Saat ini aku sedang mencari rekomendasi gadget harga 4 jutaan dengan kamera canggih untuk men-support kegiatanku sehari-hari, terutama dalam membuat konten. Beragam aktivitas harianku sebagai ibu rumah tangga dan blogger, membutuhkan gadget pendukung dengan spesifikasi tinggi pada kamera, storage, memori, kecepatan processor dan tentunya daya tahan baterai, biar ga sering-sering nge-charge ^^

Gadget Mendukung Kegiatan Sehari-hari

Zaman sekarang ini, gadget dan kegiatan sehari-hari sudah tidak bisa dipisahkan lagi. Walau saya hanya seorang ibu rumah tangga, namun gadget sudah menjadi alat bantu yang memudahkan pekerjaan harian saya. Dari mencatat daily todo list, mencari resep masakan, belanja grocery online, mendampingi anak sekolah daring, menemani anak menonton channel favoritnya sampai melakukan pekerjaan sampingan saya dalam membuat konten, semua dibantu dengan gadget, baik tablet, laptop ataupun smartphone.

Gadget Smartphone Vivo V11
Layar Depan Smartphone Vivo V11

Trimester pertama kehamilan saya kali ini cukup menantang saya dalam membagi waktu, pikiran dan tenaga. Alhamdulillah saya bisa mendapat kesempatan mengikuti beberapa kursus singkat dalam mendalami blogging, mengerjakan beberapa job buzzer, mengikuti lomba blog, sampai menjadi mentor untuk private class basic blogging. Semua hal itu berkaitan dengan pembuatan konten.

Tentunya saya harus tetap menjalankan tanggungjawab saya sebagai ibu rumah tangga terlebih dahulu agar dapat berkonsentrasi dalam membuat konten. Prioritas pertama adalah menyelesaikan pekerjaan domestik rumah tangga (menyediakan makanan, beberes rumah dan pakaian), serta membimbing anak mengerjakan tugas sekolahnya. Setelah semua itu selesai, selanjutnya baru melakukan persiapan pembuatan konten, yaitu mencatat draft ide, membuat kerangka tulisan dan memotret objek sebagai foto pendukung.

Biasanya saya melakukan persiapan dalam membuat konten menggunakan gadget smartphone, sedangkan dalam penyelesaiannya saya menggunakan gadget laptop. Untuk mempercepat proses persiapan itu, saya membutuhkan smartphone dengan kecepatan processor yang tinggi, baterai yang tahan lama dan fast charging, serta kamera depan dan belakang yang beresolusi tinggi untuk hasil objek foto yang tajam.

Smartphone Vivo V11

Dalam membuat konten, saya memakai gadget smartphone Vivo V11 (dikenal juga dengan nama Vivo 1806) berwarna pink.

Gadget Smartphone Vivo V11 Pink
Smartphone Vivo V11 Pink

Spesifikasi Vivo V11

Spesifikasi singkat Vivo V11 yang saya miliki adalah:

Layar : AMOLED 6,3 inci, Full HD.
Prosesor : Mediatek Helio P60, 2.0 Ghz Octa-Core.
Memori : RAM 4 GB. Storage : Internal 64 GB. MicroSD sampai dengan 256 GB.
Kamera depan : 1 Kamera (resolusi 25MP). HRD. Video 1080p@30fps Full HD.
Kamera belakang : 2 Kamera (resolusi 16 MP dan 5 MP). LED flash, Panorama, HRD. Video 1080p@30fps Full HD.
Baterai : Li-Po 3315 mAh. Fast charging.
Lainnya : 4G, VoLTE, 3G, Wi-Fi, Bluetooth, GPS, Face Unlock, Fingerprint (di bagian belakang smartphone).

Detail spesifikasi Vivo V11 bisa dilihat di sini.

Hasil Kamera Vivo V11

Saya suka mengambil foto untuk konten di waktu pagi menjelang siang dan di luar ruangan (foto outdoor), saya lebih mengandalkan cahaya matahari sebagai pencahayaan.

Hasil jepretan kamera belakang Vivo V11 di luar ruangan pada siang hari:

Hasil Kamera Vivo V11
Jepretan Kamera Belakang Vivo V11

Sebenarnya, Vivo V11 ini sudah cukup untuk saya pakai membuat konten, namun karena pemakaian smartphone bersama dengan anak, storage internal 64 GB dan RAM 4 GB terasa kurang. Saya juga sedang ingin mengeksplore smartphone dengan kamera belakang 3 atau 4 buah dan memiliki kamera depan yang bisa menghasilkan video yang tajam untuk vlog, jadi saya mulai mencari rekomendasi gadget di website carisinyal dengan budget yang saya miliki.

