Aku menyadari perlunya paralel melakukan bisnis secara offline dan online. Tidak hanya membuka toko secara fisik tapi kita juga perlu jualan online, melalui website bisnis dan e-commerce/ marketplace. Hal ini salah satu strategi promosi dan cara meningkatkan penjualan produk bisnis kita. Website bisnis membutuhkan landing page yang keren untuk menarik calon pembeli atau calon client.

Sebenarnya apa sih Landing Page itu?

Definisi Landing Page

Landing Page adalah halaman situs yang dibuat khusus untuk mendorong atau mengajak pembacanya melakukan tindakan sesuai yang kita sarankan. Tindakan yang dimaksud misalnya mengisi formulir, memasukkan alamat email/ subscribe, follow akun sosmed, melakukan pendaftaran member, memesan produk dan melakukan pembelian produk/ jasa. Landing page biasanya juga dipakai dalam marketing campaign.

7 Elemen Landing Page yang Penting dan Wajib Ada:

  1. Headline yang Memikat
  2. Visual yang Menarik
  3. Deskripsi Singkat Bisnis
  4. Manfaat Produk dan Layanan
  5. Informasi Kontak yang Bisa Dihubungi
  6. Social Proof / Review Pelanggan
  7. Gunakan Call-to-Action (CTA)
Landing Page Adalah
Landing Page Website Template | Source: RedComm.co.id

Hal-hal seputar marketing campaign merupakan bagian dari pekerjaan digital marketing. Kita bisa handle pekerjaan ini sendiri atau hire digital agency Indonesia untuk mengerjakannya. Nah, aku pribadi lebih memilih digital marketing agency Jakarta untuk membantuku menyelesaikan urusan digital marketing ini.

Landing Page vs Home Page

Homepage merupakan halaman utama dari website kita. Halaman depan yang pertama kali dilihat pengunjung saat mengetikkan alamat website kita. Pintu utama bagi pengunjung yang dapat menilai identitas bisnis kita secara keseluruhan. Homepage biasanya berisi navigasi maupun menu yang akan memudahkan pengunjung untuk menemukan halaman lain, artikel konten yang ada, atau mencari informasi yang mereka butuhkan mengenai bisnis kita.

Setiap situs/ website seharusnya memiliki homepage sebagai pintu masuk utama dan landing page untuk mengarahkan pengunjung web melakukan tindakan tertentu, biasa disebut CTA (call to action). Kita perlu menggunakan keduanya untuk mengoptimalkan kinerja bisnis kita.

CTA (Call to Action) adalah tulisan-tulisan atau elemen visual dalam konten website yang mengajak pengunjung melakukan tindakan tertentu (mengisi formulir, mengklik tautan, berlangganan newsletter, atau melakukan pembelian). Kalimat ajakan agar pengunjung website mau berinteraksi lebih lanjut dengan isi halaman website, produk, atau layanan yang ditawarkan.

Tanpa CTA, website hanya akan menjadi halaman informasi di internet. CTA membantu mendorong pengunjung berinteraksi di suatu website, melakukan suatu tindakan hingga melakukan pemasaran. Kita harus memaksimalkan penggunaan CTA ini, contohnya:

  • Beli sekarang sebelum kehabisan!
  • Masukkan ke Keranjang dan dapatkan voucher potongan harga.
  • Klik di sini dan dapatkan hadiah Anda!

Nah, sebelumnya kita perlu cari tau dulu jenis-jenis landing page, manakah yang cocok dengan bisnis kita?

