Kenapa juga sih ya aku perlu mengenal karakter Sanrio ini? Sudah 2024, kya nya udah ga jamannya aku cari tau tentang hal seperti ini. Tapi ya jadinya aku cari tau deh ini all about Sanrio, wkwkwk..

Semua berawal karena anakku minta ulang tahunnya kali ini bagi-bagi makanan di sekolah, temanya My Melody, salah satu karakter Sanrio. Tahun lalu aku pernah sharing gimana persiapan ulang tahun anak di sekolah. Nah ternyata tulisanku itu bisa aku jadiin referensi aku untuk berbagi makanan tahun ini.

Sejujurnya aku ga tau karakter sanrio itu siapa saja, aku cuma tau Hello Kitty :)) Ada sih karakter yang familier, tapi ga tau namanya siapa 😀 Dulu waktu aku kecil, aku tuh nontonnya Sailor Moon, Doraemon, Power Rangers, Cardcaptor Sakura, trus apalagi ya, haha lupa-lupa ingat xD

sailor moon x sanrio
Sario Character X Sailor Moon | Pic: soranews24.com

Sanrio itu apa?

Sanrio adalah perusahaan hiburan Jepang yang telah memikat hati jutaan orang dengan karakternya yang menawan dan menggemaskan.

Sanrio Company, Ltd. (株式会社サンリオ, Kabushikigaisha Sanrio) adalah sebuah perusahaan Jepang yang merancang, melisensikan dan memproduksi produk-produk yang berfokus pada segmen kawaii (“imut”) dari budaya populer Jepang. Produk-produk mereka meliputi alat tulis, alat sekolah, hadiah, dan aksesori yang dijual ke seluruh dunia, terutama di toko-toko eceran bermerek khusus di Jepang. Karakter terkenal Sanrio adalah Hello Kitty, sebuah karakter kucing betina antropomorfik kecil dan salah satu merek dagang paling sukses di dunia.

– Wikipedia Indonesia

Sejarah Singkat Sanrio

Tahun 1960, seorang pengusaha bernama Shintaro Tsuji mendirikan Sanrio. Awalnya Tsuji menjual sandal karet sebagai produk utamanya, namun ia segera menyadari kekuatan kelucuan dalam menarik pelanggan. Dia mulai menambahkan karakter kartun yang dilukis ke sandalnya dan sandal itu laris manis.

Tsuji dengan cepat menyadari bahwa penduduk Jepang menyukai detail yang manis, kecil, dan imut atau mereka menyebutnya, kawaii. Tsuji memutuskan untuk membuat rangkaian karakternya sendiri untuk Sanrio. Dengan bantuan desainer in-house berbakatnya, merek tersebut dengan cepat menjadi sukses besar.

Sanrio dicintai di seluruh dunia karena karakter karismatiknya yang sebagian besar mencakup hewan antropomorfis dan beberapa objek. Dari perlengkapan sekolah hingga alat tulis dan bahkan makanan, Sanrio memiliki berbagai macam merchandise yang menampilkan karakter-karakter populernya.

Pertama berdiri bernama Perusahaan Sutra Yamanashi pada tahun 1960. Pada tahun 1973 perusahaan ini resmi didirikan dengan nama “Sanrio”. Kata Sanrio berasal dari kata Spanyol “san” (kependekan dari “santo”—”santo”, “santo”, “suci”—digunakan untuk memberi nama orang suci) dan “río”(“sungai”).

Berapa Jumlah Karakter Sanrio?

Hello Kitty (Kucing populer tanpa mulut) ditambahkan ke karakter awal Sanrio pada tahun 1974 dan dirilis pada tahun 1975. Banyak sekali jumlah karakter Sanrio, bisa lebih dari 400 karakter berbeda. Sanrio terus-menerus menambahkan karakter baru ke jajarannya. Ada yang populer dengan banyak penggemar, ada yang biasa saja, sehingga beberapa karakter lama pun pensiun.

karakter sanrio jumlahnya ratusan
All Sanrio Character | Pic: desktopbackground.org

15 Karakter Sanrio Paling Populer

15 karakter Sanrio ini paling populer dari masa ke masa:

  1. Hello Kitty
  2. My Melody
  3. Cinnamoroll
  4. Kuromi
  5. Gudetama
  6. Pompompurin
  7. Badtz-Maru
  8. Tuxedo Sam
  9. Keroppi
  10. Pochaco
  11. Chococat
  12. Kiki & Lala (Little Twin Stars)
  13. Mocha
  14. Rilakkuma
  15. Aggretsuko

Sejarah dan kisah masing-masing karakter Sanrio bisa dibaca di Website Fan Hello Kitty ini atau di Wikipedia 😉

Tapi kalau cuma mau kepo nama-nama karakter Sanrio, bisa lihat gambar di bawah ini ya:

Mengenal Karakter Sanrio Dari Anak
Nama-nama Karakter Sanrio | Pic: hellokitty.fandom.com

Karakter Sanrio Kesukaan

Dari sekian banyak karakter Sanrio, mana yang jadi kesukaan?

