Website Fortune Indonesia membantu ibu rumah tangga sepertiku untuk update berita seputar bisnis dan ekonomi. Bahkan berita mengenai CEO Wanita “Dirut Pertamina di Deretan Perempuan Paling Berpengaruh Dunia” ini mengingatkanku tentang semangat dan teman-temanku yang berprofesi sebagai CEO di bisnis yang mereka miliki sendiri.

Website Fortune Indonesia Untuk Update Berita Bisnis dan Ekonomi
CEO Wanita, Website Fortune Indonesia

Cukup nyaman membaca berita di Website Fortune Indonesia ini, bisa dimengerti dan tidak terlalu panjang/ melebar pemaparan dari setiap artikelnya. Tapi ada beberapa masukan juga dari saya sebagai pembacanya.

Website Fortune Indonesia Versi Desktop

Ketika membuka website Fortune Indonesia versi desktop dari browser Chrome, tampilan pertama terlihat bersih, menyenangkan untuk dibaca. Websitenya responsif dan fast loading, tak perlu menunggu lama, halaman website cepat terbuka. Tampilan latar belakang putih polos dengan tulisan hitam yang kontras, membuat isi berita menjadi jelas terbaca. Slider news dengan gambar resolusi tinggi menarik mata sehingga kita fokus untuk memilih pilihan berita yang disuguhkan.

Bagian “Lates News” sudah cukup baik dengan hanya menampilkan Judul, Kategori, Tanggal dan Gambar saja. Pemilihan jenis huruf dan ukurannya pas, tidak terlalu kecil dan rapat, sehingga pengunjung bisa dengan cepat memilih berita apa yang ingin dibacanya. Penulisan judul artikel dan kategori pun dibedakan warnanya, hal ini memudahkan pengunjung dalam mengetahui kategori dari judul berita yang dipilihnya.

Menurutku, navigasi website sedikit membingungkan untuk pengunjung yang baru pertama kali berkunjung ke sini. Aku tidak menemukan tombol “Home” di Menu atas. Jadi setelah membaca artikel, untuk kembali ke halaman utama website, aku klik Logo Fortune Indonesia di Header Website (bagian atas Menu Kategori).

Hanya ada Kategori artikel pada Menu bagian atas. Sedangkan menu “About Us”, “Career”, “Privacy Policy”, “Cyber Guidelines” dan “Contact Us” berada di Footer Website (bagian paling bawah website). Mungkin sebaiknya diletakkan di bagian atas website juga agar lebih mudah terlihat. Ada kemungkinan pengunjung baru akan mencari menu “About Us” untuk mencari informasi mengenai website apa yang sedang dibukanya saat itu.

Search box sudah cukup baik karena diletakkan di sudut kanan atas. Kolom pencarian ini terlihat jelas, memudahkan pengunjung untuk melakukan pencarian terhadap berita tententu.

Website Fortune Indonesia Versi Desktop 2021
Website Fortune Indonesia Versi Desktop 2021

Kategori Website Fortune Indonesia

Fortune Indonesia sebagai media ekonomi dan bisnis terpercaya, memiliki kategori website sebagai berikut:

  • MARKET, berisi seputar berita pergerakan dan prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).
  • BUSINESS, berisi seputar berita perkembangan bisnis, perusahaan, inovasi dan profil tokoh. || Saran: Profil tokoh dipisah menjadi kategori baru, bisa mengangkat profil tokoh pengusaha bisnis, StartUp dan juga tokoh politik (baik dari dalam negeri ataupun luar negeri).
  • FINANCE, berisi seputar berita ekonomi, kebijakan BI, pajak, perbankan dan asuransi.
  • NEWS, berisi seputar berita politik, kesehatan, industri, energi dan internasional.
  • TECH, berisi seputar berita gadget, software, AI, aplikasi dan teknologi terbaru. || Saran: Informasi pertumbuhan StartUp mungkin bisa ditambahkan ke dalam kategori ini.
  • SHARIA, berisi seputar berita ekonomi, investasi, asuransi, investasi dan perbankan syariah. || Saran: Penulisan kata “investasi” pada deskripsi kategori ditulis 2x, bisa dihapus satu karena memiliki makna yang sama.
  • LUXURY, berisi seputar berita barang mewah, gadget, travel, hotel dan kuliner. || Saran: Travel dipisah menjadi kategori baru yang khusus berisi seputar tempat wisata, hotel dan kuliner agar informasi mengenai bisnis pariwisata tidak bercampur dengan informasi gadget, jam tangan mahal atau brand mewah.

