Ga pernah berfikir gimana menentukan sikap agar menjadi menantu wanita yang disayang ibu mertua dan ga membayangkan juga sosok seperti apa ibu mertua saya nantinya. Sebelum menikah, saya hanya tau nama dan profesi calon mertua karena kami hanya beberapa kali bertemu dan tidak menghabiskan waktu bersama yang benar-benar hanya berdua. Setelah menikah saya baru berusaha mengenal mertua agar bisa lebih dekat dan disayang, terutama ibu mertua. Apalagi saya tinggal di rumah mertua sekitar 2-3 tahun, walau berbeda lantai tapi tetap saja satu atap. Bakal ketemu setiap hari kaaann~~

Cara disayang ibu mertua

Siapa sih yang ga mau disayang mertua? Apalagi disayang ibu mertua ^^ Saya pernah beberapa kali mendengar di circle pertemanan saya adanya konflik antara menantu dan mertua. Ibarat kata peribahasa, “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Maka kita harus lebih mengenal mertua agar kita bisa lebih disayang. Tapi kalau sudah kenal, jangan sampai kurang ajar yaa xD

Saya akan berbagi cara saya, tapi bisa berbeda cara untuk masing-masing orang, karena tipe, sifat/ watak, habit/ kebiasaan, hobi/ kesukaan, tingkat kesabaran, pedoman hidup dan pola pikir bisa saja berbeda. Intinya, cara agar disayang ibu mertua ala saya adalah cepat ADAPTASI, dengan melihat/ mengamati, menerima sepenuh hati dan melakukan penyesuaian dengan kebiasaan dalam keluarganya. Iya-in aja dulu, jangan ngebantah, nanti kalau sudah lebih dekat, baru deh sampaikan pandangan kita akan sesuatu yang mengganjal hati dengan bertahap dan lembut 😉

Lalu apa sih tips lainnya untuk menjadi menantu wanita yang dekat dan disayang ibu mertua?

Cara menantu wanita agar disayang ibu mertua
Cara menantu wanita agar disayang ibu mertua | Pic: Alodokter

Tips untuk menantu wanita

Ibu mertua itu kan wanita juga, sama seperti saya. Awalnya, cari kesamaan ibu mertua dengan diri kita. Cari tau kesukaannya, hindari hal yang tidak mertua suka, sebenarnya seperti lagi PDKT sama orang pada umumnya sih :)) Cuma PDKT sama mertua tuh vibes nya lebih gimanaaa gitu, haha..

Tips lain disayang mertua adalah:

  • Berpakaian dan menjaga penampilan yang sopan, menyesuaikan style keluarga mertua.
  • Luangkan waktu untuk berkunjung ke rumah mertua atau telepon mertua.
  • Bawa makanan kesukaan mertua saat berkunjung ke rumahnya.
  • Kalau tinggal serumah, masak makanan favorit mertua, memasak bersama atau belajar resep masakan ala mertua.
  • Tawarkan bantuan saat mertua sedang melakukan pekerjaan rumah tangga.
  • Bersikap lembut, hormat/ patuh dan tunjukan rasa kasih sayang pada mertua.
  • Cekatan dan tulus menyayangi anak laki-lakinya dan cucunya.
  • Kenali tipe mertua, ketahui kesukaan, pahami kebiasaannya.
  • Jika memiliki hobi yang sama, lakukan hobi tersebut bersama secara berkala.
  • Beri perhatian kecil atau beri hadiah di moment tertentu.
  • Jika diberi hadiah oleh mertua, pakai barang tersebut.
  • Minta pendapat/ saran mertua, ceritakan masalahmu dengan tenang. Bangun obrolan yang santai namun tetap berhati-hati dalam memilih bahan pembicaraan. Jangan sampai jadi boomerang xD
  • Libatkan mertua dalam kegiatan kita, misalnya membiarkan ibu mertua mengasuh atau menyuapi cucunya sesekali. Namun lihat situasi kondisi kesehatan mertua juga ya 😀
  • Memaklumi dan menyesuaikan diri dengan kebiasaan dan cara mertua dalam melakukan sesuatu.
  • Hindari pertengkaran dengan mertua. Jangan berdebat karena hal sepele. Melakukan komunikasi yang baik dan hindari asumsi, tanyakan saja agar clear.
  • Hormati hak mertua dan berfikir positif. Tidak “ngedumel” tentang mertua di hadapan anaknya.

Sayangi mertua sebagaimana kita mengasihi kedua orang tua kandung sendiri. Lebih peka dan turunkan ekspektasi. Banyak bersabar! Toh nanti saya juga akan menjadi ibu mertua yang dapat menantu wanita, hehe..

Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”.

– QS. Al-Isra : 24

Pst, ibu mertuaku ultah bareng lho dengan ku, tanggal lahir kita sama x)) Anniversary pernikahanku dan suami pun cuma beda sehari dengan anniversary pernikahan mertua. Untuk mencairkan suasana, bisa juga dimulai dari kesamaan yang unik seperti ini.

Kalau cara kamu agar dekat dan disayang ibu mertua gimana? Share dong di kolom komentar~~

Follow, Like, Share :

You might also enjoy:

1 Comment

Leave A Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Enjoy this blog? Please spread the word :)