Hari lahir anak itu sama dengan hari jadi orang tua, maksudnya gimana? Maksudnya, saat anak kita lahir ke dunia, itu lah hari pertama kita menjadi orang tuanya. Jadi saat anak kita ulang tahun ke sekian, kita tidak merayakan hari kelahirannya, melainkan kita mengingat dan bersyukur bahwa sudah sekian tahun kita menjadi orang tuanya.

Anak adalah Amanah

Anak adalah titipan Allah yang memerlukan tanggung jawab besar. Sebagai orang tua, kita harus merawat, mendidik, dan membimbing mereka dengan penuh kasih sayang. Ini mencakup pemenuhan kebutuhan fisik, emosional, dan spiritual, serta pengembangan karakter sesuai dengan nilai-nilai moral. Kesadaran bahwa anak adalah amanah mengharuskan kita menjalankan peran sebagai orang tua dengan komitmen penuh untuk memberikan yang terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka.

anak dan orang tua di masjid taqwa kota metro lampung
Orang tua dan Anak

Sudahkan Kita Amanah?

Orang tua harus introspeksi masing-masing, lalu introspeksi berdua, ngobrol bareng suami istri, sudah seperti apa bersikap sebagai orang tua selama ini. Orang tua tidak bisa memilih ingin anak seperti apa, jenis kelaminnya apa, bagaimana warna kulit dan sebagainya. Begitu juga anak kita, mereka pun tidak bisa memilih ingin orang tua yang bagaimana rupanya, hartanya, pekerjaannya dan lainnya.

Anak terlahir di dunia seperti kertas polos. Memang mereka sudah membawa bibit DNA kedua orang tuanya, tapi orang tuanya juga berperan besar dalam menstimulasi fitrah-fitrah anak tersebut. Menstimulus fitra anak tanggungjawab orang tua. Lingkungan juga akan mempengaruhi bagaimana diri anak kelak, namun jika orang tua sudah menanamkan pondasi yang kuat dari rumah, InsyaAllah anak akan bisa beradaptasi dengan baik.

Foto Website Cicifera 2023
Menstimulus fitra anak tanggungjawab orang tua

Merayakan Hari Lahir Anak

Awalnya aku berfikir begini, merayakan hari lahir anak atau ulang tahun anak sebagai bentuk syukur bertambah usia anakku sekaligus mengajarkan anakku untuk berbagi di hari ulang tahunnya. Namun saat ini, aku geser pemikiranku itu. Aku merayakan hari jadi aku sebagai orang tua, tidak merayakan juga sih sebenarnya, mungkin lebih tepat memperingati hari pertama aku menjadi orang tua 😀 Bersyukur dan mengenang perjalanan pengasuhan anak, kilas balik perkembangan dan pertumbuhan anak, memberi tepukan pundak kepada diri sendiri “Kamu ibu hebat, teruslah kuat dan sayangi mereka.” *pukpuk

Hari Lahir Anak Dan Hari Jadi Orang Tua
memperingati hari menjadi orang tua

Doa dan Harapan

Ahh, sejujurnya aku tidak menyangka, anakku yang kedua sudah berusia 6 tahun. Aku selalu khawatir, dalam 6 tahun ini apakah sudah cukup menstimulus anakku dengan baik? Apakah perhatianku cukup? Apakah sikap dan kata-kataku ada yang menyakitinya secara mendalam (menjadi bibit inner child)? Apakah selama ini aku sudah mindfull dalam pengasuhan anakku? Dan kalimat-kalimat overthinking lainnya xD

Semoga Allah melindungi dan menjaga anak-anakku, ada atau tidaknya aku di dekat mereka. Semoga Allah memberi kesehatan, rezeki dan ilmu yang barokah, menjadikan mereka ahli ibadah yang selalu dalam petunjuk Allah SWT, Aamiin..

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”

– QS. Ibrahim: 40

Anak-anak yang sholeh-sholehah adalah kado terbaik bagi orangtuanya <3 InsyaAllah…

You might also enjoy:

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!