Trimester pertama kehamilan masing-masing orang bisa berbeda pengalamannya. Di kehamilan ku, ada beberapa hal tak nyaman yang aku alami. Pengennya sih bilang, “hal ‘menyebalkan’ di trimester pertama kehamilan”. Tapi kan kesannya jadi kayak kurang bersyukur, hehe..

Alhamdulillah diberi rezeki untuk hamil anak ketiga ^^ Sebenernya dari tahun lalu berencana tambah momongan, tapi pandemi Covid19 ini sempat membuat kami maju mundur untuk buka IUD. Setelah ikut 2x vaksinasi, akhirnya program kehamilan kami lanjutkan. Ini catatan saya menjalani trimester pertama kehamilan.

Apa itu trimester pertama kehamilan

Trimester pertama kehamilan adalah 12 minggu pertama kehamilan, dimulai dari hari pertama haid terakhir dan berlangsung hingga akhir minggu 12. Pada trimester pertama ini, kebanyakan ibu hamil mengalami morning sickness atau mual berulang.

hal tak nyaman pada ibu hamil trimester pertama
hal tak nyaman pada ibu hamil trimester pertama

Hal tak nyaman di trimester pertama kehamilan

Ini yang pernah saya rasakan ya, setiap orang bisa mengalami proses kehamilan yang berbeda. Bahkan ada yang terasa tidak ada perubahan saat kehamilannya 😉

Hal tak nyaman di trimester pertama kehamilan yang cukup menyebalkan untuk saya:

  • Mual, biasanya pagi hari, tapi ga menentu juga waktunya.
  • Muntah-muntah. Pernah juga sampai keluar cairan kuning kayak asam lambung naik gitu 🙁
  • Bingung mau makan apa, takut makanan yang masuk jadi dimuntahin lagi.
  • Ngidam. Ngebayangin pengen makan/ minum sesuatu.
  • Kadang suka banyak ludah/ air liur di dalam mulut.
  • Penciuman jadi lebih peka. Ga kuat bau tajam seperti parfum, detergen/ pengharum pakaian merk tertentu.
  • Ga kuat bau dapur, akk! Apalagi bau bawang dan bau masakan. Ga suka makan nasi 😀
  • Sakit kepala atau terasa pusing.
  • Sakit punggung.
  • Nyeri payudara.
  • Badan mudah lelah, pengennya rebahan.
  • Sensitif dan moody, gampang nangis.
  • Sembelit, susah buang air besar.
  • Keputihan.

Males pake skincare, males kramas. HAHA mungkin yang ini sih dasar akunya aja, jadi ga dimasukin ke list xD

hal tak nyaman pada ibu hamil trimester pertama
hal tak nyaman pada ibu hamil trimester pertama

Tips untuk menjalani trimester pertama kehamilan

Beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghadapi hal tak nyaman di trimester pertama kehamilan:

  • Makan makanan dengan porsi sedikit tapi sering (misal 2 jam sekali nyemil).
  • Setelah muntah, upayakan mengisi kembali perut dengan sedikit makanan, misal makan biskuit.
  • Jika mual, bisa konsumsi permen tapi pilih yang tidak mengandung pewarna, bisa coba permen jahe.
  • Saat terasa lelah, istirahat sejenak, baru beraktivitas lagi.
  • Olahraga ringan bisa dengan streching atau jalan pagi.
  • Perbanyak makan buah, cari tau buah apa yang cocok di lidah.
  • Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi (cari tau makanan yang dianjurkan dan tidak dianjurkan untuk ibu hamil)
  • Tidak melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat (misal mengangkat-angkat benda berat)
  • Minum suplemen kehamilan (vitamin ibu hamil) dengan teratur.
  • Batasi konsumsi minuman berkafein, ya kalo bisa stop dulu.
  • Tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol.
  • Berfikiran positif, buat diri selalu merasa senang ^^
permen mengurangi mual di trimester pertaman kehamilan
Permen bisa membantu mengurangi air liur di mulut dan rasa mual di trimester pertama kehamilan

Nah kamu punya tips lain untuk menghadapi hal tak nyaman di trimester pertama kehamilan? Share pengalaman kamu di kolom komentar yaa.. Biar bumil-bumil yang baca tulisan ini lebih nyaman di trimester pertama kehamilannya.

