ke-2 Fais, Fais masih nenen juga. Pernah dicoba, Fais tidur sama papa, mama di ruang lain dulu sampai Fais tidur dan ternyata sukses, Fais bisa tidur malam tanpa menyusu. Jam 3 pagi atau menjelang subuh, Fais suka kebangun minta menyusu dan marah-marah kalau ga dikasih nenen. Mama kasih Fais minum dan gendong-gendong Fais sampai Fais tidur lagi. Tapi situasi seperti ini cuma bertahan 3 hari dan Fais kembali nenen.

Menyapih Cara Lama

Setelah seminggu lebih dari target menyapih, mama mulai kepikiran untuk uji coba cara menyapih. Sebenernya cara ini tidak baik menurutku, tapi karena terdesak, ku coba juga. Cara ini masukan dari mama mertuaku.

Pertama mama memakai plester luka di payudara. Mama bilang, “Lagi sakit sayang, ga bisa nenen dulu yaa.. Fais kan sekarang sudah HBD, sudah berhenti nenennya, minum aja yaa..”. Dan plester yang menempel pun ‘diklotek’/ dilepas sama Fais ?

Percobaan pertama gagal, besoknya Mama mengoles lipstik merah di payudara mama. Bilang hal yang sama kalau mama sedang sakit. Fais malah mengambil tisue dan bilang, “Ma, Lap. Cuci. Kamar Mandi.” Mamanya disuruh membersihkan payudara di kamar mandi ? Percobaan kedua pun gagal.

Percobaan ketiga, Mama menggerus vitamin B complex dan mengolesnya ke payudara. Ternyata sama saja. Awalnya Fais ga suka. Pertama masuk mulut, dilepeh. Kemudian dibersihkan sama Fais, masuk mulut-lepeh, berulang-ulang sampai vitamin yang dioles ke payudara bersih dan Fais kembali nenen xD

Akhirnya Mama pasrah, “Ya udah deh, nanti juga ada waktunya Fais berhenti nenen.”

masjid taqwa kota metro lampung
fais di masjid taqwa kota metro lampung

Mama Tertular Cacar Air

Sekitar seminggu setelah proses menyapih, Mama kena sakit cacar air, tertular dari sepupu-sepupu Fais yang sering main ke rumah. Semenjak kena cacar air, Mama ga boleh banyak interaksi sama Fais, termasuk menyusui karena takut Fais tertular juga. Cacar air menyebar ke wajah, dada, badan dan punggung Mama.

Saat Fais minta nenen, Mama bilang “Maaf sayang, mama kena Cacar, ada bentol-bentol di sini.” Sambil menunjukkan lokasi bentolan cacar air dan Fais pun ga mau nenen. Cacar berlangsung sekitar seminggu dan dalam seminggu Fais berhasil disapih secara ga langsung ^^

Alhamdulillah, 2th lewat seminggu Fais berhasil disapih karena Mama sakit cacar air xD

Seperti Ada Yang Hilang

Memang menyapih itu banyak ceritanya ya.. Banyak cara dalam penyapihan, tapi yang terasa kuat efeknya adalah adanya sounding tidak nenen dari jauh hari, ini agar anak dan Mamanya prepare untuk berhenti. Butuh kesiapan dari Mamanya juga untuk melepas untuk tidak menyusui lagi.

Sedih sih, seperti ada sesuatu yang hilang :'( Tapi yakin deh, ada cara bonding yang lain selain menyusui. Maafin mama ya Fais.. Selalu ada cinta Mama untuk Fais..

Mama-mama lain yang sedang berjuang menyapih, semangat yaa.. Harus kuat, bisa InsyaAllah, ada aja jalannya 😀 Yuk dukung anak tumbuh bahagia <3

You might also enjoy:

15 Comments

  1. Anakku itu disapihnya malah sama bu guru di PAUD. Dulu sih memang aku niatnya menyapihnya semau dia aja, udah besar lah pokoknya, hampir 4 thn. Wkwkk.. Aku sendiri heran, pulang-pulang dari sekolah dia bilang kalau sekarang dia udah nggak nenen lagi. Mungkin afirmasi dari bu guru lebih dominan ya daripada diceramahin mamanya sendiri, wkwkk.

  2. Wkwk.. faiz udah gede masih nenen ya mba? Kirain cuma untuk bayi di bawah 6 bulan aja. Mbak hebat loh asinya masih keluar setelah umur 2 tahun. Banyak yg udah kering. Molly juga baru tahu kalo ngelepas asi gak semudah itu. Hahaa

  3. Wahh jadi sukses menyapih setelah kena cacar ya?

    Menyapih emang sesuatu ya dan dramanya ada aja. Saladin dulu gagal euy jadinya asi 2 tahun++++buanyakk.

    Sekarang Fais apa udah suka susu UHT?

  4. Sakit cacar membawa berkah ya mbak
    Memang agak gampang gampang susah meyapih anak
    Perlu sounding terus terusan biar anak siap menyapih dirinya sendiri ya mbak

  5. Jadi karena cacar air ya baru bisa lepas dan bisa disapih. Dulu pernah nyobain pakai brotowali biar ASI nya pahit hahaha. Kalau berbagai cara tidak berhasil. Soalnya ASI itu kan bikin nyaman bayi dan sudah terbiasa dari lahir mimik ASI

  6. Susah juga yang menyapih anak. Butuh banyak akal dan cara supaya si kecil mau berhenti. Eh, ternyata malah bisa berhenti menyapihnya pas kena cacar ya. Adikku kebetulan gampang karena anaknya pas lagi kebetulan gak suka buah, jadi tempelin aja buah ke payudaranya. hehehe. Soalnya ponakanku kalau ada orang makan makanan yang dia tidak suka, dia sendiri auto menghindar/menjauh.

  7. ada banyak ya cerita soal menyapih ini. aku sendiri anakku nggak ada drama sih saat disapih soalnya dia berhenti sendiri menyusu waktu aku hamil anak ke dua. nah anak ke dua dia kan minum asip dan sufor sampai sekarang masih minum pakai dot dong bingung gimana menyapihnya. heu

  8. Kagum sama Fais yang gigih dan cerdas, tidak mudah terkena “tipu daya” mama ????????????????

    Sepertinya Fais memang secerdas itu ya, berhenti sendiri ASI karena mengerti, BUKAN karena ditakutin atau diintimidasi. Sehat sehat yaaa Fais dan mamanya

  9. Kagum sama Fais yang gigih dan cerdas, tidak mudah terkena “tipu daya” mama ????????????????

    Sepertinya Fais memang secerdas itu ya, berhenti sendiri ASI karena mengerti, BUKAN karena ditakutin atau diintimidasi. Sehat sehat yaaa Fais dan mamanya

  10. Memang kalau mau menyapih butuh mental yg kuat juga untuk ibu karena berasa patah hati, huaa.

    Hebat nih Mbak bisa tepat waktu. Kalau Saladin dulu lamaa, 3 tahun lebih.

  11. Butuh perjuangan dan mental yang kuat ternyata untuk seorang ibu menyapih anaknya. Ah salut untuk mamanya Fais dan seluruh mama-mama di dunia. Tapi alhamdulillah berhasil, walau harus melewati sakit dulu.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!