7 Jenis Landing Page

7 Jenis Landing Page diantaranya:

  1. Lead Generation Landing Pages: Landing pages pendaftaran, digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai pengunjung situs website. Biasanya menyertakan formulir yang harus pengunjung mengisi data demi mendapatkan penawaran gratis (contoh untuk mendownload e-book atau printable template sesuatu).
  2. Industry Report Landing Page: Landing page informasi pertumbuhan bisnis atau prestasi. Isinya berupa nama perusahaan, jumlah pelanggan yang sudah bekerja sama, impact kepada pelanggan, dan lainnya. Contoh website jasa digital agency Jakarta, RedComm.
  3. Click-Through Landing Pages: Landing page untuk membujuk pengunjung agar melakukan klik pada URL yang telah ditentukan. URL tersebut nantinya akan menuju ke halaman promosi, diskon untuk penawaran khusus, ke halaman produk, dan sebagainya. Contohnya website Samsung. Jika pengunjung ingin mencari tahu lebih lanjut tentang promo, bisa klik “Beli Sekarang.”
  4. Product Landing Page: Landing Page yang berfokus memperkenalkan berbagai produk atau layanan bisnis tertentu. Menampilkan foto atau video produk, fitur, cara kerja, bahkan link yang menuju ke halaman pembelian. Contohnya website UniQlo.
  5. Sign up Landing Page: Landing page yang memungkinkan pengunjung melakukan sign-up atau pembuatan/ pendaftaran akun. Bisa data email saja, bisa data lengkap seperti nama, email, no ponsel dan lainnya. Contohnya adalah Netflix.
  6. Squeeze Landing Page: Landing page yang cukup banyak digunakan oleh website untuk mengumpulkan alamat email calon pelanggan yang potensial, misal tombol subscribe by email. Data email yang terkumpul bisa dimanfaatkan untuk menerapkan email marketing. Contohnya website digital agency Jakarta, RedComm.
  7. Testimonials Landing Page: Landing page yang berisi testimoni atau review dari pelanggan bahkan ada pula question and answer hasil interaksi antar pelanggan. Hal ini untuk memancing ketertarikan audiens baru. Contohnya website AirBnB.
digital marketing agency Indonesia, landing page netflix
Landing Page Netflix | | Source: RedComm.co.id

Setelah mengetahui jenisnya, pilihlah yang cocok dengan bisnis kita, kemudian cari tau cara membuat landing page tersebut.

7 Tips Membuat Landing Page

7 Tips dan cara membuat landing page yang menarik:

  1. Punya Tujuan: Tujuan harus spesifik dan jelas, misal untuk promosi, informasi produk, formulir pendaftaran acara atau kegiatan dan sebagainya.
  2. Desain Landing Page: Rancang desain yang memikat dan navigasi yang memudahkan pengunjung untuk mengaksesnya sehingga pencapaian target tujuan kita lebih maksimal.
  3. Buat Headline Menarik: Buat judul dengan menarik, singkat, padat, jelas dan mengundang rasa penasaran. Jika pengunjung tertarik, kita bisa membawanya ke action yang kita sarankan.
  4. Buat Opening Menarik: Buat kalimat yang membuat penasaran pengunjung agar mereka ingin mencari tahu lebih jauh tentang produk/ layanan yang ditawarkan.
  5. Buat Deskripsi Lengkap: Penulisan deskripsi dibuat secara singkat, padat, dan jelas untuk memudahkan calon konsumen memahaminya. 
  6. Gunakan CTA Semenarik Mungkin: Buat CTA yang kuat karena ini daya tarik pengunjung dalam memutuskan apakah akan melakukan konversi atau tidak.
  7. Tampilkan Testimoni / Ulasan Pelanggan: Pengunjung bisa mengetahui feedback konsumen sebelumnya, jadi semakin membuat calon konsumen yakin dengan produk/ layanan kita.
digital agency Indonesia, landing page website travel
Landing Page Website Travel

Digital Agency Indonesia Terpercaya

Digital marketing agency Indonesia tentunya sangat banyak. Salah satu agensi terpercaya untuk digital marketing di Indonesia adalah RedComm. RedComm Indonesia merupakan digital agency Indonesia independen yang berhasil mencatatkan namanya di ajang internasional.

RedComm sebagai Campaign Asia Agency of the year 5 tahun berturut-turut tentunya dapat menjadi agensi pemasaran digital di Jakarta dengan kualitas terbaik. RedComm digital marketing agency Indonesia dengan 5x Gold Winner ini pun mampu membawa bisnis kita lebih maju dari kondisi sekarang ini.