Oiya.. Mulai cari dokter kandungan atau bidan yang nyaman, lalu buat janji untuk konsultasi dan pemeriksaan kandungan yaa 😉

Follow, Like, Share :

You might also enjoy:

31 Comments

  1. Saya dulu selalu bawa minyak kayu putih, buat dihirup kalo mual. Makan lebih sering karena kalo perut kosong rentan mual

  2. Huwaaa… ini nih, yang paling amat sangat mengganggu di awal kehamilan, bahkan sampai lahiran sih saya, yaitu air liur jadi meningkat, leher berlendir, dan itu bikin saya mual.
    Mana pusing kan jadinya saya tiduran berteman ember dengan tisue.
    Ampun deh, itu tisue sebulan 7-8 bungkus yang paling gede kadang ga cukup, sampai tukang sampah geleng-geleng liat sampah selalu penuh tisue 😀

  3. Dua kali hamil saya memiliki pengalaman berbeda dalam menjalani trimester pertama. Kehamilan pertama, saya mengalami mual muntah setiap pagi, gak doyan nasi. Tapi di trimester kedua saya malah gak ngerasain apa-apa, nyaman-nyaman aja.

  4. Memang trimester pertama lumayan berat dan segala kerasa yah mbaaak.
    Aniwey aku juga waktu hamil muda males pake skincare dan keramas sih hahaha.

    Semoga sehat terus dan lancar semuanya yaaah

  5. Waaaaa, selamat ya Mbaaa Ciiii…. ikutan happy dengar kabar kehamilannya. Dulu aku hamil pertama kedua kaya kebo, ga ada keluhan apa-apa. Hamil ketiga ngerasain kaya Mbak Cici gini ni…. hihihi…. :peluuukkk. Tapi kata orang, kalau awal kehamilan sering mual, tandanya bayinya setrong. Ga tahu deh, mitos apa engga. Hihihi…. Semoga segera nyaman dan tetap aman kehamilannya ya Mbaaa….

  6. Masih mending mba yang morning sickness gini di trimester pertama aja. Ada loh temanku yang sepanjang kehamilan gitu terus, mual dan muntah ga selesai-selesai. Kebayang deh gimana rasanya. Aku yang mengalami hanya di trimester pertama aja rasanya udah gimanaaa gitu hehehee..
    Untuk bumil yang baru pertama kali mengalami hal ini, santai aja. Memang udah bawaan karena perubahan hormonal ya jadi muncul rasa mual dan bahkan hingga muntah gitu. Habis muntah tetap harus makan lagi. Slowly aja ga usah buru-buru, dinikmati aja. Memang gitu ya prosesnya mau gimana lagi. 🙂

  7. Selamat ya mba, atas kehamilannya.. Semoga sehat-sehat terus ya ibu dan janinnya. Aku kalo hamil, mual muntahnya bukan cuma waktu trimester pertama.. Tapi sepanjang hamil 😁😁 Jadi ya, mau gak mau dinikmatin aja

  8. Trimester pertama biasanya lagi mual-mualnya ya, kadang ada yang sampai gak bisa makan. Kalau aku dlu ga bisa masak lgs mual, eh padahal itu sih males aja akunya ya hahaha. Sehat-sehat ya di kamilannya mbak.

  9. Iya ya biasanya begitu trisemester pertama itu, alhamdulillah sih aku ga terlalu merasakan hal di setiap kehamilan. Tapi memang secara umum memang seperti itu di tri semester pertama. Masing2 orang memang berbeda ya, malah ada yg repot sampai tidak bisa beranjak dari kasur.