Informasi gadget di carisinyal.com cukup detail, mereka memberikan data seperti spesifikasi gadget, kelebihan dan kekurangan gadget, gambar gadget yang jelas, rentang harga dan update harga gadget, serta memberi referensi link harga di marketplace Lazada dan Shopee. Selain informasi mengenai gadget, ada juga informasi seputar aplikasi, games, tips dan trik, aksesoris dan perangkat keras/ hardware gadget.

Smartphone Samsung Galaxy A71

Dari 10 rekomendasi smartphone harga 4 jutaan terbaik (Oktober 2021) carisinyal, saya tertarik dengan smartphone Samsung Galaxy A71.

Rekomendasi Gadget Harga 4 Jutaan Berkamera Canggih Untuk Membantu Mama Membuat Konten
Samsung Galaxy A71. (sumber: news.abs-cbn.com)

Spesifikasi Samsung Galaxy A71

Spesifikasi singkat Samsung Galaxy A71 adalah:

Layar : Super AMOLED 6,7 inci. Full HD. Corning Gorilla Glass 3.
Prosesor : Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G, Octa-Core.
Memori : RAM 8 GB. Storage : Internal 128 GB. MicroSD sampai dengan 512 GB.
Kamera depan : 1 Kamera (resolusi 32 MP). HRD. Video 1080p@30fps Full HD.
Kamera belakang : 4 Kamera (resolusi 64 MP, 12 MP, 5 MP dan 5 MP). LED flash, Panorama, HRD. Video 2160p@30fps, 1080p@30/240fps Full HD.
Baterai : Li-Po 4500 mAh. Fast charging 25W.
Lainnya : 4G, VoLTE, 3G, Wi-Fi, Bluetooth, A-GPS, Face Unlock, Fingerprint (di bawah permukaan layar smartphone).

Detail spesifikasi Samsung Galaxy A71 bisa dilihat di sini dan kelebihan kekurangannya bisa dibaca di sini. Selain Processor, Memori, Storage dan Baterai, hal yang menarik perhatianku adalah kamera Samsung Galaxy A71.

Hasil Kamera Samsung Galaxy A71

Kamera belakang Samsung Galaxy A71 terdiri dari 4 buah lensa yang membentuk huruf L dengan 1 flash light yang dapat menunjang pencahayaan saat pengambilan foto di dalam ruangan atau saat kondisi minim cahaya misalnya saat malam hari. 

Rekomendasi Gadget Harga 4 Jutaan Berkamera Canggih Untuk Membantu Mama Membuat Konten
Kamera Samsung Galaxy A71
Rekomendasi Gadget Harga 4 Jutaan Berkamera Canggih Untuk Membantu Mama Membuat Konten
Hasil kamera Samsung Galaxy A71 siang hari dengan lensa ultra-wide.
(*sumber: liputan6.com
Rekomendasi Gadget Harga 4 Jutaan Berkamera Canggih Untuk Membantu Mama Membuat Konten
Hasil Jepretan Kamera 64MP di Samsung Galaxy A71. (*sumber: liputan6.com

Kesimpulan

Gadget smartphone Vivo V11 yang selama ini aku pakai sebenarnya sudah cukup untuk mendukung kegiatanku sehari-hari. Namun, karena smartphone ini juga dipakai untuk mendukung kegiatan anakku, seperti untuk sekolah daring, memfoto kegiatan anak belajar, mengedit foto tugasnya, sampai memfasilitasi hiburan anak, aku jadi merasa kurang dengan spesifikasi Vivo V11 ini. Belakangan ini Vivo V11 terasa berat saat membuka aplikasi, misalnya ketika mengambil foto dengan kameranya, harus memberi jeda waktu sedikit lama agar hasilnya foto tidak goyang.

Aku menemukan rekomendasi gadget di Carisinyal yang masuk dengan kebutuhan dan budget, yaitu smartphone Samsung Galaxy A71. Selain processor, RAM, storage dan baterai, yang paling menjadi daya tarik bagiku adalah kameranya. Sepertinya, kamera Samsung Galaxy A71 ini termasuk kamera smartphone di atas rata-rata dalam kelas menengah.

