Belakangan teman-teman banyak yang posting mengenai manfaat training karyawan untuk perusahaan dan individu. Saya jadi teringat masa-masa sebelum saya memutuskan menjadi seorang ibu rumah tangga. Saya sempat bekerja di Perusahaan Konsultan IT di Bandung, saya bekerja sebagai Technical Documentation yang seputar kerjanya menangani debugging aplikasi (desktop, mobile, website, EDC) sekaligus dokumentasi teknik untuk programmer dan user.

Setelah 1 tahun bekerja di sana, saya pindah ke bagian Corporate Comunication & PR di perusahaan induknya. Dulu belum ada platform training karyawan, sehingga pelatihan karyawan dipegang oleh bagian HDR perusahaan saja, bukan dari lembaga pelatihan karyawan.

Beda sekali ranah kerjanya. Di posisi yang baru ini, saya lebih sering bertemu dengan orang, urusan desain internal perusahaan, networking dengan perusahaan-perusahaan Startup IT, prospek client, dan sebagainya. Awalnya ngerasa ga pede, bisa ga ya dari yang ngurusin belakang eh harus tampil ke depan. Ternyata bisa! Terasa memang manfaat training karyawan dan bimbingan mentor (atasan) saya saat itu.

5 Manfaat Training Karyawan Untuk Individu

Yang saya rasakan untuk diri saya sendiri, training karyawan atau pelatihan karyawan dapat:

  1. Menambah keterampilan dan pengetahuan (termasuk softskill, komunikasi, leadership, manajemen).
  2. Meningkatkan rasa percaya diri karena memiliki ilmu yang lebih untuk menangani pekerjaan.
  3. Menyelesaikan pekerjaan lebih efektif dan efisien (dari sisi waktu dan tenaga).
  4. Menimbulkan kepuasan kerja, memicu lebih produktif dalam bekerja.
  5. Berpotensi peningkatan jenjang karir dalam lingkungan kerja.

butuh pelatihan dan program upskill untuk karyawan

5 Manfaat Training Karyawan untuk Perusahaan

Tidak hanya saya yang dapat mengambil manfaat dari program upskill untuk karyawan, perusahaan pun dapat mengambil keuntungan, misal:

  1. Meningkatkan Produktivitas Karyawan: Melalui training karyawan, perusahaan bisa memiliki SDM yang lebih terampil dan ahli di bidangnya. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan.
  2. Retensi Karyawan: Ketika perusahaan memberikan peluang untuk peningkatan skill karyawan, hal ini dapat meningkatkan kepuasan mereka. Karyawan yang merasa dihargai dan diberi peluang berkarir cenderung lebih setia pada perusahaan, perusahaan bisa mempertahankan karyawannya.
  3. Peningkatan Mutu Produk/ Layanan: Adanya training karyawan yang baik dapat menghasilkan produk/ layanan yang lebih berkualitas. Ini dapat membantu perusahaan menarik lebih banyak client atau customer.
  4. Inovasi Perusahaan: Melalui pelatihan SDM, karyawan dapat mengembangkan kreativitas, berpikir kritis dan berinovasi di dalam perusahaan. Dengan memberi mereka ruang berpendapat, karyawan dapat membantu perusahaan beradaptasi dengan perubahan dan tantangan bisnis.
  5. Hemat Biaya Perusahaan: Meningkatkan peluang penjualan dan mengurangi biaya operasional karena waktu yang terbuang akibat kesalahan dalam bekerja atau lembur karyawan.

Training karyawan bisa bermanfaat baik untuk individu atau pun perusahaan. Jika saat itu sudah ada Platform Training Karyawan, mungkin akan lebih praktis dalam proses pelatihan SDM-nya.

Platform Training Karyawan

Sebenarnya, apa sih Platform Training Karyawan itu?

Platform training karyawan merupakan wadah yang dapat memfasilitasi karyawan perusahaan dalam mengembangkan keterampilan/ skill karyawan dalam bekerja. Platform ini menyediakan berbagai sumber informasi untuk pelatihan SDM secara online atau offline dengan jenis pelatihan yang beragam, seperti pelatihan teknis, pengembangan kepemimpinan, dan lainnya.

qubisa platform training karyawan kelas premium

Untuk menyelenggarakan pelatihan dan pengembangan SDM, selain memakai jasa dari lembaga pelatihan karyawan, bisa juga menggunakan platform training karyawan secara online. Lebih fleksibel dan mudah diakses karyawan.

QuBisa

QuBisa.com merupakan salah satu website/ platform training karyawan terpercaya untuk pendidikan dan pembelajaran karyawan, serta sarana yang praktis dalam mengakses informasi pelatihan SDM perusahaan. Karyawan bisa memilih skill apa saja yang akan mereka kembangkan di Platform Training Karyawan QuBisa ini.