RedComm adalah anggota Red Asia Inc., grup perusahaan Indonesia dengan spesialisasi dan keahlian berbeda untuk membantu merek memenangkan pasar mereka di dunia digital, dengan layanan mulai dari konsultasi data dan teknologi, transformasi digital, pemasaran digital, hubungan masyarakat, hingga branded entertainment lintas layar.

– industri.kontan.co.id

Pendiri Red Asia Inc, Damon Hakim, mengatakan bahwa pencapaian penghargaan emas itu mencerminkan semangat dan upaya setiap anggota tim dalam keluarga RedComm sebagai digital agency Indonesia terpercaya untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri. Hal ini seperti menunjukkan bahwa RedComm sebagai agensi digital di Indonesia bersemangat tinggi membangun bisnis bersama. Kita bisa mempercayakan pekerjaan digital marketing bisnis kita kepada agensi digital di Jakarta seperti RedComm ini.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan berkunjung ke website RedComm di redcomm.co.id atau berkunjung ke sosial media mereka untuk berinteraksi dengan digital agency Indonesia terpercaya Indonesia.

Referensi:

https://redcomm.co.id/knowledges/

You might also enjoy:

35 Comments

  1. Bagian opening dan CTA ini kunci juga ya ternyata dalam membuat landing page.
    Di blog daku belum ada nih, sepertinya boleh juga dipertimbangkan untuk membuatnya

  2. Ternyata blog juga memerlukan landing page, tak pikir hanya untuk web yang mau berjualan aja.
    Makasih baget tipsnya kak, jadi tau kekurangan blog saat ini.
    Kalau yang memiliki bisnis, urusan digital marketing baiknya memang diserahkan ke ahlinya seperti RedComm.

  3. Memang ya, opening dan CTA ini kunci. Makanya brand kalau minta review pasti fokus untuk hal itu agar menarik dan menjadi point. Makasih ya mak, buat ilmu landing pagenya

    1. Karena ini kuncian dalam menarik minat pengunjung juga ya.
      Jadi lebih tepat sasaran juga memanfaatkan CTA ini

  4. Jadi cek cek lagi nih.. landing page ku uda cukup informatif belum yaa..
    Yang kerasa kalo di blogku tuh suka lola, alias loading lama. Huhuhu.. Memang kalau landing page bisnis kudu dengan kualitas dan performa terbaik yaa.. Supaya calon klien langsung gercep tertarik dan manaruh kepercayaan.

  5. Sebagai bloger aliran curcol, tulisan ini sangat tinggi, tetapi sangat informatif sehingga siapa pun yg membaca akan mendapatkan informasi dan tambahan ilmu. Keren.

  6. Nah ini ya yang kayaknya sering terlupakan para pebisnis. Landing page websitenya kurang menarik, jadinya kurang bisa menarik klien. Padahal iya, kita aja kalo buka website, saat landing page-nya menarik, jadinya bisa dapat informasi yang beneran kita butuhkan. Akhirnya bisa menghubungi dan mungkin jadi klien dari situ. Dan pekerjaan membuat landing page website ini kudu sama ahlinya. Biar semakin cuan.

  7. Zaman sekarang landing page emang diperlukan banget buat sebuah usaha. Beruntung kalau nggak bisa buat sendiri bisa ke agensi digital seperti RedComm ini. Yang penting tujuan LP kita jelas mau ke arah mana, nanti tinggal RedComm yang ngerjain, ya, Mbak.

  8. Landing page ini banyak keuntungannya, padahal masih jarang diketahui para pebisnis. PAdahal banyak closingan karena landing page, tentunya wajib banget bikin yang menarik ya

  9. Landing page penting banget ya gak hanya buat blogger tetapi juga bagi para pebisnis. Tapi aku belum bisa bikin sendiri nih, kudu belajar lagi.

    Pemasaran digital yang dibantu oleh Redcomm dijamin bisa ningkatin cuan ya.