Follow, Like, Share :

You might also enjoy:

64 Comments

  1. Untuk content creator seperti blogger, memiliki smarphone yang prosesor dan kameranya bagus itu seperti sudah sebuah kewajiban. Smartphone tersebut akan memudahkan kita dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Untuk Vivo dan Samsung kameranya sudah bagus juga..

  2. Wow yang samsung keren ya kameranya.. Memang sekarang sangat diperlukan sekali smartphone yang mumpuni, apalagi untuk pekerjaan yang ada kaitannya dengan bikin konten!

  3. Samsung A71 memang bagus hasil kameranya, walaupun keluaran tahun lalu masih nggak kalah kece untuk dipakai saat ini. Aku juga pingin upgrade dari redmi note 5 pro nih jadinya

  4. Wiih kece ya hasil foto Samsung A71. Aku udah lama nih nggak melirik A71. Apakah sekarang udah nggak sedikit-sedikit memori habis ya? #Eh. Tapi temenku pake udah hampir 4 tahun katanya ya masih bagus sampe sekarang. Coba cari ah di carisinyal

  5. saya juga pakai Vivo lho Mbak, dan suka lho yang tipe V ini dibanding Y,
    sebelumnya saya pakai Vivo V-5 sekarang Y-30 tapi masih lebih suka si V5 lho eeh baca ini kok jadi naksir Vivo V11 nya yaa hihihh 😀
    tapi jadi ingin juga deh si Samsung A71 ini, dulu pernah pakai Samsung juga dan suka hasil kameranya tapi yang jadul belum Android deh itu masih belum touch screen segala 😀

  6. wah saya juga pakai Vivo juga mbak, tapi entah ini vivo berapa hihii gak gitu merhatiin. Sayangnya ini karena dipakai barengan sama anak-anak, kamera belakangnya rusak, jadi cuma bisa selfi doang. Padahal aku juga suka banget hasil fotonya. jernih.

    1. Btw gadget 4 juta dengan sepesifikasi yang bagus emang worth it banget yaa. Makasih rekomendasinya mbak. Jadi tahu mana hape yang benar-benar dibutuhkan oleh blogger untuk membuat konten

  7. Beberapa hari lalu, ada temenku yg recommend CariSinyal ini mba
    katanya ciamik bgt buat yg butuh rekomendasi gadget.
    sip, sip, aku juga mau meluncur ke sana ahhh

  8. Waaahh Vivo pink nya bikin mupeng, saya juga pakai Vivo yang seri V, udah 2 kali ganti HP selalu milih Vivo, udah familier soalnya, apalagi setelah baca reviewnya, jadi makin mupeng deh 🙂

  9. Handphone Vivo di atas warnanya girly banget, Mbak. Sebagai blogger yang rutin bikin konten, punya smartphone yang mendukung memang kudu alias wajib. Biar semua pekerjaan bisa leluasa dikerjakan dengan smartphone aja hehe.

  10. Hmmm aku jadi teracuni deh mba. Kalau dari warna dan casingnya aku suka yg Vivo, tapi kalo soal kamera aku suka Samsung, ga dipungkiri ya, kalau yg berkaitan dengan medsos, kualitas kamera itu yg utama

  11. Untuk mendukung profesi Ibu yang seorang Content creator gak menyangkal perlu alat support yang mendukung ya Moms. Dan Smartphone Samsung Galaxy ini bikin cenghar hihi … Semoga smartphone 4 jutaan ini bisa jadi milik ya Mba. Aamiin

  12. Hasil jepretannya bagus ya.. Samsung Galaxy A71.
    Tapi memang dalam menentukan pemilihan gadget harus benar-benar jeli, untuk membantu bisa cari informasinya di carisinyal.
    Informatif.

  13. waaa aku pengen samsungnya hihi.. lumayan ya hp sekarang kameranya terutama udah canggih-canggih jadi bisa buat bikin konten berkualitas nih

  14. HP yg sat ini kupakai alhamdulillah hadiah lomba. jadi kalau pas mantengin spec serta harga rada kaget. Eh hp 4 jutaan ya sekarang buat yg agak lumayan. Haha… Cukup lumayan gitu rasanya. Emang butuh menimbang2 sebelum beli. mengingat HP saat ini udah jadi senjata buat kerja juga ya. jangan sampai nyesel setelah sudah terbeli. Carisinyal rasanya bisa memberi informasi yang dibutuhkan

