Syifa memang sudah lama minta potong rambut, udah risih dia dengan poninya. Ternyata ada salon rumahan di dekat rumah. Salonnya lumayan baru, salon khusus wanita. Kebetulan sepupu-sepupu Syifa lagi libur juga, jadi sekalian deh kita nyalon bareng, nyobain treatment di salon rumahan dekat rumah 😉

Salon Rumahan Khusus Wanita

Alhamdulillah ternyata salon rumahan ini khusus wanita. Kenapa aku lebih memilih salon khusus wanita? Ya tentu saja agar lebih leluasa melakukan treatment-nya. Aku agak risih kalau ada laki-laki lalu-lalang di dalam salon, misalnya pelanggan salon, OB atau pegawai salon laki-laki.

Perawatan di Salon Rumahan

Kalau ke salon, biasanya kamu perawatan atau treatment apa saja?

Kalau aku, tentu saja potong rambut dan cuci blow. Sesekali creambath atau hair mask saat anak kondusif. Agak tricky sekarang tuh kalau mau ke salon, karena aku sekarang ibu rumah tangga 3 anak dan masih ada anak usia 1 tahun, yang bungsu ngintilin mamanya kemana-mana :))

gadis-gadis potong rambut di salon rumahan

Perawatan Rambut

Perawatan rambut apa aja sih yang bisa kita lakukan di salon rumahan? Banyak dong~~ Misalnya saja:

  1. Potong Rambut, Cuci Catok/Blow
  2. Creambath, Hair Spa, Hair Tonic
  3. Rebonding, Smoothing Rambut
  4. Perawatan Kulit Kepala, Moisture Treatment
  5. Pewarnaan Rambut, Bleaching
  6. Styling Rambut/ Styling Jilbab dan Make-Up
  7. Manicure Pedicure (Garam Spa+ Pijat)

dan lain sebagainya, tergantung terapisnya memiliki skill apa saja, tapi umumnya salon rumahan memberikan jasa perawatan rambut seperti di atas.

Nah kalau sepupu-sepupunya Syifa perawatan rambut apa? Mereka memilih creambath. “Biar rileks tante”, kata mereka. Aroma cream creambath-nya pun mereka pilih sendiri, ada yang suka Strawberry, Alpukat atau aroma Kopi. Beda aroma, beda juga kandungan dan manfaatnya.

Manfaat Creambath Rambut

Apa Saja Manfaat Creambath? Diantaranya adalah:

  1. Melembutkan rambut dan melembabkan agar rambut tidak kering.
  2. Memperbaiki rambut rusak/ patah-patah dan juga memperkuat helai rambut.
  3. Aroma cream dan pijatan kepala dan pundak dapat memberi efek relaksasi.

Creambath bisa dilakukan 1-2x dalam seminggu ya.. Hasilnya akan terlihat jika dilakukan secara rutin tentunya.

Memulai Bisnis Salon Rumahan

Melihat salon rumahan yang nyaman dan menenangkan, jadi pengen juga punya bisnis salon rumahan sendiri, haha.. Impulsif ya, sepertinya enak deh melakukan perawatan tubuh di salon sendiri xD Baru sebatas keinginan sih, tapi boleh juga kita cari tau gimana prosesnya 😀

gadis-gadis creambath di salon rumahan

Gimana sih cara memulai bisnis salon rumahan? Setelah aku baca di beberapa website, aku simpulkan diperlukan beberapa hal seperti:

  1. Batasi Layanan Sesuai Keahlian. Tentukan layanan apa saja yang akan diberikan, sesuaikan dengan keahlian/ kemampuan yang dikuasai. Kita bisa mengambil kursus terlebih dahulu atau mempekerjakan karyawan yang sudah memiliki keahlian.
  2. Buat Rencana Bisnis yang Matang dan Rinci. Business Plan atau Rencana Bisnis meliputi tujuan bisnis, konsep utama, lokasi salon, analisa pasar/ segmen pelanggan, perencanaan pemasaran/ strategi marketing, keuangan dan pembiayaan, peluang bisnis, dan sumber daya manusia.
  3. Cari Pemasok Bahan Habis Pakai. Ini akan memudahkan kita dalam menjalankan salon rumahan. Cari produsen/ distributor yang dapat bekerjasama dengan baik dan memberikan value lebih banyak. Dengan bekerjasama dengan pemasok, kita tidak usah pusing kehabisan stok bahan habis pakai.
  4. Pilih Lokasi Usaha yang Strategis. Tempat yang strategis bisa memancing customer untuk datang untuk mencoba. Lokasi yang mudah dijangkau akan menarik perhatian mereka.
  5. Siapkan SDM yang Berpengalaman. Kita bisa mencari SDM lulusan sekolah/ kursus kecantikan. Tenaga ahli merupakan salah satu aset dari salon rumahan.
  6. Perhitungkan Modal dan Biaya Operasional. Biaya pelatihan, biaya sewa lokasi salon, biaya pembelian alat dan produk habis pakai, biaya karyawan dan biaya operasional bulanan. Jika modal terbatas, pikirkan kembali apa yang harus diprioritaskan.
  7. Ikuti Mode dan Tren Terkini. Kita harus mengikuti tren terkini, apa sih yang lagi hapening sekarang ini? Mulai dari model potongan rambut, produk terlaris dipasaran, warna favorit tahun ini, dan lainnya. Hal ini dilakukan agar customer merasa fresh, cantik dan modis saat selesai melakukan treatment di salon kita.
  8. Komitmen dalam Bisnis. Butuh komitmen yang kuat dan konsistensi dalam menjalankan bisnis. Sabar dan tekun dalam menjalani usaha, karena membutuhkan waktu untuk melihat hasilnya. Berikan pelayanan terbaik untuk mendapat citra yang baik, kepuasan pelanggan akan menghasilkan loyal customer dan sekaligus membangun brand awareness kita dari mulut ke mulut.
  9. Strategi Marketing yang Menarik. Bisa dengan cara memberi Harga Promo di tanggal tertentu, memberi Potongan Harga sekian persen untuk tetangga dengan radius tempat tinggal sekian meter atau memberi Voucher kunjungan berikutnya di akhir treatment (after sales promo). Buat strategi marketing secara online dan offline, promosikan salon rumahan kita dengan percaya diri.
  10. Taat Hukum dan Izin Usaha. Hal ini mengenai daftar perizinan yang diperlukan bisnis salon rumahan, misalnya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha. NIB merepresentasikan identitas pelaku usaha, yang bisa diperoleh dengan mendaftar di sistem OSS (Online Single Submission). Jika kita memiliki NIB, maka tidak perlu lagi memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Angka Pengenal Impor (API), dan Tanda Daftar Industri (TDI).

