Saya memang jarang membuka aplikasi TikTok, dulunya membuat akun tiktok karena kebutuhan nge-buzzer. Tiba-tiba sebulan yang lalu saya dapat e-mail dari TikTok bahwa akun TikTok saya di Banned! Lah, kaget dong. Saya tidak bisa masuk/ login ke akun TikTok saya. Akun TikTok saya terintegrasi dengan Instagram, tapi login dengan Instagram dan nomor telpon pun tidak bisa. Lho kok?

Akun TikTok di Banned, Ajukan Banding
akun tiktok di banned | pic. techcrunch.com

Penyebab Akun TikTok di Banned

Biasanya, salah satu penyebab paling sering akun TikTok kena banned adalah pelanggaran hak cipta, terkait dengan postingan konten karya orang lain atau melanggar hak cipta/ merek dagang/ hak kekayaan intelektual, dan lainnya.

Penyebab lain akun tiktok kena banned biasanya adalah konten pornografi atau aktivitas seksual lainnya secara eksplisit dan kekerasan yang ekstrem, seperti konten aksi terorisme, kejahatan, penyiksaan, intimidasi, pelecehan, tantangan berbahaya, perilaku kebencian.

Tapi pada kasus saya berbeda, saya jarang sekali buka TikTok, bahkan baru upload sekitar 3 short video saja. Di email banned dari TikTok, TikTok menyampaikan bahwa ada kesalahan input tanggal lahir, sehingga akun saya dibekukan sementara.

Hm, aneh sih, saya yakin memasukkan data tanggal lahir dengan benar. Saya mendaftar TikTok dengan Akun Instagram, harusnya kalau TikTok di banned, Instagram saya juga kena banned juga kan, tapi Akun Instagram saya baik-baik saja, Alhamdulillah 😀

Apakah akun TikTok yang di banned bisa kembali?

Bisa. Menurut panduan komunitas TikTok, akun TikTok yang terkena banned bisa dipulihkan kembali dengan mengajukan banding ke pihak TikTok dan menunggu pihak TikTok untuk meninjau ulang. Jika kita yakin bahwa pemblokiran akun TikTok ini sebuah kekeliruan, jangan ragu mengajukan banding.

Di email diberikan pilihan untuk melakukan pengajuan banding atas akun TikTok yang di banned atau kita bisa mengunduh data tanpa memulihkan akun. Teguran dari email TikTok ini akan kedaluwarsa setelah 90 hari dan jika kita abaikan, maka akan dilakukan pemblokiran permanen.

Dalam kasus saya, saya harus mengajukan banding sebelum pertengahan Desember 2023.

Berapa lama menunggu persetujuan banding di TikTok?

Awalnya sempat ragu, lebih baik membuat akun TikTok yang baru atau melanjutkan akun TikTok yang lama? Soalnya konten masih sedikit dan follower pun belum terlalu banyak.

Awal bulan lalu, saya dengar di salah satu group blogger ada isue bahwa saat ini sudah memasuki masa-masa kampanye politik seperti pemilihan presiden, sehingga akun-akun sosmed berpeluang besar untuk diretas. Jadi ragu.

Saya sempat mengabaikan email peringatan TikTok beberapa waktu, soalnya untuk melakukan banding, saya harus foto dengan ID atau memasukkan data kartu kredit. Saya memilih untuk mengunduh data, butuh 3 hari untuk data bisa di download, tapi saya kelupaan. Lebih dari 3 hari saya login tiktok kembali dan link unduhan data sudah expired, tidak dapat dipakai 🙁 Kemudian saya coba untuk melakukan banding dengan ID, tapi saya masih setengah hari melakukannya, saya tutup sedikit wajah saya saat selfie dengan ID 😀 Sekitar 2-3 hari kemudian saya dapat email balasan dari TikTok bahwa banding saya tidak diterima xD

Cara mengembalikan akun TikTok yang di banned

Saya masih penasaran, saya ulangi proses banding, kali ini saya serius.

Ada 2 Cara mengajukan banding atas pemblokiran akun TikTok yaitu melakukan banding dengan selfie dengan kartu identitas atau dengan otorisasi kartu kredit (jika berusia 18 tahun ke atas).

Saya memilih memulihkan akun dengan kartu identitas. Berikut proses pengajuan banding akun TikTok menggunakan kartu identitas:

  1. Masukan data diri (pastikan tanggal lahir diisi dengan benar)
  2. Masukan foto kartu identitas (KTP/ SIM)
  3. Tulis kode yang diberikan TikTok pada kertas
  4. Foto diri memegang ID dan Kertas Kode (Wajah, ID dan Kode harus terlihat jelas)

Lebih lengkapnya bisa di baca di Support TikTok ya.

Setelah itu, tinggal menunggu TikTok meninjau pengajuan banding akun TikTok kita. Sekitar 5-7 hari, akun TikTok saya sudah pulih. Saya dapet email seperti ini:

email pengajuan banding akun tiktok kena banned
Respon Pengajuan Banding dari TikTok

Ternyata dan ternyataaa~~ Ini dia penyebabnya akun TikTok saya kena banned! Foto yang diupload foto anak cimit semuaaa, hahahaha.. Urgh, gemes yaa :)) Memang gadis kecil ini suka pinjam gadget mamanya, dia bilang mau main game dan edit foto. Saya memantau dan saya pun tau dia buka TikTok, saya ajarkan juga untuk SAVE foto dan videonya, saya bilang jangan diupload. Memang saya ga cek ulang sih, saya percaya karena saya pernah melihat dia sudah bisa cara save fotonya.