Bingung juga sih ya, cute gitu sih.. Ada karakter nyebelin menurut aku, tapi tetep aja terlihat ngegemesin ^^ Kalau anakku, dia suka bercerita tentang My Melody dan Cinnamonroll.

Ini stiker yang ditempel di nasi box ulang tahun ke-6 Syifa. Syifa yang bantu mamanya mendesain stiker ini. Anak TK udah punya selera ya bun, hihi..

Mengenal Karakter Sanrio Dari Anak
Stiker Sanrio My Melody Birthday 6th

Liat deh salah satu filmnya di sini:

Ga nyangka juga aku mengeksplore dan mengenal karakter Sanrio tahun 2024 ini, ya karena anak untuk ngimbangin kesenangan anak :)) Cuma untuk bahan informasi aja sih biar ngobrol sama anak tetep bisa nyambung dan bisa menyisipkan pesan moral dari karakter yang anak sukai.

Aku membolehkan anakku suka dengan karakter atau tokoh tertentu, tapi tidak berlebihan. Suka saja, jangan jadi penggemar. Kita arahkan bagaimana membatasi diri, jangan berlebihan menyukai sesuatu, apalagi benda.

Jadi bu ibu, karakter yang lagi disenangi anak kalian apa kah? Sharing yuk di kolom komentar ^^

Referensi:

  • https://hellokitty.fandom.com/wiki/Sanrio
  • https://zenpop.jp/blog/post/5356/the-most-popular-sanrio-characters

You might also enjoy:

26 Comments

  1. Lagi booming ya karakter sandi, jadi ingat dulu waktu kecil juga sukaaa. Dulu sukanya helo kitty, angel kiki & lala, terus melodi jugaa tapi melodi yang sekarang agak beda ya tampilannya

  2. Saya tahu karakter Sanrio itu dari tahun 80-an, Mbak. kebetulan dulu di Makassar, ada toko khusus Sanrio. Dan karakter yang paling terkenal itu adalah Hello Kitty. Dan ternyata sekarang sudah banyak karakter baru ya.

  3. Wah, baru tahu kalau karakter sanrio banyak banget. Saya cuma taunya seperti Hello Kitty, Keroppi, Cinnamaroll, My Melody, Badte-maru, Kiki&Lala, Tuxedo Sam, Rillakkuma. Itu aja… Padahal udah ada sejak 1975 ya, berarti saya kudet untuk urusan karakter tokoh kartun ini. Soalnya dulu juga sukanya nonton Sailormoon, bukan Hello Kitty, hehehe..

  4. Ya ampun Sanrioooo! Makin eksis aja ya. Waktu SD dulu tuh aku rasanya udah keren banget kalau pakai alat tulis Sanrio trus temen-temen nanya, “Beli di mana?” Hihi… Imut-imut sih karakternya.

  5. Boleh nggak Kak, aku jawabnya karakter Sanrio kesukaan aku? Ehehehe ….

    Kayaknya dari jamanku kecil, karakter Sanrio ini makin banyak aja. Dulu sih mamaku yang suka Hello Kitty menjejalkannya ke aku. Sampai kacamata aku aja ada Hello Kitty-nya demi apa. Ahahaha ….

    Kalau sekarang, karakter kesukaanku tuh lagi di s Gudetama terutama sama Sakipiyo-nya. Ihhhh kalau nggak sengaja nemu tuh auto gemes pengen punya deh.

  6. Aku itu baru denger sanrio mba. Tp hello kitty ya tau. Oh ternyata perusahaannya. Eh tp beberapa itu masih aku kenal sih. Keropi masih eksis sampe skrng selain hello kitty.

