Saat memasuki bulan Agustus, ada 2 momen yang dulu ku tunggu-tunggu saat masih anak-anak. Momen 17-an untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus dan momen Hari Pramuka pada 14 Agustus, anak Pramuka banget ini xD Hihi..

Momen 17-an selalu dipenuhi lomba-lomba yang bertabur hadiah. Selain lomba, anak-anak bisa merayakan kemerdekaan RI dengan berbagai aktivitas seru.

Momen 17-an yang Tidak Terlupakan Bagi Anak-Anak
Momen 17-an yang Tidak Terlupakan Bagi Anak-Anak

Berikut adalah beberapa momen 17-an yang tak terlupakan bagi anak-anak versi ku:

Lomba 17-an

Lomba 17-an ini seru sekali rasanya. Ada lomba untuk anak, untuk ibu-ibu dan untuk bapak-bapak. Dari kompetisi permainan sampai kompetisi olahraga.

Apasaja lomba 17-an yang tidak terlupakan bagiku? Ini dia:

  1. Lomba Balap Karung: Anak masuk ke dalam karung goni besar setengah badan lalu lompat sampai ke garis finish.
  2. Lomba Makan Kerupuk: Siapkan kerupuk digantung di atas tali, lalu dengan tangan di punggung peserta menggigit kerupuk di atas kepala. Siapa yang bisa memakan kerupuk tercepat tanpa menggunakan tangan, dia pemenangnya.
  3. Lomba Tarik Tambang: Lomba klasik yang selalu menyenangkan. Pisahkan anak-anak menjadi dua tim dan lihat siapa yang bisa menarik tali ke wilayah mereka.
  4. Lomba Balap Kelereng di Sendok: Tempatkan kelereng di atas sendok dan adakan lomba balap dengan menggigit sendok di mulut. Yang sampai di garis finish tanpa menjatuhkan kelerengnya adalah pemenangnya.
  5. Lomba Panjat Pinang: Jika ada batang pinang atau tiang kecil, kita bisa membuat lomba panjat pinang mini. Gantung hadiah di puncaknya untuk memberikan motivasi ekstra.
  6. Lomba Mengambil Koin dari Semangka Beroli: Jadi buah semangka utuh dilumuri oli, uang koin ditusuk acak ke semangka dan semangkanya digantung, peserta mengambil koin dengan giginya. Tapi sekarang aku udah jarang lihat lomba ini.
  7. Lomba Memasukkan Paku ke Dalam Botol: Siapkan botol dan paku yang akan digunakan dalam lomba ini. Pastikan bahwa botol memiliki leher yang cukup besar untuk memasukkan paku.
  8. Lomba Lompat Karet: Kisah lama dengan lomba ini. Gunakan tali karet panjang dan lihat siapa yang bisa melompatinya dengan trik yang paling kreatif.
  9. Lomba Mewarnai: Berikan anak-anak gambar pahlawan atau bendera untuk diwarnai. Penilaian bisa berdasarkan kreativitas anak dalam mewarnai gambat tersebut.
  10. Lomba Menghias Sepeda: Anak-anak berkreasi pada sepeda atau kendaraan roda tiga, bisa dengan kardus atau kertas hias. Anak bisa dibantu orang tua dalam menghias kendaraan dengan tema kemerdekaan.
  11. Lomba Fashion Show Pakaian Nasional: Anak-anak berpakaian pakaian tradisional Indonesia dan berlomba dalam kategori “Fashion Show Pakaian Nasional”.

Dari melihat dan mengikuti lomba 17-an, kita juga bisa memahami cara seseorang menyelesaikan masalah lho, ga sekadar seseruan aja ^^ Bisa dinilai sesportif apakah kamu?

Upacara Bendera Peringatan HUT RI

Sekitar jam 9 sudah standby untuk menonton Upacara Bendera di Televisi, kalau sekarang sih bisa streaming. Yang ditunggu adalah Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, biasanya meriah sekali, melihat barisan Paskibraka dan barisan TNI keren-keren. Ada juga pertunjukan tari, pertunjukan pesawat tempur dan pengibaran bendera di udara. Kalau Upacara Penurunan Bendera di sore hari, aku jarang menontonnya xD

Nah tahun 2023 ini senang sekali aku bisa melihat Tari Cetik Kipas Melinting dari Lampung Timur di Upacara 17-an ini. Dulu aku SMP ikut Sanggar Tari di Kota Metro Lampung dan tarian ini adalah salah satu tarian yang sering dilatih dan dipentaskan. Bunyi alat musiknya memang khas sekali, aku jadi ingin gerak juga mengingat-ingat gerakan tariannya.