Kenapa QuBisa?

QuBisa dapat diakses online melalui jaringan internet kapan pun dimana pun, bisa belajar dari para instruktur yang ahli di bidangnya. Akses tanpa batas ke seluruh kursus online QuBisa sangat membantu karyawan dalam pengembangan dirinya.

mengapa harus pelatihan karyawan dan pelatihan SDM di qubisa

QuBisa kursus online terbesar di Indonesia untuk para profesional yang ingin berkembang. Kita bisa mencari kursus video berbagai topik, membaca beragam artikel pengembangan diri secara gratis, mengikuti bermacam-macam kursus, webinar (seminar online interaktif) dan microlearning (pembelajaran yang topiknya disusun dalam segmen-segmen kecil) serta ada juga bootcamp bersertifikat.

Bootcamp adalah program persiapan kerja berupa pelatihan intensif untuk meningkatkan keterampilan di berbagai bidang dengan kurikulum yang disusun sesuai dengan kebutuhan industri pada dunia kerja. Kamu akan belajar dari dasar bersama para ahli yang dilengkapi oleh kurikulum siap kerja, kesempatan kerja atau magang, materi dan simulasi dirancang untuk pemula agar persiapan kerja kamu maksimal.

– qubisa.com

Sudah pernah mencoba bootcamp? Mungkin ini saatnya upgrade skill melalui bootcamp 😀

Pelatihan SDM (Sumber Daya Manusia) di perusahaan IT sangat diperlukan untuk memastikan karyawan terus berkembang secara individu, berkontribusi secara kontinu dan tetap relevan dalam bidang keahliannya.

Prosedur Pelatihan SDM

Bagi individu dan perusahaan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan program upskill untuk karyawan:

  1. Identifikasi Kebutuhan SDM: Identifikasi kebutuhan pelatihan SDM berdasarkan perkembangan teknologi, tuntutan pekerjaan, dan tujuan perusahaan. Pilih pelatihan yang perlu dan mendesak.
  2. Perencanaan Pelatihan SDM: Buat rencana pelatihan yang mencakup jenis pelatihan, metode, target, tujuan, dan jadwal.
  3. Pelaksanaan Pelatihan SDM: Selenggarakan pelatihan, baik yang diselenggarakan secara internal maupun oleh pihak ketiga dengan menyesuaikan waktu kerja atau deadline project.
  4. Evaluasi Pelatihan SDM: Evaluasi dampak pelatihan dan efektivitasnya terhadap kinerja karyawan dan perusahaan. Apakah dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi?
  5. Tindak Lanjut Perusahaan: Berikan kesempatan kepada karyawan untuk menerapkan keterampilan yang dipelajarinya selama pelatihan dalam pekerjaan sehari-hari. Tinjau secara berkala.

Pelatihan dan pengembangan SDM sebaiknya dilakukan secara berkala, bisa setiap 6 bulan atau setahun sekali, disesuaikan kembali dengan kebutuhan dan anggaran perusahaan.

Jangan lupa untuk terus menilai efektivitas pelatihan dan mengubahnya sesuai kebutuhan perusahaan. Terlebih lagi, pelatihan bukan hanya satu kali, tetapi suatu proses berkelanjutan yang membantu karyawan berkembang dan tetap kompeten dalam lingkungan IT yang cepat berubah.

Buat yang penasaran dengan Platform Training Karyawan QuBisa, silakan download Aplikasi QuBisa untuk iOS atau Aplikasi QuBisa untuk Android ya.. Silakan memilih program pelatihan SDM apa yang cocok dengan kebutuhan kamu dan perusahaan saat ini. Mengenai update informasi QuBisa, bisa dilihat di QuBisa.com atau kunjungi social media QuBisa di IG/ FB @QuBisa.ID dan Twitter @QuBisa_ID ya 😉

You might also enjoy:

49 Comments

  1. platform QuBisa sangat membantu sekali dalam mendukung program pelatihan karyawan. disana banyak sekali pelatihan yang relevan dan dibutuhkan di dunia kerja. Aku sendiri juga pernah belajar disana untuk mengasah ketrampilanku di bidang IT, materinya juga sangat mudah dipahami

    1. Sangat membantu ya platform pelatihan karyawan ini. Selain menghemat waktu, menghemat tenaga karena tidak perlu capek-capek datang di suatu tempat, juga menghemat biaya.
      Keren banget ya QuBisa ini

    2. Keren banget! sekarang banyak upaya untuk mendukung Perkembangan sdm dengan cara online , pantesan org2 juga betah banget kerja wfh ya

  2. Setuju..memang training bagi karyawan itu sangat penting, tdk hanya bagi karyawan itu sendiri namun juga pasti berdampak positif pada perusahaan/instansi nya. Terima kasih sharing infonya ya..