  10. Berdasarkan pengalamanku, trimester pertama itu malah enak dipake ngapain aja. Pas masuk kedua dan ketiga waduhhh beda banget. Sehat-sehat ya mom.. mudah-mudahan lancar sampe persalinan nanti aamiin

  11. Cifer, congratulations!
    sehat-sehat ya bumil. Jangan lupa pakai skincare yang aman untuk ibu hamil. hihi…
    wakakak iyaa trimester pertama itu sungguh mbuh. Kalau aku lebih ke mager. Maunya rebahan aja. Syukurlah suami paham yaa ini bawaan hamil. Nah kalau trimester kedua malah petakilan, maunya jalan-jalan.

  12. Perjuangan banget yaa, kak…di trimester pertama tuh..
    Berasa semuanya adaaa aja yang bikin mual.
    Tapi setelah lewat dari trimester pertama, biasanya sang Ibu sudah mulai beradaptasi sehingga badannya mulai terasa nyaman.

    Sehat selalu yaa, kak..untuk Ibu dan calon adik bayinya.

  13. Iya mbak saya juga mengalami trimester pertama yang berat. Tapi setelah punya anak 4 udah mulai bisa mengelola sih, mual, sakit kepala, kadang juga kram. Kalau mual saya juga makan sedikit tapi sering, agar tetap ada asupan nutrisi ya mbak. Btw selamat atas kehamilannya ya mbak, sehat selalu bumil.

  14. hamil trimester pertama memang paling menantang, kalau aku dulu paling ga kuat nahan mual muntah, selalu siap sedia permen juga malahan pernah sampe ngunyah asem jawa aku saking ga kuatnya

  15. Huhu iya banget, trimester pertama itu memang gak nyaman banget deh. Badan lemes, mual, muntah. Menyiksa. Aku juga dulu gitu, ngilanginnya dengan makan permen jahe. Lumayan deh mengurangi. Palingan ya makan buah dan rujak yang seger. Yang lain aduuuh, susah. Dinikmati aja deh. 😀

  16. aku ingeeet jaman hamil anak – anak 3 bulan pertama paling susaah. kalau udah mulai muntah – muntah dan mual. tersiksa banget memang ya.. untungnya setelah 3 bulan sudah amaaan

  17. MasyaAllah, selamat Teh untuk kehamilan ketiganya.
    hihih, tiap orang emang beda-beda ya dalam menjalani kehamilan, terlebih di semester pertama.
    semester ini juga masih rawan kan ya, semua kudu extra hati-hati.
    sehat-sehat ya Bumil, moga lancar hingga hari lahir,, sehat selamat sempurna, Aamiin

  18. Jadi ingat masa hamil trimester pertama, memang beda2 keluhan yg muncul ya, saya waktu trimester awal anak pertama ngidam berat tp wktu anak kedua nggak ngidam

  19. […] Trimester pertama kehamilan saya kali ini cukup menantang saya dalam membagi waktu, pikiran dan tenaga. Alhamdulillah saya bisa mendapat kesempatan mengikuti beberapa kursus singkat dalam mendalami blogging, mengerjakan beberapa job buzzer, mengikuti lomba blog, sampai menjadi mentor untuk private class basic blogging. Semua hal itu berkaitan dengan pembuatan konten. […]

  20. Aku 2 kali hamil, dua-duanya pas trimester pertama rasanya sungguh nikmat. Badan oleng, gak bisa makan apapun (langsung muntah), nggak sanggup lama-lama di tempat umum. Cuma bisa rebahan, kayak orang sakit 😀 Jadi teringat masa-masa itu.Buat mengurangi mual biasanya aku selalu siap sedia permen jahe dan mint. Kalau ga ada, wahh bisa muntah dimana-mana.. 🙁

Leave A Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Enjoy this blog? Please spread the word :)