Setelah mengetahui langkah memulai bisnis salon rumahan, kita juga perlu mencari informasi mengenai software pendukung bisnis kita, misalnya apakah kita butuh Aplikasi Kasir atau Aplikasi Stok Barang? Nah, salah satu aplikasi yang dapat memudahkan kita dalam mengelola stok barang untuk salon rumahan adalah Aplikasi Kasir iReap POS (Point Of Sale).

Aplikasi kasir akan memudahkan kita dalam transaksi pembayaran, mengurangi resiko kesalahan dalan transaksi, mencegah antrian saat pembayaran dan pendataan stok barang jadi lebih akurat.

Aplikasi Kasir iReap POS untuk Salon Rumahan

Aplikasi Kasir iReap POS

Apa maksudnya iReap POS?

iREAP singkatan dari Integrated Retail Application adalah suatu aplikasi yang dirancang dan dikembangkan untuk membantu kita dalam mengatur dan menjalankan operasional toko, yang terdiri dari Point Of Sales (POS)/ Sistem Kasir dan Sistem yang mengelola barang.

iReap POS = Integrated Retail Application Point Of Sales

Jadi, Aplikasi Kasir iReap POS merupakan aplikasi untuk mengatur dan memonitor operasional toko yang terdiri dari Aplikasi Kasir dan Aplikasi Pengelolaan Barang secara realtime melalui smartphone.

alasan aplikasi kasir iReap POS cocok untuk bisnis/ usaha rumahan

Aplikasi Kasir iReap POS (Point Of Sales) terdapat dua jenis yaitu Aplikasi Kasir iReap POS Lite dan Aplikasi Kasir iReap POS Pro. Apa ya perbedaan kedua iReap POS ini?

Beberapa Perbedaan Versi iReap POS berdasarkan website iReap POS:

  1. Dirancang untuk Usaha Mikro – iREAP POS lite, berjalan offline di lokal perangkat Android tanpa membutuhkan koneksi internet.
  2. Dirancang untuk Usaha Kecil – iREAP POS Pro, berjalan dan memantau operasional banyak toko dimanapun, kapanpun. Berjalan di platform cloud, didukung dengan Online dan Offline.
  3. Dirancang untuk Usaha Kecil – iREAP POS Helper, merupakan aplikasi Android untuk menjalankan fungsi banyak kasir dalam satu toko, dan terkoneksi dengan REAP POS Pro.
  4. Dirancang untuk usaha menengah ke atas – iREAP POS desktop & Web berjalan di Windows, MacOS, Linux dan terintegrasi penuh dengan ERP (Enterprise Resource Planning) SAP Business One.

Perbedaan Aplikasi Kasir iReap POS Lite dan iReap POS Pro secara detail bisa dilihat pada gambar:

Support Salon Rumahan dengan Aplikasi Kasir iReap POS
Sumber: Obrolanku.com

Contoh Penggunaan Aplikasi Kasir iReap POS:

Nah, kalau kalian juga tertarik untuk memulai bisnis rumahan (bisa berbagai macam bentuknya, tidak hanya salon rumahan), Aplikasi Kasir iReap POS (Point Of Sale) ini mampu membantu kalian dalam urusan penjualan dan stok barang secara real time.

Untuk mencoba dulu Aplikasi Kasir iReap POS Pro, kita bisa memanfaatkan masa uji coba gratis selama 14 hari sebelum kita memutuskan untuk berlangganan aplikasi kasir ini. Setiap perangkat baru akan mendapatkan free penggunaan aplikasi 14 hari dan seluruh master data akan langsung tersinkronisasi ke perangkat baru, termasuk jumlah stok terakhir.