  10. Dulu saya kira landing page ini fungsinya buat mempercantik tampilan blog atau website saja. Ternyata keberadaan landing page ounya fungsi yang lebih dari itu ya karena dapat menunjang pemasaran digital ya. Dan baca ulasan ini jadi tahu lebih jelas mengenai perbedaan landing page dan home page

  11. Iya nih aku beberapa kali nemuin landing page dengan CTA di blog teman2 yg ternyata bagus banget untuk reach pelanggan atau pembaca ya mbak, dari sini jadi pengen utak atik blog deh biar landing page ditambah kontennya kece jadi kombinasi yang pas ????

  12. Untuk website bisnis, penting banget emang ya punya landing page, sebab ini jadi pintu masuk bagi calon konsumen berinteraksi dengan brand dan produk/jasa yang ditawarkan.

  13. Aku jadi keinget dulu punya website jualan dan aku bikin artikel2 edukasi terkait produkku dan aku kaitkan ke produkku.
    Sayangnya udah gak jualan lagi dan web nya aku off-kan.
    Memang kalau bisa pas diklik2 nanti landing di halaman yang berkaitan ya supaya pengunjung juga makin lama main2 di web kita.
    TFS info ttg landing page ini????????

  14. Bikin landing page ternyata nggak semudah dan sesimple itu ya. Kita butuh tujuan yang jelas soal landing page itu amau kita gunakan untuk apa. Biar nggak pusing emang bagusnya kita serahkan ke ahlinya saja sih. Digital marketing agency misalnya.

  15. Terkadang landing page yang menarik, bikin kita penasaran dengan produk yang dijual. Pengen main klik aja gitu, hehehe, karena saking menariknya info yang disajikan.

    Ngomongin soal digital agency, udah paling bener kalo memilih Redcomm untuk bantu tingkatkan bisnis deh. Apalagi bagi pemula yang masih bingung ketika ingin memulai bisnisnya. Digital agency pilihan paling tepat deh bagi pemula atau yang tidak ingin ribet soal marketing digital.

  16. Landing page penting ya, blog pun juga sebaiknya ada landing pagenya ya apalagi emang kalau ngeblognya tidak sekadar have fun aja tapi untuk orientasi cuan. Jadi pengen belajar juga nih tentang Landing page.

  17. Landing page penting banget terutama untuk teman-teman yang mengelola web bisnis dan setuju sekali kalau Redcomm bisa menjadi alternatif solusi untuk membantu kita membuatkannya dengan ciamik agar target digital marketing kita dapat tercapai

  18. Membaca tentang landing page ini, saya jadi tertarik untuk bikin landing page buat blog saya. Btw digital agensi bisa memberika banyak keuntungan dan kemudahan kepada pelaku usaha selaku partner dalam meningkatkan penjualan

  19. landing page ini penting banget ya apalagi untuk mereka yang memiliki bisnis, biar bisnisnya bisa dikenal oleh banyak orang, terutama bagian testimoni. Semakin banyak testimoni, semakin tinggi kepercayaan orang terhadap bisnis kita.

  20. landing page ini berguna banget ya sebagai branding. dan dengan adanya jasa landing page dari Redcomm sepertinya patut untuk dicoba, karena aku pernah bikin landing page tapi kayaknya kureng :’)

  21. Landing page itu sangat penting bagi website. Namin bikinnya juga nggak mudah. Nah sekarang ini tak perlu repot, cukup serahkan jasa digital agency seperti Redcomm. Beres…

  22. Mksh mba fera, duh jadi pengen kerja di Redcomm haha.
    Btw landing page bisa pake elementor mba. Ada banyak tutorialnya di Youtube 🙂

  23. Ternyata kalau landing page ini menarik, maka bisa memberikan informasi sekaligus rasa penasaran bagi yang membuka website tersebut yaa… Jadi betah cari-cari info dan mungkin pada akhirnya memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan jasa tersebut.
    CTA pada landing page ini memang sepenting itu yaa..

  24. Nah saya suka ketuker tuker antara homepage sama landing page kak. Baca di sini akhirnya paham. Landing page ternyata banyak jenisnya juga ya. Btw makasih tipsnya, otw mau coba bikin landing page buat blog nih.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don`t copy text!