Dekorasi dengan Bendera Merah-Putih

Sejak awal Agustus, lingkungan sekitar rumah mulai sibuk mendekorasi lingkungan RT RW dengan nuansa Merah-Putih dan tiap rumah memasang bendera Merah-Putih. Kalau dulu sampai ada yang bikin gapura hias dari bambu, memasang umbul-umbul dan di jalan kecil atau gang ada juga bendera-bendera kecil yang dipasang di atas dengan tali gitu..

Pentas Budaya Indonesia

Ada beberapa sekolah mengadakan parade budaya khusus pada Hari Kemerdekaan. Anak-anak mengenakan pakaian tradisional daerah dan memamerkan tarian dan musik tradisional di sekolah. Ini adalah momen di mana anak akan merasa dekat dengan kebudayaan Indonesia.

Dulu waktu aku kecil, malam pembagian hadiah lomba 17-an ada acara yang menampilkan tari-tarian dan paduan suara lagu nasional dan lagu daerah di balai desa atau kantor kelurahan, anak-anak dan muda-mudi lingkungan yang dilibatkan.

Pawai Merah-Putih dan Kendaraan Hias

Di beberapa daerah, ada pawai merah-putih yang diikuti oleh anak-anak. Anak berjalan bersama-sama dengan atribut merah-putih, seperti bendera dan topi, sambil bernyanyi lagu-lagu patriotik. Kadang beriringan dengan pawai kendaraan hias dan marching band.

Momen 17-an adalah salah satu momen istimewa bagi anak-anak Indonesia. Anak-anak merayakan kemerdekaan negara Indonesia dengan penuh semangat melalui berbagai kegiatan yang seru dan berkesan. Lomba-lomba tradisional, menonton upacara bendera, parade dan pentas budaya adalah beberapa momen yang bisa anak kenang sepanjang hidupnya.

Semoga semangat patriotisme ini akan terus tumbuh dalam hati anak-anak Indonesia. Selamat Hari Kemerdekaan! Eh iya, jangan lupa follow IG @cicifera ya untuk melihat momen-momen ku lainnya ^^

You might also enjoy:

8 Comments

  1. Dari 11 lomba yang mbak sebutkan, hanya 3 yang gak pernah aku ikuti. Lomba cari koin di semangka, fashion show dan panjat pinang haha. Tapi yang lain udah dan cukup oke pengalamanku dulu, menang beberapa kali. Walau sekarang udah gak join lagi tanding orang dewasa, cuma sampe detik ini emang berkesan pertandingan 17an itu ^^

  2. Momen 17 agustusan memang momen paling ditunggu-tunggu deh. Bisa ikutan berbagai lomba yang unik. Biasanya sih saya suka ikut lomba balap karung, dan tarik tambang, hobinya memang ikutan lomba yang ngeluarin tenaga. hehehe..
    Kalau sekarang sih paling ikutan buat foto-foto aja dan ngeramein acara 17an di kompleks rumah.

  3. Momen gak terlupakan setiap 17-an ya..
    Aku dulu pernah pas 17-an, pas ditunjuk jadi pengibar bendera. Tapi karena aku ga tinggi-tinggi amat, jadi posisi di tengah, gak kebagian yang bentangin bendera. Karena pernah juga ada kejadian bendera kebalik, hiiks~
    Langsung anak paskib diomelin abis-abisan. Hiiks~

  4. Moment 17 agustusan memang seru banget sih, gak cuma dari peringatan upacaranya tapi dari lomba yang diselenggarakan juga cukup meriah. Apalagi ada banyak lomba seperti yang disebutkan diatas, selain dapet hadiah juga bisa lebih erat lagi membangun hubungan, komunikasi dengan tetangga disekitaran rumah.

  5. Aku selalu hati-hati dan memantau supaya dalam ikut kompetensi atau lomba semacam ini, jangan sampai bikin anak down. Karena gak semua penyelenggara adil. Trus lagi, ketika anak kalah, harus dikuatkan mentalnya. Banyak pelajaran, tapi perlu pendampingan.

  6. Cantik banget ya.. melihat langsung Tari Cetik Kipas Melinting dari Lampung Timur.
    Keanekaragaman budaya, bahasa dan suku bangsa ini memang menjadi salah satu kelebihan bangsa INdonesia yang harus dipertahankan kerukunannya.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!