  7. Huwaaaaa karakter Sanrio ini menggugah kenangan masa kecil banget lho. Kayanya everlasting sampe anakku juga suka Hello Kitty, Kuromi, My Melody. Eh ada Keropi jugaaaa. Ternyata keluarga besar Sanrio ini banyak banget yaaa sampe 400+ gituuu. Jadi kangen nostalgiaaa.

  8. Minna No Tabbo kayak Sinchan ya. Tapi jujur, saya juga cuma tahu Hello Kitty doang. Pas baca ini, eh baru sadar. Ternyata banyak banget ya karaakter Sanrio ini

  9. Jadi disebutnya Sanrio ya?
    Daku malah engehnya ya tokoh kartun gitu huhu.
    Siip kak jadinya bikin kangen masa kecil deh kalo inget sama Hello Kitty hehe

  10. Sanrio awet juga yah. Zaman anakku SD deh kayaknya. Dulu pernak-pernak alat sekolah brand-nya Sanrio semua. Tapi baru tahu kalau ada 15 karakter. Tahunya ya Hello Kitty, Kerropi & Melody doang…Soalnya pernah beliin kaosnya. Wkwkwk…

  11. Nahloh, saya baru tahu kalau ini Sanrio nyebutnya. Tahunya cuma kartun aja atau anime gitu. Ngomngin Sanrio, saya suka pilih yang hello kitty yang ada di opp pack. Lumayan bikin pizza mini laris manis di kalangan anak-anak. usut punya usut, selain memang suka pizza mininya, anak-anak menyimpan pack dengan gambar karakter yang dibelinya

  12. Ternyaa ada sebutannya ya karakter imut kayak hello kitty gitu disebutnya karakter sanrio. Dapat insight baru nih, menarik juga. Punya ponakan cewe yg masih balita, sukany frozen, barbie gitu

  13. Karena Sanrio pernah kerjasama sama NCT member, aku jadi masih inget banget, member mana jadi syapa.
    Hihi.. gemay-nya tuh bahkan merchan-nya ngikutin gayanya masing-masing member. Kan makin can’t resist yaah… Dan Jeno, jadi Cinnamoroll. Jadi sekarang aku suka Jeno, eh suka Cinnamoroll, meski warna fave-ku pinky pinky kayak My Melody.

  14. Fixed kita seumuran kak. Masih zaman deh dulu ngoleksi gambar/poster manga kyk Sailormoon, Doraemon, Dragon Ball dan sederet anime2 seru lain yg tayang di Minggu pagi. Hehe.

    Sesuai perkembangan zaman, hiburan si kecil jg beragam yak. Baru tau ternyata ada karakter Sanrio ini. Walau beberapa karakter jg udh mulai paham krn si kecilku jg sering nonton kyk Rilakkuma hingga Hello Kitty. Seru banget nih ada 400an karakter Sanrio.

  15. Nah iya bener banget Mbak aku juga tahunya Sanrio itu cuma Hello Kitty terus Rilakkuma sama My Melody. Kirain Keroppi bukan dari Sanrio juga ternyata dari Sanrio ya gudetama juga wah banyak banget gila karakternya Sanrio ini dan lucu-lucu semua. Tapi favorit saya tetap Hello Kitty Number One sih

  16. kalo dengar karakter sanrio, hampir pasti semua orang akan selalu kenal yg namanya hello kitty, termasuk saya pribadi, he.
    Eh, gk taunya, ternyata masih byk karakter lain bahkan lebih imut dari hello kitty ya kak,

  17. waaahhh aku kira keropi bukan sanrio loh, hahaha. pernah ada di fase suka banget hello kity nih. karena aku gak punya anak perempuan jadi sekarang beda kesukaan sih, gak mungkin aku kasih hello kity ya. kalau keropi yaaa bisa lah ya. btw apakah kita segenerasi mengingat tontonan animenya sama? wkwkwkwk

  18. banyak ya ternyata karakter sanrio ini dan saya nggak tahu kalau mereka itu 1 rumah kayak hello kitty sama sailormoon itu. tahunya cuma helly kitty sama keropi. trus kemarin anakku malah minta beliin boneka kuromi yang bahkan baru kudengar namanya. hehe

  19. Sanrio itu apaan? Langsung mengernyitkan dahi saya karena baru tahu istilah ini eh sekalinya lihat gambar karakter-karakter Senrio ini baru ngeh dan merasa familiar. Apalagi sama si Hello Kitty itu siapa sih yang nggak kenal, hehe..ternyata banyak juga ya karakter punya Sanrio ini

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!