Website Fortune Indonesia Versi Mobile

Tampilan dan konten website Fortune Indonesia versi mobile tidak jauh berbeda. Aku menggunakan perangkat iOS dengan browser Safari saat membukanya. Hanya satu hal yang menggangguku, iklan di bagian atas yang sangat besar saat membuka setiap halaman website dan ada juga iklan memanjang di bagian bawah. Besarnya wilayah iklan sudah menghabiskan sekitar 80% dari tampilan layar. Untuk membaca konten beritanya, pengunjung jadi perlu scroll-scroll dulu ke bawah karena yang tampak pada halaman depan hanya judul beritanya saja (karena terdominasi oleh iklan).

News Website Fortune Indonesia Versi Mobile
Website Fortune Indonesia Versi Mobile 2021

Sama dengan tampilan website desktop, pada tampilan website mobile aku juga tidak menemukan tombol “Home”. Jadi setelah membaca artikel untuk kembali halaman utama website, aku klik Logo Fortune pada Header website (di atas Menu Kategori).

Untuk kamu yang lebih suka membaca majalah secara fisik daripada melalui Website Fortune Indonesia versi Desktop atau pun Mobile, Majalah Fortune Indonesia sudah tersedia di Marketplace Tokopedia ya..

Selamat Membaca ^^

Follow, Like, Share :

You might also enjoy:

22 Comments

  1. Fortune Indonesia ini emang spesifiik sih yaa buat baca2 bisnis dan ekonomi, pas buka web nya pun emang banyak info2 menarik seputar investasi juga update2 fintech, ga susah juga ya kalau mau beli majalah fisik nya cukup beli di Tokped aja

    1. Waaah keren ya Fortune Indonesia, bisa dinikmati secara online juga offline. Memang perkembangan teknologi saat ini memudahkan segalanya termasuk mendapatkan berita up to date yang bisa dibaca secara online dimanapun berada. Salut dengn Fortune Indonesia.

  2. Saya jadi sering baca website fortune gara-gara baca review teman-teman dong.
    Paling suka tuh baca mengenai business, artikelnya juga bagus-bagus.
    Senang deh ada website yang kayak Fortune gini 🙂

  3. Fortune Indonesia salah satu majalah yang tidak lebay dalam penyajian infomasi. bahasanya santun dan mudah dipahami. membaca majalah atau websitenya terasa lebih elegan. Aku suka Fortune Indonesia.

  4. Asyik ya kalo ada portal berita yang bisa menyajikan tulisan dalam bentuk online maupun offline.
    Jadi bisa disesuaikan kebutuhan. Benernya aku lebih suka baca majalah fisik, karena mataku lebih nyaman.
    Tapi online lebih fleksibel dan bisa mengurangi penggunaan kertas

  5. Banyak ya kategori di wesbiotenya. Dengan adanya pengkategorian seperti ini, jadi memudahkan juga untuk mencari mana yang ingin dibaca saat itu juga ya. BAgus juga ada khususu untuk bisnis dan ekonomi

  6. Majalah Fortune isinya penuh inspirasi. Di sini pembaca dapat masukan banyak mengenai bisnis dan ekonomi. Paling suka baca halaman Luxury, isinya lebih beragam. Menghibur banget apalagi ada artikel sosok hebat di sana

  7. Wah cocok banget nih buat yang berminat ngembangin bisnis dan tertarik sama berita-berita ekonomi
    Bisa jadi mungkin ada ide bisnis yang didapatkan setelah membaca Fortune
    Keren ya majalahnya, fokus di satu ide yang digarap secara profesional

  8. Majalah Fortune dikenal dengan ulasan bisnisnya yg mendalam. Dan sekarang, Fortune hadir dalam bentuk digital. Tentunya sangat menarik dan bisa menambah pengetahuan seputar dunia ekonomi/bisnis

  9. Model template website itu memang harus enak dilihat dan diakses. Biar pengunjung juga betah lihat dan bacanya kan. Jadi tahu juga nih kalau mau cari update-an tentang bisnis dan ekonomi di website Fortune.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Enjoy this blog? Please spread the word :)