Setelah trial 14 hari, kita bisa melakukan pembayaran untuk 1 perangkat dengan biaya berlangganan Rp 41.667 per 1 tahun atau Rp 99.000 per bulan. Metode pembayaran bisa juga per 3 bulan atau 6 bulan. Jika ingin mencoba aplikasi kasir ini terlebih dahulu, silakan klik tautan pada gambar di bawah ya..

Konsep Salon Rumahan dengan iReap POS

Semoga informasi ini bermanfaat yaa.. Semangat!

-cicifera-

You might also enjoy:

22 Comments

  1. Salon rumahan sebenarnya sangat nyaman. Karena harganya juga terjangkau, tapi hasilnya memuaskan. Apalagi kalau dekat rumah ya, Mbak. Dan peluang salon rumahan ini sangat menjanjikan, termasuk kalau baru pindah di sebuah komplek perumahan. Semakin mudah, karena hadirnya apliksia kasir juga.

  2. Di rumah peluang untuk membuka bisnis memang besar ya kak. Apalagi punya dukungan nih aplikasi kasir andalan, sehingga pencatatan keuangan jadi lebih teratur

  3. Cewek2 emang doyan bgt ke salon. Jd peluang usaha ini cukup besar sih. Yg jd masalah, pencatatan transaksi tuh. Jgn sampe tercecer yg imbasnya malah boncos.

    Aplikasi iReap ini emg keren bgt sih bs catat smua transaksi. Jd kita akan dpt laporan bgs soal bisnis kita.

  4. Kalau melihat salon yang ada di dekat rumahku emang bisnis ini cukup menjanjikan. Apalagi kalau ada salon yang emang khusus cewek. Jadi, customer yang berhijab nggak akan merasa canggung lagi. Kendalanya emang masalah keuangan sih ya. Bisa minta bantuan sama aplikasi iReap deh biar lebih profesional.

  5. Cocok emang bisnis rumahan pake ireap tuh yaa, udahlah bisnis makiin cuan, praktiss, aaaa bersyukur banget diberikan segala kemudahan skrg kalo berbisnis

  6. aplikasi kasir ini pastinya berguna banget untuk yg mau bisnis kaya salon rumahan gitu ya, fitur-fiturnya juga lengkap dan canggih, mesti punya lah, investasi yg bagus utk perkembangan bisnis kita

  7. iReap POS tampaknya merupakan solusi efisien untuk menjalankan dan mengelola operasional toko melalui smartphone. Mengingat sebagian besar bisnis saat ini bergantung pada teknologi mobile, aplikasi ini bisa menjadi alat yang sangat berharga untuk pemilik toko untuk melacak penjualan dan inventaris mereka secara real-time. Ini pasti akan membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional toko.

  8. Aku juga memilih salon rumahan untuk perawatan.
    Karena selain lebih nyaman perempuan semua, juga bisa minta permintaan khusus, seperti massage atau perawatan rambut dan kuku.
    Seneng deh, karena kini ada Aplikasi Kasir iReap POS yang bisa bantu salon rumahan dalam mengatur keuangan.

  9. Dengan aplikasi kasir iReap, urusan keuangan jadi makin mudah yah… Oh ya, soal perawatan, salon rumahan memang lebih nyaman sih…

  10. Di sebelah kanan kiri rumahku ada salon rumahan mbak. Wkwkwkw. Untungnya mereka rukun dan bersaing sehat. Kalau lagi rame pada bagi bagi rejeki.

  11. dulu karena sering ke salon, jadi pengen punya usaha serupa juga
    tapi sepertinya butuh modal yang nggak sedikit
    dannn sekarang kalau sudah ada ireap yang membantu mencatat transaksi keuangan juga di bisnis yang kita punya, jadi gampang juga

  12. Enak kalo udh ketemu salon khusus wanita yg cocok ya mba. Aku belum nih, jadi langganan salonku masih yg mix, tapi sebenernya selama aku kesana blm pernah liat customer cowo ????. Dan senengnya semua karyawan yg kerja cewe semua, jadi msh tenang juga sih.

    Dulu pernah coba ke salon wanita Deket rumah, tapi kecewa Ama hasilnya. Jadi ttp balik lagi ke salon langganan walo jauh dari rumah ????. Anak ku yg cewe juga sesekali ikutan pengen hairmask. Aku sendiri LBH suka keratin treatment atau hair mask

    Bagus nih aplikasinya. Sangat memudahkan utk orang yg ingin mulai bisnis yaaa. Gampang digunakan juga. Aku pernah loh makan di suatu restoran di Penang. Trus shock sendiri pas liat itungannya, masih manual pake kertas coret2 ????????????. Duuuh sereeem, kalo itu warung aku masih bisa maklum. Tapi rumah makan yg ruangannya aja gede. Masa masih coret2, walo dikata keluarga semua yg kerja di sana, ttp aja, perhitungan stock, untung , ruginya gimana ????

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!