  15. Spesifikasi gadget untuk yang kerjanya jadi konten kreator penting banget emang ya, untungnya sekarang sudah banyak pilihan smartphone dengan spesifikasi bagus dan harganya masih terjangkau. Vivo salah satu gadget yang oke menurutku dan Pewe sejak awal Vivo luncur lebih suka pake Vivo. Kalo aku preferernya Samsung. Adanya Carisinyal memudahkan banget untuk informasi pas mau beli hape

  16. Ngomong2 masalah hape dan smartphone, sepertinya aku juga sudah saatnya ganti smartphone nih tapi masih bingung cari review dimana, Untung sekarang bisa banget cari dan nonton review gadget di carisinyal, membantu banget buat emak2 yang kurang techy gini.

  17. Thanks untuk reviewnya,kebetulan lagi cari cari HP yang hasil potonya bagus buat di posting d blog dan media sosial

  18. Oh, cari rekomendasi gadgetnyabdi carisinyal ya? Aku lagi pengen cari tablet sih. Tp masi bingung merk dan seri yg sesuai ama budget & kebutuhanku. Ntar coba mampir ke web carisinyal buat cari rekomendasi deh

  19. Pemilihan gadget yang tepat benar2 dapat membantu produktivitas dalam berkarya di dunia konten kreator ya Mbak. Mantap lah ini pilihan2nya. Yang penting terjangkau dulu dan bisa sebagai modal buat ngonten. Semangat!

  20. klo tahu yang bagus, smartphone saja cukup untuk jadi andalan berburu konten ya mbak
    gadget mumpuni seperti ini sangat dibutuhkan oleh para konten kreator

  21. Cetar banget ya hasil jepretan kamera kamera Samsung Galaxy A71, bisa menangkap view landscape secara luas dan hasilnya bersih bangett. Cocok ini kalau digunakan saat traveling, bisa mengambil dan merekam jejak perjalanan secara lebih cihuy

  22. Smartphone canggih dengan spesifikasi mumpuni memang senjatanya blogger dalam membuat konten nih
    Kalo nanti mauganti hape berarti harus mampir dan ngintip2 dulu ke carisinyal yaaah

  23. Untuk content creator, adalah tidak mungkin bekerja tanpa gadget yang mempuni. Karena teknologi juga telah memanjakan lewat berbagai fitur yang memudahkan pekerjaan. Mau gak mau kita terikat padanya.

    Untungnya gadget tak harus selalu mahal. Dengan harga 4 jutaan kita sudah bisa pulang bawa gadget dengan camera canggih untuk mendukung pekerjaan. Bikin happy kan…:)

  24. Ishhh pas banget lagi cari-cari ponsel yang support buat bikin konten..Emang cari ponsel yang cocok kalau mau praktis ya cari onlen..tinggal cari paltform yang memang udah ketahuan kualitasnya ya

  25. smartphone sekarang yg murah2 juga bagus yaa hasil kamera
    dan memorynya juga gede2 gak kayak jaman dulu mesti rogoh kocek
    dalem2. keren nih dan webnya ngebantu banget buat searching hp2 ya

  26. HP yang saya pakai sekarang udah mulai full. Padahal sering dibersihin memorinya. Kayaknya harus cari rekomendasi gadget juga di Carisinyal. Biar tau kalau mau beli hp baru

  27. Sama dong, aku juga kalau cari informasi tentang ponsel biasanya di website terpercaya seperti Cari Sinyal ini karena kita dijelaskan kelebihan dan kekurangan ponsel incaran kita jadi pas beli lebih yakin akan pilihan kita ya maklum harga ponsel nggak murah jangan sampai salah beli..

  28. Hp memang penting banget sampai kalau dikasi pilihan lebih baik ketinggalan hp atau dompet banyak yang pilih jangan sampai ketinggalan hp. Soalnya dompet elektronik juga ada di hp ya kan. Selain itu untuk content creator kayak kita hp udah jadi senjata bisa foto, buat video, dll.

  29. Aduh, sama banget kyk hpku kemarin. Kalo buka aplikasi kdg loadingnya lama. Akhirnya diganti krn jg hbs jatoh n pecah.

    Aku telat nih baca review ini. Udah kebeli yg lain euy. Heuheu

  30. Gadget untuk ngonten memang harus memperhatikan memori, kamera dan kekuatan baterai ya. Semua itu menunjang kinerja para Konten Creator. Pantas nih kalau konten kurang maksimal, mungkin perangkat kita memang harus diupgrade juga.