JRENG. Pas liat postingan saya seperti ini yaaaa.. Wajar aja kena banned akun TikTok nya, OMG!

Akun TikTok di Banned, Ajukan Banding

Tips Anak Bermain TikTok

Jangan sampai kecolongan lagi. Memang sebaiknya anak 6-7 tahun tidak bermain TikTok, namun jika anak mau diizinkan bermain TikTok menggunakan akun orang tuanya, hal yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Buat kesepakatan mengenai waktu bermain dan jenis konten
  2. Awasi anak menggunakan TikTok, upayakan untuk tidak lama scrolling, lebih ke editing video
  3. Jaga interaksi dengan anak ketika anak membuka TikTok
  4. Tidak mengupload konten dan follow akun sembarangan, tanyakan ke orangtua dahulu
  5. Mengatur keamanan akun TikTok dengan membaca Pengaturan Safety

Hm, sepertinya itu saja.. Eh kamu ada saran lain? Kalau ada saran mengenai per-TikTok-an ini, share di kolom komentar yaa.. Dan follow akun TikTok saya di TikTok Cicifera ^^

Update 25 September 2023 TikTok Shop Dilarang, TikTok sebagai media sosial hanya boleh mempromosikan produk, bukan melakukan transaksi perdagangan produk. Disadur dari Detik Finance, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menandatangani revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 pada Senin (25/9/2023). Aturan ini mengatur soal keberadaan media sosial sekaligus e-commerce seperti TikTok Shop yang saat ini berdampak pada UMKM.

You might also enjoy:

16 Comments

  1. Kasusnya sama nih dengan saya mba. Akun tiktok dagang bapaknya di banned karena udah lama gak di update trus diam diam anak mainin tiktok dan upload persis kayak uplodan putrinya mba ???? video selfie pake filter ngrdubbing gitu. Tapi karena bapaknya males ngajuin banding dan si akun emang gak aktif, ya dibiarin aja ???? tiktoknya saya uniinstall dan playstore saya kunci biar anak gak download tiktok lagi.

  2. Aku sendiri jarang bermain tiktok sih mbak. Paling cuma untuk lihat konten lucu-lucu. Cuma kalau ke-banned. ya eman-eman juga ya. Makasih Banget Mbak infonya, untuk jaga-jaga aja

  3. Wahh saya malah ga ada aplikasi Tiktok nih, pusing kebanyakan sosmed. Tapi kalau disimpulkan ngeri juga ya Kak di sana. Maksudnya aturan ternyata lebih ketat daripada IG.

    Lha di IG juga lebih banyak foto bocil daripada foto saya.

  4. Ada akun saya, berbulan-bulan tidak saya buka, Mbak. tapi pas saya buka tetap bisa masuk. Jadi memang awalnya mengherankan ya, Mbak, kalau tiba-tiba dibanned. dan ternyata… Tiktok melihat usia pengguna akun berbeda dengan usia postingan hahaha. Sekarang Tiktok memang justru lebih ketat dari medsos lainnya.

  5. Memang agak riweh ya kalau medsos kayak tiktok kena banned. Apalagi jika digunakan untuk support aktivitas lainnya. Pastinya sih bakal jadi tambah lebih riweh. Thanks banget infonya, bermanfaat nih

  6. Wahh prosesnya lumayan bangett sih, menyita waktu, tenaga, dan pikiran. iya banget. Duh semoga ngga sampe kena banned gini sih hahaha

  7. Jadi isi postingannya lebih banyak tentang anaknya kak Fera ya, sehingga dianggapnya usia yang dimasukkan Kak Fera gak sesuai. Ketat juga ya.
    Alhamdulillah, sudah pulih ya kak akunnya.
    Mungkin kak Fera perlu sesekali tayang di konten akun hihi

  8. Caranya sih emg mudah utk ajukan unbanned. Cmn masalahnya kdg kita tuh ga th knp video kita dibanned meski ada keterangan saat dibanned/ditake out oleh TT.

    Selama ga menyangkut hal2 yg dilarang, akun kita pasti balik kok. Cmn hrs dilihat lg aja keterangan ngebannednya ini secara teliti.

  9. Iya nih tiktok belakangan kenapa ya? Akunku juga kmrn kena banned. Katanya video yang aku upload hanya iklan. Makanya gak muncul di feed. Untunglah setelah diperbaiki bisa muncul lagi. Tapi viewnya dikit banget. Cuman dua biji. Semoga tiktok bisa pulih lagi deh. Gak main banned seenaknya gitu

  10. Saya jarang main Tiktok tapi ini jadi pengetahuan baru buat saya dan mungkin bisa jadi banyak yang mengalami ya karena melanggar peraturan yang mungkin ga diketahui si pengguna, dan verifikasi datanya harus pakai KTP ya

  11. Syukurlah akun Tiktoknya nya bisa kembali ya aka lepas dari banned. Tenyata penyebabnya karena ulah si kecil ya, emaknya jadi harus lebih waspada nih pantau anak saat buka hp dan main tiktok biar gak terulang kembali.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!