Nasi Jamblang Ibu Nur Cirebon, destinasi pertama yang kami kunjungi dalam family trip Jogja dari Tangerang Desember 2022 lalu. Kuliner Nasi Jamblang Bu Nur Cirebon ini Prasmanan dan ramai, jadi antri deh untuk makan siang xD

Makanan Khas Cirebon

Ini pertama kalinya saya datang ke Cirebon dan hanya sebentar saja, cuma mampir makan siang, icip-icip kuliner Kota Cirebon. Hmm, apa saja sih makanan khas Cirebon? Makanan khas Cirebon diantaranya ada nasi jamblang, empal gentong, empal asem, nasi lengko, docang, bubur sop ayam, mie koclok. Karena waktu yang terbatas, kami cobain kuliner nasi jamblang Cirebon dulu kali ini.

Nasi Jamblang Ibu Nur Cirebon, Antri Makan Siang Prasmanan

Nasi Jamblang Cirebon

Nasi jamblang ternyata nasi putih pada umumnya yang dilengkapi dengan lauk pauk dan sambal, yang unik adalah nasi jamblang ini dibungkus dengan daun jati, lebih enak dimakan saat masih hangat. Daun jati memiliki tekstur yang tidak mudah sobek dan rusak. Daunnya memiliki pori-pori yang dapat membantu menjaga keadaan nasi agar tidak mudah basi sehingga bisa disimpan lebih lama.

Beberapa menu lauk yang bisa menjadi pilihan dalam nasi jamblang antara lain sambal goreng, tahu sayur, paru-paru (pusu), semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar/ telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempe. Menu lauk yang khas dari nasi jamblang adalah balakutak hideung, yaitu cumi-cumi atau sotong berkuah kental yang dimasak bersama dengan tintanya sehingga berwarna hitam seperti rawon.

Nasi Jamblang Ibu Nur Cirebon, Antri Makan Siang Prasmanan

Nasi Jamblang Ibu Nur

Restoran Nasi Jamblang di Cirebon yang cukup terkenal adalah Nasi Jamblang Ibu Nur. Di sini kita mengambil makanan yang disajikan secara prasmanan dan memilik beberapa lauk, lalu langsung membayar di kasir. Kita sebutkan lauk yang kita ambil atau tunjukan piring makanan kita ke kasir. Jangan lupa menyebutkan minuman yang akan dipesan. Ini yang bikin antri, apalagi jam makan siang.

Kita juga bisa mengambil tiket minuman dan akan diantar ke meja. Meja yang tersedia lumayan banyak, bangku dan meja panjang gitu.. Cocok untuk rombongan keluarga, rombongan kantor atau sekelompok teman yang ingin makan siang bersama. Untuk yang memiliki bayi seperti saya, kamu bisa meminta high chair juga di restoran ini. Jangan lupa cooler bag dan peralatan MPASI traveling nya dibawa turun juga 😉

Waktu kami datang, meja sebelah kami gonta-ganti rombongan PNS dan rombongan karyawan, soalnya kami datang ke Nasi Jamblang Ibu Nur ini pas banget di jam istirahat pekerja.

Nasi Jamblang Ibu Nur Cirebon, Antri Makan Siang Prasmanan

Lokasi Nasi Jamblang Ibu Nur berada di Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Jam buka Nasi Jamblang Ibu Nur dari pukul 07.00 – 21.00 WIB. Menu Nasi Jamblang Ibu Nur dan harga lauk pauknya bisa teman-teman lihat pada foto di atas ya.. Worth it sih, untuk lauk yang besar-besar potongannya 😀

Nasi Jamblang Ibu Nur Cirebon, memang menunya cocok untuk makan siang menurutku. Antri makan siang prasmanan ga masalah, sabar aja, nanti juga dapet, hehehe..

Kamu bisa tonton vlog Nasi Jamblang Ibu Nur Cirebon di sini:

You might also enjoy:

20 Comments

  1. aku baru tahu nasi jamblang ini mbak. ngeliat fotonya jadi pengeennn. tempatnya rekomen nih kalo sampe antri-antri gini. eh, tapi ini tuh berarti nasinya nasi putih biasa gtu ya?

  2. Daku gak nolak deh buat mencicipi apalagi ditraktir hehe.
    Soalnya menggiurkan nasi Jamblang ini dengan macam lauknya itu. Ketemu hidangan cumi-cumi pula kan nikmat haqiqi jadinya

  3. Saya sudah beberapa kali lewat Cirebon, kalau pas naik motor ke Kebumen, Mbak. Dan memang pasti mampir makan nasi jamblang atau empal gentong hehehe. Soalnya kan Cirebon itu jarak pertengahan antara Jakarta dan Kebumen. Yang Istimewa memang nasinya dibungkus daun jati, terus bisa pilih aneka lauk sesuai selera.

  4. eits hati-hati ni untuk yang lagi diet bisa gagal total hehe

    mantap kak jadi pengen coba tuh nansi jamblang nyan enak banget kayaknya

  5. Wah nasi jamblang. Pas ke Cirebon dulu pernah makan nasi jamblang. Enak banget, beneran deh jadi lagi. Tapi entah kapan saya akan ke Cirebon lagi. Kalau ke Cirebon lagi, mungkin saya nanti bisa coba nasi Jamblang Ibu Nur ini.

  6. Wahh itu udangnya menggiurkan sekalii. Pengen coba cuminya juga.

    Tapi sambelnya pedes banget gak?

    Daku belum pernah makan nasi jamblang nih. Moga suatu saat bisa kulineran di Cirebon.

  7. owalah. pada dasarnya nasi putih biasa cuma dibungkus daun jati ya. tapi emang berasa lebih nikmat sih kalau bungkusnya tuh dedaunan. mau itu daun pisang atau daun jati. lebih nikmat aja gitu.

  8. aku selalu mampir buat beli nasi jamblang tiap pulang kampung ke kuningan. Dulu ada d depan grage mall nasi jamblang tenda biasa gitu, dan aku paling suka sama balakutak

  9. Nasi Jamblang Ibu Nur menunya menggugah selera syekali. Aku pengen nyobain sate sama udangnya deh, hehe.. Dan demi apa, harganya murah banget.. Cii.. Catet dulu ah baru otw Cirebon, xixixi..

  10. Baru tahu penampakannya nasi jamblang ini deh aku hihi.. jadi penasaran sama rasanyaa. kalo di Malang rasanya kek apa yaahh.. mungkin kek nasi campur terus pake sayur manisa/labu gitu ya? hahaha menarik bangettt mbaa bikin ngilerr!

  11. nasi jamblang bu Nur ini antri banget ya, aku sampai gak jadi makan di sini saking antrinya. akhirnya cobain makan di tempat lain deh. lihat ini jadi penasaran pengen mampir ke sini. next time deh kalau main ke Cirebon lagi.

  12. Suka heran banget sama yang jualan sega jamblang ini.. Dapet daun jati dimana yaa..?
    Huhuhu.. secara sekarang apa-apa uda plastik yaa.. Salut banget.
    Aku suka sama teksturnya dan rasanya kalo makan di atas daun tuh gimanaa yaa.. ada aroma yang berbeda. Meski ga beraroma juga sih yaa..

  13. Udh sering denger Nasi Jamblang ini. Tp emg yg plg enak katanya emg di Bu Nur ini sih. Ntr pas ke Cirebon, mau cobain ah. Aku tuh travelingnya msh mentok ke Bdg doank. Giliran pas ada jalan2 ke Sukabumi, eh malah ditnggal krn aku blm ada libur kerjaan.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!