  3. Bagi individu maupun bagi perusahaan, jika karyawan memang bertalenta dan memiliki skill, pastinya sangat menguntungkan bagi keduanya ya. Apalagi di jaman serba bersaing saat ini

  4. Namanya pelatihan baik untuk karyawan maupun individu memang penting ya karena buat upgrade skill. Syukurnya sekarang sudah ada platform pelatihan online yang bisa banget dimanfaatkan buat pelatihan atau training karema fiturnya lengkap dan trainernya juga orang berpengalaman

  5. QuBisa sangat cocok buat perusahaan untuk membantu dalam proses pengembangan SDM. Apalagi ada banyak pilihan di dalam satu aplikasi QuBisa. Paling cocok juga adalah kelas Bootcamp karena kelasnya intensif beberapa waktu.

    1. nah bener mas, kelas Bootcamp QuBisa serasa les privat, materinya padat dan waktu belajarnya juga di mode intensif.

  6. Relate sih mba, saya juga jadi inget waktu ikutan training semasa kerja dulu. iyaaa, trainingnya diadain sama HRD bukan HDR, bukan lembaga pelatihan karyawan.Jadi narsumnya yaaaa biasanya kawil, kabid gitu deh. sekarang perusahaan terbantu banget dengan adanya platform QuBisa. selain hemat biaya juga lebih wide baik dari segi narsum maupun materi ya

  7. Ternyata untuk Training Karyawan di Qubisa ini melewati banyak prosedur yang bisa tepat sasaran untuk pelatihan karyawan sekaligus dari sisi perusahaan agar mereka terus berkembang dan berinovasi.

  8. Training karyawan memang kudu rutin diadain yah, Ci. Karena memang manfaatnya didapet karyawan sama perusahaan. Apalagi sekarang ada QuBisa ya, yg bisa bantu karyawan buat upgrade skillnya.

  9. Training ini bagus banget buat nambah pengalaman baru, jadi apaa yang nanti akan dikerjakan didalam perusahaan bisa lebih mudah untuk dipahami. Apalagi sekarang banyak training-training yang bisa diakses secara online seperti qubisa ini

    1. Setuju kak, jadinya training bisa dilakukan di mana aja, gak terbatas tempat. Sehingga bisa disesuaikan dengan waktu luangnya si pegawai

  10. Saat masih bekerja dulu, terasa memang bedanya kerja dengan teman yang dapat pelatihan lebih intensif dari kantor pusat, jadi selain berpengaruh ke kinerja pribadi, berpengaruh ke kinerja tim juga. Jadi memang penting untuk selalu upgrade diri ya

    1. Benar kak.
      Kalau yang banyak keterampilan dan sering ikut pelatihan jadi lebih banyak penguasaan dan wawasannya juga sehingga jadi meningkatkan semangat buat kerja bareng

  11. Di QuBisa banyak yaa mba pilihan program training karyawan, mau ak rekomen ke bagian HRD ah kalo di kantor mau ngadain training online

  12. Udah dapat jadwal buat webinar di Qubisa. Menarik2.. yg photography akoh padahal mau loh ????
    Tapi yg udah 10 ku daftar, itu aja bagus2 temanya. .
    Makasih yaa feer

    1. Mantap ka Ucig..
      Aku kagum sama yang langsung gercep ambil kelas di Qubisa.
      Pastinya bakalan bermanfaat banget untuk peningkatan skills di bidang yang ditekuni.

  13. Naikin skill buat karyawan atau individu yang kerja jadi freelance emang keharusan sih, selain buat kepuasan pribadi karena punya keahlian, bisa jadi nilai lebih ditengah persaingan kerja ya ka.

    Saya baru pertama tahu platform Qubisa dari artikel ini ka. Di platform ini ada topik web development juga kah?

  14. Pelatihan online di QuBisa jadi solusi UMKM lho yg dana pelatihannya terbatas. Aku udah ngintip kelas webinarnya, duuuh banyak yg menarik untuk content creator

    1. auto ikutan dong pelatihan karyawan UMKM di QuBisa yaaa, beneran QuBisa bantu banget pemilik UMKM untuk melakukan pelatihan karyawannya. selain affordable juga kelasnya banyak.bisa disesuaikan dengan jenis usaha yang dimiliki

  15. Sekarang enak mau belajar apa-apa lebih mudah. Perusahaan juga mau ningkatin skill karyawan lebih mudah. Karyawan juga dimudahkan, seandainya perusahaan gak mau kasih pelatihan, dia bisa ikut pelatihan mandiri dengan biaya sendiri.