  31. gadget 4 jutaan sih udah wajib bagus nih karemanya ya …
    kebetulan aku saat ini pakai Galaxy seri dibawah A71 dan yg sedikit lebih rendah kualifikasinya dr Vivo V11…
    thank reviewnya mba, bs jd rekomendasi klau mau upgrade

  32. Kalau zaman dulu rasa2nya smartphone yang canggih dengan spek mumpuni dan kamera yang bagus tu pasti harganya 6-7 juta ke atas ya mbak?
    Kalau zaman sekarang yang 4 jutaan bahkan di bawahnya pun bisa dapat yang bagus. Mungkin krn faktor banyaknya kompetitor plus makin canggih teknologi 😀

  33. Pekerja online dan konten kreator emang harus pilah2 hp mana yang cucok , spesifikasinya disesuaikan dengan kebutuhan ya, Ci.
    NOted banget di carisinyal, sudah cukup dengan harga 4 jutaan dan banyak pilihan juga ya. Ah, jadi kepo sama Vivo v11

  34. Mbak, smartphone ku sampai menggembung baterainya gara2 aku pakai terus dan kata suamiku karena ngecharge nya ga bener. Padahal smartphone adalah alat yang penting banget untuk pekerjaanku. Alhamdulillah bisa terselamatkan, sama suami baterai nya diganti. Yang tadinya sampai panas kalau dipakai. Skrg ga lagi. Untuk vivo jadi berat apakah bisa ditambah storage nya? Kalau Samsung Galaxy sih ga diragukan lagi kualitas nya

  35. Beneran kudu teliti dalam memilih gadget yang tepat guna dan sesuai dengan kebutuhan.
    Karena sebagai content writer, dengan gadget yang oke seperti VIVO, bisa menyajikan konten yang menarik.

  36. nah ini bermanfaat banget buat mama mama yang lagi hunting gadget seharga 4 jutaan supaya ngonten nya lebih ajiiibbb. hehehehe…. biar kantong dan rekening ngga bolong tapi bisa berkarya dengan penuh kreativitas dan disupport dengan tool yang memadai yah mba

  37. hape sekarang kameranya bagus-bagus yaa. sampai bingung mau pilih yang mana. makanya sebelum beli gadget itu bagusnya memang kita cari info dulu seputar hape yang ingin dibeli di carisinyal

  38. Wah, mbantu sekali rekomendasinya mba, aku juga lagi nyari2 gadget karena hp oppo ku yg lma udh mulai lemot hehehe, saya belum pernah pake vivo, spesifikasinya juga lumayan ya, merk samsung aku udh agak paham soalnya anak2 pake samsung semua heheheh

  39. Iya CariSinyal tuh informatif banget apalagi kalau mau beli ponsel baru ya kita bisa dapat informasi tentang ponsel idaman kita dengan detail jadi bisa lebih yakin mau beli atau pilih tipe lain..

  40. nyari hape baru susah susah gampang, jadi kalau aku mau nyari gadget baru, beberapa bulan sebelumnya udah cari reviewnya, bandingin kekurangan dan kelebihan tiap tiap hape dan brand.
    sesuaikan sama kantong juga

  41. Suami saya pengguna Vivo juga cuman engga tahu series berapa, dia beli tahun lalu emang. Begitu difoto, hasilnya bagus banget dong. Jernih dan kualitas gambarnya jelas banget. Jadi pengen punya juga. Vivo V11 oke juga ya, keren deh gadgetnya

  42. Aku pakai Vivo nih, memang sih kalau udah lama sering ngambek kalau diajak kerja terlalu keras, kebetulan lagi cari juga smartphone yang tahan banting hehehe, bisa diajak kerja keras dan baterainya tahan lama biar ngak sering ngecas. Cusss….buka situs carisinyal nih kayaknya lebih hemat waktu pencarian.

  43. Banyak banget ya HP yang ditawarkan dengan aneka harga dan spesifikasi. Untung sebelum menentukan pilihan sekarang banyak web yang bisa kita jadikan referensi sebelum menjatuhkan pilihan. Seperti carisinyal ini. Sehingga pilihan yang kita lakukan bisa tepat sesuai budget dan kebutuhan

  44. sebagai konten kreator, memilih gawai emang harus disesuaikan dengan kebutuhan kita ya mbak
    harganya juga, harus pas sama kemampuan kita

Leave A Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Enjoy this blog? Please spread the word :)