  16. sebagai mantan karyawan saya setuju banget kalo pelatihan/training untuk karyawan itu besar sekali manfaatnya. dan bukan hanya utk karyawannya saja melainkan utk pihak perusahaannya juga. dan saya acung jempol tuk aplikasi QuBisa ini karena sangat membantu dan mempermudah kegiatan training jadi jauh lebih praktis dan cukup efisien.

  17. Yang aku lihat kalau di perusahaan tuh selalu ngadain training dua tipe, offline dan online. Hmmm, bisa nih kalau Qu bisa ini jadi partner perusahaan untuk training karyawan karena programnya oke

  18. Platform ini bisa mengcover pekerjaan dalam lingkup industri apa aja kak? Atau semua ada?
    Saya lagi butuh banget nyari kursus online untuk upgrade ilmu ttg konstruksi dan arsitektur.

    Btw. Pengalaman kerjanya keren kak, Technical Documentation yang seputar kerjanya menangani debugging aplikasi.

  19. Setuju banget nih kak. Walaupun tidak bekerja di perusahaan swasta. Saya juga merasakan semangat baru setelah mendapat pelatihan. Misalnya lebih semangat bekerja dan mengembangkan karir. Secara individu sangat bermanfaat sekali, apalagi secara perusahaan. Sudah tentu ini mengjadi langkah besar untuk membangun tim yang solid dan loyal.

  20. Seorang IT pun perlu pelatihan SDM dan upskill lagi ya. Karena teknologi itu perkembangannya makin luas dan pesat.

    Manfaat pelatihan SDM itu bagus banget, biar karyawannya juga makin PD karena skillnya ningkat. Buat perusahaan juga bisa merasakannya.

  21. Seneng banget emang bisa belajar sama QuBisa gini, aku dlu juga ikut pelatihan gratisnya, apalagi kan kalo itu pelatihannya bener-bener kita butuhkan bangett as blogger, as penuntut ilmu sejati, eaa. nah apalagi buat upgrading karyawaann

  22. Training SDM memang memberikan banyak manfaat baik bagi perusahaan maupun individu di dalamnya. Selain itu Training SDM sekarang bisa dilakukan dengan mudah dengan paltform online

  23. Alhamdulillah sekarang ada QuBisa. Jadi urusan training karyawan jadi jauh lebih mudah dibandingkan dulu yang biasanya hampir semua traini karyawan dilakukan secara offline. Dengan QuBisa jadi lebih fleksibel nih soal waktu dan materi pelatihannya.

  24. Seneng bgt nih ada perusahaan yg mau training karyawannya. Ini menandakan karyawan msh dianggap sbg aset bukan beban. Jk dianggap sbg aset, mereka akan menambahkan skillnya shg bs bermanfaat bg perusahaan.

    Kl dianggap beban, ya cmn diperas tenaga dan pikirannya doank. Stlh digaji, ya udh. Ga mikirin soft skills yg hrs ditambah lg buat perusahaan.

    Salut jg buat QuBisa yg ngasih bnyk pelatihan gratis dan berbayar ttg SDM shg kita menjadi individu yg trs berdaya saing.

  25. Bener banget. Upgrade skill karyawan bisa untuk meningkatkan kinerja karyawan biar makin pinter dalam bekerja. Bisa nih upgrade skill di Qubisa

  26. QuBisa ini platform yang sangat bagus untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan kemampuan SDM. APalagi banyak bidang pilihan yang tersedia di sana.

  27. Melatih karyawan secara berkala sangat penting. Hal ini karena manfaatnya dapat dirasakan baik oleh karyawan maupun perusahaan. Terlebih lagi, saat ini ada QuBisa yang dapat membantu karyawan meningkatkan keterampilan mereka.

  28. seru kali ya kalo tempat kerjaku ngadain pelatihan online rame-rame gini di kantor, bisa sharing bareng, tukar informasi bareng, yah meski online tapi hasilnya inshaAllah nggak kalah bagus saat offline

  29. Meskipun uda jadi karyawan, kudu tetep terus belajar yaa.. Ci.
    Aku salut sii kalau ada platform yang bisa bantu upgrade skills karyawan. Karena biasanya karyawan tuh cuma jalanin aktivitas dan pekerjaan harian.

  30. Baca ini aku jadi kepo sama QuBisa. Ternyata ada banyak pilihan kursusnya ya mbak. Tinggal nyesuain aja dgn kebutuhan kita. Buat orang yg demen belajar, aku setuju klo training ini perlu bgt buat individu.

  31. Qubisa ini bermanfaat sekali untuk upgrade skill karyawan ya Mba. Jadi kualitas SDM meningkat dan membantu perusahaan lebih maju dan berkembang.

  32. Untung sekarang ada Qubisa ya, jadi bisa ikut pelatihan buat nambah skill. Pastinya keuntungan buat karyawan itu sendiri sekaligus memajukan perusahaan pula.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!